silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini berisi tentang bagaimana guru mengatur siswa agar suasana belajar menjadi kondusif. Proses pembelajaran dikatakan kondusif jika seorang guru dapat menciptakan dan memelihara kondisi belajar yang optimal serta mengembalikan kondusif jika terjadi gangguan. Selanjutnya….
Pada saat belajar secara kelompok, anak dapat mendalami materi dan menjelaskan materi secara detail. Dengan menerapkan metode bermain peran tentang materi “Persiapan Kemerdekaan Indonesia”, siswa dapat mengambil hikmahnya serta berani mengemukakan pendapat dalam kegiatan diskusi.
Apakah Anda pernah mengalami masalah seperti ini? Bagaimana cara Anda mengatasinya? Ayoo berbagi dengan guru-guru lain dengan cara menuliskan pengalaman atau komentar Anda mengenai masalah tersebut.!
Dra. Siti Rohmi Yuliati, M.Pd.
–
–
–
–
Nama : SRI NURJANAH
NIM : 856982539
PROGRAM STUDI : PGSD-S1
UPBJJ: BANDAR LAMPUNG
Judul video: Menciptakan suasana kelas yang kondusif
Bagaimana reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
Dari pengamatan video yang saya lihat siswa mengikuti pelajaran dengan baik meskipun ada beberapa siswa yang tidak memperhatikan
2. Apa kelebihan dari kegiatan yang dilakukan oleh guru?
Metode yang diberikan oleh guru mengajak siswa untuk fokus terlebih dahulu dalam pembelajaran berlangsung dan menciptakan suasana yang kondusif, selain itu juga siswa semakin aktif tentang materi kemerdekaan yang telah diberikan oleh guru dengan mempraktekkan model bermain peran secara berkelompok sehingga siswa dapat memahami dengan mudah melalui model bermain peran tadi.
3.Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
Kurangnya keterampilan dasar mengajar guru sebagai contoh keterampilan membuka pelajaran di mana di video tersebut guru tidak menunjukkan keterampilan membuka pelajaran dengan benar guru langsung ke bagian inti yaitu membaca mandiri materi tentang kemerdekaan selain itu guru juga kurang membangkitkan antusias atau semangat siswa dalam belajar, karena masih ada beberapa siswa yang tidak memperhatikan dengan baik dan guru juga kurang dalam menjelaskan materi kemerdekaan yang seharusnya diberikan saat membuka pelajaran
4. Apa keunikan yang ada pada video tersebut?
Keunikannya siswa aktif dalam menjawab pertanyaan peran kelompok yang diberikan oleh guru
5. Upaya apa yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran tersebut
Guru hendaknya memahami apa saja keterampilan dasar mengajar dan bagaimana yang harus dipraktekkan ketika mengajar siswa karena tidak semua siswa dapat mengerti apa yang guru jelaskan serta penggunaan media dan bahan pelajaran yang kurang seharusnya bisa dengan menggunakan media video agar lebih menarik siswa
Nama : Siti Nuraida
NIM : 857319377
Program Studi : PGSD – S1
Hasil analisis dari video menciptakan suasana kelas kondusif tersebut sudah bagus, guru bisa mengarahkan siswa untuk mengarahkan proses pembelajarannya dengan baik. Dengan metode bermain peran, siswa lebih mudah untuk mengemukakan pendapatnya. Selain itu, guru menggunakan metode tanya jawab dan juga pembagian kelompok agar memudahkan siswa dalam memahami materi pembelajaran. Semuanya sudah dilaksanakan dengan baik. Namun, alangkah lebih baik lagi jika ingin memulai sebuah pembelajaran guru melakukan apersepsi terlebih dahulu. Kemudian, supaya menarik lagi guru bisa menggunakan video tentang materi pembelajaran tersebut agar siswa lebih paham. Guru diusahakan untuk memberikan apresiasi kepada siswa yang sudah berani untuk menjawab pertanyaan, hal ini sebagai bentuk penghargaan guru terhadap siswa dan memunculkan semangat siswa dalam kegiatan belajar mengajar. Kemudian, pada video tersebut guru tidak memberikan penguatan materi. Seharusnya, guru bisa memberikan penguatan materi agar siswa lebih paham lagi.
Terima kasih
Nama : MIFTAKHUL MUALIMAH
NIM : 858901528
Pokjar : WULUHAN
UPBJJ : Jember
Prodi : PGSD-S.1
Semest : 6 (enam)
Setelah menyimak video pembelajaran diatas, menurut saya ada 2 point yang bisa saya pelajari disini.
point pertama yaitu adanya KEKURANGAN & KELEBIHAN.
– KEKURANGAN
1. Dibagian pembuka pembelajaran seharusnya lebih baik diawali dengan salam serta sapaan kepada siswa, dilanjutkan dengan absensi siswa.
2. Refleksi siswa atau memberikan semangat awal pada siswa dalam istilah (Ice Breaking), dengan tujuan agar siswa bersemangat untuk menjalankan pembelajaran hari ini.
3. Kemudian sedikit menanyakan kembali pembelajaran yang sudah dipelajari sebelumnya, dan dilanjutkan dengan menyampaikan tema materi yang akan dipelajari hari ini, serta menyampaikan tujuan-tujuan pembelajaran.
4. Lalu menjelaskan terlebih dahulu materi-materi yang akan dipelajari pada pagi hari ini.
5. Dibagian penutup, nah dibagian penutup ini masih kurang adanya beberapa point penting yang perlu diperhatikan oleh guru :
a. Harus ada APRESIASI untuk anak, dengan tujuan agar anak lebih bersemangat untuk belajar.
b. Step terakhir, guru harus ada MOTIVASI untuk anak.
c. Dan mengucapkan SALAM.
– KELEBIHAN
1. Pada pembelajaran diatas sangat baik dengan adanya suasana kelas yang kondusif.
2. Bisa dilihat juga bahwa anak sangat antusias dalam menjalankan pembelajaran tersebut dikarenakan adanya METODE CERAMAH, ada juga BERMAIN PERAN sehingga siswa sangat senang waktu pembelajaran berlangsung. Nah, dengan adanya rasa senang pada anak maka suasana kelas menjadi kondusif.
3. Dikelas tersebut juga terlihat bahwasannya guru berhasil membuat/membagikan kelompok-kelompok kecil dalam belajar, yang dimana kelompok kecil tersebut berisikan kurang lebih sekitar 4-5 anak. Nah, dengan adanya pembagian kelompok tersebut juga sangat mempengaruhi suasana kelas yang kondusif, karena apa saya mengatakan seperti itu? Karena siswa bisa saling berinteraksi satu sama lain dengan baik.
4. Guru juga memperhatikan satu-persatu proses pembelajaran siswa.
5. Bahkan guru juga memberikan kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapat dibagian TANYA JAWAB.
Sekian dari saya, mohon maaf apabila ada salah ataupun kurangnya.
Nama: Muhammad Rajin Kholiq
Nim: 858901685
Prodi: 118/S1-PGSD
UPBJJ: UT Jember
Dari melihat dan menyimak video pembelajaran tersebut, bahwasanya untuk menciptakan kelas yang kondusif membutuhkan kejasama antara guru dan siswa dalam melaksanakan pembelajaran tersebut.
Dalam video tersebut sebenarnya guru sudah bagus dalam menciptakan kelas yang kondusif namun guru masih kurang kreatif dalam melaksanakan pembelajaran tersebut jadi anak menjadi jenuh dan ada yang tidak memperhatikan kegiatan belajar mengajar tersebut. Dan di awal video guru terlihat kurang ceria dalam membawakan pembelajaran dan harusnya guru memancing dengan pengalaman mereka saat kegiatan kemerdekaan Indonesia untuk memancing imajinasi siswa dan keterampilan siswa dalam belajar.
Guru kurang mengapresiasi siswa setelah menjawab pertanyaan yang di berikan, harusnya guru memberikan apresiasi meskipun hanya tepuk tangan untuk siswa lebih semangat dalam menjalankan pembelajaran di kelas tersebut. Mungkin hanya itu yang dapa saya sampaikan di dalam pembelajaran tersebut mohon maaf apabila ada kekurangan dalam saya menjawab dan menjelaskan tentang menciptakan kelas yang kondusif di kelas. Sekian terima kasih 🙏🙏
Nama : Siti Rahmah
NIM : 857333693
Program Studi : S1-PGSD
1. Reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran dapat mengikuti dengan baik, meskipun masih kurangnya antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran.
2. Kelebihan kegiatan pembelajaran tersebut, guru menggunakan metode kelompok dengan diskusi dan metode bermain peran sebagai upaya membuat pembelajaran tetap kondusif.
3. Kekurangan dalam kegiatan pembelajaran tersebut, kurangnya media atau bahan ajar yang di pergunakan oleh Guru, Guru hanya menggunakan buku paket sebagai sumber utama bahan ajar. Tidak diselingi juga dengan ice breaking atau permainan sehingga mencairkan suasana kelas sehingga tidak terlihat kaku.
4. Keunikan siswa melakukan metode bermain peran.
5. Upaya yang dapat diusulkan untuk meningkatkan pembelajaran, pertama menyampaikan tujuan pembelajaran dan mengkondisikan kelas sebelum memulai pembelajaran, dapat menggunakan media atau alat bantu dalam menjelaskan pembelajaran, menyelingi dengan ice breaking atau permainan, dapat menerapkan CBSA dalam kegiatan pembelajaran.
Nama : simeni buulolo
Nim : 859886173
program studi : PGSD BI
setelah saya melihat dan menganalisi video di atas, ada kelemahan dan kelebihannya antara lain:
kelemahan:
– Guru tidak menarik perhatian siswa
– Guru tidak menyemangati siswa
– Guru tidak menyampaikan manfaat materi yang disampaikan sehingga tidak memancing keseriusan siswa.
kelebihan:
– Guru sabar dalam mengarahkan anak-anak walaupun dalam keadaan ribut.
Assalamualaikum dan Selamat Malam semua.
Sedikit memberikan pendapat berupa saran dan kritik untuk Vidio diatas tentang Menciptakan Suasana Kelas Kondusif.
Semua guru pasti mengalami yang namanya kesulitan untuk menciptakan suasana kelas yang kondusif ditambah lagi terkadang ada lebih banyak siswa didalam ruangan tersebut.
Pendapat saya tentang Vidio diatas:
1. Guru belum cukup menjelaskan baik apa itu Tujuan pembelajaran tersebut, maupun bagaimana proses pembelajaran tersebut harusnya berlangsung sehingga ada beberapa siswa yang masih terlihat bingung dengan situasi atau kegiatan belajar yang berlangsung.
2. Guru belum memeriksa kembali apakah benar siswa duduk sesuai dengan kelompoknya, sebab jika siswa duduk belum sesuai kelompoknya pasti akan mengalami kebingungan.
3. Guru belum menjelaskan atau memberikan sedikit gambaran tentang proses belajar yang akan dilakukan pada saat itu dan apa saja tugas dari masing-masing kelompok.
Adapun saran saya untuk Vidio diatas:
1. Ada baiknya sebelum memulai diskusi atau proses pembelajaran guru menjelaskan sedikit Bagaimana pembelajaran harus berlangsung dan Tujuan pembelajaran yang akan berlangsung tersebut.
2. Kemudian Guru menyusun tempat duduk siswa sesuai dengan kelompoknya dan tidak lupa untuk memeriksanya agar memastikan.
3. Guru memberikan sedikit Materi pembuka agar siswa paham dengan Materi yang akan dibacanya.
4. Sebelum guru memberikan pertanyaan ada baiknya guru dan siswa sama-sama menyimpulkan hasil bacaan dari apa yang telah dibaca oleh masing-masing siswa. Setelah dirasa semua siswa paham dengan materi dan mampu menyimpulkan barulah guru memberikan pertanyaan untuk memastikan bahwa siswa telah memahami Materi yang telah dibacanya.
5. Suasana kelas sudah cukup kondusif hanya saja kurang sedikit interaksi antara Guru dan siswa dimana yang saya rasa karena guru kurang sedikit kreatif untuk membangkitkan semangat siswa agar cepat tanggap menjawab pertanyaan yang Guru berikan.
6. Apa yang telah Guru lakukan pada Vidio tersebut sudah yang terbaik hanya saja memang kita tidak dapat memberikan pendapat begitu saja sebab bukan kita yang sedang menghadapi situasi tersebut Namun, kita semua berhak memberikan yang terbaik dan berhak memperbaiki proses ataupun cara mengajar kita sebagai Guru agar dapat menciptakan suasana kelas yang tidak hanya Kondusif namun juga mampu membuat semua siswa paham dan mengerti tentang suatu Materi yang kita sampaikan maupun kita pelajari.
Semangat untuk semua Guru-guru hebat diseluruh Indonesia.
Kita pasti bisa menciptakan anak bangsa yang luar biasa.
Sekian menurut pendapat saya, mohon maaf apabila ada perkataan maupun ketikan saya yang menyinggung pihak manapun saya tidak bermaksud demikian saya akhiri.
Wassalamu’alaikum dan Selamat Malam semua
Nama: Cici Nurhijayani NIM: 855990526
Program Studi: S1-PGSD
Assalamualaikum dan Selamat Malam semua.
Sedikit memberikan pendapat berupa saran dan kritik untuk Vidio diatas tentang Menciptakan Suasana Kelas Kondusif.
Semua guru pasti mengalami yang namanya kesulitan untuk menciptakan suasana kelas yang kondusif ditambah lagi terkadang ada lebih banyak siswa didalam ruangan tersebut.
Pendapat saya tentang Vidio diatas:
1. Guru belum cukup menjelaskan baik apa itu Tujuan pembelajaran tersebut, maupun bagaimana proses pembelajaran tersebut harusnya berlangsung sehingga ada beberapa siswa yang masih terlihat bingung dengan situasi atau kegiatan belajar yang berlangsung.
2. Guru belum memeriksa kembali apakah benar siswa duduk sesuai dengan kelompoknya, sebab jika siswa duduk belum sesuai kelompoknya pasti akan mengalami kebingungan.
3. Guru belum menjelaskan atau memberikan sedikit gambaran tentang proses belajar yang akan dilakukan pada saat itu dan apa saja tugas dari masing-masing kelompok.
Adapun saran saya untuk Vidio diatas:
1. Ada baiknya sebelum memulai diskusi atau proses pembelajaran guru menjelaskan sedikit Bagaimana pembelajaran harus berlangsung dan Tujuan pembelajaran yang akan berlangsung tersebut.
2. Kemudian Guru menyusun tempat duduk siswa sesuai dengan kelompoknya dan tidak lupa untuk memeriksanya agar memastikan.
3. Guru memberikan sedikit Materi pembuka agar siswa paham dengan Materi yang akan dibacanya.
4. Sebelum guru memberikan pertanyaan ada baiknya guru dan siswa sama-sama menyimpulkan hasil bacaan dari apa yang telah dibaca oleh masing-masing siswa. Setelah dirasa semua siswa paham dengan materi dan mampu menyimpulkan barulah guru memberikan pertanyaan untuk memastikan bahwa siswa telah memahami Materi yang telah dibacanya.
5. Suasana kelas sudah cukup kondusif hanya saja kurang sedikit interaksi antara Guru dan siswa dimana yang saya rasa karena guru kurang sedikit kreatif untuk membangkitkan semangat siswa agar cepat tanggap menjawab pertanyaan yang Guru berikan.
6. Apa yang telah Guru lakukan pada Vidio tersebut sudah yang terbaik hanya saja memang kita tidak dapat memberikan pendapat begitu saja sebab bukan kita yang sedang menghadapi situasi tersebut Namun, kita semua berhak memberikan yang terbaik dan berhak memperbaiki proses ataupun cara mengajar kita sebagai Guru agar dapat menciptakan suasana kelas yang tidak hanya Kondusif namun juga mampu membuat semua siswa paham dan mengerti tentang suatu Materi yang kita sampaikan maupun kita pelajari.
Semangat untuk semua Guru-guru hebat diseluruh Indonesia.
Kita pasti bisa menciptakan anak bangsa yang luar biasa.
Sekian menurut pendapat saya, mohon maaf apabila ada perkataan maupun ketikan saya yang menyinggung pihak manapun saya tidak bermaksud demikian saya akhiri.
Wassalamu’alaikum dan Selamat Malam semua
Nama: Rinanda
Nim: 856028796
Pokjar: Asahan
Setelah saya melihat di atas saya menyimpulkan dari beberapa siswa yang tidak terfokus saat melakukan proses pembelajaran salah satu diantaranya adalah kurangnya arahan guru. Saya sebagai sebagai seorang guru pun,kdang kewalahan dalam mendidik anak yang sedikit degil dan susah diatur, tapi berbagai upaya yg dapat saya sharing dengan mecari tahu diberbagai media,maupu dari guru yg sudah berpengalaman,upaya apa yang dilakukan guru supaya menciptakan suasana yang kondusif, tertib, dan nyaman saat belajar. Semangat untuk guru guru pintar indonesia. Saat awal pembelajaran, ketika di awal guru memberikan arahan yang baik terkait proses pembelajaran. Maka siswa lebih terfokus dengan apa yang telah guru sampaikan, dan seharusnya guru menggunakan media pembelajaran agar siswa lebih senang untuk mengikuti proses pembelajaran yang sedang berlangsung . Intonasi guru menjelaskan sudah bagus sehingga siswa mendengarkannya lebih jelas.
Nama