silahkan klik iconΒ  Β  jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menceritakan tentang kejujuran pada anak usia dini. Dalam pembelajaran guru bercerita tentang anak yang jujur menggunakan buku cerita bergambar. Pada akhir cerita guru menanyakan pada siswa, siapa-siapa saja tokoh dalam cerita tersebut, isi akhir program guru menyimpulkan tentang anak yang jujur sehingga melalui cerita, tentang kejujuran, secara tidak langsung guru telah menanamkan kejujuran pada peserta didiknya

Drs. Sukiniarti, M.Pd.

a. Cara guru membuka biasa pada umumnya, baik membacakan cerita, memberikan respon pada bacaan

b. Strategi yang di gunakan cukup baik, bermain drama memerankan
tokoh2 di dalam buku cerita itu, dan akan lebih mengena ketika anak
dilibatkan dalam cerita itu, sehingga pembelajaran tentang kejujuran
lebih tepat sasaran.

c. Ini bisa dilakukan untuk anak usia dini 4-6 tahun melalui

d. Jika disesuaikan pada kurikulun K13 saat ini adanya tingkat
pencapaian perkembangan anak usia 4-6 tahun. Atau yang sesuai dengan
kemampuan anak.

Evanigustiningtyas

Similar Posts

3,350 Comments

  1. Nama : LULUK IDNAWATI
    NIM : 858965205
    menurut pendapat saya tentang video tersebut sangat bagus karena melalui cerita bergambar anak akan lebih fokus untuk mendengarkan cerita dibandingkan dengan cara kita bercerita tetapi tidak ada gambar yang menjadi fokus anak. cerita juga merupakan gambaran yang bisa menjadi contoh pada anak. pada akhir cerita bisa kita simpulkan dengan menyai anak tentang cerita tersebut dan menanamkan nilai kejujuran pada akhir cerita. metode ini sangat membantu anak untuk mengingatnya.

  2. Dengan metode bercerita, seorang guru harus pandai mengekspresikan berbagai tokoh yang ada dalam cerita tersebut. Bercerita pada dasarnya memang mudah dan tidak memerlukan berbagai macam alat seperti halnya pada metode permainan. Namun, karena sifat anak berbeda-beda dan mudah sekali bosan. Metode bercerita ini alangkah lebih baik jika alat yang digunakan lebih bervariatif agar anak juga ikut bereksplorasi dan ikut terlibat kedalam cerita tersebut. Ajak anak untuk turut serta misalnya dengan cara memperagakan tokoh yang ada dalam cerita tersebut.

    Terima Kasih

  3. NAMA : NUR AFIFAH
    NIM : 857757655
    Judul : Menanamkan kejujuran anak melalui cerita moral

    Video diatas berisikan tentang kejujuran pada anak usia dini. Kegiatan positif yang dapat dilakukan guru untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini yaitu dengan memberikan pengetahuan tentang kebaikan ( knowing the goodnes ), merasakan atau mencintai kebaikan ( loving the goodnes ), dan melakukan perbuatan baik ( acting the goodnes ). Dalam video saat pembelajaran guru bercerita tentang anak yang jujur menggunakan buku cerita bergambar. Guru menanyakan pada anak-anak didik tentang siapa tokoh dan bagaimana alur dari cerita tersebut. Melalui cerita kejujuran, secara tidak langsung guru telah menanamkan sikap kejujuran pada anak didiknya.

  4. Assalamualaikum Warohmatullohi Wabaratuh
    Nama : Lilis Lisnawati
    NIM : 857526864
    Semester 2 PGPAUD UPBJJ Bandung
    Video Menanamkan Kejujuran anak Melalui Cerita Moral sangat bagus sekali sehingga mendapatkan pengetahuan cara cara untuk menanamkan kejujuran yaitu dengan memberikan pengetahuan kebaikan (Knowing the goodness), Merasakan, Mencintai Kebaikan (Loving the goodness), Melakukan perbuatan baik (Acting the goodness), Seringlah bercerita tentang pesan moral dan selalu libatkan anak tentang kejujuran

  5. NAMA : Sukma Wati
    NIM : 858317921
    Judul : Menanamkan kejujuran anak melalui cerita moral

    terimakasih. video ini sangat bermanfaat bagi saya seorang guru. video tersebut berisi tentang bagaimana menanamkan nilai-nilai kejujuran pada anak usia dini yaitu dengan media buku cerita bergambar. melalui buku cerita bergambar, anak-anak lebih semangat dan penasaran tentang isi dari cerita pada buku bergambar tersebut. setelah selesai membaca buku cerita hendaknya seorang guru menanyakan kembali kepada anak siapa saja tokoh yang ada pada cerita tersebut, apa isi cerita tersebut, dan pesan moral apa saja yang dapat diambil dari cerita yang sudah dibacakan sebelumnya.

  6. Nama : Rahma yanti
    NIM : 836044757

    Saya sangat mengapresiasi ibu guru yang sudah membacakan cerita yang berjudul “Aku Anak Yang Jujur”, cara beliau membawakan cerita sangat bagus dan membuat anak-anak tertarik, beliau juga begitu memberikan penekanan pada kata Jujur sehingga kata itu begitu berkesan di hati dan ingatan anak-anak.
    Untuk cerita itu sendiri, tokoh ibu patut menjadi teladan karena sikap dan tutur katanya yang lembut membuat anaknya (Saliha) berani berkata jujur tanpa dipaksa. Demikian pula dengan toko Saliha, meski merasa takut dia berani berkata jujur.
    InsyaAllah cara guru bercerita telah menginspirasi saya untuk belajar membawakan cerita dengan baik. Terimakasih πŸ™

  7. . Video 2 Menanamkan kejujuran melalui cerita moral

    Ketidak jujuran apabila sudah dianggap biasa pada anak, akan berakibat fatal nanti untuk masa depan anak. Menanamkan kegiatan kejujuran dengan upaya mengajak anak untuk mencintai kebaikan. Guru juga bisa memberikan pengertian kepada anak tentang dampak apa yang didapat apabila anak berkata jujur, seperti mendapat banyak teman, mendapat pahala dan disayang Ayah Bunda serta Allah

  8. Menanamkan nilai kejujuran anak melalui cerita moral

    Penanaman ketidak jujuran harus dilakukan sejak anak usia dini salah satu caranya yaitu melalui kegiatan bercerita.
    Menanamkan kejujuran pada anak usia dini melalui pemberian :
    1. Pengetahuan tentang kebaikan ( knowing the goodness )
    2. Merasakan, mencintai kebaikan ( loving the goodness )
    3. Melakukan perbuatan baik ( acting the goodness )

    Salah satu kegiatan kongkrit yang kami ( pendidik ) berikan kepada peserta didik untuk memberikan pengetahuan serta kecintaan kita terhadap kebaikan adalah melalui kisah atau cerita keteladanan pahlawan, tokoh nasional, tokoh daerah dan puisi.

    Dalam video pembelajaran diatas guru mengajak anak – anak untuk mendengarkan cerita yang berjudul β€œ aku anak jujur β€œ guru membaca dengan baik dan sesuai alur serta menggunakan notasi nada yang pas rendah dan tinggi. Guru juga memberikan pemahaman kepada anak – anak bahwa yang dilakukan oleh saliha adalah hal yang baik karena ia jujur dan mengaku kepada ibunya bahwa memecahkan gelas, saliha tidak berbohong. Guru memberikan motivasi dan pengertian kepada anak – anak bahwa kita harus berkata jujur tidak boleh berkata bohong pada siapa pun baik kepada mama, papa guru dan teman – teman.

  9. Nama: Rani Anjelsari
    Nim :859424309
    Video di atas sangat bermanfaat untuk saya , sebagai guru paud.
    Dengan video tersebut saya bisa belajar menanamkan nilai-nilai kejujuran kepada peserta didik saya dengan mengunakan metode bercerita yg mengandung nilai kejujuran.

  10. NAMA : Septi Riana
    NIM :858191601
    Dalam vidio ini Menanam kejujuran harus di muali sejak dini dengan melalui bercerita tentang tema moral agar anak dapat lebih memahami dan mengenal sikap kejujuran .

    Penanaman ketidak jujuran harus dilakukan sejak anak usia dini salah satu caranya yaitu melalui kegiatan bercerita.
    Menanamkan kejujuran pada anak usia dini melalui pemberian :
    1. Pengetahuan tentang kebaikan ( knowing the goodness )
    2. Merasakan, mencintai kebaikan ( loving the goodness )
    3. Melakukan perbuatan baik ( acting the goodness )
    vidio ini bermanfaat bagi saya sebagai guru PAUD

Leave a Reply