silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Kompetensi yang harus dikusai dalam menjalankan tugasnya sebagai guru di antaranya kompetensi pedagogik. Kompetensi pedagogik meliputi pemahaman guru terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Dengan menguasai pemahaman terhadap peserta didik guru dapat melaksanakan pembelajaran sesuai dengan karakter anak tersebut, anak kelas 1 SD tidak akan mudah memahami hal-hal yang abstrak, tetapi mereka akan lebih mudah memahami apa bila konsep atau teori diberikan dalam wujud nyata seperti yang ditayangkan dalam video ini. Guru kelas 1 SD dalam menyampaikan materi tentang “Berat Benda” menyampaikan pembelajaran dengan contoh nyata menggunakan alat peraga yang ada dan dikenal oleh peserta didik untuk mengamati, merasakan, dan mengevaluasi benda mana yang lebih ringan dan berat dengan contoh pensil dan buku, siswa yang tinggi badannya berbeda sehingga dapat menyimpulkan sendiri bahwa yang lebih besar memiliki bobot yang lebih berat dan yang kecil lebih ringan.
–
–
–
Sudah cukup baik, Metode yang digunakan bisa ditambah dengan games atau bernyanyi.
Materi yang disampaikan dan metode yang digunakan sudah sesuai dengan perkembangan peserta didik.
Materi dan metode juga sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
Saran saya durasi pembelajaran dalam video mungkin dapat ditambah. Tidak hanya sekedar 5 menit yang mana hal ini tidak sesuai dengan implementasi waktu di lapangan.
Mohammad Zulkarnain Jamil, S.Pd.
Nama : FEBRIYANTI
NIM : 855740119
Kelas : 6B
UPBJJ : UT BANDAR LAMPUNG
Judul Video : IPA, Mengajar Berat Benda
Menurut pendapat saya
guru tersebut sudah memahami materi dengan jelas dan bagus dalam menyampaikan materi tentang “Mengajar Berat Benda”. guru menyampaikan pembelajaran dengan contoh nyata menggunakan alat peraga yang ada dan dikenal oleh peserta didik untuk mengamati, merasakan, dan mengevaluasi benda mana yang lebih ringan dan berat dengan contoh murid dengan murid dan pensil dengan buku. dari vidio pembelajaran tersebut dapat kita ketahui ada beberapa hal yang perlu di ketahui adalah sebagai berikut :
1. Reaksi siswa pada video pembelajaran di atas sudah cukup bagus, di mana para siswa antusias menjawab sapaan dari guru.
2. Kelebihannya yaitu guru menjelaskan dengan baik dan dengan bahasa yang mudah dimengerti oleh siswa. Guru juga menggunakan contoh yang konkret seperti teman sekelasnya untuk menerangkan pembelajaran.
3. Kelemahan dari video pembelajaran itu guru tidak mengawali pembelajaran dengan bernyanyi atau melakukan ice breaking. Lalu guru juga tidak menggunakan media pembelajaran.
4. Upaya yang perlu dilakukan oleh guru adalah sebaiknya melakukan ice breaking atau bernyanyi pada saat memulai pembelajaran baiknya juga guru menggunakan media pembelajaran.
5. Hal unik dari video tersebut adalah guru menggunakan siswa untuk menjadi contoh pembelajaran.
Nama ERLINA WATI
NIM :856497595
POKJAR : PELALAWAN
UPBJJ : PEKANBARU
Menurut satya setelah melihat video tersebut interaksi anatara guru dan siswa sudah baik,siswa semangat untuk menjawab pertanya guru, dan guru pun sudah menguasai pembelajaran ayang diberikan kepada siswa.kelemahan nya yaitu guru tida melakukan pembukaan kelas yang seharus nya sebelum memulkai pembelajaran, waktu guru memberikan pejelasan pun sangat singkat,dan hindari anak anak menjawab secara serentak ketika memakai metode tanya jawab .
kelebihan nya guru dapat menguasai kelas dengan baik sehingga siswa senang dan mengikuti pelajaran dengan baik .
Nama : Nur Kurnia Dwi Yulianti
NIM : 858828258
Semester : 6
Pokjar : Joyoboyo
UPBJJ : Malang
1. Reaksi siswa terhadap kegiatan yang dilakukan guru
Secara umum reaksi siswa sangat positif dengan antusiasme serta aktif berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran. Namun masih ada beberapa siswa yang terlihat tidak aktif berpartisipasi dan sibuk sendiri.
2. Kelemahan guru dalam pembelajaran
– Guru kurang mengendalikan kelas dengan baik dan kurang menarik perhatian siswa sehingga masih ada beberapa siswa yang sibuk sendiri dan tidak memperhatikan materi yang diajarkan.
– Tidak memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya dan berdiskusi.
– Tidak memberikan kesempatan secara individu untuk membandingkan berat benda.
3. Kelebihan guru dalam pembelajaran
– Guru berusaha melibatkan siswa secara aktif dalam kegiatan pembelajaran sehingga siswa menjadi aktif dan antusias dalam mengikuti pembelajaran.
– Dengan menggunakan media/ alat peraga benda-benda disekitar kelas (bolpoint, buku, penggaris, kotak pensil) sehingga memudahkan siswa untuk memahami materi.
– Mengajak siswa secara bersama-sama menjawab pertanyaan sehingga suasana dalam pembelajaran tampak lebih hidup
4. Hal unik
Menggunakan siswa sebagai media pembelajaran untuk membandingkan berat benda.
5. Rencana perbaikan yang dapat dilakukan
– Saat mengawali pembelajaran guru bisa mengajak siswa ice breaking dengan bermain game atau bernyanyi untuk menarik perhatian siswa dan membuat suasana kelas seru dan lebih hidup.
– Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya dan berdiskusi.
Nama : SUSI SUSANTI LAOLI
NIM : 855856266
Prodi : S1-PGSD
UPBJJ : MEDAN
Pokjar : IDANOGAWO
Dari Video yang saya lihat saya jadi terinsinpirasi.
Dari Pembelajaran Berat Benda pada Mata Pelajaran IPA :
1. Guru memperagakan dengan menunjukkan benda/alat peraga maka siswa antusias dalam mendengarkan penjelasan guru.
2. Guru memberikan contoh kepada murid lainnya dengan menunjuk beberapa siswa maju kedepan untuk melatih keberanian dan percaya diri setiap siswa
3. Siswa dapat mengevaluasi jenis benda yang diperagakan lebih ringan dan berat dari jenis pensil dan buku.
4. Siswa lebih aktif menyampaikan pendapat.
Nama : SUSI SUSANTI LAOLI
NIM : 855856266
Prodi : S1-PGSD
UPBJJ : MEDAN
Pokjar : IDANOGAWO
1. Reaksi siswa dalam proses pembelajaran sebagian sudah aktif menjawab pertanyaan tetapi sebagian masih banyak yang asik bermain sendiri dan tidak memperhatikan pelajaran
2. Kelemahan guru dalam video tersebut guru kurang memperhatikan siswa yang sedang bermain sehingga pelajaran hanya dimengerti sebagian siswa dan durasi mengajar yang cukup terbatas dalam video tersebut Dan guru tidak melakukan kegiatan penutup Dan pemilihan bahasa dalam penyampaian materi kurang tepat
3. Kelebihan guru, guru sudah membuat media belajar sederhana sehingga mempermudah siswa memahami materi.
4. Hal unik dalam video tersebut guru menyampaikan materi dengan benda konkret.
5. Upaya Yang dapat saya sampaikan yaitu sebelum masuk materi belajar sebaiknya kita mengambil perhatian siswa terlebih dahulu dengan bernyanyi, ice breaking lainnya contohnya games dan dimulai dengan berdoa dan mengecek kehadiran, durasi mengajar nya cukup singkat bisa kita tambah sesuai dengan yang ada di RPP, dan kita bisa membuat LKPD untuk menilai sejauh mqna siswa memahami pelajaran, pada akhir pelajaran kita bisa membuat evaluasi terhadap pelajaran.
Nama: Myta Sukmarlina
Nim: 856472372
1. Reaksi siswa terhadap kegiatan yang dilakukan guru
Secara umum reaksi siswa sangat positif dengan antusiasme serta partisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran. Namun masih ada beberapa siswa yang terlihat tidak aktif berpartisipasi dan sibuk sendiri.
2. Kelemahan guru dalam pembelajaran
– Guru kurang mengendalikan kelas dengan baik dan kurang menarik perhatian siswa sehingga masih ada beberapa siswa yang sibuk sendiri dan tidak memperhatikan materi yang diajarkan.
– Tidak memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya dan berdiskusi.
– Tidak memberikan kesempatan secara individu untuk membandingkan berat benda.
3. Kelebihan guru dalam pembelajaran
– Guru berusaha melibatkan siswa secara aktif dalam kegiatan pembelajaran sehingga siswa menjadi aktif dan antusias dalam mengikuti pembelajaran.
– Dengan menggunakan media/alat peraga benda-benda disekitar kelas (bolpoint, buku, penggaris, kotak pensil) sehingga memudahkan siswa untuk memahami materi.
– Mengajak siswa secara bersama-sama menjawab pertanyaan sehingga suasana dalam pembelajaran tampak lebih hidup
4. Hal unik
Menggunakan siswa sebagai media pembelajaran untuk membandingkan berat benda.
5. Rencana perbaikan yang dapat dilakukan
– Saat mengawali pembelajaran guru dapat mengajak siswa icebreaking dengan bermain game atau bernyanyi untuk menarik perhatian siswa dan membuat suasana kelas seru dan lebih hidup.
– Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya dan berdiskusi
Nama : irhansyah putra
NIM : 856471704
pokjar : Pelalawan
Menurut saya, guru telah mengajar materi tentang “Berat Benda” dengan baik dalam video pembelajaran tersebut. Mereka menggunakan alat peraga yang nyata dan dikenal oleh siswa dalam kehidupan sehari-hari, sehingga membuat materi tersebut mudah dipahami oleh siswa.
Nama: Fariyanti
NIM: 856467356
Pokjar: Pelalawan
Reaksi Siswa:
Dalam proses kegiatan belajar yang terlihat dalam video, terlihat sebagian para siswa antusias dengan teknik mengajar guru dan menyimak dengan seksama. ini dapat dilihat oleh siswa yang dengan mudah menerima pelajaran yang diberikan guru dan sebagian lainnya terlihat asik menulis sehingga kurang memperhatikan gurunya.
Kelemahan:
a. Minimnya persiapan guru pada saat kegiatan awal pembelajaran atau kegiatan pembukaan. Sehingga banyak siswa yang kurang memperhatikan serta banyak materi yang belum dijelaskan kepada siswa.
b. Menguatkan pemahaman konsep siswa terhadap materi pelajaran yang telah diberikan.
c. Mengajarkan siswa untuk dapat bersikap kritis terhadap semua teori yang telah diberikan.
d. Mengajarkan siswa untuk berani mengemukakan pendapat.
e. Tidak memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya.
f. Terdapat banyak siswa yang kurang memperhatikan guru saat menerangkan materi.
Kelebihan:
a. Guru bisa membuat suasana kelas cukup aktif.
b. Guru dapat memanfaatkan benda di sekitar kelas dan di sekitar siswa.
c. Diperlukan tema yang mudah dipahami oleh siswa
d. Tema haruslah dapat didiskusikan
Hal Unik:
Terlihat hal-hal unik dalam video yang bisa kita jadikan referensi yaitu kemampuan guru menggunakan benda di sekitar siswa sebagai contoh dan menggunakan bahasa yang mudah dipahami dan dimengerti siswa. Pada saat proses kegiatan pembelajaran berlangsung agar tercipta suasana kelas yang aktif sebaiknya guru lebih banyak mengajak siswa berinteraksi dan melibatkan siswa dalam kegiatan belajar. Guru juga dapat menambah beberapa permainan ringan yang bisa melibatkan seluruh siswa.
Upaya yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya:
a. Pembelajaran yang dilakukan sudah cukup baik. metode yang digunakan dapat ditambah dengan games, kuis asik, atau bernyayi.
b. Materi yang disampaikan dan metode yang digunakan sudah sesuai dnegan perkembangan siswa.
c. Materi dan metode juga sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
d. Saran saya durasi pembelajaran dalam video dapat ditambah. Tidak hanya sekedar 5 menit hal ini tidak sesuai dengan implementasi waktu di lapangan.
e. Guru seharusnya membuka kegiatan awal pembelajaran, memberikan penjelasan mengenai materi yang disampaikan yaitu materi pembelajaran berat dan ringan sehinngga siswa paham tujuan dari pembelajaran tersebut.
f. Guru sudah bagus melibatkan siswa dalam proses belajar, tetapi alangkah baiknya ketika siswa diizinkan untuk memberi pertanyaan dan sebaiknya menggunakan alat ukur jadi siswa lebih mudah memahami materi berat dan ringan.
Nama: Fariyanti NIM: 856467356 Pokjar: Pelalawan
-Reaksi Siswa:
Dalam proses kegiatan belajar yang terlihat dalam video, terlihat sebagian para siswa antusias dengan teknik mengajar guru dan menyimak dengan seksama. ini dapat dilihat oleh siswa yang dengan mudah menerima pelajaran yang diberikan guru dan sebagian lainnya terlihat asik menulis sehingga kurang memperhatikan gurunya.
-Kelemahan:
a. Minimnya persiapan guru pada saat kegiatan awal pembelajaran atau kegiatan pembukaan. Sehingga banyak siswa yang kurang memperhatikan serta banyak materi yang belum dijelaskan kepada siswa.
b. Menguatkan pemahaman konsep siswa terhadap materi pelajaran yang telah diberikan.
c. Mengajarkan siswa untuk dapat bersikap kritis terhadap semua teori yang telah diberikan.
d. Mengajarkan siswa untuk berani mengemukakan pendapat.
e. Tidak memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya.
f. Terdapat banyak siswa yang kurang memperhatikan guru saat menerangkan materi.
-Kelebihan:
a. Guru bisa membuat suasana kelas cukup aktif.
b. Guru dapat memanfaatkan benda di sekitar kelas dan di sekitar siswa.
c. Diperlukan tema yang mudah dipahami oleh siswa
d. Tema haruslah dapat didiskusikan
-Hal Unik: Terlihat hal-hal unik dalam video yang bisa kita jadikan referensi yaitu kemampuan guru menggunakan benda di sekitar siswa sebagai contoh dan menggunakan bahasa yang mudah dipahami dan dimengerti siswa. Pada saat proses kegiatan pembelajaran berlangsung agar tercipta suasana kelas yang aktif sebaiknya guru lebih banyak mengajak siswa berinteraksi dan melibatkan siswa dalam kegiatan belajar. Guru juga dapat menambah beberapa permainan ringan yang bisa melibatkan seluruh siswa.
-Upaya yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya:
a. Pembelajaran yang dilakukan sudah cukup baik. metode yang digunakan dapat ditambah dengan games, kuis asik, atau bernyayi.
b. Materi yang disampaikan dan metode yang digunakan sudah sesuai dnegan perkembangan siswa.
c. Materi dan metode juga sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
d. Saran saya durasi pembelajaran dalam video dapat ditambah. Tidak hanya sekedar 5 menit hal ini tidak sesuai dengan implementasi waktu di lapangan.
e. Guru seharusnya membuka kegiatan awal pembelajaran, memberikan penjelasan mengenai materi yang disampaikan yaitu materi pembelajaran berat dan ringan sehinngga siswa paham tujuan dari pembelajaran tersebut.
f. Guru sudah bagus melibatkan siswa dalam proses belajar, tetapi alangkah baiknya ketika siswa diizinkan untuk memberi pertanyaan dan sebaiknya menggunakan alat ukur jadi siswa lebih mudah memahami materi berat dan ringan.
Nama : Suci Fitra Handani
NIM : 856241384
Prodi : S1_PGSD
UPBJJ : Padang
Pokjar : Bawan
a.reaksi anak/ siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru:
Anak sangat bersemangat dalam belajar dan anak antusias menjawab sapaan guru.
Anak bisa memahami pembelajaran yang disampaikan oleh guru tersebut.
b. kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran :
Kelemahan dalam video pembelajaran tersebut adalah guru tidak mengawali kegiatan pembukaan kelas sebelum memulai pembelajaran.
c. kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran;
Kelebihan dalam video pembelajaran tersebut adalah penyampaian yang sangat baik dan mudah dipahami oleh siswa dan penggunaan media/ alat peragaan benda-benda sekitar kelas memudahkan siswa lebih memahami materi yang diajarkan.
d. Hal-hal unik yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran
Hal unik yang terdapat dalam video tersebut adalah memakai media yang konkret seperti benda-benda yang ada disekitar kelas.
e.upaya yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran tersebut adalah:
Dalam video pembelajaran tersebut guru tidak melakukan kegiatan pembukaan kelas sebelum pembelajaran dimulai.Sebaiknya guru mengawali pembelajaran dengan melakukan kegiatan apresiasi seperti membaca do’a, bernyanyi, mengecek kehadiran, dan melukakan ice breaking agar suasana kelas menjadi lebih hidup.