silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara :
- Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang.
- Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan.
- Meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukannya itu
Rusdianto
Dalam tampilan video materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi, hanya seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan atau mengurangkan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak yang ingin mencoba. Disamping itu hasil pembelajaran anak akan lebih menjiwai materi yang kita berikan, dan kesan yang ada dalam benak siswa akan lebih tahan lama, sehingga akan mudah di reproduksi sewaktu-waktu diperlukan.
Kesan Umum dalam pembelajaran: Kami melihat penampilan guru kurang rapi, misalnya guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. Didamping itu pakaiannya kurang rajin nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.
Drs. Badjuri, M.Pd.
- Dalam pembukaan guru sebaiknya menjelaskan dulu tentang konsep ‘bertambah’ dan ‘berkurang’. Terkadang murid sulit untuk mengerti bila ada soal cerita yang menggunakan persamaan kata dari bertambah (diberi, membeli lagi, dsb), atau berkurang (rusak, pecah, hilang, dimakan, dsb).
- Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja.
- Materi sesuai dengan perserta didik cukup.
- Materi sudah sesuai dengan kurikulum.
Tri Ekowati
Nama : Silvia Dewi Ningsih
Nim : 856467886
Dalam video diatas terdapat kekurangan dan juga kelebihan
Kekurangan video di atas, yaitu :
1. Guru tidak mengucapkan salam
2. Tidak ada berdoa sebelum belajar
3. Tidak ada absen untuk mengecek kehadiran
kelebihan yaitu :
1. Meningkatkan minat belajar
2. Memudahkan konsep belajar
saya dea siti nurrahmah 877795413 izin berkomentar Pada vidio tersebut menggambarkan kesulitan guru dalam mengondisikan kelas, apalagi kelas 1 SD yang bisa di bilang masa transisi, membutuhkan perhatian khusus dan teknik yang tepat untuk menarik perhatian siswa. Solusi yang dilakukan guru pada vidio tersebut sudah sangat bagus dan bisa kita terapkan sebagai referensi untuk mengajar di kelas rendah.
Nama Dea Siti Nurrahmah
Nim : 877795413
Pada vidio tersebut menggambarkan kesulitan guru dalam mengondisikan kelas, apalagi kelas 1 SD yang bisa di bilang masa transisi, membutuhkan perhatian khusus dan teknik yang tepat untuk menarik perhatian siswa. Solusi yang dilakukan guru pada vidio tersebut sudah sangat bagus dan bisa kita terapkan sebagai referensi untuk mengajar di kelas rendah.
Nama : FAJAR TAUFIQUR ROHMAN
Nim : 858936995
Kelas : 6A
Pokjar : Umbulsari
Dalam Video diatas seorang guru mengajak siswa agar semangat untuk belajar meskipun kelas itu rame tapi jika siswa diajak untuk Belajar Sambil Bermain maka siswa-siswi tidak akan merasakan bosan saat belajar apalagi jika ada media pembelajaran seperti yang ditunjukkan divideo tersebut.
Nama : Ulfatu Rofiqoh
NIM : 857602434
Izin berpendapat tentang video diatas.
Pembelajaran matematika dalam video tersebut sudah memiliki pendekatan yang cukup baik, tetapi masih ada ruang untuk perbaikan agar lebih efektif. Mengajar anak kelas 1 memang penuh tantangan, apalagi kalau mereka masih sibuk bermain sendiri dan sulit fokus saat pelajaran dimulai. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan memulai kelas dengan aktivitas yang menarik seperti permainan kecil, lagu, atau tepuk tangan berpola yang bisa mengalihkan perhatian mereka dari bermain ke belajar secara alami agar mereka bisa lebih mudah memahami kapan harus mulai fokus. Selain itu, metode tanya jawab dan demonstrasi yang digunakan sudah tepat, tetapi akan lebih optimal jika siswa dilibatkan secara langsung dalam aktivitas, misalnya dengan mencoba menjumlahkan atau mengurangkan benda konkret secara bergantian maju kedepan. Keseluruhan, pembelajaran ini sudah memiliki fondasi yang baik.
Nama : Ulfatu Rofiqoh
NIM : 857602434
Izin menanggapi terkait video diatas.
Pembelajaran matematika dalam video tersebut sudah memiliki pendekatan yang cukup baik, tetapi masih ada ruang untuk perbaikan agar lebih efektif. Mengajar anak kelas 1 memang penuh tantangan, apalagi kalau mereka masih sibuk bermain sendiri dan sulit fokus saat pelajaran dimulai. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan memulai kelas dengan aktivitas yang menarik seperti permainan kecil, lagu, atau tepuk tangan berpola yang bisa mengalihkan perhatian mereka dari bermain ke belajar secara alami agar mereka bisa lebih mudah memahami kapan harus mulai fokus. Selain itu, metode tanya jawab dan demonstrasi yang digunakan sudah tepat, tetapi akan lebih optimal jika siswa dilibatkan secara langsung dalam aktivitas, misalnya dengan mencoba menjumlahkan atau mengurangkan benda konkret secara bergantian maju kedepan. Keseluruhan, pembelajaran ini sudah memiliki fondasi yang baik.
Nama : Fadhli Nuranugrah Putra
NIM : 857607021
Izin berpendapat pada video diatas guru telah berhasil membangun suasana belajar yang menyenangkan serta mudah diterapkan oleh guru lain, namun dalam video tersebut juga memiliki kekurangan yaitu pada awal sebelum pembelajaran dimulai seharusnya sang guru tersebut harus mengucapkan salam supaya fokus siswa dapat langsung tertuju pada guru tersebut, alih-alih hanya meminta siswa tersebut untuk langsung membuka buku dan mulai belajar. Dengan mengucap salam maka siswa langsung fokus terhadap guru tersebut dan kelas bisa dengan mudah dikondisikan untuk kembali kondusif sehingga siswa siap untuk mulai belajar.
Nama: INDRIANA RAHMAWATI
NIM: 857608331
Video yang sangat menginspirasi!
Pada video tersebut, terpampang contoh proses pembelajaran matematika di Kelas 1 SD. Namun pada prakteknya ternyata sebelum materi itu tersampaikan, penting sekali untuk menarik perhatian siswa.
Seperti yang telah dijelaskan di video, Kelas 1 adalah masa peralihan. Perlu adanya beberapa perlakuan khusus agar kegiatan pembelajaran dapat berjalan dengan baik, seperti:
1. Pembukaan kelas yang baik, dengan memberikan salam, berdoa, menanyakan kabar, dan melakukan presensi.
2. Apersepsi, mengawali pembelajaran dengan mengingatkan materi yang lalu, menyampaikan tujuan pembelajaran, memberikan pertanyaan pematik, tak lupa memberikan contoh konkret yang ada dalam kehidupan sehari-hari agar siswa lebih memahami materi apa yang akan dipelajari.
3. Media Pembelajaran. Untuk pembelajaran di Kelas 1, penting sekali penggunaan alat peraga yang akan membantu penyampaian materi guru dengan lebih jelas. Dengan alat peraga, siswa akan lebih tertarik untuk mengikuti pembelajaran. Selain itu, alat peraga juga dapat membantu siswa lebih memahami materi yang tentunya akan mempermudah guru juga. Media pembelajaran yang digunakan cukup yang sederhana dan mudah dijumpai di sekitar.
4. Metode pembelajaran. Gunakan metode pembelajaran yang tepat, yang dapat diterima siswa dengan baik, seperti yang telah dijelaskan dalam video.
5. Penting tapi sering terlupakan yaitu penampilan guru. Anak-anak SD cenderung menjadikan gurunya sebagai role model. Mereka sangat memperhatikan Bapak/Ibu guru mereka dalam berpakaian, bersikap, dan berbicara. Oleh karena itu, penampilan guru harus diperhatikan, khususnya disini bagi guru Kelas 1. Berpakaianlah menggunakan seragam sesuai jadwal, berpakaian dengan rapi, dan berdandan yang semestinya, serta perhatikan setiap tutur kata yang digunakan.
Setelah hal-hal diatas terlaksana, pembelajaran di Kelas 1 akan jauh lebih menarik, kondusif, dan bermakna. Menarik perhatian siswa adalah hal yang sangat penting untuk pembelajaran di Kelas 1 yang masih dalam masa peralihan. Perlu usaha ekstra bagi Bapak/Ibu guru yang akan mengajar di Kelas 1. Terus semangat dalam mencerdaskan anak-anak bangsa untuk guru-guru Kelas 1 di seluruh penjuru Nusantara!
Terima Kasih.
NAMA : FANISA APRILIA NINGRUM
NIM : 857610764
POKJAR : KEMANGKON
UPBJJ : PURWOKERTO
Dari video yang berjudul “SD1 Menarik Perhatian Peserta Didik” saya dapat menganalisis video tersebut , pada awal video terlihat guru mengalami kesulitan ntuk menarik perhatian peserta didik dan kekuarangan lainnya yang dapat dilihat yaitu saat mengajar guru tidak menggunakan seragam dengan rapi dan tidak memakai sepatu, mungkin sebaiknya sebagai guru seharusnya mencontohkan yang baik dimulai dari apa yang guru kenakan. Guru juga tidak mengucapkan salam saat memasuki kelas dan tidak berdoa terlebih dahulu, serta guru tidak mengulas materi sebelumnya.
kelebihan dari video guru mampu membangun konsentrasi peserta didik dan dengan memberikan pertanyaan pemantik sebelum pembelajaran dimulai sehingga terbangun suasana kelas yang aktif dan interaktif. terlihat juga guru menggunakan benda-benda nyata untuk media belajar berhitung sehingga peserta didik mudah untuk memahami materi berlangsung.
Nama : Adliyeni
Nim : 857587553
Berdasarkan video diatas awalnya para siswa dikelas sangat ramai dan tidak fokus. Video ini dengan jelas menunjukkan tantangan yang dihadapi guru dalam menjaga fokus dan keterlibatan siswa selama pembelajaran. Inisiatif guru untuk mencari cara kreatif menarik perhatian siswa adalah langkah positif yang mendukung prinsip pembelajaran yang efektif. Beberapa hal yang dapat dipelajari dari video tersebut adalah :
1. Kreativitas dalam Mengajar : Guru perlu berpikir kreatif dan menggunakan metode yang tidak konvensional untuk membangkitkan minat siswa, sesuai dengan semangat GPO yang mendorong inovasi dalam pengajaran.
2. Memahami Karakteristik Siswa : Guru harus menyadari bahwa setiap siswa memiliki gaya belajar yang berbeda dan berusaha mengakomodasi perbedaan tersebut, sesuai dengan prinsip personalisasi dalam pembelajaran yang ditekankan oleh GPO.
3. Menciptakan Suasana Belajar yang Menyenangkan : Dengan menciptakan lingkungan yang hidup dan interaktif, guru dapat membuat proses belajar lebih menyenangkan dan efektif bagi siswa, selaras dengan filosofi pembelajaran GPO.
4. Refleksi dan Adaptasi : Video ini menginspirasi guru untuk merefleksikan metode pengajaran mereka dan terus beradaptasi dengan kebutuhan siswa dan perkembangan zaman, sesuai dengan prinsip GPO yang mendorong guru untuk terus berkembang.