silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara :
- Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang.
- Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan.
- Meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukannya itu
Rusdianto
Dalam tampilan video materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi, hanya seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan atau mengurangkan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak yang ingin mencoba. Disamping itu hasil pembelajaran anak akan lebih menjiwai materi yang kita berikan, dan kesan yang ada dalam benak siswa akan lebih tahan lama, sehingga akan mudah di reproduksi sewaktu-waktu diperlukan.
Kesan Umum dalam pembelajaran: Kami melihat penampilan guru kurang rapi, misalnya guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. Didamping itu pakaiannya kurang rajin nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.
Drs. Badjuri, M.Pd.
- Dalam pembukaan guru sebaiknya menjelaskan dulu tentang konsep ‘bertambah’ dan ‘berkurang’. Terkadang murid sulit untuk mengerti bila ada soal cerita yang menggunakan persamaan kata dari bertambah (diberi, membeli lagi, dsb), atau berkurang (rusak, pecah, hilang, dimakan, dsb).
- Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja.
- Materi sesuai dengan perserta didik cukup.
- Materi sudah sesuai dengan kurikulum.
Tri Ekowati
NAMA: EVI SRIWAHYUNI
NIM : 858921354
POKJAR : GIRI
Dalam video pembelajaran ini, kegiatan yang dilakukan oleh guru sangat bermanfaat bagi siswa agar mereka lebih efektif dalam pembelajaran, serta dapat menciptakan suasana pembelajaran yang kondusif, dan menyenangkan. selain itu contoh atau media yang digunakan dalam pembelajaran ini efektif digunakan oleh guru seperti menggunakan ice breaking terlebih dulu untuk mengkondisikan siswa dan menggunakan media konkret dalam pembelajaran yang terbukti efektif dilakukan oleh guru tersebut seperti buah jeruk, dalam video ini guru juga mengajak siswa untuk mencari media benda yang dapat dihitung untuk meningkatkan pemahaman siswa, dengan mengaitkan media di kehidupan sehari – hari, hal ini terbukti bahwa dengan menggunakan media konkret siswa lebih mudah mempelajari serta dapat berpartisipasi aktif dalam pembelajaran terutama siswa di kelas 1. Namun tidak itu saja yang dapat dilakukan oleh guru, sebaiknya guru melakukan dan memperbaiki sikap disiplin seperti menggunakan sepatu sekolah yang dapat di contoh oleh siswa.
Nama : Tsalisani Matun Nazila
Nim : 857002789
Dalam tampilan video materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlahkan dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangat penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk mempersiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan refleksi, hanya saja seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan atau mengurangkan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak yang ingin mencoba. Selain itu hasil pembelajaran anak akan lebih menjiwai materi yang kami berikan, dan kesan yang ada dalam pikiran siswa akan lebih tahan lama, sehingga akan mudah di reproduksi sewaktu-waktu diperlukan.
Kesan Umum dalam pembelajaran: Kami melihat penampilan guru kurang rapi, misalnya guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. Didampingi pakaiannya yang kurang rajin tampak ada sebagian bajunya yang lepas. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang diterapkan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.
Nama : Diah Arum Fitriani
Nim : 857001289
Pokjar : Salut Way Tuba kabupaten Waykanan Provinsi Lampung
saya akan memberikan tanggapan mengenai video tentang guru yang berusaha menarik perhatian siswa dalam pelajaran, berdasarkan sudut pandang Guru Pintar Online (GPO):
Video tersebut secara efektif menggambarkan tantangan nyata yang sering dihadapi oleh para guru dalam upaya untuk menjaga fokus dan keterlibatan siswa selama proses pembelajaran. Guru inisiatif dalam mencari cara-cara kreatif untuk menarik perhatian siswa adalah langkah-langkah yang sangat positif dan sesuai dengan prinsip-prinsip pembelajaran yang efektif.
Beberapa poin penting yang dapat kita ambil dari video tersebut:
* Kreativitas dalam Mengajar: Video ini menyoroti pentingnya bagi seorang guru untuk berpikir “di luar kotak” dan menggunakan metode yang tidak konvensional untuk membangkitkan minat siswa. Hal ini sejalan dengan semangat GPO untuk mendorong guru agar terus berinovasi dalam praktik pengajaran mereka.
* Memahami Karakteristik Siswa: Upaya guru untuk menarik perhatian menunjukkan pemahaman bahwa setiap siswa memiliki gaya belajar dan minat yang berbeda. Guru yang efektif akan berusaha untuk mengakomodasi perbedaan ini dalam metode pengajarannya. GPO juga pentingnya personalisasi dalam pembelajaran.
*Menciptakan Suasana Belajar yang Menyenangkan: Ketika siswa tertarik dan terlibat, proses belajar menjadi lebih efektif dan menyenangkan bagi semua pihak. Guru dalam video tersebut berusaha menciptakan suasana yang lebih hidup dan interaktif, yang merupakan aspek penting dalam filosofi pembelajaran GPO.
* Refleksi dan Adaptasi: Video ini dapat menjadi inspirasi bagi guru lain untuk merefleksikan praktik mengajar mereka sendiri dan mencari cara-cara baru untuk meningkatkan keterlibatan siswa. GPO mendorong guru untuk terus belajar dan beradaptasi dengan kebutuhan siswa dan perkembangan zaman.
Sebagai platform yang mendukung pengembangan guru profesional, Guru Pintar Online sangat mengapresiasi upaya-upaya guru seperti yang ditunjukkan dalam video. Kami percaya bahwa guru yang proaktif dan kreatif dalam mencari solusi tantangan di kelas adalah aset berharga dalam dunia pendidikan. Video ini dapat menjadi sumber inspirasi dan diskusi yang bermanfaat bagi komunitas guru di platform GPO.
Nam : Lisa wahyuni
Nim : 856537072
Ut pekan baru
Saya akan memberi tanggapan mengenai vidio tentang guru yang berusaha menarik perhatian siswa dalam pembelajaran dikelas.vidio tersebut menggambarakn upaya seorang guru dalam menjaga focus dan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran.
*Pendekatan pembeljaran efektif,guru memberikan contoh langsung dengan suatu benda yang telah disiapkan sehingga mencipkan suasana pembelajaran yang menyenangkan.
*Adaptasi terhadap gaya belajar siswa, guru mencoba mengenali gaya belajar siswa dan menarik perhatian siswa
* Membangun hubungan personal dengan guru nampak aktif dalam menyapa siswa dan menciptakan suasana kelas yang nyaman. Hal ini sangat penting dalam mengelola kelas
* Evaluasi dan refleksi,vidio ini dapat menjadi inspirasi bagi guru lain untuk merefleksikan praktek belajar dan mencari cara baru untuk twrus belajar agar dapat menciptakan pembelajaran yang menyenangkan.
Assalamualaikum wr.wb, Perkenalkan :
Nama : ERVINA DWI D
NIM : 858969678
UPBJJ JEMBER – POKJAR BONDOWOSO
Mohon ijin menanggapi video yang ada pada GPO ini tentang “menarik perhatian siswa”. berdasarkan sudut pandang Guru Pintar Online (GPO):
Video tersebut secara efektif merupakan gambarkan tantangan nyata yang sering dihadapi oleh para guru dalam upaya untuk menjaga fokus dan keterlibatan siswa selama proses pembelajaran. Inisiatif guru dalam mencari cara-cara kreatif untuk menarik perhatian siswa adalah langkah yang sangat positif dan sesuai dengan prinsip-prinsip pembelajaran yang efektif.
Beberapa poin penting yang dapat kita ambil dari video tersebut:
– Kreativitas dalam Mengajar: Video ini menyoroti pentingnya bagi seorang guru untuk berpikir “di luar lingkaran” dan menggunakan metode yang tidak konvensional untuk membangkitkan minat siswa dalam belajar. Hal ini sejalan dengan semangat GPO untuk mendorong guru agar terus berinovasi dan berkreasi dalam praktik belajar mengajar seorang guru.
– Memahami Karakteristik Siswa: Upaya guru untuk menarik perhatian menunjukkan pemahaman bahwa setiap siswa memiliki gaya belajar dan minat yang berbeda-beda. Guru yang efektif akan berusaha untuk meng-akomodasi perbedaan ini dalam metode pengajaran yang bervariasi. GPO juga menekankan pentingnya personalisasi dalam pembelajaran.
– Menciptakan Suasana Belajar yang Menyenangkan: Ketika siswa tertarik dan terlibat dalam proses belajar, proses belajar akan menjadi lebih efektif dan menyenangkan bagi semua pihak dalam kelas. Guru dalam video tersebut berusaha membangun dan menciptakan suasana yang lebih hidup dan interaktif, hal ini merupakan aspek penting dalam filosofi pembelajaran GPO.
– Refleksi dan Adaptasi: Video ini dapat menjadi inspirasi bagi guru lain untuk merefleksikan praktik mengajar mereka dan mencari cara-cara baru dan lebih inovatif untuk meningkatkan keterlibatan siswa. GPO mendorong guru untuk terus belajar dan beradaptasi dengan kebutuhan siswa dan perkembangan zaman.
Sebagai platform yang mendukung pengembangan ke-profesionalan seorang guru, Guru Pintar Online sangat meng-apresiasi upaya-upaya guru seperti yang ditunjukkan dalam video. Kami percaya bahwa guru yang pro-aktif dan kreatif dalam mencari solusi untuk tantangan di kelas adalah aset berharga dalam dunia pendidikan. Video ini dapat menjadi sumber inspirasi dan diskusi yang bermanfaat bagi komunitas guru di platform GPO. Semangat terus untuk guru-guru diseluruh indonesia.
Nama : Falentina Nidarmawati Zai
Nim : 859881031
Pokjar : Idanogawo Salut Damai
Jika topik pembahasan dalam video GPO SD yang saya tonton adalah “menarik perhatian siswa”, maka komentar yang cocok dengan hal tersebut akan berfokus pada strategi, teknik, atau elemen-elemen yang efektif untuk membangkitkan minat dan fokus siswa dalam proses pembelajaran di Sekolah Dasar.
Beberapa jenis komentar yang relevan:
Berfokus pada Strategi Pembelajaran:
• “Video ini memberikan contoh konkret tentang bagaimana menggunakan metode pembelajaran yang interaktif untuk menarik perhatian siswa, seperti permainan edukatif dan diskusi kelompok.”
• “Pentingnya variasi dalam kegiatan pembelajaran untuk mempertahankan fokus siswa, seperti yang ditunjukkan dalam video melalui kombinasi penjelasan, praktik, dan visualisasi.”
• “Video ini menyoroti bagaimana mengaitkan materi pelajaran dengan pengalaman sehari-hari siswa dapat meningkatkan relevansi dan menarik minat mereka.”
• “Penggunaan teknologi dan media yang menarik secara visual terbukti efektif dalam memikat perhatian siswa, seperti yang dicontohkan dalam video.”
• “Strategi bertanya yang memicu rasa ingin tahu dan mendorong siswa untuk berpikir kritis adalah kunci untuk mempertahankan perhatian mereka, seperti yang dibahas dalam video.”
Berfokus pada Teknik Mengajar:
• “Video ini menekankan pentingnya intonasi suara dan bahasa tubuh guru yang antusias untuk menarik perhatian siswa sejak awal.”
• “Teknik bercerita (storytelling) yang digunakan dalam video sangat efektif dalam menciptakan keterikatan emosional dan mempertahankan fokus siswa.”
• “Penggunaan humor yang tepat dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan membantu menarik perhatian siswa.”
• “Video ini menunjukkan bagaimana memberikan pujian dan umpan balik yang positif dapat memotivasi dan mempertahankan perhatian siswa.”
• “Teknik manajemen kelas yang efektif untuk meminimalkan gangguan dan menjaga fokus siswa, seperti yang didemonstrasikan dalam video.”
Berfokus pada Elemen Pembelajaran:
• “Video ini mengilustrasikan bagaimana materi pelajaran yang disajikan secara visual dan menarik dapat lebih mudah dipahami dan diingat oleh siswa.”
• “Pentingnya lingkungan belajar yang kondusif dan merangsang untuk mendukung fokus dan minat siswa, seperti yang ditunjukkan dalam video.”
• “Video ini menyoroti bagaimana memberikan pilihan dan kesempatan kepada siswa untuk berpartisipasi aktif dapat meningkatkan keterlibatan dan perhatian mereka.”
• “Penggunaan alat peraga dan media konkret sangat membantu dalam memvisualisasikan konsep abstrak dan menarik perhatian siswa.”
• “Video ini menunjukkan bagaimana integrasi permainan dan aktivitas fisik dalam pembelajaran dapat menjaga siswa tetap aktif dan fokus.”
Komentar saya yang lebih singkat:
• “Strategi menarik perhatian siswa yang efektif!”
• “Pentingnya interaksi untuk menjaga fokus siswa.”
• “Visualisasi kunci untuk menarik minat siswa SD.”
• “Guru yang antusias, siswa pun tertarik.”
• “Menciptakan pembelajaran yang menyenangkan.”
Untuk mempertimbangkan:
• Aspek spesifik dari “menarik perhatian siswa” yang ditekankan dalam video GPO SD tersebut.
• Contoh-contoh konkret yang ditampilkan dalam video.
• Pesan utama yang ingin disampaikan oleh video tersebut.
Dengan mengingat hal ini, saya dapat merumuskan komentar yang relevan, spesifik, dan menunjukkan pemahaman saya terhadap isi video GPO SD tersebut.
Nama: Alpi Rimba Hesti
NIM: 858880621
Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Berbagai metode kreatif diterapkan dengan tujuan agar materi pelajaran dapat diterima dengan baik dan menarik minat siswa untuk terlibat aktif.
Salah satu strategi yang digunakan adalah dengan mengajak siswa untuk melakukan eksplorasi melalui kegiatan membilang. Pendekatan ini tidak hanya melatih kemampuan berhitung, tetapi juga mendorong siswa untuk berinteraksi langsung dengan konsep yang diajarkan.
Lebih lanjut, guru tersebut memberikan penguatan positif setiap kali siswa merespons dengan tepat pada contoh-contoh yang diberikan oleh guru. Tindakan ini bertujuan untuk membangun rasa percaya diri siswa dan memotivasi mereka untuk terus berpartisipasi aktif dalam pembelajaran.
Selain itu, guru juga menantang siswa untuk mengamati lingkungan sekitar dan menemukan benda-benda lain. Setelah menemukan suatu benda, siswa diminta untuk menceritakan secara singkat karakteristik atau hal menarik tentang benda tersebut. Kegiatan ini melatih kemampuan observasi, deskripsi, dan komunikasi siswa. Siswa juga belajar menggunakan media yang berbeda sehingga mengasah kemampuan mereka untuk berpikir lebih kritis.
Nama: Alpi Rimba Hesti
NIM: 858880621
Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Berbagai metode kreatif diterapkan dengan tujuan agar materi pelajaran dapat diterima dengan baik dan menarik minat siswa untuk terlibat aktif.
Salah satu strategi yang digunakan adalah dengan mengajak siswa untuk melakukan eksplorasi melalui kegiatan membilang. Pendekatan ini tidak hanya melatih kemampuan berhitung, tetapi juga mendorong siswa untuk berinteraksi langsung dengan konsep yang diajarkan.
Lebih lanjut, guru tersebut memberikan penguatan positif setiap kali siswa merespons dengan tepat pada contoh-contoh yang diberikan oleh guru. Tindakan ini bertujuan untuk membangun rasa percaya diri siswa dan memotivasi mereka untuk terus berpartisipasi aktif dalam pembelajaran.
Selain itu, guru juga menantang siswa untuk mengamati lingkungan sekitar dan menemukan benda-benda lain. Setelah menemukan suatu benda, siswa diminta untuk menceritakan secara singkat karakteristik atau hal menarik tentang benda tersebut. Kegiatan ini melatih kemampuan observasi, deskripsi, dan komunikasi siswa. Siswa juga belajar menggunakan media yang berbeda sehingga mengasah kemampuan mereka untuk berpikir lebih kritis.
Video diatas dapat dilihat bahwa siswa SD adalah masa peralihan dari masa PAUD yang mana untuk menarik perhatian siswa dalam pelajaran guru harus memiliki teknik atau strategi yang menarik supaya siswa dapat tertarik untuk mengikuti pelajaran.
Dilihat dari skenario yang pertama guru hanya memulai pelajaran dengan cara biasa sehingga siswa tidak merasa tertarik untuk memperhatikan gurunya, mereka tetap sibuk bermain dengan teman-temannya.
Pada skenario yang kedua guru mencoba mengajak siswa untuk mengeksplorasi, mencoba memberikan contoh langsung, dan meminta siswa melakukan hal yang sama, sehingga siswa merasa tertarik untuk mengikuti pelajaran.
Jadi dari video di atas dapat disimpulkan bahwa, ada beberapa cara untuk menarik perhatian siswa untuk belajar, diantaranya:
1. Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang.
2. Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan.
3. Meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukannya itu.
Nama: M. Aan Lutfi Hadiansyah
Nim: 877316939
Pokjar: Amanah Blitar Raya
Tanggal: 26-04-2025
Saya ingin memberikan tanggapan mengenai video ini. Video ini sangat menginspirasi dan menunjukkan bagaimana seorang guru dapat berusaha keras untuk menarik perhatian siswa.
Beberapa poin penting yang saya catat:
Kreativitas dalam Mengajar: Guru menggunakan metode yang menarik untuk membuat siswa lebih terlibat, seperti mengajak mereka mengeksplorasi dan berinteraksi langsung dengan materi pembelajaran.
Pentingnya Apersepsi: Memulai pelajaran dengan menjelaskan konsep dasar sangat penting agar siswa siap dan memahami materi yang akan diajarkan.
Menciptakan Suasana Belajar yang Menyenangkan: Dengan mengajak siswa untuk aktif berpartisipasi, suasana kelas menjadi lebih hidup, yang membantu siswa untuk lebih fokus.