silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menceritakan tentang kejujuran pada anak usia dini. Dalam pembelajaran guru bercerita tentang anak yang jujur menggunakan buku cerita bergambar. Pada akhir cerita guru menanyakan pada siswa, siapa-siapa saja tokoh dalam cerita tersebut, isi akhir program guru menyimpulkan tentang anak yang jujur sehingga melalui cerita, tentang kejujuran, secara tidak langsung guru telah menanamkan kejujuran pada peserta didiknya
Drs. Sukiniarti, M.Pd.
–
–
a. Cara guru membuka biasa pada umumnya, baik membacakan cerita, memberikan respon pada bacaan
b. Strategi yang di gunakan cukup baik, bermain drama memerankan
tokoh2 di dalam buku cerita itu, dan akan lebih mengena ketika anak
dilibatkan dalam cerita itu, sehingga pembelajaran tentang kejujuran
lebih tepat sasaran.
c. Ini bisa dilakukan untuk anak usia dini 4-6 tahun melalui
d. Jika disesuaikan pada kurikulun K13 saat ini adanya tingkat
pencapaian perkembangan anak usia 4-6 tahun. Atau yang sesuai dengan
kemampuan anak.
Evanigustiningtyas
Nama: priskila nusa
Nim : 859952867
Dalam tayangan video ” menanamkan kejujuran kepada anak usia dini” telah kita lihat bersama seorang guru dalam menyampaikan cerita guru mengunakan buku yang memiliki gambar yang dapat di perlihatkan kepada anak didiknya agar mereka termotivasi, kegiatan yang seperti ini dapat menjadi inspirasi bagi saya selaku seorang pendidik yang belum berpengalaman, kejujuran harus kita ajarkan kepada anak didik sejak usia dini dalam lingkungan sekolah atau keluarga kita juga harus memberikan contoh kepada anak didik,agar anak bisa dan mampu bersikap jujur terhadap orang tua di rumah, guru di sekolah serta lingkungan masyarakat, nilai-nilai positif ini sangat lah penting untuk kita ajarkan, agar dapat membangun rasa percaya diri seorang anak.
Nama : Ita Safitri
NIM : 858834814
Menurut saya menyuguhkan cerita kepada anak adalah cara penyampaian yang sangat menarik, selain dapat melatih daya reseptif anak, melatih imajinasi anak, melatih daya ingat anak, juga dapat menstimulasi kegiatan menirukan contoh kebaikan melalui cerita dari guru yang di ulang kembali dengan pertanyaan pemantik dari guru.
Nama: Kurniati
Nim: 859408343
Kelas Gowa
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu. Menurut saya melalui Vidio diatas dimana seorang guru menanamkan kejujuran melalui cerita bergambar sudah bagus dan benar.dimana setelah selesai bercerita kita dapat melakukan tanya jawab.dengan menanyakan kepada anak siapa tokoh dalam cerita tersebut.dan melalui proses tanya jawab tersebut kita sudah menanamkan sikap jujur kepada anak.sekian dari saya terimah kasih
Nama: Yunike Nia Wardhana
NIM: 855877632
Menurut saya pembelajaran dalam video tersebut:
a. Guru tersebut dapat membuat pembelajaran secara menarik. Mampu memaparkan penanaman kejujuran sejak usia dini seperti penanaman pengetahuan tentang kebaikan sejak usia dini, mencintai kebaikan, menerapkan perbuatan-perbuatan positif atau baik. dan juga teknik bercerita yang dilakukan guru pada video diatas sudah baik menurut saya karena menggunakan buku cerita yang mempunyai gambar menarik yang disukai anak.
b. Penggunaan intonasi yang baik saat bercerita juga ekspresi wajah yang ditunjukkan guru dalam bercerita membuat anak antusias untuk mendengarkan cerita dengan seksama. Semua anak memberikan perhatian secara menyeluruh hampir tidak didapati siswa yang asyik bicara sendiri, ngobrol dengan temannya ataupun rewel, ramai, berlari-lari ke sana kemari saat guru membacakan cerita bergambar. Semua anak tetap duduk manis, namun penuh perhatian.
c. Guru dalam video pembelajaran telah menerapkan prinsip assesmen dan evaluasi untuk anak usia dini. Hal ini dapat terlihat dari pemilihan susunan tempat duduk. proses bercerita secara melingkar (BCCT) sehingga dapat memungkinkan guru untuk melihat secara langsung audiensi, para siswa dalam mengikuti setiap alur cerita.
Nama : Dhuur Rohmah Yogiyaswari
Nim : 858834918
Semester : 6
Salut : Kab.Kediri
Dari video pembelajaran diatas, strategi yang digunakan guru untuk menanamkan nilai kejujuran pada anak melalui kegiatan bercerita sangat efektif, karena bercerita merupakan kegiatan yang menarik untuk anak terlebih jika terdapat gambar pada buku cerita, dan tokoh tokoh yang disukai anak misalnya tokoh kartun, hewan, dll. Tentu akan sangat menarik dan menyenangkan bagi anak. Selain itu melalui bercerita anak mendapatkan pesan moral yang positif dan bermakna yang relevan untuk kehidupan sehari hari anak, dibuktikan pada video diatas saat guru memberikan pertanyaan pemantik mengenai isi cerita anak anak dapat menjawab dan menceritakannya kembali, dengan begitu pesan dalam cerita lebih mudah masuk dalam ingatan anak yang kemudian dapat dijadikan sebagai acuan perilakunya.
Sedikit tambahan, kegiatan bercerita akan lebih menarik minat anak jika menggunakan media misalnya alat peraga, dan media audio visual seperti, laptop, proyektor dll.
Nama : Risnawati
Nim : 825137202
Program studi : S1 PG PAUD AKPMM
Nama / kode mata kuliah : PAUD4303.11
Umumnya anak-anak menyukai cerita atau dongeng.dengan adanya pembelajaran melalui cerita moral guru dapat menceritakan cerita tentang kisah berbagai perilaku terpuji dan mengajarkan anak-anak untuk menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari, tentang perilaku terpuji seperti sikap kejujuran terhadap teman-temannya.
Nama : Uswatun Hasanah
Nim : 858840058
upbjj : 74/Malang
Menurut saya dari video menanamkan kejujuran pada anak melalui cerita moral sangatlah Efektif untuk menanamkan kejujuran,Apalagi jika disertai dengan cara yang tepat.cerita moral adalah cara yang menarik dan lebih mudah di pahami oleh anak-anak karena mengilutrasikan konsekuensi langsung dari perilaku jujur dan tidak jujur.dan melalui cerita,anak-anak dapat belajar tentang nilai-nilai positif dan melihat langsung bagaimana kejujuran membawa manfaat.setelah bercerita anak-anak di ajak berdiskusi,ini akan membantu mereka mengaitkan pesan moral dengan kehidupan nyata.dan sebaiknya di lakukan pengulangan cerita moral dan pembiasaan karena semakin sering nilai ini di perkenalkan melalui cerita,semakin besar kemungkinan anak akan mempraktikkanya dalam kehidupan sehari-hari.
Nama : Siti Rohaeti
Nim : 857441729
Kelas : A
Assalamualaikum,,
Setelah saya menyimak video tentang menanamkan kejujuran melalui cerita moral yang bisa saya ambil dari video tersebut adalah bahwa anak-anak untuk dapat mengetahui perilaku baik bisa di lakukan dengan cerita seperti di video yang saya tonton disana guru memceritakan dan memberikan pesan dari cerita tersebut, agar anak selalu ingat untuk berkata jujur kepada siapapun,,sekian terima kasaih
Melalui Vidio ini, dapat dipahami bahwa penanaman sikap jujur melalui pembiasaan dalam kehidupan sehari-hari sangatlah baik. Agar anak-anak dapat mencontoh perilaku yang baik dalam hidupnya. Menjadi pribadi yang baik, berbakti kepada orangtua. Terimakasih
nama: Kamilah Faoziyyah
nim: 857457659
Prodi : PGPAUD AKPMM
Semester 8
UPBJJ : Bandung
Menanamkan kejujuran melalui cerita moral
Menurut pendapat saya menanamkan kejujuran melalui cerita moral kepada anak usia dini merupakan kegiatan yang menarik dan berdampak bagi anak usia dini. Dari sebuah cerita diharapkan anak dapat mengambil nilai- nilai moral yang terdapat dari isi cerita tersebut.
kelebihan dari video di atas ialah :
-anak lebih mudah memahami nilai kejujuran dari sebuah cerita yang diberikan.
– melalui cerita bergambar anak lebih tertarik dan diharapkan akan melekat cerita moral tersebut pada anak
– Guru menceritakan dengan cara read a load dan membedakan suara dari setiap karakter yang ada, untuk mengambil perhatian anak
– Guru memberikan pertanyaan di akhir cerita untuk memastikan bahwa anak paham akan cerita yang dibacakan
Kelemahan dari video diatas ialah
– buku yang digunakan untuk bercerita terlihat kecil untuk jumlah anak yang cukup bnyak dalam satu kelas, sebaiknya dibagi beberapa kel. supaya anak lebih jelas melihat gambar yang ada dalam buku cerita
-penataan duduk anak yang terlihat kurang nyaman, karena bebrapa anak sampai memajukan tubuhnya kedepan agar bisa melihat gambar lebih jelas
Terima kasih