silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara :

  1. Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang.
  2. Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan.
  3. Meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukannya itu

Rusdianto

Dalam tampilan video materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi, hanya seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan atau mengurangkan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak yang ingin mencoba. Disamping itu hasil pembelajaran anak akan lebih menjiwai materi yang kita berikan, dan kesan yang ada dalam benak siswa akan lebih tahan lama, sehingga akan mudah di reproduksi sewaktu-waktu diperlukan.
Kesan Umum dalam pembelajaran: Kami melihat penampilan guru kurang rapi, misalnya guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. Didamping itu pakaiannya kurang rajin nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.

Drs. Badjuri, M.Pd.

  1. Dalam pembukaan guru sebaiknya menjelaskan dulu tentang konsep ‘bertambah’ dan ‘berkurang’. Terkadang murid sulit untuk mengerti bila ada soal cerita yang menggunakan persamaan kata dari bertambah (diberi, membeli lagi, dsb), atau berkurang (rusak, pecah, hilang, dimakan, dsb).
  2. Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja.
  3. Materi sesuai dengan perserta didik cukup.
  4. Materi sudah sesuai dengan kurikulum.

Tri Ekowati

Similar Posts

3,744 Comments

  1. Nama : Nurul Jannah Harahap
    Nim : 878249482
    Prodi : PGSD
    UPBJJ : Medan
    Pokjar : Tapanuli Selatan

    setelah menonton vidio di atas saya dapat menyimpulkan beberapa hal :
    1. kemampuan guru dalam menyampaikan materi dapat mempengaruhi perhatian atau fokus siswa, jika guru tidak dapat menjelaskan materi dengan menggunakan media yang menarik dan hanya sekedar ceramah maka perhatian siswa juga akan sulit dikendalikan
    2. hal berikutnya yang dapat menarik perhatian siswa adalah kerapian dalam berpakaian, dimana seorang guru yang ada di depan kelas merupakan center atau pusat penglihatan, jadi jika kita berpakaian kurang rapi dan tidak bersemangat bagaimana siswa akan tertarik untuk melihat kita. jika pakaian kita rapi, wangi, wajah kita semangat kemudian menerangkan dengan ceria, saya yakin siswa juga akan semangat dalam memperhatikan materi yang kita paparkan.
    3. untuk menarik perhatian siswa, kita juga harus melaksanakan pembelajaran sesuai dengan langkah-langkah yang terstruktur berdasarkan RPP yang telah kita buat, sehingga pembelajaran dapat berjalan sesuai dengan apa yang telah kita konsepkan

  2. 1. Ringkasan Isi Video
    Video pembelajaran I yang berjudul “Menarik Perhatian Siswa” yang dipublikasikan pada tahun 2010 ini ditulis oleh Rusdianto.
    Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara :
    a. Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang.
    b. Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan.
    c. Meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukannya itu

    2. Kelemahan Pembelajaran dalam Video
    Adapun kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut adalah :
    a. Guru hanya menyapa siswa di awal kegiatan pembelajaran, tanpa mengajak siswa untuk berdoa terlebih dahulu.
    b. Guru tidak mengabsensi siswa dan tidak mengkondisikan kelas agar siswa siap untuk belajar.
    c. Guru tidak melakukan apersepsi, sebagai salah satu pembuka dalam kegiatan pembelajaran di kelas, yang mana kegiatan apersepsi ini bertujuan untuk mengulang dan mengingat memori siswa mengenai pembelajaran pada pertemuan sebelumnya.
    d. Guru tidak berpenampilan rapi, karena guru hanya memakai sandal saat masuk kelas.
    e. Materi pelajaran yang disampaikan guru belum memberikan persoalan yang dapat merangsang siswa untuk berpikir.
    f. Guru hanya menggunakan metode ceramah selama pelajaran berlangsung.
    g. Guru hanya menggunakan papan tulis sebagai media untuk menjelaskan materi pelajaran bangun ruang.
    h. Guru tidak menguasai kelas sehingga banyak siswa yang ribut dan asik dengan kegiatannya sendiri.
    i. Guru tidak memberikan evaluasi pembelajaran baik di awal, tengah, dan di akhir pembelajaran.
    j. Guru tidak menutup pelajaran dengan memberikan penguatan dan doa setelah belajar.

    3 . Kelebihan Pembelajaran dalam Video
    Adapun kelebihan guru yang ditemukan dalam video tersebut adalah :
    a. Guru melakukan interaksi dengan baik pada murid yaitu dengan system tanya jawab.
    b. Media pembelajaran yang digunakan cukup baik karena hanya memanfaatkan sesuatu yang ada disekitar yaitu media pembelajaran menggunakan buah jeruk

    4. Hal Unik yang terdapat dalam Pembelajaran Video
    Keunikan kegiatan pembelajaran dalam video tersebut adalah:
    a. Guru menggunakan media pembelajaran yang cukup unik yaitu dengan menggunakan buah buahan sebagai media
    b. Guru cukup kreatif dalam memberikan penyampaian dan penggunaan media

  3. Nama: Mentari
    Nim: 859881017
    Prodi: PGSD
    Pokjar: Tebing Tinggi
    UPBJJ UT Medan

    Dari video diatas, ada beberapa pelajaran yang saya dapatkan, yaitu
    1. Apersepsi sangatlah penting dilakukan di awal pembelajaran. Dengan apersepsi, guru akan lebih mudah untuk menarik perhatian siswa dan mangajak siswa masuk ke dalam materi pelajaran yang akan diajarkan
    2. Sebaiknya guru menggunakan ekspresi atau mimik yang bahagia serta ceria dan intonasi suara yang ekspresif. Karena lebih mampu menarik perhatian dibanding yang monoton.
    3. Selain itu, penampilan guru yang rapi juga dapat membantu menarik perhatian siswa.
    4. Untuk menarik perhatian siswa dalam pembelajaran, penggunaan media pembelajaran sangatlah diperlukan. Seperti contoh pada video diatas, sang guru menggunakan buah jeruk sebagai media pembelajaran penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Guru juga harus mencontohkan secara nyata penggunaan media pembelajaran, lalu guru dapat meminta siswa melakukan hal yang sama (penjumlahan dan pengurangan) dengan media pembelajaran dari benda yang ada di sekitar siswa sehingga siswa lebih tertarik dalam pembelajaran penjumlahan dan pengurangan.

  4. Nama : Sarach ayu asry edellweiss
    Nim : 859546553

    1. Kekurangan dalam video tersebut adalah guru tidak menyapa siswa terlebih dahulu,dan tidak memberikan ice breaking agak suasana lebih kondusif dan menyenangkan agar anak bisa memahami dan fokus dengan materi yang kita ajarkan.
    2. Kelebihan nya guru menyuruh siswa membawa media berupa buah buahan untuk dapat memudahkan siswa dalam memahami materi dan lebih menyengkan,tentunya siswa lebih semangat dalam pembelajaran di sekolah
    3. Hal unik dalam video tersebut guru menyuruh siswa membawa media yg berupa buah buahan yg tentu jarang di gunakan untuk media,tentunya membuat anak” penasaran dan lebih semangat dalam belajar
    4. Rekomendasi perbaikan untuk video tersebut,seharusnya guru lebih bisa mengondisikan kelas terlebih dahulu seperti memberikan ice breaking agar anak” lebih mudah untuk berkonsentrasi dalam belajar dan menyapa murid terlebih dahulu,kemudian memberikan kesepakatan di dalam kelas supaya saat kita menerangkan di depan mereka lebih mendengarkan dan tidak ribut sendiri”.

  5. Nama : Miftahul jannah
    Nim : 858504001
    Setelah menonton video tersebut saya dapat mengerti bahwasanya seorang guru haruslah memiliki banyak ide agar dapat terciptanya suasana kelas yang aktif, dengan mengajak ice breaking dan menyelipkan permainan pada pembelajaran atau diseling dengan menyanyi itu akan membuat fokus pada anak dan tidak membosankan.
    Apalagi terhadap siswa siswi kelas 1,2,yang masih baru memasuki jenjang SD. Tentunya, kompetensi, kreativitas, kemampuan komunikasi, kemampuan teknologi dan gairah semangat saat mengajar yang harus ditunjukkan kepada siswa, jdi sebaiknya ketika kita menjadi guru harus mempersiapkan pembelajaran dan kita harus bisa bagaimana mengatasi kelas agar kelas tersebut menjadi kondusif

  6. Nama: Rifdah al zamora simanjuntak
    NIM : 859884186
    POKJAR: Asahan

    Setelah saya menonton vidio tersebut, jelas sangat penting seorang guru mempunyai skill dalam menarik perhatian siswa dan memiliki persiapan yang matang untuk menciptakan kegiatan pembelajaran yang aktif dan menyenangkan, mungkin dapat berupa pertanyaan pemantik seperti dividio tersebut sehingga dapat membuat siswa lebih fokus dan antusias untuk mengikuti pembelajaran.
    Disamping itu, dari vidio tersebut sebagai seorang guru juga harus memberikan contoh seragam yang disiplin dan rapi karena seorang guru adalah sebagai panutan bagi muridnya. Maka dari itu sebagai seorang guru sangat penting unyuk menunjukkan sikap disiplin, termasuk dalam berpakaian rapi dan lengkap agar dapat membangun wibawa dan teladan yang positif bagi siswa.

  7. Nama : Desnenti
    Nim : 835966616
    Prodi : PGSD
    Pokjar : Mukomuko

    Dengan adanya saya menonton vidio di atas pentingnya kesiapan guru dalam proses belajar mengajar sangat jelas bedanya seorang guru yang tau cara mengajar dengan guru yang belum siap mengajar dengan kesiapan yang baik seorang guru bisa menjadi perhatian anak-anak murid saat memasuki kelas bisa dengan cara mengajak berdoa sebelum memulai pelajaran kemudian mengajak anak-anak untuk fokus baru kita mulai pelajaran dan seorang guru juga harus berpenampilan menarik agar anak-anak fokus saat kita mengajar.
    dari vidio di atas juga terdapat perbaikan penampilan dari gurunya setelah adanya perbaikan tersebut murid mudah fokus pada gurunya tersebut dengan bantuan benda yang ada disekitar bisa mengajak anak-anak fokus.

  8. Nama : RIFDAH AL ZAMORA SIMANJUNTAK
    NIM : 859884187
    Kelas : 6C (S1 PGSD)
    Pokjar : Asahan

    Sebagai seorang guru penting sekali mempunyai skill dalam menarik perhatian siswa dan memiliki persiapan yang matang agar proses pembelajaran terlaksana dengan baik, bisa berupa pertanyaan pemantik seperti di vidio, hal tersebut dapat membantu agar siswa lebih fokus dan antusias dalam mengikuti pembelajaran. Apabila kita tidak mempuya skill dan persiapan maka terlihat jelas pada durasi awal vidio dampak dari hal tersebut, siswa tidak memperhatikan dan megabaikan sehingga tercipta kelas yang tidak kondusif.
    Disamping itu, pada durasi awal vidio tersebut guru terlihat tidak disiplin dengan hanya memakai sendal dan baju yang tidak rapi. Hal itu akan berdampak kepada siswa karena seorang guru adalah panutan bagi murid-muridnya, maka dari itu seharusnya berpakaianlah yang rapi agar dapat membangun wibawa dan menjadi teladan yang positif.

  9. NAMA : TINI NURHAYATI
    NIM : 856519329
    UPBJJ : PEKANBARU
    PRODI : PGSD

    Setelah saya menonton vidio di atas, ternyata untuk menarik perhatian siwa-siswi pada saat belajar haruslah dilakukan oleh guru dengan kreatif serta inovatif agar bisa menarik perhatian muridnya, dan agar murid tersebut mau memperhatikan gurunya. Selain itu seharusnya dalam proses awal pembelajaran seorang guru mengucapkan salam terlebih dahulu saat memasuki ruangan kelas, lalu berdoa terlebih dahulu agar pembelajaran dapat berjalan dengan lancar dan melakukan ice breaking agar semua murid bisa merilekskan pikiran, menambah semangat dan fokus dalam belajar. Untuk menjadi guru yang baik dan menjadi contoh muridnya, guru haruslah berpakaian rapih selayaklnya seorang pendidik. Dalam vidio tersebut guru akhirnya melakukan perbaikan dari sebelumnya, dan untuk penyampaian materi sudah cukup bagus namun untuk mengajar anak kelas 1 haruslah kita menjelaskan terlebih dahulu bahwasanya apa itu pengurangan dan apa itu penambahan barulah kita bisa mencontohkan atau memperagakan dengan alat peraga yang bervariatif agar siswa-siswi tidak bingung. Dan jangan lupa sebagai guru kita haruslah memberi apresiasi terhadap siswa yang mau menjawab dan bagi yng belum bisa menjawab harus tetap diberi semangat, dengan cara memberikan pujian atau kata yang menyemangati agar siswa lain juga terpancing untuk ikut berfikir dan mau menjawab.

  10. Nama : Desi Dwi Syahfitri
    Nim : 859871664

    Pada video tersebut terdapat 2 kegiatan yang berbeda. Di video pertama menampilkan bentuk dari kesulitan menarik perhatian siswa, ada beberapa kelemahan dari video pertama, yaitu : 1. Guru tidak memakai pakaian yang rapi dan tidak menggunakan sepatu, sehingga kesannya terlihat tidak menarik. 2. Sebelum memulai pembelajaran guru tidak melakukan kegiatan pendahuluan terlebih dahulu seperti mengucapkan salam, mengambil absen, dan melakukan apersepsi, tetapi guru langsung masuk ke pembelajaran sehingga menyebabkan siswa tidak fokus dalam menerima pembelajaran.
    Pada video kedua, terdapat solusi dari bagaimana cara yang tepat untuk menarik perhatian siswa agar fokus menerima pembelajaran, yaitu : 1. Guru mengajak siswa mengeksplorasi dengan membilang. 2. Guru memberikan contoh langsung dengan benda-benda yang konkret yang telah disiapkan. 3. Siswa diminta untuk melakukan hal yang sama dan menceritakan secara singkat benda yang ditemukannya.

Leave a Reply