silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menceritakan tentang kejujuran pada anak usia dini. Dalam pembelajaran guru bercerita tentang anak yang jujur menggunakan buku cerita bergambar. Pada akhir cerita guru menanyakan pada siswa, siapa-siapa saja tokoh dalam cerita tersebut, isi akhir program guru menyimpulkan tentang anak yang jujur sehingga melalui cerita, tentang kejujuran, secara tidak langsung guru telah menanamkan kejujuran pada peserta didiknya

Drs. Sukiniarti, M.Pd.

a. Cara guru membuka biasa pada umumnya, baik membacakan cerita, memberikan respon pada bacaan

b. Strategi yang di gunakan cukup baik, bermain drama memerankan
tokoh2 di dalam buku cerita itu, dan akan lebih mengena ketika anak
dilibatkan dalam cerita itu, sehingga pembelajaran tentang kejujuran
lebih tepat sasaran.

c. Ini bisa dilakukan untuk anak usia dini 4-6 tahun melalui

d. Jika disesuaikan pada kurikulun K13 saat ini adanya tingkat
pencapaian perkembangan anak usia 4-6 tahun. Atau yang sesuai dengan
kemampuan anak.

Evanigustiningtyas

Similar Posts

3,350 Comments

  1. Nama : Vindy Rima Arifah
    NIM : 858946885

    Pendapat saya mengenai video tersebut yaitu ketidakjujuran di Indonesia memang sudah merajalela dan terjadi pada semua kalangan mulai dari pedagang, orang kantoran, dan bahkan anak-anak. Banyak orang yang menanggap kejujuran ini merupakan hal yang biasa. Sehingga dengan adanya kondisi tersebut, dalam mengatasinya ketidakjujuran perlu dilakukan penanganan dengan menanamkan kejujuran pada anak sejak dini. Salah satu yang dapat dilakukan sebagai seorang guru yaitu dengan menanamkan nilai kejujuran melalui kegiatan bercerita.
    Kegiatan positif yang dapat dilakukan guru untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini yaitu melalui pemberian :
    a. Pengetahuan tentang kebaikan atau knowing the goodness
    b. Merasakan, mencintai kebaikan atau loving the goodness
    c. Melakukan perbuatan baik atau acting the goodness

    Dalam video tersebut digambarkan seorang guru melakukan kegiatan konkret kepada anak-anak dengan memberikan pengetahuan dan kecintaan terhadap kebaikan melalui cerita atau kisah keteladanan pahlawan, tokoh nasional, tokoh-tokoh daerah, epic, serta puisi dari media pembelajaran “buku cerita bergambar”.
    Adapun langkah-langkah yang dilakukan guru dalam menerapkan pembelajaran yang menanamkan nilai kejujuran pada anak, diantaranya yaitu :
    1. Guru mulai bercerita dengan menggunakan media buku cerita bergambar dengan judul “Aku anak jujur”
    2. Setelah cerita tersebut selesai dibacakan, guru mengajukan pertanyaan kepada anak-anak tentang cerita yang sudah di dengar oleh anak, seperti :
    a. Apa judul cerita yang ibu ceritakan?
    b. Siapa saja tokoh-tokoh yang ada dalam cerita tersebut?
    c. Siapa yang memecahkan gelas ibu?
    d. Siapa yang berkata jujur?
    e. Kenapa Salihah jujur?
    3. Diakhir kegiatan, guru menyimpulkan tentang anak yang jujur. Sehingga melalui cerita tentang kejujuran, secara tidak langsung guru telah menyenangkan kejujuran pada peserta didiknya.

    Komentar saya dari video tersebut yaitu metode pembelajaran yang digunakan sangatlah konkret karena anak dapat mengambil pembelajaran dari cerita tersebut secara langsung sehingga pesan tersebut bisa tersampaikan dengan baik kepada anak dan dapat menerapkannya di kehidupan sehari-hari. Melalui metode bercerita dapat memudahkan guru untuk menanamkan nilai-nilai kejujuran melalui cerita yang terdapat dalam buku cerita bergambar sehingga anak percaya bahwa kejujuran merupakan kebaikan yang harus mereka terapkan kepada siapapun baik itu orang tua, guru, teman – teman, dan dimanapun mereka berada.

  2. Nama: Qurrotul aini
    Nim : 858935384

    dari tayangan video tersebut sangat bermanfaat karena tidak kejujuran saat ini banyak sering terjadi disemua kalangan menurut saya penanaman ketidak jujuran harus ditanamkan sejak usia dini dengan mengajarkan anak untuk berbuat kebaikan melalui bercerita
    -dengan melalui pengetahuan tentang kebaikan (knowing he goodness)
    -merasakan, mencintai kebaikan (looving the goodnes)
    -melakukan perbuatan baik (acting the goodnesss)

  3. Nama : Siti iklima
    Nim : 857379215
    izin berkomentar, video pembelajaran tentang menanamkan kejujuran pada anak dengan bercerita ini sangat bagus, bermanfaat dan sangat disukai anak-anak apalagi jika ditambahkan dengan alat peraga seperti boneka jari, saya pun suka mempraktekkannya di kelas, sangat membantu untuk mengenalkan nilai- nilai kejujuran pada anak melalui isi dan pesan moral dari cerita.

  4. Nama : Arni putri niat hati hulu
    NIM : 859879605
    video ini memberikan kita cara bagaimana menceritakan tentang kejujuran pada anak usia dini. Dalam pembelajaran guru bercerita tentang anak yang jujur menggunakan buku cerita bergambar. Pada akhir cerita guru menanyakan pada siswa, siapa-siapa saja tokoh dalam cerita tersebut, isi akhir program guru menyimpulkan tentang anak yang jujur sehingga melalui cerita, tentang kejujuran, secara tidak langsung guru telah menanamkan kejujuran pada peserta didiknya
    Dengan pendekatan ini, anak-anak tidak hanya mendengarkan cerita tetapi juga aktif berpartisipasi dan merefleksikan nilai-nilai yang diajarkan. Melalui cerita yang menarik dan diskusi yang interaktif, guru dapat menanamkan nilai kejujuran secara efektif pada anak usia dini.Terima kasih.

  5. NAMA : INDAH ARMI KUKUN
    NIM : 859289094

    Dari vidio diatas menjelaskan tentang kejujuran. kejujuran di tanamkan pada usia 5 tahun dikarenakan pada zaman sekarang anak-anak maupun orang dewasa gampang sekali bebrohong dan tidak mudah jujur. dalam vidio diatas terlihat anak-anak mampu mendengarkan kisah saeha yang memcahkan gelas milik ibunya dan saleha mengaku bahwa ia yang memecahkannya. . vidio diatas dapat memberikan pelajaran buat anak-anak untuk tidak bebrohong kepada orang tua. jika kita jujur dan mengatakan yang sebenarnya maka orang tu tidak akan marah apalagi memukul dikarenakan anaknya sudah berani jujur.

  6. Judul : Menanamkan kejujuran pada anak melalui cerita moral

    Sering kita temui sekarang banyak orang yang tidak jujur seperti dalam jual beli, pekerjaan bahkan anak-anak melakukan hal yang tidak jujur.
    Dalam kasus tersebut kita perlu menanamkan kejujuran anak sejak dini.
    Guru tersebut menanamkan kejujuran anak melalui cerita moral. Dalam cerita tersebut ada seorang anak yang memecahkan gelas sang ibu, kemudian dia mengatakan kejujuran kepada ibunya.
    Sehingga anak-anak akan terinsipirasi untuk bersikap jujur.

  7. Nama : Siti Atikah
    NIM : 858318385

    Menanamkan nilai kejujuran pada anak harus dilakukan sejak anak usia dini, karena mengenalkan kejujuran kepada anak sejak usia dini merupakan investasi jangka panjang dalam pembentukan karakter anak. Dengan memberikan contoh yang baik, memberikan penghargaan pada perilaku jujur, dan menjelaskan pentingnya kejujuran, maka anak akan tumbuh menjadi individu yang jujur dan bertanggung jawab.

  8. Nama : Zakyyatul farah
    NIM : 858528237
    judul video : pengenalan kejujuran melalui penjepit
    dari video diatas memberikan bagaimana cara menanamkan kejujuran anak dengan tugas yang dikerjakannya dan memberikan rasa tanggung jawab

  9. menanamakan rasa kejujuran sangat perlu di lakukan mulai usia dini,pembelajaran di lakukan tidak hanya di lingkungan sekolah di rumah pun perlu di lakukan di rumah.di sekolah guru melakukan kegiatan dengan bercerita gambar moral yang mudah di mengerti dan di pahami oleh anak.sehingga anak dapat dengan mudah untuk mencermati isi cerita dan menerapkannya dalam kegiatan sehari-hari

  10. Nama : hamriani
    Nim : 859428345
    Video ini sangat bermanfaat dan merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan guru untuk mengajarkan nilai kejujuran kepada anak anak melalu cerita dan melalui sebuah permainan penjepit jemuran.

Leave a Reply