silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara :
- Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang.
- Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan.
- Meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukannya itu
Rusdianto
Dalam tampilan video materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi, hanya seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan atau mengurangkan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak yang ingin mencoba. Disamping itu hasil pembelajaran anak akan lebih menjiwai materi yang kita berikan, dan kesan yang ada dalam benak siswa akan lebih tahan lama, sehingga akan mudah di reproduksi sewaktu-waktu diperlukan.
Kesan Umum dalam pembelajaran: Kami melihat penampilan guru kurang rapi, misalnya guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. Didamping itu pakaiannya kurang rajin nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.
Drs. Badjuri, M.Pd.
- Dalam pembukaan guru sebaiknya menjelaskan dulu tentang konsep ‘bertambah’ dan ‘berkurang’. Terkadang murid sulit untuk mengerti bila ada soal cerita yang menggunakan persamaan kata dari bertambah (diberi, membeli lagi, dsb), atau berkurang (rusak, pecah, hilang, dimakan, dsb).
- Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja.
- Materi sesuai dengan perserta didik cukup.
- Materi sudah sesuai dengan kurikulum.
Tri Ekowati
Nama : Endah Sari Utami
NIM : 859544528
Prodi : PGSD
UT-Daerah : Lampung
Mohon izin untuk menyampaikan pendapat.
Video ini menampilkan seorang guru yang terampil dalam menarik perhatian siswa dengan menggunakan mimik dan ekspresi ceria, menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Hal ini sangat penting, mengingat banyak guru di SD menghadapi tantangan dalam menjaga konsentrasi siswa selama proses belajar mengajar. Dengan mengangkat isu yang relevan, video ini menjadi menarik bagi para pendidik yang ingin meningkatkan metode pengajaran mereka. Topik yang dibahas sangat berkaitan dengan kebutuhan nyata di lapangan, sehingga guru merasa bahwa kebutuhan mereka diakui dan diperhatikan. Selain itu, video menyajikan informasi dengan cara yang jelas dan sederhana, dan menggunakan bahasa yang lugas. Penjelasan solusi disampaikan secara ringkas, fokus pada inti permasalahan, dan didukung oleh visual yang menggambarkan situasi kelas. Solusi yang ditawarkan, seperti penggunaan benda konkret dalam pembelajaran sangat praktis dan dapat langsung diterapkan oleh guru tanpa memerlukan persiapan rumit, sehingga siswapun lebih mudah dalam memahami materi yang diberikan. Selain itu, interaksi antara guru dan siswa memberikan gambaran nyata tentang bagaimana solusi tersebut dapat diterapkan dalam situasi kelas yang sebenarnya, menunjukkan dinamika positif dalam proses belajar mengajar.
Assalamu’alaikum wr.wb
Ijin menanggapi pak tutor, terkait video yang berjudul Mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar
Cara yang dilakukan guru dalam vidio sudah dangat baik dan dapat membantu siswa yang kesulitan memegang pensil.
Masukan dan saran: Selain secara langsung pada kertas guru juga bisa melakukan cara lain untuk melatih motorik halus anak agar tidak terlalu kaku saat menggunakan pensil dengan benar dengan cara, membuka dan memasang kancing baju, memimdahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya.
Terimakasih🙏
Nama : Yersin Torino Sarumpaet
NIM. 860128248
Menurut pendapat saya karena kita umat yang beragama alangkah baik nya sebelum memulai proses belajar mengajar dibuka dengan doa.
Baru memulai proses belajar mengajar.
Guru harus berpakaian rapi, dan sopan supaya menarik perhatian
siswa .karna siswa kita juga berpakaian rapi dan sopan.
Guru juga harus sabar dalam mendidik anak didiknya.
Nama : Yersin Torino Sarumpaet
Nim.860128248
Menurut pendapat saya
Alangkah baik nya sebelum memulai aktifitas belajar dimulai sebaiknya berdoa dulu karena kita umat beragama.
Baru lah memulai proses belajar mengajar.
Guru harus berpakaian rapi dan sopan .
Sama seperti anak didik yang berpakaian rapi dan sopan.
Guru harus sabar dalam mengajar dan memiliki cara tersendiri untuk menarik perhatian siswa supaya tertarik dengan pelajaran yang diajarkan.
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Nama : IKA NUR ROHMAH
NIM : 858919319
Mohon izin menanggapi video pembelajaran di atas.
Dalam video diatas menampilkan proses pembelajaran yang dilakukan oleh seorang guru. Dalam proses awal pembelajaran guru kurang menarik minat peserta didik untuk belajar. Selain karena kurangnya apersepsi, guru juga berpenampilan kurang menarik karena guru hanya menggunakan sandal dan berpenampilan rapi dalam masuk kelas. Dalam pertemuan berikutnya guru sudah mencoba memperbaiki pembelajaran dengan melakukan apersepsi di awal pembelajaran. namun masih ada proses awal pembelajaran yang terlewat, yaitu:
– guru tidak mengucapkan salam;
– guru tidak mengajak peserta didik berdo’a sebelum pembelajaran;
– guru tidak mengecek kehadiran siswa;
– guru tidak mengajak peserta didik untuk menyanyikan 1 lagu kebangsaan sebagai bentuk cinta tanah air;
– guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran
Demikian analisis permasalahan pembelajaran yang dapat kami sampaikan.
Atas perhatiannya kami sampaikan terima kasih
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Assalamu’alaikum.wr wb.
Setelah melihat video yang saya lihat, bahwasannya seorang guru itu harus bisa mengkondisikan peserta didik di dalam kelas dalam hal apapun. Seorang guru harus bisa menarik perhatian siswa baik dalam alat peraga, cara mengajar, kasih sayang serta penampilan juga seorang guru harus diperhatikan supaya anak-anak didik kita itu bisa lebih nyaman aman dan tentram dalam belajarnya. Meihat video di atas bahwa seorang guru itu mengajar di kelas 1, yang mana kelas 1 itu memerlukan kesabaran yang luar biasa karena kelas 1 itu masih dalam masa transisi dari TK ke SD. Dalam hal belajar juga untuk kelas satu harus lebih diperhatikan apalagi alat peraganya supaya anak itu minat belajarnya lebih.
Kemudian saat guru masuk kelas ucapkan salam dan menyapa anak-anak terlebih dahulu. Setelah itu membaca doa supaya diberikan kemudahan, kefahaman dan kelancaran dalam menuntut ilmu. Sebelum pembelajaran dimulai hendaknya melaukan ice breaking terlebih dahulu supaya anak-anak senang dan tidak tegang untuk memulai pembelajarannya.
Dilihat dari video tersebut dari guru masuk kelas yang asalnya belum tertib sehingga guru melakukan beberapa cara supaya menarik perhatian murid. sehingga pada akhirnya murid itu bisa fokus dan lebih tenang suasana dalam kelasnya dan bisa berkonsentrasi dalam menerima pembelajaran dari guru. Sehingga kelas menjadi aman dan nyaman untuk belajar.
Atas perhatiannya kami sampaikan terima kasih.
Wassalamu’alaikum wr wb.
nama : EVI SARWINI DAMANIK
nim : 856086125
izin berpendapat
Dari video pembelajaran di atas merupakan video pembelajaran bagaimana cara menarik perhatian peserta didik kepada kita, saat kita masuk dalam kelas. di dalam video tersebut, di awal pembelajaran guru masuk dalam keadaan tidak memakai sepatu, dan langsung masuk ke dalam materi pembelajaran, padahal kalau memiliki RPP atau modul ajar yang sesuai maka kita dapat dengan mudah mengajar ke peserta didik dengan mudah terstruktur dan teratur. dan oleh karena itu guru dituntut agar dapat mengembangkan metode pembelajaran yang menyenangkan kreatif dan inovatif untuk menarik minat bakat peserta didik
seperti yang saya lihat ada beberapa kekurangan guru pada saat mengajar :
1. tidak mengucapkan salam pada saat memasuki kelas
2. tidak berdoa
3. guru tidak menyampaikan materi pembelajarannya
4. tidak mengecek kehadiran siswa
adapun kelebihannya,
1. guru melakukan ice breaking untuk mengalihkan perhatian siswa agar fokus ke gurunya
2. guru menggunakan media belajar
Solusi Bagaimana menarik Perhatian siswa
1. Ajak siswa untuk mengeksplorasi dengan membilang
2. berikan pula contoh langsung oleh guru dengan benda sesuatu yang telah disiapkan
3. meminta siswa melakukan hal yang sama.
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh..
Izin berkomentar
Nama: Devi Anggrayani
NIM: 859541325
Komentar saya terhadap sinopsis video tersebut:
Video ini menggambarkan pendekatan pembelajaran yang interaktif dan partisipatif, di mana guru berperan aktif dalam menciptakan suasana belajar yang menarik dan menyenangkan. Tiga strategi yang ditampilkan mengajak eksplorasi, memberi penguatan positif, dan mendorong siswa untuk berbicara menunjukkan bahwa guru tidak hanya berfokus pada penyampaian materi, tetapi juga pada pembangunan keterampilan berpikir kritis, komunikasi, dan keterlibatan aktif siswa. Pendekatan ini sangat positif karena membantu siswa merasa dihargai dan termotivasi untuk belajar lebih dalam.
Jika video ini ditujukan untuk pelatihan guru, maka bisa menjadi contoh praktik baik dalam menerapkan pembelajaran berbasis partisipasi dan pengalaman.
Mungkin cukup sekian komentar dari saya..
Saya akhiri Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
1. “Videonya sangat membantu! Jadi tahu cara yang lebih kreatif untuk membuat siswa tertarik belajar.”
2. “Terima kasih atas tips-nya! Bisa langsung dipraktikkan di kelas biar siswa lebih semangat.”
3. “Konten seperti ini yang dibutuhkan para guru. Menarik, praktis, dan inspiratif!”
NAMA : DEWI AYU LARASATI
NIM : 859542334
SALUT : BANJAR AGUNG
UT DAERAH : LAMPUNG
Dari video tersebut kita sebagai guru dapat belajar betapa pentingnya persiapan diri dan menguasai materi yang akan diberikan oleh siswa, sebelum memasuki ruang kelas, kita harus menggunakan metode pembelajaran yang variatif agar tidak monoton kita sebagai guru harus menciptakan suasana belajar yang nyaman dan aman misalnya seperti diskusi, permainan, dan proyek sehingga dapat membantu meningkatkan minat dan semangat belajar, selain mempersiapkan materi penting juga kita sebagai guru berpenampilan menarik karena dapat memiliki dampak positif pada proses pembelajaran dan hubungan dengan siswa. menciptakan suasana belajar yang nyaman, dan meningkatkan rasa hormat siswa terhadap guru. namun perlu di ingat bahwa penampilan menarik tidak hanya tentang pakaian, tetapi juga tentang sikap, perilaku , dan kepribadian guru.