silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini berisi tentang bagaimana guru mengatur siswa agar suasana belajar menjadi kondusif. Proses pembelajaran dikatakan kondusif jika seorang guru dapat menciptakan dan memelihara kondisi belajar yang optimal serta mengembalikan kondusif jika terjadi gangguan. Selanjutnya….

Pada saat belajar secara kelompok, anak dapat mendalami materi  dan menjelaskan materi secara detail. Dengan menerapkan metode  bermain peran tentang materi “Persiapan Kemerdekaan Indonesia”, siswa dapat mengambil hikmahnya serta berani mengemukakan pendapat dalam kegiatan diskusi.

Apakah Anda pernah mengalami masalah seperti ini? Bagaimana cara Anda mengatasinya? Ayoo berbagi dengan guru-guru lain dengan cara menuliskan pengalaman atau komentar Anda mengenai masalah tersebut.!

Dra. Siti Rohmi Yuliati, M.Pd.

Similar Posts

256 Comments

  1. Nama : Muhammad Yahya Ayyasy Al Faruqi
    NIM : 857358727
    Pokjar : Bogor

    Pada video tersebut menampilkan seorang guru yang sedang melakukan proses belajar mengajar di kelas yang berjalan efektif dan nyaman. Tampak guru yang memberikan penjelasan materi dan siswa yang cukup aktif dengan suasana kelas yang tetap aman. Pada video guru memberikan penguatan materi di awal pembelajaran dan memberikan motivasi sehingga siswa lebih semangat dalam mengikuti pembelajaran. Guru selalu melibatkan siswa dalam kegiatan pembelajaran dengan membentuk kelompok dan memberikan penguatan kepada siswa untuk bisa melakukan diskusi dan mengemukakan pendapat mereka.
    Beberapa cara yang dilakukan guru:
    * Guru membangun hubungan yang positif dengan siswa, memberikan kesempatan untuk mengemukakan pendapat.
    *Metode belajar yang variatif, memberikan kepercayaan kepada siswa untuk membentuk kelompok sendiri dan menjadi peran.
    * Pengelolaan kelas yang tidak monoton.

    Hal yang perlu dikembangkan oleh guru dalam pembelajaran:
    * Guru dapat membuat media pembelajaran yang lebih menarik dengan memanfaatkan teknologi. Misalnya dengan media video atau gambar yang lebih nyata.
    * Guru memilih metode belajar yang lebih interaktif.
    * Memulihkan semangat siswa dengan memberikan icebreaking di sela2 pembelajaran, agar siswa tidak bosan.

  2. Nama : Herlina
    NIM. : 82859822385
    Menciptakan pembelajaran yang kondusif merupakan salah satu hal yang berperan penting dalam keberhasilan proses belajar mengajar.
    Untuk menciptakan pembelajaran yang kondusif guru harus berusaha menggunakan berbagai strategi yg sesuai dengan kebutuhan belajar dan karakteristik siswanya. Guru juga harus menciptakan suasana kelas yang menyenangkan, guru yang diidolakan oleh siswa dan cara mengajar yang tidak monoton.

  3. Nama :Hetty Rezki Pratama
    Nim:856602993
    Salut :Gelumbang
    Judul:menciptakan kelas kondusif
    Sebagai guru bagi saya jelas kondusif adalah kelas dimana siswa tidak membatasi gerak namun tetap patuh terhadap peraturan dan sopan dimana berarti guru tersebut tidak menjadi momok menakutkan bagi siswa sehingga siswa mampu mengikuti pelajaran dengan baik dengan cara yang selalu kreatif seperti memulai pelajaran dengan bernyanyi atau bertepuk semangat dan ketika kelas tidak kondusif maka guru mengajak ice breaking serta menutup dengan game edukatif sehingga materi hari itu bisa sampai dengan maksimal

  4. Nama : Yulinar Agustian
    NIM : 857611551
    POKJAR : Kemangkon
    UPBJJ : Purwokerto
    Judul Video : Menciptkana suasana kelas Kondusif
    Dalam video tersebut menampilkan seorang guru yang sedang melakukan kegiatan pembelajaran IPS tentang Kemerdekaan yang berjalan efektif dan aman . anak anak juga terlihat antusias dalam pembelajaran . tetapi pada kegiatan pendahuluan tidak ada pendahuluan seperti salam, berdoa sebelum pembelajaran dimulai,melakukan absensi kehadiran siswa , melakukan ice breaking untuk menambah semangat siswa dalam kegiatan pembelajaran. pada kegiatan pemateri terlihat guru juga tidak memberikan penjelasan materi terlebih dahulu . guru juga tidak aktif dalam kegiatan anak dalam pembelajaran atau berkeliling untuk memantau siswa jika mengalami kesulitan dalam mengerjakan/berdiskusi antar teman. guru tidak memberikan apresiasi jika siswa sudah berhasil menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru ,seharusnya diberikan apresiasi semisal memberikan tepuk tangan untuk menambah percaya diri kepada anak dan anak jadi tidak takut dalam mengemukakakn pendapatanya. guru menggunakan metode pembelajaran yang beragam sehingga anak-anak tidak bosan dalam pembelajaran . mungkin bisa ditambahkan menggunakan media pembelajaran/ melihat tayangan video tentang materi yang dibahas. demikian analisis saya dalam video tersebut.

  5. Nama : Silsa Citra Kurnia Sari
    Nim : 858919483
    Video ini menampilkan strategi guru dalam menciptakan suasana belajar yang kondusif, yaitu dengan mengatur siswa secara aktif dan menjaga fokus belajar. Hal ini relevan dengan kondisi kelasku, di mana siswa sering merasa mengantuk saat pembelajaran. Untuk mengatasinya, aku menerapkan metode ceramah yang divariasikan dengan diskusi agar siswa lebih terlibat. Seperti dalam video, pembelajaran kelompok dan metode bermain peran membantu siswa lebih memahami materi dan berani menyampaikan pendapat, sehingga suasana kelas menjadi lebih hidup dan aktif.

  6. Nama : Silsa Citra Kurnia Sari Nim : 858919483 Video ini menampilkan strategi guru dalam menciptakan suasana belajar yang kondusif, yaitu dengan mengatur siswa secara aktif dan menjaga fokus belajar. Hal ini relevan dengan kondisi kelasku, di mana siswa sering merasa mengantuk saat pembelajaran. Untuk mengatasinya, aku menerapkan metode ceramah yang divariasikan dengan diskusi agar siswa lebih terlibat. Seperti dalam video, pembelajaran kelompok dan metode bermain peran membantu siswa lebih memahami materi dan berani menyampaikan pendapat, sehingga suasana kelas menjadi lebih hidup dan aktif

Leave a Reply