silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Kompetensi yang harus dikusai dalam menjalankan tugasnya sebagai guru di antaranya kompetensi pedagogik. Kompetensi pedagogik meliputi pemahaman guru terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Dengan menguasai pemahaman terhadap peserta didik guru dapat melaksanakan pembelajaran sesuai dengan karakter anak tersebut, anak kelas 1 SD tidak akan mudah memahami hal-hal yang abstrak, tetapi mereka akan lebih mudah memahami apa bila konsep atau teori diberikan dalam wujud nyata seperti yang ditayangkan dalam video ini. Guru kelas 1 SD dalam menyampaikan materi tentang “Berat Benda” menyampaikan pembelajaran dengan contoh nyata menggunakan alat peraga yang ada dan dikenal oleh peserta didik untuk mengamati, merasakan, dan mengevaluasi benda mana yang lebih ringan dan berat dengan contoh pensil dan buku, siswa yang tinggi badannya berbeda sehingga dapat menyimpulkan sendiri bahwa yang lebih besar memiliki bobot yang lebih berat dan yang kecil lebih ringan.
–
–
–
Sudah cukup baik, Metode yang digunakan bisa ditambah dengan games atau bernyanyi.
Materi yang disampaikan dan metode yang digunakan sudah sesuai dengan perkembangan peserta didik.
Materi dan metode juga sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
Saran saya durasi pembelajaran dalam video mungkin dapat ditambah. Tidak hanya sekedar 5 menit yang mana hal ini tidak sesuai dengan implementasi waktu di lapangan.
Mohammad Zulkarnain Jamil, S.Pd.
P
Nama : Vera Andani
NIM : 860119367
UPBJJ : 118/Palembang
Analisis kasus pembelajaran Mengajar Berat Benda di SD kelas 1
1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
Jawab : Reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran dengan guru siswa-siswi antusias dengan kegiatan pembelajaran yang sedang dilaksanakan dan juga siswa-siswi fokus terhadap instruksi yang di perintahkan oleh gurunya.
2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
Jawab : Kelemahannya adalah guru hanya terpatok pada benda yang ada di sekeliling dalam kelas saja dan juga hanya memilih sebagian anak tanpa meminta anak mana yang siap dan mau maju kedepan.
3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
Jawab : Kelebihan yang di miliki guru adalah memiliki vokal suara yang jelas dan lantang sehingga mudah di dengar oleh siswa-siswi
4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
Jawab : Tidak ada hal unik yang saya temukan.
5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang ada amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
Jawab : Upaya yang saya usulkan untuk kelemahan yang ada di pembelajaran di video adalah alangkah baik nya kalau anak yang menunjukkan tangan dan ingin maju sendiri tanpa di tunjuk oleh guru, karena hal itu akan membantu mengasah kepercayaan diri mereka untuk tampil di depan teman-temannya.
Menurut pendapat saya, Guru di video di atas tidak menyapa siswa dan mengapresiasi siswa di dalam kelas.
Guru tidak mempunyai media pembelajaran sehingga siswa kurang memahami materi yang di sampaikan guru di depan kelas.
Guru tidak memberikan penguatan dalam materi pembelajaran.
Dari hasil pengamatan saya dalam video diatas ialah Di dalam materi pembelajaran guru tidak menggunakan salam dan berdoa saat pelajaran berlangsung.
Dalam hal ini guru menyampaikannya materi nya tidak ada media pembelajaran yang tepat.
Setelah pembelajaran di akhir guru tidak memberikan penguatan dalam materi yang di samping di dalam kelas.
NAMA : RATNA SARI
NIM : 857008149
POKJAR : SIDOMULYO
UPBJJ : 20 /BANDAR LAMPUNG
Setelah saya mengamati video pembelajaran diatas ada kelebihan dan kelemahan yang saya dapatkan, Yaitu :
1.Kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran :
a. Pada awal dan akhir kegiatan guru tidak mengajak siswa berdoa terlebih dahulu,menanyakan kabar siswa
b. Guru tidak mengecek/mengabsen siswa
c. Guru tidak memberikan motivasi belajar pada siswa
d. Guru tidak mengajak siswa mengulas pembelajaran sebelumnya lebih dulu
e. Guru tidak melakukan pembahasan materi tapi langsung pada contoh materi
f. Guru tidak menyimpulkan pembelajaran pada akhir kegiatan
2Kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran :
a. Media pembelajaran menggunakan benda-benda konkret yang ada disekitar kelas
b. Guru menggunakan bahasa yang mudah di pahami siswa
c. Siswa berantusias dalam belajar
4. Hal unik yang ditemukan dalam kegiatan pembelajaran :
Dalam proses kegiatan terdapat anak yang sibuk menulis, bermain, dan sibuk dengan rambutnya.
5. Upaya untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran selanjutnya :
Upaya yang dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran selanjutnya yaitu bisa dengan melengkapi langkah-langkah pembelajaran, memberikan motivasi pada siswa, dan metode pembelajaran yang lebih menarik agar siswa semua aktif dan semangat.
NAMA : RATNA SARI
NIM : 857008149
POKJAR : SIDOMULYO
UPBJJ : 20 /BANDAR LAMPUNG
Setelah saya mengamati video pembelajaran diatas ada kelebihan dan kelemahan yang saya dapatkan, Yaitu :
1.Kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran :
a. Pada awal dan akhir kegiatan guru tidak mengajak siswa berdoa terlebih dahulu,menanyakan kabar siswa
b. Guru tidak mengecek/mengabsen siswa
c. Guru tidak memberikan motivasi belajar pada siswa
d. Guru tidak mengajak siswa mengulas pembelajaran sebelumnya lebih dulu
e. Guru tidak melakukan pembahasan materi tapi langsung pada contoh materi
f. Guru tidak menyimpulkan pembelajaran pada akhir kegiatan
2Kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran :
a. Media pembelajaran menggunakan benda-benda konkret yang ada disekitar kelas
b. Guru menggunakan bahasa yang mudah di pahami siswa
c. Siswa berantusias dalam belajar
4. Hal unik yang ditemukan dalam kegiatan pembelajaran :
Dalam proses kegiatan terdapat anak yang sibuk menulis, bermain, dan sibuk dengan rambutnya.
5. Upaya untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran selanjutnya :
Upaya yang dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran selanjutnya yaitu bisa dengan melengkapi langkah-langkah pembelajaran, memberikan motivasi pada siswa, dan metode pembelajaran yang lebih menarik agar siswa semua aktif dan semangat.
Nama: Siska Wahyu Ningsih
Nim: 856568876
Upbjj: jambi
Saya akan menyampaikan pendapat saya tentang video “mengajar berat benda” guru membawakan pembelajaran dengan bahasa yang asik dan menarik sehingga siswa antusias dan bersemangat selama pembelajaran berlangsung
Kelebihan dalam video pembelajaran
1.Guru menyampaikan pembelajaran dengan menggunakan alat peraga yang ada disekitar sehingga memudahkan siswa memahami materi yang dipelajari.
2. Guru memberikan apresiasi kepada siswa seperti tepuk tangan .
3. Guru memberikan PR kepada siswa agar siswa menjadi lebih paham dan tidak lupa dengan materi yang diajarkan
Kekurangan dalam video pembelajaran
1. Tidak diawali dengan doa
2. Guru tidak mengecek kehadiran
3. Guru langsung memulai pembelajaran tanpa adanya pembahasan tentang materi yang akan dipelajari. Saran untuk mengatasi kelemahan tersebut anak dapat memegang benda yang sama dengan guru yang digunakan sebagai contoh agar siswa mengetahui bobot benda yang lebih ringan dan dengan benda yang lebih berat
Nama : Choirunnisa Septiani Putri Rahmawati
NIM : 877802597
UPBJJ : Jakarta
Setelah melihat video pembelajaran berbasis kasus dengan judul video “Mengajar Berat Benda”, menurut saya pembelajaran sudah terlaksana dengan baik, materi disampaikan dengan jelas, mudah diterima dan dipahami oleh peserta didik. guru menggunakan benda dikelas sebagai contoh sehingga peserta didik mudah memahami. saat pembelajaran guru melibatkan peserta didik secara aktif dan peserta didik aktif menjawab pertanyaan-pertanyaan dari guru. Tetapi, ada beberapa hal yang belum maksimal dilakukan oleh guru seperti memberi apresiasi kepada peserta didik yang menjawab pertanyaan, memberi kesempatan bertanya.
Saran dari saya saat membuka pelajaran sebaiknya guru melakukan ice breaking agar peserta didik lebih semangat dan fokus, selain itu guru memberikan kesempatan bertanya dan memberi apresiasi kepada peserta didik yang sudah berani menjawab pertanyaan.
Nama : Choirunnisa Septiani Putri Rahmawati
NIM : 877802597
UPBJJ : Jakarta
Setelah melihat video pembelajaran berbasis kasus dengan judul video “Mengajar Berat Benda”, menurut saya pembelajaran sudah terlaksana dengan baik, materi disampaikan dengan jelas, mudah diterima dan dipahami oleh peserta didik. guru menggunakan benda dikelas sebagai contoh sehingga peserta didik mudah memahami. saat pembelajaran guru melibatkan peserta didik secara aktif dan peserta didik aktif menjawab pertanyaan-pertanyaan dari guru. Tetapi, ada beberapa hal yang belum maksimal dilakukan oleh guru seperti memberi apresiasi kepada peserta didik yang menjawab pertanyaan, memberi kesempatan bertanya. Saran dari saya saat membuka pelajaran sebaiknya guru melakukan ice breaking agar peserta didik lebih semangat dan fokus, selain itu guru memberikan kesempatan bertanya dan memberi apresiasi kepada peserta didik yang sudah berani menjawab pertanyaan.
Nama : Putri Dahlia Andaningsih
NIM : 857027418
Prodi : S1 PGSD
UPBJJ : Bandar Lampung
Pokjar : Sidomulyo
Assalamualaikum wr. wb
Izin Menanggapi Video diatas.
1. Reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran : dari video diatas terlihat anak-anak sangat antusia dan bersemangat saat mengikuti kegiatan pembelajaran. Namun ada juga beberapa siswa yang terlihat mengobrol, asik menulis sendiri, dan terlihat ada beberapa anak yang kurang semangat.
2. Kelemahan guru dalam melakukan Kegiatan pembelajaran : guru tidak mengucapkan salam, guru tidak memulai pembelajaran dengan membaca doa terlebih dahulu, guru tidak menanyakan kabar dan memotivasi siswa sebelum belajar, guru tidak melakukan ice breaking dan menyanyikan lagu indonesia raya, guru tidak mengabsensi siswa, guru tidak mengulas kembali pembelajaran sebelumnya sebelum memulai pembelajaran, guru tidak membacakan tujuan pembelajaran, guru tidak menjelaskan terlebih dahulu materi yang akan dibahas, guru tidak melakukan penilaian sebagai indikator pencapaian, guru tidak melakukan refleksi diakhir pembelajaran guru juga tidak mengakhiri pembelajaran dengan berdoa.
3. Kelebihan guru dalam melakukan kegiatan pembelajaran : guru menyapa siswanya, guru juga bersemangat dan ramah, guru mengajak interaksi langsung dengan mengajak siswanya maju kedepan sebagai contoh materi, guru menggunakan contoh yang konkret dalam pembelajaran yang memudahkan siswa untuk lebih mudah memahami materi, guru mengapresiasi siswa dengan memberikan tepuk tangan dan memberikan kata kata pintar, bahasa yang digunakan sudah baik.
4. Hal unik yang ditemukan di dalam video : ada beberapa anak yang asik sendiri, anak anak yang kurang bersemangat, ibu menggunakan contoh langsung dengan menggunakan siswanya sebagai contoh materi.
5. upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran berikutnya: guru lebih berurutan dalam melakukan proses pembelajaran mulai dari awal pembe;ajaran, mengucap salam, menyapa, berdoa, ice breaking dan menyanyikan lagu indonesia raya, absensi,memotivasi, mengulas pembelajaran sebelumnya, barulah masuk pembelajaran inti dengan memberikan materi, mungkin akan lebih menarik jika ditambah dengan games dan bernyanyi sehingga semua siswa dapat lebih aktif dan antusias, bahasa yang digunakan harus lebih sederhana lagi karena kita mengajar di kelas rendah contohnya mengganti kata kedudukan dengan kata posisi, memberikan tugas ke siswa sebagai penilaian, kemudian diakhir pembelajaran ditutup dengan refleksi dan evaluasi pembelajaran serta berdoa.
sekian pendapat yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat, terima kasih.
wassalamualikum wr.wb