silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara :
- Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang.
- Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan.
- Meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukannya itu
Rusdianto
Dalam tampilan video materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi, hanya seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan atau mengurangkan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak yang ingin mencoba. Disamping itu hasil pembelajaran anak akan lebih menjiwai materi yang kita berikan, dan kesan yang ada dalam benak siswa akan lebih tahan lama, sehingga akan mudah di reproduksi sewaktu-waktu diperlukan.
Kesan Umum dalam pembelajaran: Kami melihat penampilan guru kurang rapi, misalnya guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. Didamping itu pakaiannya kurang rajin nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.
Drs. Badjuri, M.Pd.
- Dalam pembukaan guru sebaiknya menjelaskan dulu tentang konsep ‘bertambah’ dan ‘berkurang’. Terkadang murid sulit untuk mengerti bila ada soal cerita yang menggunakan persamaan kata dari bertambah (diberi, membeli lagi, dsb), atau berkurang (rusak, pecah, hilang, dimakan, dsb).
- Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja.
- Materi sesuai dengan perserta didik cukup.
- Materi sudah sesuai dengan kurikulum.
Tri Ekowati
Nama : Galih Ozy Maulina
NIM : 877680267
UPBJJ : UT Purwokerto
Dari video tersebut dapat dilihat bahwasannya menarik perhatian siswa merupakan suatu hal yang penting. Pada kendala dan solusi masih dijumpai beberapa kekurangan, yaitu dibagian pendahuluan. Siswa belum berdoa, guru tidak mengabsen siswa, guru tidak menanyakan kabar siswa, dan tidak menyampaikan tujuan pembelajaran hari itu. Kelebihannya, guru sudah melakukan beberapa rangkaian apersepsi dengan baik, contohnya dengan mengeksplorasi anak, kemudian menggunakan jeruk sebagai media, dan mengajak siswa untuk terlibat aktif dalam pembelajaran. Guru yang awalnya mengenakan pakaian yang lusuh dan berantakan, kemudian pada solusi ditampilkan pakaian guru menjadi rapi. Ini menunjukkan bahwa penampilan juga mempengaruhi ketertarikan siswa kepada guru. Dengan demikian, apersepsi yang baik, penampilan guru yang rapi, pembelajaran menggunakan media dan keterlibatan siswa akan menarik perhatian siswa, sehingga pembelajaran lebih efektif.
Nama: Perhatian Zendrato
NIM: 856100344
Analisis saya berdasarkan video pembelajaran diatas adalah:
Kekurangan:
1. Dalam mengawali pembelajaran guru masih belum menerapkan kegiatan awal di kelas dengan baik seperti memberi salam, mengajak untuk berdoa, menanyakan kabar, dan melakukan presensi.
2. Guru tidak menjelaskan diawal tentang materi yang akan dipelajari dan juga tidak mengingatkan materi yang lalu.
3. Guru tidak berpakaian dengan rapi.
Kelebihan:
1. Media Pembelajaran yang digunakan sudah cukup baik sehingga siswa lebih tertarik untuk mengikuti pembelajaran.
2. Metode pembelajaran tanya jawab yang digunakan sudah tepat sehingga ada feedback antara guru dan siswa.
3. Materi sesuai dengan perserta didik.
Assalamualaikum Warohmatullohi Wabarokatu , Izin berkomentar pada vidio pembelajaran diatas:
Nama : Annisa Fajriani
Nim : 859544607
UPBJJ : Bandar Lampung
Pokjar : Banjar Agung
Semester : 6
Setelah melihat vidio tersebut saya berkesimpulan bahwa,seorang guru harus ceria pada saat berhadapan dengan siswa secara langsung, pada saat awal pembelajaran seharusnya tidak langsung memulai proses pembelajaran, akan tetapi menanyakan pada siswa bagaimana kabarnya?,berangkat sekolah tadi naik apa ?dan juga melakukan ice breaking yang dilakukan pada vidio pembelajaran diatas, secara keseluruhan vidio pembelajaran sudah memberikan solusi bagaimana cara untuk menarik perhatian siswa dengan memberikan contoh secara langsung , sehingga siswa dapat memahaminya. Akan tetapi ada yang kurang dalam proses pembelajaran diatas guru tidak mengucapkan salam, guru tidak mengajak siswa untuk berdoa terlebih dahulu dan juga guru tidak mengecek kehadiran siswa .
Sekian Terimakasih, Wasalamualaikum Warohmatullhi Wabarokatu
Nama : Rohmatul Munawaroh
Nim : 857365722
Cara untuk membangun kesiapan belajar siswa untuk menarik perhatian siswa dengan cara menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan, pastikan ruang kelas nyaman,rapi,dan bebas dari gangguan. Bangun hubungan positif dengan siswa agar mereka merasa dihargai dan didengar. Gunakan pemantik awal yang menarik seperti memulai pembelajaran dengan cerita menarik atau permainan sederhana, hubungkan materi dengan kehidupan sehari-hari siswa. Tentukan tujuan pembelajaran secara jelas sampaikan apa yang akan dipelajari libatkan siswa dalam menetapkan tujuan atau target belajar. Gunakan metode media pembelajaran menggunakan gambar atau video.
NAMA
NAMA : TIARA
NIM : 856087689
Menarik Perhatian Siswa. “Matematika”
Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan.
a. Guru hanya menyapa siswa di awal kegiatan pembelajaran, tanpa mengajak siswa untuk berdoa terlebih dahulu.
b. Guru tidak mengabsensi siswa dan tidak mengkondisikan kelas agar siswa siap untuk belajar.
c. Materi pelajaran yang disampaikan guru belum memberikan persoalan yang dapat merangsang siswa untuk berpikir.
d. Guru hanya menggunakan metode ceramah selama pelajaran berlangsung
Kelebihan Pembelajaran dalam Video
Guru melakukan interaksi dengan baik pada murid yaitu dengan system tanya jawab
Hal Unik yang terdapat dalam Pembelajaran Video Keunikan kegiatan pembelajaran dalam video tersebut adalah:
• Guru menggunakan media pembelajaran yang cukup unik yaitu dengan menggunakan buah buahan sebagai media
• Guru cukup kreatif dalam memberikan penyampaian dan penggunaan media
Rencana perbaikan pembelajaran berdasarkan kelemahan :
• Guru mengawali kegiatan belajar mengajar dengan menyapa siswa dan berdoa yang bertujuan untuk menumbuhkan sikap religius pada diri siswa
• Guru mengabsensi kehadiran siswa. Kegiatan ini dilakukan agar siswa siap untuk mengikuti pembelajaran
Nama : Daliana
nim : 857046987
prodi : pgsd
salut : banjar agung
upbjj : ut daerah lampung
Video ini menyajikan studi kasus tentang bagaimana seorang guru berhasil meningkatkan keterlibatan siswa di kelas melalui pendekatan interaktif. Pelajari bagaimana teknik membilang, penguatan positif, dan storytelling dapat digunakan untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih responsif dan memotivasi. Video ini menawarkan wawasan praktis dan inspirasi bagi para pendidik yang ingin meningkatkan efektivitas pengajaran mereka.”
Video “SERI PEMBELAJARAN PAUD Mengatasi Anak yang Belum Bisa Memegang Pensil dengan Benar”
Vidio ini sangat informatif dan bermanfaat. Dengan menonton video ini, kita dapat memperoleh tips dan strategi untuk:
1. Mengidentifikasi kesulitan anak dalam memegang pensil
2. Menerapkan pendekatan yang sabar dan mendukung untuk membantu anak mengembangkan kemampuan memegang pensil yang benar
3. Video ini dapat membantu meningkatkan kualitas pembelajaran di PAUD dengan memberikan strategi dan tips yang efektif untuk mengembangkan kemampuan motorik halus anak.
4 Video ini dapat membantu meningkatkan kesadaran dan memberikan inspirasi bagi guru dan orang tua untuk menciptakan lingkungan belajar yang mendukung perkembangan anak.
Assalamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh
Nama : Melmawati
NIM : 856109516
Video “SERI PEMBELAJARAN PAUD Mengatasi Anak yang Belum Bisa Memegang Pensil dengan Benar” dapat menjadi sumber yang bermanfaat bagi guru PAUD dan orang tua untuk memahami cara membantu anak mengembangkan kemampuan motorik halus mereka.
Dengan menonton video ini, kita dapat memperoleh tips dan strategi untuk:
1. Mengidentifikasi kesulitan anak dalam memegang pensil
2. Menggunakan aktivitas yang tepat untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak
3. Menerapkan pendekatan yang sabar dan mendukung untuk membantu anak mengembangkan kemampuan memegang pensil yang benar
4. Video ini dapat memberikan inspirasi bagi guru dan orang tua untuk menciptakan lingkungan belajar yang mendukung perkembangan anak.
Sekian terimakasih.
Tugas 1
Komen video
Nama : Ica Kurniawati
NIM : 857669869
Menurut pendapat saya tentang video tersebut sudah cukup baik, guru tersebut membawa dan memanfaatkan alat peraga berupa gambar untuk media pembelajaran dan melibatkan siswa sehingga fokus siswa dan siswi fokus dalam pembelajaran tersebut. Hanya saja ada kelemahan yang ada dalam video tersebut, guru hanya aktif dengan siswa yang di depan dan poster yang di bawa berukuran kecil jadi untuk m murid yang paling belakang tidak terlalu. Mendapat perhatian dan kurang fokus pada gambar. Guru kurang ekspresif dalam menyampaikan pelajaran sehingga cenderung membosankan serta tidak ada apersefsi, motivasi, sapaan, dan lain-lain