silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menceritakan tentang kejujuran pada anak usia dini. Dalam pembelajaran guru bercerita tentang anak yang jujur menggunakan buku cerita bergambar. Pada akhir cerita guru menanyakan pada siswa, siapa-siapa saja tokoh dalam cerita tersebut, isi akhir program guru menyimpulkan tentang anak yang jujur sehingga melalui cerita, tentang kejujuran, secara tidak langsung guru telah menanamkan kejujuran pada peserta didiknya

Drs. Sukiniarti, M.Pd.

a. Cara guru membuka biasa pada umumnya, baik membacakan cerita, memberikan respon pada bacaan

b. Strategi yang di gunakan cukup baik, bermain drama memerankan
tokoh2 di dalam buku cerita itu, dan akan lebih mengena ketika anak
dilibatkan dalam cerita itu, sehingga pembelajaran tentang kejujuran
lebih tepat sasaran.

c. Ini bisa dilakukan untuk anak usia dini 4-6 tahun melalui

d. Jika disesuaikan pada kurikulun K13 saat ini adanya tingkat
pencapaian perkembangan anak usia 4-6 tahun. Atau yang sesuai dengan
kemampuan anak.

Evanigustiningtyas

Similar Posts

3,350 Comments

  1. nama : ni ketut sudiasih
    nim : 859685987

    menurut saya menanamkan nilai kejujuran tidak hanya melalui membacakan cerita atau dongen saja namun juga harus di terapkan dalam kehidupan sehari-hari dengan cara di contohkan oleh guru di sekolah agar dapat ditirukan oleh anak didiknya di sekolah.

  2. Nama : Dewi Nur Astuti
    NIM : 857844914
    Judul : Menanamkan Kejujuran Anak Melalui Cerita Moral

    Pada video tersebut metode yang digunakan untuk menanamkan kejujuran menggunakan metode bercerita
    kelebihan metode bercerita yaitu mudah difahami anak, dan kekurangan dari metode ini adalah apabila anak didik jumlahnya banyak dalam artian lebih dari 15 anak didik maka kurang evektif karena pasti akan ada anak yang tidak mau mendengarkan dan sibuk main sendiri.

  3. Nama: Arifatun Nikmah
    Nim: 857706247
    Video ini menginspirasi sekali, dengan menanamkan kejujuran melalui cerita moral, ini dapat merangsang anak pada perilaku-perilaku positif karena dengan melalui cerita anak-anak merasa senang dan mudah diserap oleh mereka. Akan lebih mengena dan di diresapi oleh anak, jika dalam cerita tersebut seorang guru dapat melibatkan nama anak dan guru bisa menggunakan alat peraga agar lebih menarik perhatian anak didik.

  4. Setelah menonton video dari Guru Pintar Online (GPO) dengan judul “Menanamkan Kejujuran Anak Melalui Cerita Moral”, saya sebagai seorang guru TK merasa sangat terinspirasi dan yakin bahwa video ini sangat bermanfaat untuk diimplementasikan di lembaga TK tempat saya mengajar.
    Video tersebut memberikan contoh yang jelas tentang bagaimana cerita moral dapat digunakan untuk menanamkan nilai-nilai kejujuran kepada anak-anak sejak dini. Saya melihat bahwa anak-anak terlihat tertarik dan tertib saat menyimak cerita yang disampaikan oleh guru dalam video tersebut. Pesan moral untuk berkata jujur disampaikan dengan cara yang menarik dan mudah dipahami oleh anak-anak.
    Sebagai seorang guru TK, saya percaya bahwa menanamkan nilai kejujuran sangatlah penting dalam pembentukan karakter anak-anak. Melalui cerita moral, kita dapat memberikan contoh konkret tentang pentingnya kejujuran dalam kehidupan sehari-hari. Saya akan berusaha untuk mengadopsi pendekatan yang sama dengan mengintegrasikan cerita moral dalam kegiatan pembelajaran di kelas saya, sehingga anak-anak dapat belajar tentang nilai-nilai positif seperti kejujuran secara lebih mendalam dan menyenangkan.

  5. Nama : Paulina Tawurutubun
    NIM : 855708711

    Dari video yang menanamkan kejujuran anak melalui cerita moral, yang dengan judul Aku Anak Jujur, ini adalah salah satu pembelajaran yang penting dalam mendidik anak, karna melalui pembelajaran ini anak dapat melakukan sesuatu dengan dengan berkata jujur, seperti video yang sudah kita lihat. Terimakasih 🙏

  6. Nama : Paulina Tawurutubun
    NIM : 855708711

    Dari video menanamkan kejujuran anak melalui cerita moral yang dengan judul Aku Anak Jujur ini adalah salah satu pembelajaran yang penting untuk menjadikan anak lebih mengetahui tentang sikap jujur, seperti yang telah kita lihat bersama dalam video tersebut.
    Terimakasih 🙏

  7. Nama : Shinta Putri Nurazizah
    NIM : 877320527
    Prodi : S1 PGPAUD

    Program ini sangat efektif dalam mengajarkan nilai kejujuran pada anak usia dini melalui cerita bergambar. Dengan menggunakan buku cerita bergambar, guru dapat membuat cerita yang lebih interaktif dan mudah dipahami oleh anak-anak. Mereka dapat lebih mudah memahami dan mengingat cerita tersebut, serta mempelajari nilai kejujuran yang terkait dengan cerita tersebut.

    Dalam program ini, guru juga menanyakan pada siswa tentang tokoh dalam cerita tersebut, yang membantu meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami cerita dan mengidentifikasi tokoh yang terkait dengan cerita. Hal ini juga membantu guru dalam mengetahui apakah siswa telah memahami cerita dan nilai kejujuran yang terkait dengan cerita tersebut.

    Dengan menyimpulkan tentang anak yang jujur pada akhir program, guru secara tidak langsung telah menanamkan nilai kejujuran pada peserta didiknya. Hal ini dapat membantu siswa dalam mengembangkan nilai kejujuran yang lebih baik dan menjadi bagian dari perilaku sehari-hari mereka. Oleh karena itu, program ini sangat efektif dalam mengajarkan nilai kejujuran pada anak usia dini dan membantu mereka dalam mengembangkan perilaku yang lebih baik.

  8. Video yang berjudul menanamkan kejujuran anak melalui cerita moral menayangkan tentang menanamkan kejujuran pada anak usia dini melalui pemberian pengetahuan tentang kebaikan, merasakan serta mencintai kebaikan, dan melakukan perbuatan baik. Misalnya kegiatan kongkrit untuk memberikan pengetahuan kecintaan terhadap kebaikan adalah melalui cerita atau kisah keteladanan para pahlawan, tokoh nasional, dan tokoh daerah. Guru hendaknya sering bercerita tentang kisah yang berisi pesan moral, berdiskusi dengan anak tentang kisah tersebut, melibatkan anak untuk mengerti makna perbuatan jujur. Apabila hal ini dilakukan secara teratur maka diharapkan akan terjadi peningkatan pengetahuan dan kecintaan anak-anak terhadap kejujuran.
    Masukan dan saran : Guru hendaknya bercerita dengan intonasi yang jelas serta bervariasi, mimik wajah, dan gerakan atau gestur tubuh yang mendukung. Guru dapat bercerita menggunakan gambar yang menarik atau dengan boneka serta media lain, agar lebih menarik perhatian anak.

  9. Vidio tersebut menjelaskan salah satu upaya yang dapat dilakukan seorang guru untuk menanamkan kejujuran kepada anak anak sejak dini. Yaitu salah satunya melalui cerita moral. Hal tersebut jika dilakukan secara sering ataupun rutin akan membantu anak anak terus mengingat apa yang sudaj diceritakan. Namun alangkah baiknya guru lebih kreatif dan menarik lagi dalam bercerita. Contohnya dengan mimik yang lebih ekspresif lagi dan bisa menambah media peraga agar anak lebih tertarik untuk mendengarkan dan mudah mereka ingat.

  10. Dalam memberi pengertian k anak didik khususnya anak usia dini memang harus kreatif dengan menggunakan berbagai macam media dan metode, salah satunya bisa dnegan bercertia, biasanya anak kecil lebih tertarik jika kita memberi pengalaman dan pembelajaran dengan metode bercerita dengan ini mereka akan secara tidak langsung dapat mengolah dan meningkatkan daya imajinasi dan juga meningkatkan daya konsentrasi. Video seri pembelajaran ini sangat bermanfaat karena bisa untuk tambahan wawasan bagi para guru yang memang belum memiliki banya pengalaman

Leave a Reply