silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara :
- Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang.
- Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan.
- Meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukannya itu
Rusdianto
Dalam tampilan video materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi, hanya seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan atau mengurangkan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak yang ingin mencoba. Disamping itu hasil pembelajaran anak akan lebih menjiwai materi yang kita berikan, dan kesan yang ada dalam benak siswa akan lebih tahan lama, sehingga akan mudah di reproduksi sewaktu-waktu diperlukan.
Kesan Umum dalam pembelajaran: Kami melihat penampilan guru kurang rapi, misalnya guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. Didamping itu pakaiannya kurang rajin nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.
Drs. Badjuri, M.Pd.
- Dalam pembukaan guru sebaiknya menjelaskan dulu tentang konsep ‘bertambah’ dan ‘berkurang’. Terkadang murid sulit untuk mengerti bila ada soal cerita yang menggunakan persamaan kata dari bertambah (diberi, membeli lagi, dsb), atau berkurang (rusak, pecah, hilang, dimakan, dsb).
- Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja.
- Materi sesuai dengan perserta didik cukup.
- Materi sudah sesuai dengan kurikulum.
Tri Ekowati
Nama : Dosmauli Samosir
Nim : 859890625
Pokjar : LABURA
JUDUL VIDEO : MENARIK PERHATIAN SISWA
menurut saya guru mengucapkan salam waktu memasuki kelas, lalu memimpin doa, mengabsen siswa yang tidak hadir terlebih dahulu,
lalau guru mengajak tanya jawab untuk materi yang akan disampaikan
kelebihannya, guru mengajak siswa icebreaking agar siswa memperhatikian gururnya, dan sudah bagus membawa media atau bahan terbuka untuk menarik perhatian siswa.
kekurangan, alangkah baik guru berpakaian rapi, bersepatu waktu mengajar atau di dalam lingkungan sekolah
Nama: Asti Afnita Sari
Nim: 856823848
Menanggapi video pembelajaran diatas:
Tema: Membangun Kesiapan Belajar siswa
Judul: Menarik Perhatian siswa Pada video kesulitan menarik perhatian siswa, tindakan guru kurang tepat karena
1. Guru berpakaian kurang rapi
2. Guru tidak melakukan pembiasaan berdoa sebelum belajar
3. Guru tidak mengkondisikan kelas atau tidak melakukan apersepsi sebelum mulai belajar
Sedangkan pada video solusi, guru sudah lebih baik karena melakukan ice breaking dan menggunakan media pembelajaran untuk menarik perhatian siswa.
Nama : Nurul hawla
NIM : 859888858
Salut Asahan
Setelah menonton video tersebut maka saya simpulkan bahwa dalam proses pembelajaran itu perlu mempertimbangkan hal-hal sebagai berikut :
1. Guru perlu memperhatikan aspek psikologi dan minat anak serta keinginan dan kebutuhan mereka perlu di akomodasi secara baik.
2. Guru perlu terampil dalam menarik perhatian siswa dengan ekspresi atau mimik yang ceria dan bersahabat
3. Guru juga perlu mendengarkan pendapat dan juga curahan siswanya
4. Dan berpenampilan yang rapi agar menarik perhatian siswa
Selamat pagi Bu/pak
Nama:Nina Kartini Lumbanraja Nim:859883121 Salut:permata Labura, Aek kanopan
Berdasarkan video pembelajaran yang dilakukan, Izin menjawab Bu,Menurut saya Pelajaran yang didapat:
-Guru dapat mempelajari cara mengatasi permasalahan dalam menghadapi siswa, seperti menarik perhatian siswa, memelihara konsentrasi siswa, dan membangun suasana yang aktif, interaktif, dan menyenangkan.
-Guru perlu terampil dalam menarik perhatian siswa dengan ekspresi ceria, mendengarkan pendapat siswa, dan berpenampilan rapi.
-Guru dapat mengajak anak berhitung dengan mengeksplorasi benda-benda di lingkungan sekitar.
Kelebihan:
-Guru bersikap ceria dan ramah.
-Guru mendengarkan pendapat siswa.
-Guru berpenampilan rapi.
-Guru menggunakan benda-benda sekitar untuk mengajar berhitung.
-Guru memberikan penguatan positif.
Kekurangan
-Guru tidak melakukan apersepi
-suara guru kurang tegas dan keras
-Guru tidak melakukan ice breaking yang membangun perhatian dan semangat anak
Nama : Intan Ayu Sari
NIM : 859672095
UPJJ-UT : Baradatu
Prodi : S1 PGSD
Menurut pendapat saya, dalam menanggapi video diatas yang berjudul “Bagaimana menarik perhatian siswa: yaitu :
1. guru sebaiknya berpenampilan menarik dan rapi, sehingga siswa dapat nyaman dan mencontoh pakaian gurunya.
2. sebelum memulai pembelajaran sebaiknya terlebih dahulu berdoa serta melakukan ice breaking untuk mendapatkan perhatian dari siswa.
3. sebelum memulai pembelajaran sebaiknya kita juga menyapa siswa dengan mimik muka bahagia.
4. guru kurang memberikan perhatian kepada siswa, sehingga siswa kurang fokus untuk mengikuti pembelajaran
5. Kurangan penguasaan atau kemampuan dalam menggunakan alat peraga atau media, dapat menyampaikan materi dengan memperlihatkan pada lingkungan sekitar.
Demikian tanggapan dari saya, terimakasih.
Nama: Dita Aprilia
Nim: 857000209
UPBJJ UT JAKARTA
Setelah saya melihat video tersebut dapat di simpulkan bahwa: Sebaiknya seorang guru berpenampilan menarik dan rapi. Karena hal yang pertama akan dilihat murid adalah penampilan seorang dari guru tersebut. Guru sebaiknya menjadi contoh yang baik untuk murid. Guru tidak membiasakan siswa untuk berdoa sebelum melakukan pembelajaran. Sebelum memulai pelajaran sebaiknya kita juga menyapa murid dengan ekspresi riang supaya murid mempunyai jiwa yang semangat untuk belajar.
Assalamualaikum wr wb
Nama : Dita Aprilia
NIM : 857000209
PRODI : S1 PGSD
UPBJJ UT JAKARTA
Dari video di atas tentang cara menarik perhatian siswa, menurut saya sebelum kita memasuki kelas maka kita perlu persiapan yang maksimal terlebih dahulu. Dari video di atas dapat dilihat bahwa guru awalnya memasuki kelas tanpa persiapan yang maksimal, seperti baju tidak rapi dan memakai sandal ke kelas. Sehingga siswa pun tidak memperhatikan ke guru tersebut.
Kemudian untuk menarik perhatian siswa untuk fokus dengan guru maka guru tersebut harus memberikan pembelajaran yang berkaitan dengan pengalaman siswa sebelum sampe ke sekolah. Sehingga perhatian siswa Langsung fokus ke kita/ke guru dan apa yang ditanyakan guru kepada siswa dapat dijawab oleh siswa tersebut.
Nama : Devi Susilawati
Nim : 858081827
Dalam video ini dapat saya simpulkan bahwa Seorang guru tidak ada kesiapan dalam berdoa, memberikan salam dan menanyakan kabar kepada anak-anak.
Pada proses belajar mengajar sebaiknya menggunakan pakaian yang rapi. Agar sering memberikan perhatian kepada siswa untuk tanya jawab secara lisan. Dengan begitu proses belajar mengajar akan secara efektif menjadi lebih baik
Selamat siang teman-teman, perkenalkan nama saya Meita Sari dengan NIM 857030691 dari pokjar UT Sidomulyo Lampung Selatan.
Setelah saya melihat video dengan judul membangun suasana aktif, interaktif dan menyenangkan, kelebihan yang ada pada di video tersebut yaitu adalah walaupun pembelajaran yang dilaksanakan tanpa ataupun kurangnya menggunakan sarana dan media belajar yang relevan, guru yang ada di video tersebut menggunakan media yang sangat nyata untuk menyampaikan maksud pembelajaran yaitu pengukuran benda dengan menggunakan ukuran baku dan tidak baku, sehingga anak-anak peserta didik langsung dapat mengeksekusi kegiatan pembelajaran tanpa adanya rasa kebingungan.
Kekurangannya adalah dalam video tersebut saya belum menemukan suasana yang aktif dan interaktif serta menyenangkan yang merupakan menjadi sub judul untuk video ini. Karena pembelajaran yang dilaksanakan di video tersebut hanya berpusat kepada guru.
Hal unik dari video ini adalah, meskipun diawal pembelajaran suasana kelas tidak terkondisikan dengan adanya anak-anak yang sibuk dengan kegiatan mereka sendiri, namun ketika sang guru memberikan sedikit gertakan dengan mengetuk-ngetuk papan tulis menggunakan penghapus anak-anak peserta didik langsung berpusat perhatiannya kepada sang guru tanpa sang guru perlu berteriak berulang-ulang. Dan saya menyimpulkan bahwa kendali kelas masih dipegang oleh guru, dan dipastikan guru itu tentu memiliki wibawa seorang guru sehingga anak-anak langsung patuh hanya dengan sedikit teguran.
Assalamualaikum wr wb
Nama : Arif Styawan
NIM : 878186596
PRODI : S1 PGSD
UPBJJ UT Malang
Dari video tersebut, penampilan guru sebaiknya menggunakan pakaian yang rapi dan bersepatu, kemudian pembelajaran sebaiknya diawali dengan berdo’a terlebih dahulu dan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Melakukan apersepsi dan ice breaking.
Solusi dari video awal adalah guru berpakain rapi dan guru dapat memusatkan perhatian siswa, sehingga siswa aktif menjawab saat diberi pertanyaan.