silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Geometri sebagai bagian dari kajian matematika perlu diperkenalkan dan dipahami siswa sejak awal sekolah. Teori Van Hiele mengungkapkan bahwa tingkat berpikir geometri siswa berawal pada tahap visualisasi. Visualisasi bangun geometri melalui benda-benda representasi di sekitar siswa akan mempermudah siswa membangun pengetahuan geometrinya. Tayangan video ini menggambarkan bagaimana guru membelajarkan siswa untuk mengenal bangun-bangun geometri melalui kegiatan mendeskripsikan benda-benda disekitar mereka. Di awal kegiatan, siswa diajak mengeksplorasi ciri-ciri benda dan dibimbing mendeskripsikannya dengan bahasa yang baik dan benar. Selanjutnya siswa mendemonstrasikan kemampuan mendeskripsikan benda. Akhir kegiatan sebagai penguatan, siswa ditugaskan untuk mendeskripsikan benda-benda yang ada di rumah mereka.

Video pembelajaran ini mengetengahkan upaya guru untuk memperkenalkan kepada siswa SD kelas rendah tentang geometri secara mendasar. Pendekatan pengkondisian pembelajaran (Gagne, 1992) yang dilakukan guru untuk meningkatkan perhatian melalui contoh bagaimana mendeskripsikan benda-benda konkrit di sekitar kelas yang dikenal oleh siswa. Langkah berikutnya dikenalkan benda-benda yang berbentuk bangun geometri sederhana, yaitu bola dan kotak yang langsung dijawab secara bersama. Model pembelajaran dimaksudkan melalui penemuan terbimbing secara kooperatif dengan membagi siswa dalam kelompok kecil, namun belum terlihat secara maksimal dimanfaatkan guru dan siswa. Hal ini terlihat dari penguasaan kelas masih secara kelompok besar. Ide guru memanfaatkan secara langsung dapat lebih ditambahkan dengan mempersiapkan pembelajaran melalui tugas sebelumnya yang berkaitan dengan Tema 2 “Kegemaranku” subtema 1 “Gemar Berolahraga” Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 kelas I SD/MI. Masing-masing kelompok membawa benda berupa berbagai peralatan olahraga dan musik di sekitar yang mempunyai bangun geometri sederhana, kemudian dengan model pembelajaran penemuan terbimbing siswa dapat lebih diperdalam dengan mengukur dimensi benda nyata. Kelompok siswa secara kooperatif mencatat data benda yang di bawa dan guru berkeliling membimbing setiap kelompok agar siswa baik secara kelompok maupun individu dapat medeskripsikan benda tersebut secara tepat.

Dr. Ir. Suroyo, M.Sc.

Video pembelajaran ini mengetengahkan upaya guru untuk memperkenalkan kepada siswa SD kelas rendah tentang geometri secara mendasar. Pendekatan pengkondisian pembelajaran (Gagne, 1992) yang dilakukan guru untuk meningkatkan perhatian melalui contoh bagaimana mendeskripsikan benda-benda konkrit di sekitar kelas yang dikenal oleh siswa. Langkah berikutnya dikenalkan benda-benda yang berbentuk bangun geometri sederhana, yaitu bola dan kotak yang langsung dijawab secara bersama. Model pembelajaran dimaksudkan melalui penemuan terbimbing secara kooperatif dengan membagi siswa dalam kelompok kecil, namun belum terlihat secara maksimal dimanfaatkan guru dan siswa. Hal ini terlihat dari penguasaan kelas masih secara kelompok besar. Ide guru memanfaatkan secara langsung dapat lebih ditambahkan dengan mempersiapkan pembelajaran melalui tugas sebelumnya yang berkaitan dengan Tema 2 “Kegemaranku” subtema 1 “Gemar Berolahraga” Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 kelas I SD/MI. Masing-masing kelompok membawa benda berupa berbagai peralatan olahraga dan musik di sekitar yang mempunyai bangun geometri sederhana, kemudian dengan model pembelajaran penemuan terbimbing siswa dapat lebih diperdalam dengan mengukur dimensi benda nyata. Kelompok siswa secara kooperatif mencatat data benda yang di bawa dan guru berkeliling membimbing setiap kelompok agar siswa baik secara kelompok maupun individu dapat medeskripsikan benda tersebut secara tepat.

Dr. Ir Suroyo, M.Sc.


Cara membukanya kurang menarik perhatian siswa, sebaiknya untuk anak kelas bawah, jika diawal guru membawa benda yang menarik dan bisa memanfaat benda tersebut tentu menjadi awal yang baik. Cara mengisi cukup baik, tetapi menutupnya kurang memberi makna ke murid, karena kurang penguatan dan menjelaskan mengapa kita harus bisa mendeskripsikan suatu benda.

Strategi, pendekatan, metode kurang maksimal, karena murid-murid masih sekedar mendengar dan menjawab tanpa merasakan/memegang bendanya dan evaluasinya belum jelas karena pertanyaan dijawab serentak hanya satu murid yang menjawab maju ke depan kelas.

Cukup sesuai walau belum maksimal.

Sebelum divideokan lebih baik, RPP (berkenaan dengan strategi,pendekatan,metode, media dan alat evaluasi) perlu didiskusikan dengan guru (pelaku di lapangan). Pengambilan gambar video/Pengeditan video jangan terlalu terpisah-pisah.

Satrio Setiawan, S.Pd.

Similar Posts

322 Comments

  1. Nama : Fadel Muhammad
    Nim. : 856202913
    Upbjj. : Padang

    Prodi : PGSD
    Menurut pendapat saya Proses belajar mengajar sudah sangat baik namun guru hanya fokus menyampaikan isi materi saja dan fokus terhadap anak yg ikut serta dalam proses tanya jawab kurang memperhatikan keadaan kelas, terutama anak” yg dibelakang saya lihat masih banyak anak yg hanya melihat saja tanpa ada feedback atau respon terhadap apa yy disampaikan guru. Dan juga pada saat memulai pelajaran guru langsung menyampaikan materi melupakan pendahuluan seperti menyapa anak mengucapkan salam menanyakan kabar anak absensi dan kemudian berdoa begitu juga pada saat pulang tidak adanya doa sebelum pulang

  2. Nama : Silviana Rahmasari
    NIM : 857813484
    Prodi : S1 PGSD

    Assalamu’alaikum Wr. Wb
    Menurut saya pembelajaran pada vidio tersebut sangat cocok untuk mengenalkan benda kepada anak, karena ibu guru menggunakan benda itu secara nyata, jadi siswa lebih mudah untuk melihat benda itu tidak hanya bayang-bayang di fikiran saja, ibu guru juga sangat bagus mencontohkan benda nya mulai dari benda” yang ada di lingkungan sekitar, alangkah baiknya ibu guru di vidio tersebut lebih menjaga konsentrasi anak, dan alangkah baiknya anak harus lebih aktif lagi dalam pembelajaran, ibu guru dalam vidio ini kurang berinteraksi kepada anak, tetapi juga sudah bagus cara penyampaian materinya, alat perakteknya pun sudah baik, memberi apresiasi terlebih dahuu, memberi pertanyaan kepada anak, dan memberikan penugasan dengan baik.
    Sebaiknya di mulai dengan doa, absen, bernyanyi lagu nasional, dan menanyakan kembali materi yang sebelumnya di pelajari, mengakhiri dengan kesimpulan dan doa penutup.

    Sekian tanggapan dari saya, terimakasih…

  3. Nama : Hevi Wulan Oktavianti
    Nim : 859652205
    Prodi : PGSD

    Menurut pendapat saya dari video pembelajaran tersebut dimana pada kegiatan belajar mengajar tersebut telah berjalan dengan baik sehingga para siswa dapat menangkap materi yang diberikan. Namun untuk mengetahui apakah siswa telah memahami keseluruhan materi atau tidak sama sekali perly dilakukannya pengujian dengan cara memberikan soal pertanyaan sehingga sang guru dapat mengetahui sampai mana tingkat pemahaman sang anak didik. Selain itu untuk menunjang kelancaran kegiatan belajar mengajar tentunya sang guru juga perlu kembali mengasah dan mempelajari kembali semua isi materi yang nantinya akan disampaikan guna apabila terdapat siswa yang bertanya tentang materi yang masih belum dipahami sang guru bisa menjelaskan secara tepat dan detail jawaban yang akan disampaikan. Didalam video tersebut juga tidak terdapat suasana kelas yang hidup dimana sang siswa masih kebanyakan pasif tentunya hal ini bertolak belakang dengan visi misi yang dimana salah satu tujuannya untuk mencerdaskan anak bangsa dengan cara merubah sikap yang awalnya pasif jika terus diasah dan dilatih maka akan menjadi anak yang aktif serta memiliki kemampuan dibidang akademik.

  4. Nama : Mustikah
    Nim : 858161963
    Prodi : S 1 PGSD
    upbjj : Palangka Raya

    Menurut saya dari vidio pembelajaran diatas guru sudah menyampaikan pembelajaran dengan cukup jelas dan mudah dipahami oleh siswa karena menggunakan media benda kongrit yang ada disekitar. guru juga memberi kesempatan untuk siswa berani mengungkapkan pendapatnya tetapi guru kurang memberikan komentar yang positif atau berupa reward kepada siswa yang sudah berani mengemukakan pendapatnya agar siswa lain juga termotivasi dan juga untuk meningkatkan keaktifan peserta didik

  5. Nama : Sarif Hidayatulloh
    NIM : 856970613
    Pokjar : Kalirejo kab,Lampung Tengah

    Kelemahan dalam video pembelajaran tersebut
     Kurangnya Sentuhan, perhatian terhadap Peserta didik
     Belum terlalu menguasai kelas
     Guru langsung menyampaikan materi tanpa ada nya sebuah ilustrasi
     Tidak menggunakan prosedur pembelajaran
     Feed back terhadap peserta didik belum terlihat
     Pra pembelajaran dan pasca pembelajaran kurang tepat
     Tidak adanya apresiasi terhadap peserta didik

    Kelebihan dalam pembelajaran tersebut
     Kegiatan Pembeljaran dilakukan secara kelompok untuk kegiatan berdiskusi sesama peserta didik yang lainuntuk bekerja sama
     Menggunakan Media pembelajaran yang mudah difahami
     Menggunakan Media pembelajaran, sehingga peserta didik mudah memahami apa yang disampaiakan
     Guru meminta peserta didik untuk aktif dalam pembelajaran

    Hal unik dalam video tersebut
     Kreatif dalam menggunakan media pembelajaran
     Semangat
     Kerja keras dalam hal membuat anak supaya dapat memperhatikan gurunya

  6. Nama : Sherlin Dwi Surya Mendrofa
    NIM : 859890102
    Prodi : PGSD BI
    UPBBJ : Medan
    Semester : 2
    Setelah menonton video tentang ‘Mendeskripsikan benda secara tepat”, ada bebepa hal yang menjadi catatan positif sebagai berikut:
    1. Guru telah melakukan apersepsi singkat
    2. Guru menggunakan alat peraga.
    3. Guru memberikan umpan balik dalam bentuk “Guru
    bertanya siswa menjawab”.
    4. Guru memberi apresiasi/pujian kepada siswa.
    5. Guru telah memberi penugasan.
    Namun ada beberapa hal yang belum dilakukan oleh guru:
    1. Guru belum menginformasikan tujuan pembelajaran
    2. Guru belum memberikan motivasi belajar kepada siswa.
    3. Guru langsung membentuk kelompok tanpa menjelaskan materi terlebih dahulu, sehingga ada sebagian siswa yang ribut (mengobrol) tanpa memperhatikan Guru.
    4. Guru selalu di depan kelas selama menjelaskan sehingga ada sebagian siswa yang kesulitan/tidak memperhatikan karena posisi duduk siswa membelakangi Guru yang sedang menjelaskan.
    5. Penjelasan materi yang dilakukan oleh Guru belum cukup, misalnya dalam hal menjelaskan pengertian deskripsi, apa saja hal-hal yang diperhatikan untuk mendeskripsikan benda. Dalam video ini Guru langsung mendeskripsikan alat peraga.
    6. Guru tidak memberikan kesempatan bertanya.
    7. Guru belum menyimpulkan materi pelajaran
    8. Guru belum memberikan pekerjaan rumah kepada siswa.
    Pengamatan terhadap siswa:
    1. Siswa hanya sebagian yang aktif
    2. Tidak ada siswa yang mengajukan pertanyaan.
    Demikian pendapat yang dapat saya berikat tentang video diatas. Terimakasih.

  7. Nama : Bernadent Talenta Waruwu
    Nim : 856022788
    Pokja : Idanogawo

    Menurut pendapat saya, setelah menonton video diatas, yang berjudul: mendeskripsikan benda secara cepat.

    -Pada saat awal guru masuk didalam kelas guru tersebut kurang menerapkan prinsip apersepsi misalnya : berdoa, mengecek kehadiran siswa, dan kurangnya memperhatikan siswa
    -Kemudian, guru belum menyuruh siswa duduk dengan baik dan benar.
    -Guru belum menyuruh siswa untuk meletakkan buku, pulpen diatas meja,
    -Guru seharusnya memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya siapa yang masih belum memahami/mengerti dari materi yang dipaparkan.
    – seharusnya guru mengadakan variasi didalam kelas seperti dalam posisi guru. Artinya guru menjelaskan sambil tukar posisi kesamping kiri, kebelakang agar siswa tersebut tidak kesulitan dalam materi pelajaran jangan hanya menjelaskan didepan saja atau menjelaskan berdiri saja, dan sebagian siswa tidak memperhatikan saat guru menjelaskan karena posisi duduk siswa ada yang membelakangi Guru pada saat menjelaskan.
    – Guru belum menyimpulkan materi pelajaran.
    – Guru belum memberikan tugas dirumah kepada siswa. Dan
    – Guru belum menyuruh siswa untuk berdoa saat pulang.

    Sekian dari komentar saya,

    Saya ucapkan Terimakasih.

  8. Nama : Khofifah Diningsih
    NIM : 856020673
    Mata Kuliah : Pemantapan Kemampuan Mengajar (PKM) PDGK 4209
    Program Studi : PGSD-S1
    UPBJJ : Labura

    Assalamu’alaikum Wr. Wb
    Menurut saya pembelajaran pada vidio tersebut sangat cocok untuk mengenalkan benda kepada anak, karena ibu guru menggunakan benda itu secara nyata, jadi siswa lebih mudah untuk melihat benda itu tidak hanya bayang-bayang di fikiran saja, ibu guru juga sangat bagus mencontohkan benda nya mulai dari benda” yang ada di lingkungan sekitar, alangkah baiknya ibu guru di vidio tersebut lebih menjaga konsentrasi anak, dan alangkah baiknya anak harus lebih aktif lagi dalam pembelajaran, ibu guru dalam vidio ini kurang berinteraksi kepada anak, tetapi juga sudah bagus cara penyampaian materinya, alat perakteknya pun sudah baik, memberi apresiasi terlebih dahuu, memberi pertanyaan kepada anak, dan memberikan penugasan dengan baik.

    Ada hal yang kurang, Seharusnya pembelajaran diawali dengan salam , menyapa siswa dan berdoa atau juga bisa ditambah ice breaking agar membangun konsentrasi dan semangat belajar siswa, guru juga tidak mengelola kelompok untuk berdiakusi sehingga ada salah satu anak yang bermain sendiri , sebelumnya guru juga tidak menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan disampaikan .

    Demikian tanggapan saya, terhadap video pembelajaran ini, terima kasih.

  9. Nama : Melly Tri Lestari
    NIM : 856948392
    Program Studi : S1-PGSD
    UPBJJ : Bandar Lampung
    Pokjar : Sidomulyo
    Tutor : Dr. ADE IMELDA FRIMAYANTI, M.Pd

    Menurut pengamatan saya setelah menonton video bahan ajar yang ada di video tersebut terkait pengenalan nama-nama benda yang ada di lingkungan sekitar sudah cukup baik mulai dari pembukaan, penyampaian dan penutup.
    Kelebihan :
    Dari video pembelajaran diatas guru sudah menyampaikan pembelajaran dengan cukup jelas dan mudah dipahami. Guru juga memberi kesempatan untuk siswa berani mengungkapkan pendapatnya. metode yang digunakan pun juga sudah cukup baik interaksi guru dengan siswa juga baik, media yg digunakan juga sudah tepat , mulai dari benda yang ada dilingkungan sekitar.
    Kelemahan :
    Guru kurang memberikan komentar yang positif atau berupa reward kepada siswa yang sudah berani mengemukakan pendapatnya agar siswa lain juga termotivasi dan juga untuk meningkatkan keaktifan peserta didik. Didalam video tersebut juga tidak terdapat suasana kelas yang hidup dimana sang siswa masih kebanyakan pasif.

  10. Nama : Siti Uswatun Hasanah
    Nim : 858740163
    Prodi : PGSD – BI

    Menurut pengamatan saya setelah menonton video pembelajaran terkait materi pendeskripsian benda yang ada di lingkungan sekitar sudah berjalan cukup baik. Namun ada beberapa kegiatan yang belum muncul dalam pembelajaran ini. Dan pembelajaran masih sering berpusat pada guru (teacher centered) sehingga keaktifan siswa kurang terbentuk secara menyeluruh karena sebagian siswa masih ada yang tidak fokus memperhatikan.
    Menurut saya ada beberapa kegiatan yang belum muncul atau belum dilakukan dalam video ini yaitu :
    1. Pada awal pembelajaran belum dimulai do’a dan guru belum memberikan sapaan, motivasi dan mengecek kehadiran siswa
    2. Guru belum memberikan apersepsi pada awal pembelajaran
    3. Tujuan pembelajaran belum tersampaikan
    4. Pengelolaan kelas kurang maksimal karena sebagian siswa yang duduk di belakang masih ramai dan belum memperhatikan
    5. Pada saat pengelompokkan belum disampaikan instruksi atau pengelolaan kelompok yang baik dari guru
    6. Pada kegiatan akhir guru belum memberikan kesimpulan dan refleksi pembelajaran
    Kegiatan yang sudah muncul atau sudah dilakukan dalam video ini yaitu :
    1. Guru memberi apresiasi/pujian kepada siswa
    2. Guru sudah memberi penugasan di akhir pembelajaran
    3. Guru memberikan contoh benda nyata yang ada disekitar kelas untuk mengenalkan dan mendeskripsikan ciri ciri benda tersebut
    4. Guru meminta murid untuk maju menjelaskan contoh pengenalan tentang deskripsi papan tulis agar lebih aktif

Leave a Reply