silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini berisi tentang bagaimana guru mengatur siswa agar suasana belajar menjadi kondusif. Proses pembelajaran dikatakan kondusif jika seorang guru dapat menciptakan dan memelihara kondisi belajar yang optimal serta mengembalikan kondusif jika terjadi gangguan. Selanjutnya….
Pada saat belajar secara kelompok, anak dapat mendalami materi dan menjelaskan materi secara detail. Dengan menerapkan metode bermain peran tentang materi “Persiapan Kemerdekaan Indonesia”, siswa dapat mengambil hikmahnya serta berani mengemukakan pendapat dalam kegiatan diskusi.
Apakah Anda pernah mengalami masalah seperti ini? Bagaimana cara Anda mengatasinya? Ayoo berbagi dengan guru-guru lain dengan cara menuliskan pengalaman atau komentar Anda mengenai masalah tersebut.!
Dra. Siti Rohmi Yuliati, M.Pd.
–
–
–
–
NAMA : SITI CHOIRIYAH PURNAMA WULAN
NIM : 857016003
PRODI : S1 PGSD
Berdasarkan hasil analisis saya setelah menyimak video diatas yaitu dalam menciptakan suasana kelas yang kondusif membutuhkan peran dari guru dan siswa. Dalam hal ini jika kita menggunakan Metode ngajar yang tepat siswa juga bakal fokus dengan pembelajaran nya.jadi jika kita sebagai guru ingin Sebuah kelas bisa kondusif kita bisa juga di awal pembelajaran di kasih denga nyanyian dulu atau mini games supaya anak dari awal juga sudah senang dengan pembelajaran nya. dan sang anak juga tidak bakal asik sendiri,ngobrol sendiri dll.
Sekian dan terimakasih.
Nama : NITA PRESDAYANTI
NIM : 856986091
PRODI : PGSD-S1
Menurut saya untuk menciptakan suasana kelas yang kondusif membutuhkan kerja sama antara guru dan siswa, guru yang menjelaskan dan siswa yang memberikan respon, jika guru memberikan metode belajar yang tepat maka akan menciptakan suasana belajar yang kondusif. Didalam video tersebut kelebihan nya guru dapat mengatur siswa menjadi tenang dan fokus memperhatikan pembelajaran sehingga menciptakan suasana belajar yang kondusif. Namun kelemahan nya dalam metode pembelajaran tersebut guru menyampaikan materi dengan gaya terlalu kaku dan monoton terhadap buku, dan kurangnya interaksi terhadap siswa. Seharusnya guru harus menciptakan variasi belajar yang lebih menarik sehingga siswa merasa nyaman dan mudah memahaminya, agar siswa tidak bosan dan tidak jenuh dengan metode pembelajaran yang monoton tersebut.
Sekian jawaban dari saya
nama astriana (858911654)
prodi PGSD-S1
Saya pernah mengalami pengalaman sebagai guru di sebuah sekolah menengah pertama, di mana saya harus mengatur kelas yang memiliki siswa dengan tingkat energi yang tinggi dan sulit diatur. Saya merasa kesulitan dalam menciptakan suasana belajar yang kondusif, karena siswa sering kali saling mengganggu dan tidak fokus dalam pembelajaran.
Namun, saya mencoba untuk menciptakan peraturan yang jelas dan memberikan konsekuensi yang sesuai apabila peraturan tersebut dilanggar. Saya mengajarkan siswa tentang tata tertib kelas, seperti tata cara masuk dan keluar kelas, tata tertib mengangkat tangan saat ingin berbicara, dan tata tertib tidak mengganggu teman saat sedang belajar.
Selain itu, saya juga mencoba untuk membuat aktivitas pembelajaran yang menarik dan interaktif untuk siswa, seperti presentasi kelompok, game edukatif, dan diskusi kelompok. Saya memberikan kebebasan pada siswa untuk memilih topik yang mereka minati, sehingga mereka lebih tertarik dan terlibat dalam pembelajaran.
Saya juga memberikan perhatian pada setiap siswa dan menghargai perbedaan mereka. Saya mengajarkan siswa untuk saling menghormati satu sama lain dan tidak menghakimi teman sekelas. Saya juga memberikan perhatian khusus pada siswa yang membutuhkan bantuan khusus, seperti siswa dengan kebutuhan khusus dan siswa yang sedang mengalami kesulitan pribadi.
Dengan cara ini, saya berhasil menciptakan suasana belajar yang kondusif bagi siswa dan membuat mereka lebih fokus dan tertarik dalam pembelajaran. Siswa-siswa tersebut mulai menghargai peraturan dan tata tertib kelas, dan saling menghargai satu sama lain. Saya merasa senang dan terpenuhi sebagai guru ketika siswa-siswa tersebut mulai menunjukkan hasil belajar yang lebih baik dan semangat dalam belajar yang lebih tinggi.
NAMA : GIPA YEHO PAJIRE
NIM : 856 582 204
POKJAR : MERANGIN
UPBJJ : JAMBI
untuk terciptanya kelas yang kondusif dibutuhkan peran dari guru dan siswa. Peran guru pada video tersebut menurut saya sudah menerapkan penataan kondisi belajar yang optimal.
Respon siswa terlihat tanggap atas perintah dan arahan terhadap pembelajaran yang dilakukan guru, siswa mengikuti pembelajaran dengan kondusif dan tidak ada kegaduhan. Namun, siswa tidak terlihat menunjukkan reaksi yang menyenangkan terhaap pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Kelemahan guru dalam video tersebut proses pembelajaran terlihat monoton dan kurang menerapkan metode dalam pembelajarannya, sehingga pembelajaran terasa membosankan bagi siswa.
Meski demikian peran guru tersebut sangat membantu siswanya dalam mengatur kegiatan kelompok, walaupun pembelajarannya monoton, tetapi guru mampu dalam mengarahkan siswa-siswinya dalam berdiskusi.
Hal unik yang saya temukan dalam pembelajaran tersebut adalah dalam video tersebut guru tidak memberikan penjelasan-penjelasan atau materi kepada siswa, tetapi langsung pada kegiatan berkelompok, sehingga siswa melakukan diskusi dengan kelompoknya masing-masing. Hal tersebut membantu siswa dalam kegiatan komunikasi dan kerjasama.
Upaya yang dapat diusulkan dalam meningkatkan kualitas kegiatan berikutnya, dengan menambah variasi-variasi pembelajaran yang lebih menarik, menggunakan media pembelajaran contohnya Video mengenai persiapan kemerdekaan Indonesia, menggunakan media gambar mengenai gambar tokoh-tokoh yang merencanakan kemerdekaan Indonesia
Nama : Amelia Eka Putri Sitorus
Nim : 856021611
UPBJJ : Medan
Semester : 6
Dari video yang sudah saya lihat dan simak, ada beberapa hal yang bisa dibilang kurang dalam pembelajaran tersebut. Ketika guru ingin menciptakan suasana kelas yang kondusif bukan berarti pembelajaran di kelas tersebut hening dan hanya sekadar membaca berdiskusi dengan kelompoknya saja, guru juga tidak memperbanyak interaksi dengan memancing ide anak. Justru dari video tersebut guru hanya banyak duduk saja. Dalam video itu juga guru kurang berperan aktif dalam kelas hanya memberikan beberapa tugas tanpa mau menerangkan materi yang di bahas, paling tidak ada sedikit arahan untuk siswa ketika guru juga ikut menjelaskan materi di kelas. Di kelas tersebut juga hanya terjadi kegiatan belajar membaca dan beberapa tugas yang lainnya sehingga kelas menjadk monoton.
Dari kekurangan pembelajaran dari video tersebut ada beberapa solusi yang bisa dijadikan acuan untuk berbenah lagi kedepannya yaitu :
– Guru seharusnya memperbanyak interaksi dengan memancing ide anak, sehingga akan membuat suasan kelas menjadi kondusif tapi hidup.
– Guru hendaknya mendatangi setiap kelompok tersebut dan menanyai bagaiman progress mereka dalam melaksanakan tugas, menanyakan hal yang mungkin mereka belum pahami.
– Melakukan diskusi antar kelompok lainnya, yang akan membuat otak anak akan berpikir dan terasah karena menampung beberapa pendapat-pendapat yang tentu berbeda dari tiap kepala siswa.
– Hendaknya juga guru menyiapkan model pembelajaran yang akan membuat anak-anak lebih aktif lagi dalam kelas.
– Tidak lupa pentingnya menerangkan materi kepada siswa sebagai acuan mereka dalam melaksanakan tugas yang guru berikan.
NAMA :ANISA NUROHMAH
NIM:856982625
PROGRAM STUDI: PGSD S1
Berdasarkan hasil analisis saya setelah menyimak video diatas yaitu dalam menciptakan suasana kelas yang kondusif membutuhkan peran dari guru dan siswa.
kelemahan guru dalam vidio terlihat monoton kurang berinteraksi dengan anak-anak dan tidak ada ada variasi dalam proses belajar nya,namun guru tersebut mampu mengarahkan siswa siswinya dalam berdiskusi.
Kelebihan dari guru tersebut dia bisa menangani siswa dengan baik sehingga para siswa bisa menjadi tenang dan fokus dalam belajarnya.
Nama : Nurisa
Nim : 856576329
Berdasarkan video yang saya lihat guru sudah melakukan pembukaan kelas dengan baik sehingga kelas terkendali dan keadaan menjadi kondusif sehingga siswa dapat menerima pelajaran yang diberikan oleh guru. Tapi pada proses pembelajaran Berlangsung terlihat monoton dan membosankan. Seharusnya kelas yang kondusif diciptakan dengan cara yaitu guru merancang terlebih dahulu konsep pembelajaran, memahami materi yang akan diajarkan , Guru berupaya memancing pertanyaan kepada siswa dan juga harus lebih kreatif lagi dalam pemilihan media pembelajaran.
Nama : Asih Pujiati
Nim : 856991971
Prodi : 118/ S1-PGSD
Menciptakan suasana kelas yang kondusif saat pembelajaran berlangsung memanglah tidak mudah,
terutama untuk kelas rendah. Suasana kelas yang kondusif sangat bermanfaat untuk memudahkan guru dalam menyampaikan materi pelajaran dan siswa untuk memahami materi pelajaran. Ada bebrapa hal yang biasanya menyebabkan suasana kelas menjadi kurang kondusif yaitu bosan dengan materi, materi pelajaran yang cukup sulit dipahami, suasana belajar membosankan, adanya ganggua dari dalam maupun luar kelas. Sebagai seorang guru kita harus pandai-pandai menciptakan suasana kelas yang aktif dan menyenangkan. Dalam video tersebut tidak tercipta suasana yang kondusif saat pembelajaran berlangsung.
upaya yang dapat dilakukan guru untuk menciptakan suasana kelas yang kondusif yaitu mengatur ruang kelas, membuatv ruang kelas yang nyaman bersih dan rapi, cukup pencahayaan, mengubah posisi tempat duduk yang lain dari biasanya, contohnya bentuk letter U atau berkelompok, mempercantik desain kelas dengan pernak-pernik agar lebih menarik. Memberi kepercayaan kepada siswa, ubah metode mengajar, manfatkan teknologi seperti penggunaan lcd proyektor, Menjadi humoris karena biasanya siswa senang dengan guru yang humoris karena sifat humoris yang dimiliki guru bisa memberikan efek kedekatan antar siswa.
Menciptakan lingkungan kondusif adalah membiasakan kebiasaan baik menjadi sebuah rutinitas kelas. Seperti contohnya menyapa siswa dengan cara yang sama setiap hari. Guru dapat menyapa siswa di depan kelas dan mengajak mereka tos dengan antusiasi.
5 cara membuat suasana kelas menyenangkan
1. Buat suasana ruangan yang berbeda
2. Perbanyak interaksi dengan memancing ide anak
3. Manfaatkan teknologi
4. Miliki sifat humoris
5. Berikan perhatian yang sama pada semua anak.
Nama : YUSTIKA SETIANTI
NIM : 858685533
POKJAR : PUTRA BANGSA JOMBANG
PRODI : 118/PGSD-S1
UPBJJ : UT SURABAYA
MATA KULIAH : PDGK4209
TUGAS PRAKTEK PKM 1
Saya pernah mengalami pada saat proses mengajar, suasana di kelas tidak kondusif dikarenakan salah satu peserta yang mengganggu temannya yang sedang belajar. Di situ kelas menjadi tidak kondusif dan saya juga kurang bisa membuat suasana belajar menjadi lebih menyenangkan. Dari pengalaman tersebut saya belajar bagaimana cara menciptakan kelas yang kondusif.
Penyajian materi dengan cara-cara yang baru dan menyenangkan dapat menjadi salah satu faktor untuk menentukan hasil dari proses belajar mengajar di kelas. Dengan suasana kelas yang menyenangkan, peserta didik akan menikmati kegiatan belajar mereka tanpa adanya perasaan tertekan. Misalnya membuat suasana ruangan yang berbeda, memperbanyak interaksi dengan memancing ide peserta didik, dan memberikan perhatian yang sama pada semua peserta didik.