silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Geometri sebagai bagian dari kajian matematika perlu diperkenalkan dan dipahami siswa sejak awal sekolah. Teori Van Hiele mengungkapkan bahwa tingkat berpikir geometri siswa berawal pada tahap visualisasi. Visualisasi bangun geometri melalui benda-benda representasi di sekitar siswa akan mempermudah siswa membangun pengetahuan geometrinya. Tayangan video ini menggambarkan bagaimana guru membelajarkan siswa untuk mengenal bangun-bangun geometri melalui kegiatan mendeskripsikan benda-benda disekitar mereka. Di awal kegiatan, siswa diajak mengeksplorasi ciri-ciri benda dan dibimbing mendeskripsikannya dengan bahasa yang baik dan benar. Selanjutnya siswa mendemonstrasikan kemampuan mendeskripsikan benda. Akhir kegiatan sebagai penguatan, siswa ditugaskan untuk mendeskripsikan benda-benda yang ada di rumah mereka.

Video pembelajaran ini mengetengahkan upaya guru untuk memperkenalkan kepada siswa SD kelas rendah tentang geometri secara mendasar. Pendekatan pengkondisian pembelajaran (Gagne, 1992) yang dilakukan guru untuk meningkatkan perhatian melalui contoh bagaimana mendeskripsikan benda-benda konkrit di sekitar kelas yang dikenal oleh siswa. Langkah berikutnya dikenalkan benda-benda yang berbentuk bangun geometri sederhana, yaitu bola dan kotak yang langsung dijawab secara bersama. Model pembelajaran dimaksudkan melalui penemuan terbimbing secara kooperatif dengan membagi siswa dalam kelompok kecil, namun belum terlihat secara maksimal dimanfaatkan guru dan siswa. Hal ini terlihat dari penguasaan kelas masih secara kelompok besar. Ide guru memanfaatkan secara langsung dapat lebih ditambahkan dengan mempersiapkan pembelajaran melalui tugas sebelumnya yang berkaitan dengan Tema 2 “Kegemaranku” subtema 1 “Gemar Berolahraga” Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 kelas I SD/MI. Masing-masing kelompok membawa benda berupa berbagai peralatan olahraga dan musik di sekitar yang mempunyai bangun geometri sederhana, kemudian dengan model pembelajaran penemuan terbimbing siswa dapat lebih diperdalam dengan mengukur dimensi benda nyata. Kelompok siswa secara kooperatif mencatat data benda yang di bawa dan guru berkeliling membimbing setiap kelompok agar siswa baik secara kelompok maupun individu dapat medeskripsikan benda tersebut secara tepat.

Dr. Ir. Suroyo, M.Sc.

Video pembelajaran ini mengetengahkan upaya guru untuk memperkenalkan kepada siswa SD kelas rendah tentang geometri secara mendasar. Pendekatan pengkondisian pembelajaran (Gagne, 1992) yang dilakukan guru untuk meningkatkan perhatian melalui contoh bagaimana mendeskripsikan benda-benda konkrit di sekitar kelas yang dikenal oleh siswa. Langkah berikutnya dikenalkan benda-benda yang berbentuk bangun geometri sederhana, yaitu bola dan kotak yang langsung dijawab secara bersama. Model pembelajaran dimaksudkan melalui penemuan terbimbing secara kooperatif dengan membagi siswa dalam kelompok kecil, namun belum terlihat secara maksimal dimanfaatkan guru dan siswa. Hal ini terlihat dari penguasaan kelas masih secara kelompok besar. Ide guru memanfaatkan secara langsung dapat lebih ditambahkan dengan mempersiapkan pembelajaran melalui tugas sebelumnya yang berkaitan dengan Tema 2 “Kegemaranku” subtema 1 “Gemar Berolahraga” Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 kelas I SD/MI. Masing-masing kelompok membawa benda berupa berbagai peralatan olahraga dan musik di sekitar yang mempunyai bangun geometri sederhana, kemudian dengan model pembelajaran penemuan terbimbing siswa dapat lebih diperdalam dengan mengukur dimensi benda nyata. Kelompok siswa secara kooperatif mencatat data benda yang di bawa dan guru berkeliling membimbing setiap kelompok agar siswa baik secara kelompok maupun individu dapat medeskripsikan benda tersebut secara tepat.

Dr. Ir Suroyo, M.Sc.


Cara membukanya kurang menarik perhatian siswa, sebaiknya untuk anak kelas bawah, jika diawal guru membawa benda yang menarik dan bisa memanfaat benda tersebut tentu menjadi awal yang baik. Cara mengisi cukup baik, tetapi menutupnya kurang memberi makna ke murid, karena kurang penguatan dan menjelaskan mengapa kita harus bisa mendeskripsikan suatu benda.

Strategi, pendekatan, metode kurang maksimal, karena murid-murid masih sekedar mendengar dan menjawab tanpa merasakan/memegang bendanya dan evaluasinya belum jelas karena pertanyaan dijawab serentak hanya satu murid yang menjawab maju ke depan kelas.

Cukup sesuai walau belum maksimal.

Sebelum divideokan lebih baik, RPP (berkenaan dengan strategi,pendekatan,metode, media dan alat evaluasi) perlu didiskusikan dengan guru (pelaku di lapangan). Pengambilan gambar video/Pengeditan video jangan terlalu terpisah-pisah.

Satrio Setiawan, S.Pd.

Similar Posts

250 Comments

  1. Nama : Rijaya Sitohang
    Nim : 855862958
    Pokjar : Humbahas
    UPBJJ : Medan Hasil pengamatan saya secara pengajarannya sudah tepat dalam menggambarkan bentuk,warna,ukuran setiap benda yang ada di kelas. namun masih ada kekuranggannya dalam mimik wajah guru tersebut dalam mengajar sehingga suasana hati murid jadi tidak menentu ditambah lagi dengan awalan dan akhirannya seperti doa pembuka dan doa penutup.

  2. Nama : Grasella Hia
    Nim : 859799508

    setelah saya menonton video ini dan saya amati ada pun kelemahan saat awal pembukaan memasuki kelas ekspresi guru tidak semangat saat menyapa murid sehingga murid tidak semangat, selanjutnya guru tidak mengajak murid sebelum memulai pelajaran, di video ini juga tidak menyanyikan lagu nasional.
    dalam memberikan pembelajaran tentang mengenal benda guru memberikan pembelajaran dengan baik tetapi kurangnya ekspresi guru mempengaruhi keaktifan murid sehingga murid terlihat tidak memperhatikan guru saat memberi pelajaran. terlihat dalam video ini guru juga tidak mengajak murid untuk berdoa sebelum pulang.

    terimakasih

  3. Nama : IKA PUSPITA
    NIM : 857830387
    UBJJ SURAKARTA
    setelah melihat video tersebut saya menyimpulkan bahwa kita harus memberi materi dengan cara memancing anak dengan beberapa kata atau kalimat menyangkut benda tersebut
    Kemudian meminta anak menjelaskan lebih detail dari benda yang kita maksut
    Kita harus pintar dalam memberikan pancingan kepada anak
    agar anak tertarik untuk menjawab dalam mendeskripsikan barang yang kita makst.

  4. Nama : Riyanti
    Nim : 855736054
    Prodi : S1 pgsd
    Upbjj : bandar lampung

    mendeskripsikan benda benda dengan tepat merupakan cara yang luar biasa untuk membantu anak – anak di SD mengembangkan kemampuan bahasa mereka sambil memperluas kosa kata mereka . ini juga dapat membantu mereka belajar cara berkomunikasi dengan jelas dan efektif , keterampilan yang sangat penting untuk kesuksesan di sekolah dan kehidupan sehari hari . dengan mendeskripsikan benda benda tepat, anak anak dapat lebih memahami dunia di sekitar mereka dan belajar menyampaikan ide dan konsep dengan lebih baik kepada orang lain .

  5. Nama : Lidya Rahmatusyadiah
    NIM : 857214824
    Pokjar : Malingping
    UPBJJ : Serang
    Hasil pengamatan video yang sudah saya tonton, ada beberapa kelebihan dan kekurangan pada pembelajaran tersebut, yaitu :
    1. Kelebihan
    Menurut video yang sudah saya tonton adanya kelebihan pada video pembelajaran tersebut. Dimana guru dapat menjelaskan secara detail tentang mendeskripsikan benda secara cepat. Video tersebut juga sudah baik untuk metode pembelajaran tersebut, dengan mencontohkan bendanya didepan siswa-siswi secara langsung dan mudah dipahami oleh siswa. Dan guru tersebut menggunakan metode pembelajaran yang mudah dipahami oleh siswanya. Dan guru memberikan kesempatan secara langsung kepada siswa untuk mendeskripsikan benda secara cepat dengan menunjuk tangan. Dengan metode seperti itulah tidak akan membuat siswa menjadi canggung untuk maju ke depan, dan mempunyai jiwa yang percaya diri.
    2. Kekurangan
    Menurut video yang sudah saya tonton adanya kekurangan pada video pembelejaran tersebut. Dimana diawal pertemuan guru tidak mengucapkan salam ataupun proses dalam membaca doa, dan guru juga tidak mengabsensi siswa seperti biasanya. Lalu guru tidak menanyakan kabar siswa, dan langsung masuk ke materi inti. tanpa adanya persiapan, setelah memberikan contoh 1 mendeskripsikan benda secara cepat, guru meminta siswa untuk membuat kelompok. Dan guru tidak memberikan tugas langsung, lalu guru hanya memberikan tugas rumah saja. guru juga tidak menyiapkan ice breaking yang bisa membuat siswa tidak merasa bosan didalam kelas ataupun didalam pembelajaran. Guru pun tidak memberikan doa penutup pada proses pembelajaran.

  6. Setelah menonton video tersebut saya menyimpulkan bahwa kita sebagai pendidik harus memberikan arahan untuk materi pembelajaran dengan cara memancing siswa agar siswa tersebut tidak diam dan berani maju untuk menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru.
    adapun dari hasil analisis video yang saya tonton adalah sebagai berikut.
    1. Bagaimana reaksi anak terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
     Siswa terlihat sangat senang dan antusias dalam menerima pembelajaran dari guru dan melakukan interaksi yang aktif dengan guru.
    2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
     Guru tidak memperhatikan kemampuan awal siswa, yang penting untuk membuat strategi mengajar sesuai dengan perkembangan siswa. Selain itu, metode pembelajarannya tidak menyenangkan.
    3. secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
     Guru dapat berkomunikasi dengan baik dan mengelompokkan siswa sesuai dengan kemampuan mereka. Guru tersebut juga dapat menyampaikan materi pembelajaran dengan jelas dan efektif kepada siswa.
    4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
     Guru menggunakan berbagai jenis media kreatif untuk mengajar, seperti bola, kotak kapur, kertas, dan lainnya. Media ini membantu memvisualisasikan pelajaran dan menarik perhatian siswa.
    5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
     Untuk pembelajaran selanjutnya guru harus menggunakan metode pembelajaran yang efektif seperti aktif, kolaboratif, tanya jawab, dan sebagainya untuk membantu siswa memahami lebih baik dan membuat pembelajaran lebih mudah.

  7. Nama : Iis Isdayanti
    NIM : 857216115
    Prodi : PGSD-S1
    UPBJJ : Serang
    Pokjar : Malingping

    Setelah menonton video tersebut saya menyimpulkan bahwa kita sebagai pendidik harus memberikan arahan untuk materi pembelajaran dengan cara memancing siswa agar siswa tersebut tidak diam dan berani maju untuk menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru. adapun dari hasil analisis video yang saya tonton adalah sebagai berikut.
    1. Bagaimana reaksi anak terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
     Siswa terlihat sangat senang dan antusias dalam menerima pembelajaran dari guru dan melakukan interaksi yang aktif dengan guru.
    2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
     Guru tidak memperhatikan kemampuan awal siswa, yang penting untuk membuat strategi mengajar sesuai dengan perkembangan siswa. Selain itu, metode pembelajarannya tidak menyenangkan.
    3. secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
     Guru dapat berkomunikasi dengan baik dan mengelompokkan siswa sesuai dengan kemampuan mereka. Guru tersebut juga dapat menyampaikan materi pembelajaran dengan jelas dan efektif kepada siswa.
    4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
     Guru menggunakan berbagai jenis media kreatif untuk mengajar, seperti bola, kotak kapur, kertas, dan lainnya. Media ini membantu memvisualisasikan pelajaran dan menarik perhatian siswa.
    5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
     Untuk pembelajaran selanjutnya guru harus menggunakan metode pembelajaran yang efektif seperti aktif, kolaboratif, tanya jawab, dan sebagainya untuk membantu siswa memahami lebih baik dan membuat pembelajaran lebih mudah.

  8. Nama : Maria Christina Galuh PS
    Nim : 858954148
    Setelah saya mengamati video diatas, pada video pertama guru kurang menarik perhatian anak dalam mengajar sehingga anak kurang memperhatikan penjelasan guru ketika menerangkan pembelajaran,dam guru kurang berinteraksi dengan murid.Dan guru kurang memberi penjelasaan secara detail pembelajaran yang disampaikan.

  9. Nama : Tiara Andini
    Nim : 856988902
    Ubjj : Lampung

    Setelah saya melihat dan mengamati vidio ini,terlihat di awal ada kelemahannya yaitu guru memasuki kelas dengan ekspresi wajah datar jadi saat guru sudah masuk kelas terlihat kurang menarik perhatian siswa didalam kelas,Tetapi setelah memasuki awal kegiatan,siswa di ajak mengeksplorasi ciri ciri benda dan di bimbing mendeskripsikan dengan bahasa yang baik dan benar oleh guru
    Dan siswa juga dijelaskan tentang bangunan geometri melalui benda benda disekitar siswa,tujuannya agar siswa dapat mempermudah pengetahuan geometrinya…..

Leave a Reply