silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara :

  1. Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang.
  2. Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan.
  3. Meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukannya itu

Rusdianto

Dalam tampilan video materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi, hanya seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan atau mengurangkan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak yang ingin mencoba. Disamping itu hasil pembelajaran anak akan lebih menjiwai materi yang kita berikan, dan kesan yang ada dalam benak siswa akan lebih tahan lama, sehingga akan mudah di reproduksi sewaktu-waktu diperlukan.
Kesan Umum dalam pembelajaran: Kami melihat penampilan guru kurang rapi, misalnya guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. Didamping itu pakaiannya kurang rajin nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.

Drs. Badjuri, M.Pd.

  1. Dalam pembukaan guru sebaiknya menjelaskan dulu tentang konsep ‘bertambah’ dan ‘berkurang’. Terkadang murid sulit untuk mengerti bila ada soal cerita yang menggunakan persamaan kata dari bertambah (diberi, membeli lagi, dsb), atau berkurang (rusak, pecah, hilang, dimakan, dsb).
  2. Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja.
  3. Materi sesuai dengan perserta didik cukup.
  4. Materi sudah sesuai dengan kurikulum.

Tri Ekowati

Similar Posts

3,744 Comments

  1. Dalam vidio tersebut menjelaskan perbedaan antara kesiapan guru dalam menyiapkan pembelajaran. Permasalahan pertama terjadi siswa tidak kondusif dalam awal pembelajaran dikarenakan sang guru yang tidak menyiapkan diri saat awal pembukaan pembelajaran. Guru tidak berpenampilan rapi, dan tidak melakukan icebreaking atau kegiatan agar perhatian siswa terpusat pada sang guru. Dalam lanjutan vidio diberikan perbedaan guru yang berpenampilan rapi serta siap menjadi fasilitator pembelajaran sehingga perhatian anak berpusat pada sang guru. Dalam vidio tersebut saya pelajari bahwa seorang guru harus mempersiapkan diri untuk menjadi seorang pengajar serta fasilitator pembelajaran kepada murid mulai dari memepersiapkan diri dalam perpakaian rapi juga penguasaan kelas agar fokus perhatian siswa hanya tertuju kepada guru.

  2. Nama : Irfan Nurmansyah
    Nim : 859670131
    Prodi : PGSD
    UPBJJ : Bandung
    Pokjar : Majalengka

    Dari vidio di atas guru tidak ada Persiapan, pada saat proses pembelajaran guru sebaiknya menyiapkan apa yg harus di lakukan pada saat memasuki ruang kelas. Pada saat memasuki ruang kelas seharunya guru tersebut mengajak anak untuk fokus terlebih dahulu seperti guru mengajak mengajak siswa berdoa, setelah berdoa guru mengajak ice breaking, agar siswa tersebut merasa senang ketika kita membuka kelas menggunakan ice breaking. Setelah siswa sudah berfokus pada kita baru kita memulai pembelajaran.

    Dan seorang guru juga harus berpenampilan menarik agar siswa fokus pada kita saat kita menjelaskan. Dari vidio di atas guru tidak berpenampilan seperti guru pada umumnya, seharusnya guru tersebut memakai sepatu bukan sendal yang diperagakan guru tersebut dan merapihkan pakaian.

    Dari vidio di atas juga terdapat perbaikan dari gurunya. Setelah adanya perbaikan tersebut siswa sudah berfokus pada guru tersebut. Tidak ada lagi yg bermain atau berbicara. Sehingga kelas menjadi kondusif adi sebaiknya ketika kita menjadi guru harus mempersiapkan pembelajaran baik sebelum dan sesudah supaya dalam proses melaksanakan pembelajaran kelas menjadi nyaman aktif dan kondusif sehingga siswa dapat menerima pembelajaran dengan baik dalam menerima penjelasan dari guru.

  3. NAMA : NINIK APRILIANI
    NIM : 858751141
    PRODI : FKIP PGSD
    UPBJJ : SURABAYA

    Dari video pembelajaran di atas menjelaskan bahwa guru tentunya harus memiliki persiapan awal sebelum mengajar siswa guna meningkatkan semangat belajar siswa serta menarik perhatian siswa agar mau belajar .Selain itu ada berbagai cara yang dapat digunakan guru untuk menarik perhatian siswa seperti menanyakan kabar, mengajak tepuk konsentrasi bersama saat pembelajaran akan dimulai. Setelah anak anak merasa bisa diajak berkomunikasi barulah guru memberikan contoh benda konkret yang dapat dipahami siswa dengan merangsang menanyakan jumlah benda tersebut. Kemudian memberikan pertanyaan dengan menanyakan jumlahnya, atau bisa menambah jumlahnya atau juga dengan mengurangi jumlahnya. Kemudian memberikan gambaran lain tentang benda yang bisa dihitung atau diamati siswa. Dengan demikian siswa merasa bahwa pelajaran yang dipelajarinya merasa menyenangkan dan dipahami dengan mudah karena siswa mampu memahami dan menerapkannya dalam kehidupan sehari hari tanpa merasa beban belajar yang sulit. Selain memberikan rangsangan awal seharusnya guru juga memberikan contoh yang baik kepada siswa dengan perilaku dan cara berpakain yang baik.Hal inintentunya menjadi point yang tidak kalah penting untuk mendidik siswa agar meniru hal yang sama karena sejatinya siswa meniru apa yang dilihatnya. Jadi seorang guru merupakan contoh awal bagi siswanya agar berbuat baik pula.
    Terimakasih..

  4. Nama : Netta Utami Febriane Mulya
    NIM : 857136548
    Kelas : B
    Semester : 8

    Setelah saya melihat video diatas dimana peserta didik kelas 1 terlihat gaduh biasa nya siswa sudah mulai bosan dengan pembelajaran atau mungkin peserta didik kelas 1 sudah menunggu bapak/ibu guru nya terlalu lama maka mereka bermain dengan teman sekelasnya. Apa yang dilakukan oleh bapak guru yang ada di video menurut saya kurang tepat. Dimana bapak guru tersebut ketika datang ke kelas tidak mengajak peserta didik dengan mengawali pembelajaran dengan membaca doa menurut kepercayaan nya masing-masing. Dan juga ketika ingin mengajar peserta didik di kelas sebaiknya bapak guru tersebut memakai seragam dengan rapi. karena apa yang guru kenakan akan di contoh oleh peserta didik tersebut. Dimana jika bapak/ibu guru menggunakan pakaian atau seragam dengan rapi maka siswa akan mengikuti memakai seragam dengan rapi pula.

  5. Nama : PUTRI ANJANI SIREGAR
    Nim : 859871585
    UPBJJ : Medan

    Menurut saya berdasarkan vidio diatas jika seorang guru dalam keadaan tidak rapih atau berantakan maka guru tersebut tidak akan terlihat berwibawa sebagai seorang pendidik maka sebelum mengajar akan lebih baik jika keadaan guru tersebut rapih, seperti memakai sepatu, baju tidak compang camping agar anak anak enak melihat keadaan guru yang lebih fress. dan jika ingin menarik perhatian anak SD kelas 1 maka akan lebih baik jika guru tersebut tidak terlalu monoton ada baiknya jika guru belajar sambil bermain agar anak anak lebih senang dan bisa menarik perhatian mereka. dan setelah saya menonton vido tersebut diatas saya semakin sadar jika sebagai seorang guru kita juga perlu memperhatikan penampilan kita sebelum masuk kelas dan mengajar dalam keadaan yang ceria dan bersemangat agar anak anak dapat mempokuskan perhatian kepada kita. sekian analisis yang dapat saya berikan terima kasih.

  6. Nama : MERRY PEROLINA
    NIM : 859872738
    Pokjar : Simalungun

    Dalam video di atas yaitu tentang pembelajaran Matematika tentang penjumlahan dan pengurangan. Menjelaskan masalah kesulitan menarik perhatian siswa dan solusi cara menarik perhatian siswa. Sebaiknya Guru harus menggunakan pakaian yang rapi dan menarik sebagai contoh yang baik bagi siswa. Pada awal proses pembelajaran Guru bisa menggunakan berbagai teknik pembelajaran seperti bernyanyi bersama, ice breaking, game ataupun metode lainnya untuk menarik perhatian siswa. Guru harus dapat membuat suasana belajar yang kondusif dan membua siswa lebih aktif dalam sesi pembelajaran.

    Sekian dan terima kasih.

  7. Nama : Nurpadilla
    Nim : 859875536
    Prodi : PGSD
    Berdasarkan Vidio yang sudah kita lihat diatas menyadarkan bagi kita seorang guru yang dikatakan sebagai fasilitaor juga harus siap dalam mendidik siswa, karena sama sama kita ketahui ternyata kerapian, penampilan, bahkan karakter guru juga menarik siswa untuk giat dan siap mengikuti pelajaran yang akan berlangsung, kita juga sebagai guru harus pandai membawa suasana yang menyenangkan dalam belajar supaya siswa tertarik dan giat atau pun gampang mengerti tentang pelajaran yang di ajarkan oleh bapak dan ibu guru.

  8. NAMA : ARLIYANTI SUBA
    NIM : 859409646

    Beberapa strategi yang digunakannya sangat efektif, yaitu:
    Mengajak siswa untuk mengeksplorasi dengan membilang: Ini adalah cara yang bagus untuk melibatkan siswa secara aktif dan mengembangkan kemampuan numerik mereka. Dengan melibatkan siswa dalam kegiatan membilang, guru tidak hanya mengajarkan konsep angka, tetapi juga melatih fokus dan konsentrasi mereka.
    Memberi penguatan ketika memberi respon: Penguatan positif sangat penting untuk memotivasi siswa dan membangun rasa percaya diri mereka. Ketika guru memberikan penguatan, baik verbal maupun non-verbal, siswa merasa dihargai dan terdorong untuk terus berpartisipasi.
    Meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakannya: Strategi ini menggabungkan pembelajaran dengan kegiatan eksplorasi. Dengan menemukan dan menceritakan tentang benda yang ditemukan, siswa melatih kemampuan observasi, komunikasi, dan berpikir kritis.
    Ketiga strategi tersebut menunjukkan bahwa guru ini menerapkan prinsip-prinsip pembelajaran aktif yang mendorong siswa untuk belajar dengan terlibat langsung.

  9. pada bagian awal video terlihat bahwa guru belum sepenuhnya siap saat memasuki kelas. Seharusnya, seorang guru membuka pembelajaran dengan menyapa siswa, mengajak mereka berdoa bersama, kemudian dilanjutkan dengan kegiatan ice breaking yang bertujuan untuk menarik perhatian siswa serta membangun suasana yang ceria dan nyaman.Penampilan juga jadi salah satu daya tarik seorang guru, selain terlihat rapi, pembelajaran juga lebih terlihat menyenangkan.
    Dan seorang guru juga harus melakukan ice breaking supaya pembelajaran tidak monoton.

  10. Nama : viorantiza aulia putri Nim : 859895251 izin menaggapi video ini ,tanggapan saya terhadap pembelajaran yang ditampilkan dalam video tersebut sudah bagus dan guru tampak berusaha untuk membuat suasa belajar yang aktif dan menyenangkan dan itu sangat penting dalam meningkatkan semangat siswa/siswi untuk belajar sseperti sebelum memulai pelajar kepada anak harus ice breaking terlebih dahulu . yang dapat saya apresiasia dalam video ini 1. guru dapat mengajak siswa mengeksplorasi melalui kegiatan membilang
    Ini adalah pendekatan yang sangat baik karena mengembangkan kemampuan berpikir logis dan numerik siswa secara konkret . 2. memberikan pengutan kepada siswa yang strategi dalam pembelajaran. 3. miminta siswa memberikan contoh dengan yang asli seperti dari benda atau pun alat peraga yang lain ,sehingga anak anak dapat memahaminya dengan mudah. akan tetapi guru tidak mengajak siswa untuk berdoa terlebih dahulu.

Leave a Reply