silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara :

  1. Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang.
  2. Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan.
  3. Meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukannya itu

Rusdianto

Dalam tampilan video materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi, hanya seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan atau mengurangkan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak yang ingin mencoba. Disamping itu hasil pembelajaran anak akan lebih menjiwai materi yang kita berikan, dan kesan yang ada dalam benak siswa akan lebih tahan lama, sehingga akan mudah di reproduksi sewaktu-waktu diperlukan.
Kesan Umum dalam pembelajaran: Kami melihat penampilan guru kurang rapi, misalnya guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. Didamping itu pakaiannya kurang rajin nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.

Drs. Badjuri, M.Pd.

  1. Dalam pembukaan guru sebaiknya menjelaskan dulu tentang konsep ‘bertambah’ dan ‘berkurang’. Terkadang murid sulit untuk mengerti bila ada soal cerita yang menggunakan persamaan kata dari bertambah (diberi, membeli lagi, dsb), atau berkurang (rusak, pecah, hilang, dimakan, dsb).
  2. Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja.
  3. Materi sesuai dengan perserta didik cukup.
  4. Materi sudah sesuai dengan kurikulum.

Tri Ekowati

Similar Posts

3,740 Comments

  1. NAMA : NELI OKTA SARI
    NIM : 859543669
    SALUT : BANJAR AGUNG

    Ijin menanggapi vidio di atas
    Menurut saya penyampaian materi yang di lakukan guru tersebut itu dengan menggunakan alat peraga sangat menginspirasi para guru lainnya,, karena dengan membawa alat peraga atau alat pendukung untuk menunjang proses pembelajaran di lakukan agar siswa-siswa tertarik dan tidak bosan saat mendengarkan penjelasan yang guru berikan.

  2. NAMA : NELI OKTA SARI
    NIM : 859543669
    SALUT : BANJAR AGUNG

    Ijin menanggapi vidio di atas
    Menurut saya penyampaian materi yang di lakukan guru tersebut itu dengan menggunakan alat peraga sangat menginspirasi para guru lainnya,, karena dengan membawa alat peraga atau alat pendukung untuk menunjang proses pembelajaran di lakukan agar siswa-siswa tertarik dan tidak bosan saat mendengarkan penjelasan yang guru berikan.

  3. NAMA : DELLA PUTRI PERMATASARI
    NIM : 858936759
    setelah melihat video tersebut Menarik perhatian siswa memang jadi tantangan utama dalam proses belajar mengajar. Video ini bagus banget karena menyadarkan kita bahwa guru perlu kreatif dan fleksibel dalam menyampaikan materi. Bisa lewat permainan, cerita, atau media interaktif biar siswa lebih tertarik dan nggak cepat bosan. Semangat terus untuk para pendidik!”

  4. pada video pertama yang saya lihat
    , Guru tersebut tidak mempunyai penampilan yang menarik dan tidak rapi. dan saat memasuki kelas dia tidak memiliki penyampaian kelas yang lebih baik, hanya menyapa siswa dan menyampaikan sedikit pembelajaran dan langsung duduk, sedangkan peserta didik disana sama sekali tidak fokus mendengarkan apa yang disampaikan guru tersebut.
    pada video kedua,
    Guru tersebut telah mengubah penampilannya menjadi lebih rapi, dan menyapa peserta didik tetapi langsung memberikan ice breaking. seharusnya Guru saat membuka pembelajaran, harus memulai dengan kata sapaan, mengajak peserta didik berdoa, bertanya keadaan peserta didik dan mengecek kehadiran peserta didik. lalu melakukan ice breaking agar peserta didik lebih semangat saat memulai pembelajaran dan menyampaikan beberapa pembelajaran yang akan diajarkan. disana Guru tersebut juga langsung memberikan contoh pembelajaran dengan menggunakan media, tanpa menyampaikan pelajaran apa yang akan dibahas saat itu. akhirnya peserta didik cepat merasa bosan selama pembelajaran

  5. Nama: Adellia Shita
    Nim: 858937625

    Video menunjukkan strategi guru dalam menarik perhatian siswa, seperti memberikan penguatan dan meminta siswa memberikan penjelasan benda apa yang ditemukan. Cara ini sangat efektif dalam membangun interaksi aktif, berpikir kritis, dan membuat suasana belajar menjadi lebih hidup. Sangat inspiratif untuk diterapkan dalam pembelajaran didalam kelas.

  6. NAMA : ADELLIA SHITA DEVI
    NIM : 858937625
    Setelah melihat video tersebut Komentar video untuk pertanyaan siswa SD sebaiknya menarik, positif, dan memotivasi, agar anak merasa dihargai dan semakin semangat belajar. Gunakan gaya bahasa yang ramah, ceria, dan membangun rasa ingin tahu, sambil tetap mendorong interaksi dari penonton lain. Komentar seperti ini bisa memperkuat pesan edukatif dari video sekaligus membuat suasana belajar terasa menyenangkan.

    Kalau kamu punya contoh pertanyaan atau isi videonya, aku bisa bantu buat komentar yang lebih spesifik dan tepat sasaran.

  7. Nama : PEGGY SHELDIMA PUTRI
    Nim : 856617083

    Menurut saya di dalam video pembukaan , reaksi anak sangat bagus karna guru nya memberikan permainan untuk mengalihkan perhatian anak anak ke pembelajaran.
    Di dalam video saya melihat kekurangan tidak menjelaskan dengan menulis di papam tulis atau bernyayi tentang berhitung.
    Kelebihan di dalam video anak anak tetap memperhatikan guru nya menjelaskan dengan baik dan anak anak bersikap dengan tenang.
    Hal unik di dalam video ketika anak anak di ajak bermain berhitung seperti tepuk dua kali anak anak langsung merespon nya.
    Solusi untuk video sebaik nya membuat lebih dari 1 permainan berhitung supaya anak lebih rilek dan konsen terhadap pelajaran.

  8. NAMA : CHERRIA PUSPITA
    NIM : 855752819
    Dari video ini kita dapat memilih peran aktif seorang guru di awal pembelajaran sangatlah penting, dengan adanya kegiatan apersepsi di awal pembelajaran menimbulkan rasa semangat belajar dan dapat menarik minat siswa agar lebih memperhatikan dan fokus pada pembelajaran yang akan disampaikan, hal ini tentunya akan berdampak pada hasil belajar pserta didikk. Oleh karena itu, seorang guru dituntut agar dapat mengembangkan metode pengajaran yang kreatif serta inovatif untuk menarik minat peserta didik.

  9. NAMA : CHERRIA PUSPITA
    NIM : 855752819
    Tanggapan terhadap Video Seri Pengembangan Matematika SD: Sesi “Menarik Perhatian Siswa”

    Video pembelajaran dalam Seri Pengembangan Matematika SD, khususnya pada sesi “Menarik Perhatian Siswa”, memberikan wawasan penting terkait strategi membangun kesiapan belajar siswa kelas 1 dalam pembelajaran berhitung dasar. Pada fase usia dini, siswa umumnya memiliki rentang perhatian yang pendek, sehingga diperlukan pendekatan kreatif dan bervariasi agar proses pembelajaran dapat berjalan optimal.

    Dalam video ini, dipaparkan bahwa guru perlu memanfaatkan media konkret, permainan berhitung, lagu-lagu tematik, serta cerita yang dekat dengan pengalaman sehari-hari siswa sebagai alat untuk menarik perhatian. Strategi ini dinilai efektif dalam meningkatkan keterlibatan siswa secara aktif dan membangun suasana kelas yang menyenangkan. Selain itu, guru juga dianjurkan untuk memperhatikan faktor emosional siswa, seperti memastikan anak merasa aman dan diterima di dalam kelas.

    Video ini memperkuat pemahaman bahwa keberhasilan pembelajaran matematika dasar tidak hanya bergantung pada materi yang diajarkan, tetapi juga pada bagaimana guru mampu menciptakan iklim pembelajaran yang kondusif melalui teknik menarik perhatian yang sesuai dengan tahap perkembangan anak.

    Kesimpulan:
    Sesi “Menarik Perhatian Siswa” memberikan kontribusi besar terhadap upaya meningkatkan kesiapan belajar siswa SD kelas 1. Dengan menerapkan strategi-strategi kreatif yang telah disampaikan, guru dapat membantu siswa lebih fokus, termotivasi, dan siap menerima konsep-konsep dasar matematika secara lebih efektif.

    maya maya says:
    April 26, 2025 at 6:57 pm
    Nama: Maimunah
    Nim: 857382317
    Tanggal: 26-04-2025

    Saya ingin memberikan tanggapan tentang video ini. Video ini menginspirasi bagaimana seorang guru mengajarkan penjumlahan dan pengurangan melalui benda2 sekitarnya, sehingga anak² antusias dalam menjawab pertanyaan guru,serta menyukai pelajaran tersebut yang notabene nya berhitung itu sangat susah. bagaimana seorang guru dapat berusaha keras untuk menarikperhatian murid-muridnya.

  10. Nama : Agung grafika surbakti
    Kelompok belajar : binjai
    Dari vidio yang saya pahami, apa bila kita menjadi seorang guru dan belum siap untuk memulai pengajaran pada saat masuk ke dalam kelas kita akan kebingunan untuk mengatur siswa,oleh sebab itu sebelum memulai mengajar alangkah baiknya gunakan ice breaking untuk menyemangati diri sendiri dan juga menyemangati para siswa

Leave a Reply