silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Kompetensi yang harus dikusai dalam menjalankan tugasnya sebagai guru di antaranya kompetensi pedagogik. Kompetensi pedagogik meliputi pemahaman guru terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Dengan menguasai pemahaman terhadap peserta didik guru dapat melaksanakan pembelajaran sesuai dengan karakter anak tersebut, anak kelas 1 SD tidak akan mudah memahami hal-hal yang abstrak, tetapi mereka akan lebih mudah memahami apa bila konsep atau teori diberikan dalam wujud nyata seperti yang ditayangkan dalam video ini. Guru kelas 1 SD dalam menyampaikan materi tentang “Berat Benda” menyampaikan pembelajaran dengan contoh nyata menggunakan alat peraga yang ada dan dikenal oleh peserta didik untuk mengamati, merasakan, dan mengevaluasi benda mana yang lebih ringan dan berat dengan contoh pensil dan buku, siswa yang tinggi badannya berbeda sehingga dapat menyimpulkan sendiri bahwa yang lebih besar memiliki bobot yang lebih berat dan yang kecil lebih ringan.

Sudah cukup baik, Metode yang digunakan bisa ditambah dengan games atau bernyanyi.

Materi yang disampaikan dan metode yang digunakan sudah sesuai dengan perkembangan peserta didik.

Materi dan metode juga sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Saran saya durasi pembelajaran dalam video mungkin dapat ditambah. Tidak hanya sekedar 5 menit yang mana hal ini tidak sesuai dengan implementasi waktu di lapangan.

Mohammad Zulkarnain Jamil, S.Pd.

Similar Posts

389 Comments

  1. Nama : Elda Melisa
    NIM : 857220036
    Pokjar : Curug
    Upbjj : Serang

    Saya akan menyampaikan pendapat saya mengenai video pembelajaran diatas yang berjudul “mengajar berat benda (IPA) di SD”.
    1. Reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru : menurut saya reaksi para siswa merespon dengan baik apa yang guru nya jelaskan tersebut dan mereka juga aktif untuk bekerja sama dalam kegiatan pembelajaran walaupun ada anak yang sibuk dengan kegiatannya sendiri tapi anak tersebut tetap mendengarkan guru saat menjelaskan materi pembelajaran. Ini terlihat karena guru tersebut menggunakan kompetensi pedagogik yang membuat guru dan siswa bisa berinteraksi dengan baik.
    2. Kelemahan guru dalam pembelajaran : Adapun kelemahan guru dalam pembelajaran pada video diatas yaitu :
    – guru tidak mengajak siswanya untuk berdoa terlebih dahulu
    – guru tidak mengecek kehadiran siswa
    – tidak melakukan ice breaking terlebih dahulu
    – dan guru tersebut tidak memberikan kesempatan untuk siswa memberikan pertanyaan mengenai materi pembelajaran yang disampaikan.
    3. Kelebihan guru dalam pembelajaran : Adapun kelebihan guru dalam pembelajaran pada video diatas yaitu :
    – guru mampu menciptakan suasana yang menyenangkan didalam ruangan kelas
    – guru mampu membuat siswanya berinteraksi dengan baik
    – guru menggunakan metode pembelajaran yang sangat sederhana sehingga siswa dapat memahami dengan baik bahkan dipraktekan secara langsung.
    – guru menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh siswa
    – siswa berantusias dalam pembelajaran
    4. Hal-hal unik yang ditemukan dalam video diatas yaitu adanya kerja sama yang baik antara siswa dan guru sehingga membuat proses pembelajaran berjalan dengan lancar dan menyenangkan.
    5. Upaya yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran berikutnya : yaitu tetaplah menggunakan metode pembelajaran dengan hal ini siswa dapat dengan mudah memahami setiap pelajaran yang disampaikan, berdoa sebelum memulai pelajaran, tetaplah mengecek kehadiran siswa, melakukan ice breaking itu sangat penting dan bermanfaat untuk melihat kesiapan siswa menerima pelajaran yang akan disampaikan, menggunakan media papan tulis lalu dipapan tulis tersebut ditulis “lebih berat atau lebih ringan” agar siswa bisa membandingkan benda tersebut lebih jelas untuk menjawab soal yang diberikan oleh guru.

  2. Nama : CINDY SYAHFRINA
    NIM : 878258048
    Pokjar : Medan
    UPBJJ : UT – Medan

    Dari video di atas kita dapat memperoleh :
    KELEMAHAN PEMBELAJARAN DALAM VIDEO :
    a. Guru tidak melakukan kegiatan pembukaan pembelajaran dengan menanyai siswa yang tidak hadir, tidak melakukan doa bersama.
    b. guru tidak menjelaskan materi terlebih dahulu mengenai berat benda
    c. kurangnya media pembelajaran yang digunakan

    KELEBIHAN PEMBELAJARAN DALAM VIDEO :
    a.Guru mengajak siswa mengenal berat benda dengan perbandingan beberapa benda
    b. guru memberikan pr sehingga siswa bisa kembalimempelajari materi yang dipelajari disekolah
    c. guru tidak menutup pelajaran dengan merangkup materi mengenai berat benda.

    RENCANA PERBAIKAN YANG DAPAT DILAKUKAN
    a. Pada kegiatan pendahuluan sebaiknya guru menanyakan kabar dan kehadiran siswa, serta memulai pelajaran dengan do bersama
    b. guru dapat menjelaskan terlebih dahulu mengenai berat benda
    c. guru dapat menggunakan media pembelajaran yang menarik untuk meningkatkan rasa antusias siswa dalam belajar
    d. dikevgiatan penutup, guru dapat menyimpulkan pelajaran hari ini.

  3. Nama :MILA
    NIM:857199452
    UPBJJ:UT SERANG
    Baiklah saya akan menyampaikan pendapat saya mengenai video”mengajar berat benda (IPA)”
    menurut pengamatan saya guru diawal pembelajaran tidak melakukan pembukaan pembelajaran seperti salam, dan berdoa dan mengecek kehadiran.
    Sebaiknya guru melakukan ice breaking terlebih dahulu terhadap murid sebelum pembelajaran di mulai supaya murid bisa fokus ketika belajar Guru tidak menggunakan apresiasi saat kegiatan belajar dimulai.kurangnya alat pembelajaran sebagai contoh adapun dalam penyampaian saat pelajaran di berikan guru sudah baik dan siswa mudah memahami.

  4. Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    Nama : Defi Musdariah
    NIM : 856656465
    Pokjar : Kota Jambi
    UPBJJ : 17/Kota Jambi
    Menurut pendapat saya setelah mengamati video ini :
    – Guru sudah menyampaiakan materi dengan cara yang menarik dan mudah dimengerti oleh siswa.
    – Guru dapat menciptakan suasana interaktif dikelas sehingga anak dapat terlibat aktif didalamnya.
    – Guru sudah menggunakan media pembelajaran yang baik sehingga dapat mempermudah siswa dalam menerima pelajaran.
    – Guru sudah memberikan umpan balik kepada siswa dari setiap pertanyaan.
    Namun hanya saja terdapat kelemahan didalam video pembelajaran ini, tidak ada kegiatan pendahuluan yang dilakukan guru , guru tidak mengajak siswa berdo’a, tidak memotivasi siswa, tidak ada apersepsi, tidak melakukan pembahasan materi terlebih dahulu serta tidak menyimpulkan hasil dari pembelajaran.
    Sekian dari saya
    Terimakasih wassalaamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

  5. Nama : Feri Suwandi
    Nim : 856465005
    UPBJJ – UT : Bagan Batu

    Setelah melihat video pembelajaran mengenai materi berat benda tersebut, menurut saya pembelajaran sudah terlaksana dengan cukup baik. Dalam video tersebut menurut pendapat saya, ada beberapa yang harus lebih di perhatikan lagi. Di dalam video guru tidak melakukan absensi, guru kurang memperhatikan para siswa di dalam kelas sehingga ketika sedang menjelaskan mengenai materi yang di ajarkan ada nak yang kurang berkonsentrasi, bermain dengan teman sebangkunya bahkan adanya terlihat seperti mengantuk.
    Ada pula beberapa hal unik yang saya lihat dari video pemebelajaran tersebut, ada anak yang sedang bermain mainannya, ada yg sangat memperhatikan penjelasan guru, ada yang sibuk dengan jepit rambutnya dan banyak hal lainnya.
    Ada pun upaya yang dapat dilakukan oleh guru menurut saya, agar kegiatan belajar lebih menarik dan seluruh siswa dapat berperan aktif dalam pembelajaran sebaiknya guru menyelipkan ice breaking atau bernyanyi gembira kepada siswa sesuai dengan tema yang diajarkan supaya siswa tidak jenuh dan pastinya akan lebih bersemangat.

  6. Nama : Asna Siti Fadhilah
    NIM : 877325185

    Siswa sangat antusias luar biasa dan terlihat senang dengan pembelajaran tersebut, tetapi durasi yang singkat sehingga kita tidak mengetahui bagian pendahuluan, dan bagaiama cara guru tersebut mempersiapkan pembelajaran, dan poin penting saya sangat senang saat guru menjelaskan sengan pelan santay namun menggunakan Bahasa yang mudah di fahami. Sehingga peserta didik mudah menangkap materi tersebut, hal itu menurut saya unik, dansaya ingin vidionya dilengkapi dengan pendahuluan sehingga saya dapat belajar bagiama melakukan pendahuluan agar lebih baik saat memuli pembelajaran dikelas

  7. Nama : Noviyanti
    NIM : 857125126
    Pokjar : Serang Baru
    UPBJJ : UT Jakarta

    Setelah saya liat Video ini anak-anak sangat antusias dan semangat. Media pembelajaran menggunakan benda-benda konkret yang ada disekitar kelas, guru menjelaskan materi dengan bahasa yang mudah. Adapun kekurangan nya tidak ada kegiatan pendahuluan seperti salam, berdoa, mengabsen siswa, tidak melakukan ice briking, bahkan guru tersebut tidak mempertanyakan kepada siswanya mengenai pelajaran yang lalu.

  8. Nama : Ayu Amalia Nurcahyani
    Nim : 878188797

    Menurut saya, dalam video ini guru sudah memberikan materi dengan jelas. Sehingga, siswa merasa lebih mudah memahami materi. Guru juga menyampaikan materi dengan bahasa yang mudah dipahami. Guru juga menggunakan metode pembelajaran yang menarik. Namun, dalam video ini guru tidak melaksanakan kegiatan pendahuluan seperti berdoa maupun mengabsen siswa.

  9. Nama : ayu syahfitri Saragih
    Nim : 856464447
    Pokjar : bagan batu
    Upbjj ut PEKANBARU

    Menurut pengamatan saya di video pembelajaran tersebut guru tersebut sudah bagus menjelaskan pemaparan materi dan membuat siswa lebih memahami dengan cepat dengan cara menggunakan media yang sederhana
    Siswa dipersilahkan maju ke depan supaya satu persatu memahami dan mereka dengan mudah menjawabnya dengan cepat.

    Adapun beberapa kekurangan guru pada saat pembelajaran tidak adanya kegiatan awal yaitu pendahuluan pada pembelajaran, kurangnya media pembelajaran, dan pada akhir pembelajaran tidak ada penutup seperti refleksi terhadap siswa tersebut serta salam penutup

  10. Assalamualikum
    Nama :Darniati
    Nim :856459818
    Pokjar :sei lala
    Setelah saya menonton video tersebut, telihat video tersebut, dengan pembelajaran mengajar berat benda mapel IPA di SD terlihat siswa sangat antusias dan semangat untuk mengikuti pembelajaran. Karena guru sangat kreatif dalam memulai pelajaran dengan praktek menggunakan media yang nyata seperti buku dan pensil walupun ada beberapa anak yang sibuk sendiri guru juga menggunakn bahasa yang mudah dipahami sehingga siswa dengan cepat mengerti apa yang dijelaskan.
    Jadi pendapat saya. Dalam kegiatan belajar ini sangat menarik dan seluruh siswa juga berperan aktif, jika guru meyelipkan ice breaking yang sesuai dengan materi, supaya siswa tidak jenuh dan akan bersemangat lagi dalam belajar

Leave a Reply