silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Kompetensi yang harus dikusai dalam menjalankan tugasnya sebagai guru di antaranya kompetensi pedagogik. Kompetensi pedagogik meliputi pemahaman guru terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Dengan menguasai pemahaman terhadap peserta didik guru dapat melaksanakan pembelajaran sesuai dengan karakter anak tersebut, anak kelas 1 SD tidak akan mudah memahami hal-hal yang abstrak, tetapi mereka akan lebih mudah memahami apa bila konsep atau teori diberikan dalam wujud nyata seperti yang ditayangkan dalam video ini. Guru kelas 1 SD dalam menyampaikan materi tentang “Berat Benda” menyampaikan pembelajaran dengan contoh nyata menggunakan alat peraga yang ada dan dikenal oleh peserta didik untuk mengamati, merasakan, dan mengevaluasi benda mana yang lebih ringan dan berat dengan contoh pensil dan buku, siswa yang tinggi badannya berbeda sehingga dapat menyimpulkan sendiri bahwa yang lebih besar memiliki bobot yang lebih berat dan yang kecil lebih ringan.

Sudah cukup baik, Metode yang digunakan bisa ditambah dengan games atau bernyanyi.

Materi yang disampaikan dan metode yang digunakan sudah sesuai dengan perkembangan peserta didik.

Materi dan metode juga sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Saran saya durasi pembelajaran dalam video mungkin dapat ditambah. Tidak hanya sekedar 5 menit yang mana hal ini tidak sesuai dengan implementasi waktu di lapangan.

Mohammad Zulkarnain Jamil, S.Pd.

Similar Posts

389 Comments

  1. Nama : Latifa Khairiyah
    Nim : 856241495
    Semester: 6

    Dari video yang saya lihat ada kelebihan dan kelemahannya
    – Kelebihannya
    Guru melibatkan siswa secara aktif dalam kegiatan pembelajaran sehingga siswa menjadi aktif dan antusias dalam pembelajaran dan guru menggunakan alat peraga membuat siswa mudah mengerti apa yang diajarkan oleh guru.
    – Kelemahannya
    Tidak memberikan kesempatan pada siswa untuk bertanya dan berdiskusi.

  2. Nama : Rizka Khoirunisa
    NIM : 858909056
    UPBJJ : Jember
    Pokjar : Genteng A

    Setelah melihat video pembelajaran dengan materi berat benda tersebut, menurut saya pembelajaran sudah terlaksana dengan baik karena cara penyampaian guru mudah diterima oleh siswa. Guru menyampaikan materi dengan bahasa yang ringan dan contoh-contoh yang jelas melalui benda-benda yang ada di dalam ruang kelas tersebut. Guru bahkan melibatkan siswa sebagai contoh dari materi yang disampaikannya. SIswa juga terlihat tenang dan fokus mendengarkan penjelasan dari guru tersebut dan turut aktif menjawab pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan oleh guru.

    Hanya saja, dalam pembelajaran tersebut ada beberapa poin yang kurang seperti pada pembukaan pembelajaran yang kurang membangkitkan semangat siswa, lalu media pembelajarannya mungkin bisa ditambah dengan media manipulatif yang lebih menarik sehingga lebih menyita perhatian siswa. Kemudian juga dalam pembelajaran ini, guru kurang dalam memberikan apresiasi setiap kali siswa berhasil menjawab pertanyaan. Pembelajaran juga terkesan monoton karena guru kurang memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya, sehingga terlihat hanya guru yang dominan dalam pembelajaran ini.

    Saran dari saya, guru dapat membuka pembelajaran dengan ice breaking/bernyanyi lagu yang dapat membangkitkan semangat siswa sebelum memulai pembelajaran. Tak lupa juga untuk menyiapkan media pembelajaran yang menarik. Dan selalu memberikan apresiasi kepada siswa yang berhasil menjawab meki hanya dengan sepatah kata positif. Serta memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya, sehingga diskusi lebih hidup (pembelajaran lebih interaktif)

  3. Nama :HESTY JAMIATI
    Nim/Kelas : 858436135/8B
    UPBJJ : Samarinda

    Pendapat saya terhadap video dengan Tema Mengajar Berat Benda ialah
    Guru tersebut sudah memahami materi dengan jelas dan bagus dalam menyampaikan materi tentang “Mengajar Berat Benda”. Guru menyampaikan pembelajaran dengan contoh nyata menggunakan alat peraga yang ada di sekitar lingkungan dan dikenal oleh peserta didik untuk mengamati, merasakan, dan mengevaluasi benda mana yang lebih ringan dan berat dengan contoh murid dengan murid dan pensil dengan buku. sebagian siswa pun sangat memahami penjealasan tentang tema yang di sampaikan oleh guru akan tetapi sebagian lagi ada yag masih tidak fokus pada penjelasan guru karena asik bermain dengan teman.
    Kelebihan dari guru tersebut adalah tidak memulai pengajaran dengan berdoa , tidak mengabsen kehadiran siswa, cara penyampaian materi yang sangat jelas dengan menggunakan media nyata yang ada di sekitar. guru juga mampu memebrikan umpan balik sehingga siswa mampu menjawab pertanyaan yang diberikan.
    Kelemahan yang ada pada pengajaran tersebut ialah guru kurang memeperhatikan siswa yang tidak fokus dalam belajar dan guru tidak melakukan kegiatan penutup.
    Rencana perbaikan yang dapat dilakukan ialah agar kegiatan belajar lebih menarik dan seluruh siswa dapat berperan aktif dalam pembelajaran sebaiknya gur memberikan game atau bernyanyi kepada siswa sesuai dengan tema yang diajarkan.

  4. Nama : Dian Novita Damanik
    NIM : 855863412
    Menurut saya, pembawaan materi yang dilakukan ibu sudah bagus dan mantap.
    selalu melibatkan siswa dalam menjelaskan materi, dan saling bekerja sama untuk menciptakan pembelajaran yang interaktif.

  5. Nama : Abd.Rahman Sauqih
    Nim : 855864779
    UPBJ : Medan

    Dari vidio diatas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran yang disampaikan oleh guru tersebut sangat baik dengan metode ajar yang sesuai terhadap siswa dan materi yang disampaikan sesuai dengan kurikulum yang berlaku sekarang saat ini.Dan guru tersebut memberikan contoh yang mudah dipahami oleh para siswa dan memberikan pelajaran yang menarik dan menyenangkan supaya siswa tersebut tidak bosan dan mudah memahami pelajaran tersebut.

  6. Nama : Anisa Amalia Yosanti
    NIM : 858828297
    Pokjar : Joyoboyo-Kota Kediri
    UPBJJ-UT : Malang

    1. – Ringkasan isi video : Pada video tersebut digambarkan guru kelas 1 SD yang mengajarkan materi tentang berat benda yang disampaikan dengan contoh nyata menggunakan alat peraga yang ada dan dikenal oleh siswa untuk mengamati, merasakan, dan mengevaluasi benda mana yang lebih ringan dan berat sehingga dapat menyimpulkan sendiri bahwa yang lebih besar memiliki bobot yang lebih berat dan yang kecil lebih ringan.
    – Bagaimana reaksi anak atau siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru : Anak-anak sangat antusias dan semangat dalam mengikuti pembelajaran.
    2. Kelemahan guru dalam pembelajaran :
    • Guru tidak melakukan absensi terhadap kehadiran siswa.
    • Guru tidak melakukan apersepsi terkait materi yang hendak dipelajari.
    • Guru tidak memberi rangkuman dan tidak melakukan evaluasi terhadap materi yang sudah dijelaskan.
    3. Kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran :
    • Guru menggunakan objek nyata seperti pensil dan buku/kotak pensil dan penggaris yang mudah dipahami dalam pembelajaran.
    • Guru aktif berinteraksi tanya jawab dengan siswa.
    • Guru memberikan apresiasi kepada siswa yang maju dengan melakukan tepuk tangan bersama siswa yang lainnya.
    • Guru memberikan tugas diakhir pembelajaran.
    4. Hal-hal unik apasaja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melakukan pembelajaran : Pada saat guru menjadikan peserta didik sebagai contoh dalam pembelajaran.
    5. Upaya yang harus dilakukan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran selanjutnya adalah :
    • Hendaknya guru melakukan kegiatan awal dengan baik dan lengkap seperti menyapa atau memberi salam dan melakukan absensi, apersepsi terkait materi yang akan dipelajari dengan kehidupan sehari-hari atau materi sebelumnya, melakukan ice breaking, dan menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai, serta memberikan motivasi terkait materi pelajaran.
    • Hendaknya guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk melakukan perbandingan berat antara pensil dan buku, agar siswa merasakan langsung perbedaan berat kedua benda tersebut. Bukan hanya sekedar melihatnya langsung.
    • Hendaknya guru memberikan rangkuman materi dan evaluasi terkait pemahaman siswa yang bertujuan untuk mengetahui bagian mana dari materi yang mungkin belum dipahami siswa.

  7. NUR AZIZAH
    858821438
    POKJAR BATU
    Setelah saya menonton video ini, menurut pendapat saya guru tersebut sudah mampu menguasai kelas dengan baik, akan tetapi dalam sesi membuka pelajaran guru tersebut belum melakukannya dengan berdoa dan melakukan cek kehadiran siswa. Guru juga tidak melakukan apersepsi atau memberikan motivasi kepada siswa seputar materi yang akan disampaikan, tetapi dibalik hal itu guru sudah sangat baik dalam memberikan penjelasan dengan media sederhana yang ada disekitar siswa. Dengan cara yang demikian dapat membuat siswa menjadi tertarik dan aktif dalam mengikuti pembelajaran yang sedang berlangsung

  8. Menurut saya, keseluruhan video mengajar guru tersebut sangat bagus, karena guru tersebut telah menguasai materi yang diajarkan kepada peserta didik.
    Awal pembelajaran guru menyapa peserta didik, menyampaikan materi pembelajaran yang dipelajari. Guru menjelaskan dengan menarik pembelajaran yang dipelajari dengan menggunakan benda-benda yang disekitarnya, sehingga perhatian peserta didik fokus dan terarah pada pembelajaran. Guru menunjuk peserta didik untuk menjawab pertanyaan dan memberi kesempatan kepada peserta didik bertanya, sehingga ada interaksi / komunikasi yang baik. Guru memberikan tugas kepada peserta didik agar lebih mengerti dan paham pembelajaran yang dipelajari. Hal menarik guru menjadikan peserta didik sebagai contoh dalam pembelajaran, sehingga peserta didik antusias.

    Ada beberapa hal yang perlu diperbaiki yaitu mengecek kehadiran peserta didik, menyampaikan tujuan pembelajaran, memberi motivasi kepada peserta didik,

  9. Assalamu`alaikum . . .
    Ijin memperkenalkan diri,

    Nama Mahasiswa : FAIZ ILMUTTAQIN
    Nim : 858685605
    UPBJJ : SURABAYA

    Menurut Pendapat saya terhadap video pembelajaran tersebut adalah :
    Sesuai Pengamatan saya,Guru tersebut sudah dapat memahami materi dengan jelas dan baik dalam menyampaikan materi . Guru juga sudah menyampaikan pembelajaran dengan langsung menggunakan alat peraga yang ada di sekitarnya dan tujuannya nanti akan mudah difahami oleh peserta didik untuk melihat atau mengamati, merasakan, dan mengevaluasi benda mana yang lebih ringan dan berat dengan contoh murid dengan murid dan pensil dengan buku. sebagian siswa pun sangat memahami penjealasan tentang tema yang di sampaikan oleh guru akan tetapi sebagian lagi ada yag masih tidak fokus pada penjelasan guru karena asik bermain dengan teman.

    KELEBIHANNYA adalah tidak memulai pengajaran dengan berdoa , tidak mengabsen kehadiran siswa, cara penyampaian materi yang sangat jelas dengan menggunakan media nyata yang ada di sekitar. guru juga mampu memberikan umpan balik sehingga siswa mampu menjawab pertanyaan yang diberikan.

    KELEMAHANNYA adalah guru masih kurang memeperhatikan siswa yang tidak fokus dalam belajar dan guru tidak melakukan kegiatan penutup.

    RENCANA PERBAIKAN ,Menurut saya agar kegiatan belajar lebih menarik dan seluruh siswa dapat berperan aktif dalam pembelajaran sebaiknya guru menyelipkan ice breaking atau bernyanyi gembira kepada siswa sesuai dengan tema yang diajarkan supaya siswa tidak jenuh dan pastinya akan lebih bersemangat dalam belajar.

    Terimakasih,Wassalamu’alaikum. . .

  10. Nama : Isna Amalia
    Nim : 857697227
    UPBJJ : Kedungwuni, Pekalongan

    Menurut Pendapat saya terhadap video pembelajaran tersebut adalah :
    Sesuai Pengamatan saya,Guru tersebut sudah dapat memahami materi dengan jelas dan baik dalam menyampaikan materi . Guru juga sudah menyampaikan pembelajaran dengan langsung menggunakan alat peraga yang ada di sekitarnya dan tujuannya nanti akan mudah difahami oleh peserta didik untuk melihat atau mengamati, merasakan, dan mengevaluasi benda mana yang lebih ringan dan berat dengan contoh murid dengan murid dan pensil dengan buku. sebagian siswa pun sangat memahami penjealasan tentang tema yang di sampaikan oleh guru akan tetapi sebagian lagi ada yag masih tidak fokus pada penjelasan guru karena asik bermain dengan teman.

    KELEBIHANNYA adalah cara penyampaian materi yang sangat jelas dengan menggunakan media nyata yang ada di sekitar. guru juga mampu memberikan umpan balik sehingga siswa mampu menjawab pertanyaan yang diberikan.

    KELEMAHANNYA adalah guru kurang memeperhatikan siswa yang tidak fokus dalam belajar dan guru tidak melakukan kegiatan penutup.

Leave a Reply