Sinopsis
Program membahas pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran IPA (Biologi) di Sekolah Menengah Pertama (SMP). Pada awal program ditampilkan seorang guru yang mengajar materi Gerak pada Tumbuhan dengan menggunakan media namun belum melibatkan siswa dalam pembelajaran sehingga pembelajaran menjadi kurang atraktif. Solusi diberikan dengan memberikan contoh pembelajaran yang memperlihatkan guru yang membawa berbagai tanaman dan menyampaikan beberapa pertanyaan yang sudah disiapkan sebelumnya untuk memotivasi atau memancing rasa ingin tahu siswa. Selanjutnya, guru menjelaskan dan melibatkan siswa dalam mendemonstrasikan berbagai gerak pada tumbuhan, melakukan tanya jawab, dan melakuakn konfirmasi materi yang diajarkan. Dengan strategi tersebut, siswa terlibat aktif dalam pembelajaran.
–
Nama : Ayu Septyani
NIM : 511073248
Prodi : MPDR
Pada video tentang “Mengajar dengan Atraktif Mengajar secara Kontekstual” perlunya keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran. Penyampaian materi yang lebih atraktif akan membuat siswa lebih aktif dan fokus terhadap pembelajaran. Perlunya media pembelajaran yang atraktif agar siswa lebih serius dan dapat memahami materi yang disampaikan guru. Guru perlu mengelola kelas agar suasana kelas tetap kondusif. Guru mengajak siswa dalam melakukan tanya jawab.
Saran:
– Menggunakan media kontekstual yang sesuai materi dan lingkungan
– Menggunakan metode / model pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa
– Melibatkan siswa dalam kegiatan pembelajaran
– Guru harus mampu mengelola kelas
– Pada kegiatan pembelajaran, jika ada diskusi atau tanya jawab ajar ssiwa untuk menyampaikan pendapatnya.
– Berikan penguatan verbal / noverbal agar siswa tambah semangat belajar.
Nama: Dinalia Angglena
NIM: 501173001
Prodi: Magister Pendidikan Dasar
Dalam pembelajaran, perlu adanya keterlibatan siswa agar pembelajaran tersebut menjadi aktif, menyenangkan, dan berkesan bagi siswa. Selain hal tersebut, media pembelajaran yang bervariasi juga sangat dibutuhkan. Hal tersebut akan menciptakan suasana belajar yang atraktif. Siswa pun menjadi lebih fokus dalam memahami materi pelajaran yang diberikan guru. Biasanya, penggunaan media yang bervariasi tersebut akan membuat ruang kelas menjadi gaduh dan lebih aktif, tugas guru dalam menghadapi kondisi tersebut adalah tetap menjaga suasana kelas yang kondusif dann tidak mengganggu pembelajaran kelas lain. Guru juga harus tetap mengajar sesuai dengan tahap-tahap yang terdapat di dalam rencana pembelajaran. Dengan demikian, pembelajaran akan semakin menyenangkan dan selalu dinantikan oleh siswa.
Nama : Agus Hermanto
NIM : 501343214
Prodi: Magister Pendidikan Dasar
Pada video tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa dalam proses pembelajaran tentunya harus melibatkan siswa tidak hanya sebagai objek namun sebagai subjek pembelajaran. Pembelajaran yang memanfaatkan media akan lebih mudah memberikan pemahaman konsep yang diajarkan kepada siswa daripada hanya sekedar ceramah. Di video yang kedua terlihat suasana belajar lebih atraktif dengan memanfaatkan tumbuhan sekitar sebagai media belajar. Pemahaman anak semakin meningkat terkait konsep yang diajarkan.
Saran dan masukan:
1. Di video tersebut ketika guru membawa media ajar berupa tumbuhan di dalam kelas dan mengajak siswa untuk belajar, alangkah lebih baik siswa diajak diluar kelas dan mengamati langsung tumbuhan-tumbuhan tersebut sehingga suasana tidak terkesan menegangkan.
2. Interaksi antar siswa kurang menonjol, sebaiknya guru harus mampu mengorganisis pembelajaran sehingga terjadi multi interaksi.
Nama : Agus Hermanto
NIM : 501343214
Prodi: Magister Pendidikan Dasar
Pada video tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa dalam proses pembelajaran tentunya harus melibatkan siswa tidak hanya sebagai objek namun sebagai subjek pembelajaran. Pembelajaran yang memanfaatkan media akan lebih mudah memberikan pemahaman konsep yang diajarkan kepada siswa daripada hanya sekedar ceramah. Di video yang kedua terlihat suasana belajar lebih atraktif dengan memanfaatkan tumbuhan sekitar sebagai media belajar. Pemahaman anak semakin meningkat terkait konsep yang diajarkan.
Saran dan masukan:
1. Di video tersebut ketika guru membawa media ajar berupa tumbuhan di dalam kelas dan mengajak siswa untuk belajar, alangkah lebih baik siswa diajak diluar kelas dan mengamati langsung tumbuhan-tumbuhan tersebut sehingga suasana tidak terkesan menegangkan.
2. Interaksi antar siswa kurang menonjol, sebaiknya guru harus mampu mengorganisis pembelajaran sehingga terjadi multi interaksi.
Nama : ATHILLAH
NIM : 042513023
PRODI : S1 Pendidikan Biologi
Jika pembelajaran dilaksanakan dengan metode ceramah secara monoton maka akan membuat pembelajaran menjadi pasif sehingga siswa siswi tidak akan aktif dan bosan dalam mengikuti pembelajaran dan menimbulkan pembelajaran tidak terlaksana maksimal tapi jika dilaksanakan dengan media pembelajaran maka siswa siswi akan tertarik untuk mengikuti pembelajaran secara aktif sehingga proses pembelajaran akan maksimal dengan hasil yang memuaskan
Nama : Pujo Satrio Utomo NIM : 501173137 Prodi : Magister Pendidikan Dasar UPBJJ : Palembang
Menurut pengamatan saya media adalah alat bantu sebagai pemikat siswa mengenai materi yang disampaikan. tanpa media siswa akan merasa bosan dan sulit memahami teori yang telah dijelaskan, sama seperti video diatas nampak divideo awal siswa kurang memahami bentuk penyampaian guru sebelum menggunakan media namun setelah media pembelajaran berupa tumbuh-tumbuhan yang ada di depan kelas siswa pun antusias memahami serta menanggapi pembelajaran dengan baik.
Nama : Tri Listiyani
NIM : 501223152
Prodi : Magister Pendidikan Dasar
UPBJJ : Bogor
1.Yang saya pelajari dari video tersebut adalah pembelajaran Atraktif pada Materi Gerak Pada Tumbuhan
2.Manfaat dari video pembelajaran tersebut antara lain:
– dapat mengetahui pembelajaran atraktif dalam pembelajaran IPA materi Gerak pada Tumbuhan
– mengetahui media yang digunakan dalam pembelajaran materi Gerak pada Tumbuhan. Media pembelajaran dapat membantu siuwa dalam meningkatkan pemahaman materi pembelajaran yang dipelajari.
3.Saran dan masukan
– Pembelajaran yang dilakukan guru sudah cukup baik, namun belum mengaktifkan seluruh siswa. Sebaiknya guru mengelompokkan siswa kemudian menyelesaikan tugas secara berkelompok dan mempresentasikan hasil belajarnya, sehingga keaktifan siswa meningkat, melatih percaya diri, kerja sama dalam menyelesaikan tugas dan membantu meningkatkan pemahaman materi yang dipelajari.
– Pembelajaran yang ada di video dilakukan dilakukan di dalam kelas. Sebaiknya jika media yang digunakan ada di sekitar kita, sebaiknya dilakukan di lingkungan sekitar. Hal ini bertujuan siswa dapat mengenali langsung lingkungannya dan menggunakan media yang kontekstual atau ada di sekitar kita. Pembelajaran secara langsung dapat memberikan pengalaman sehingga dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam materi yang dipelajari.
Video pembelajaran tersebut menunjukkan pentingnya menggunakan media pembelajaran untuk meningkatkan keaktifan siswa. Guru harus dapat memanfaatkan media pembelajaran untuk memotivasi rasa ingin tahu siswa, mengajak siswa berdiskusi dan menyampaikan pendapat, serta memudahkan guru menyampaikan materi pelajaran kepada siswa. Dalam tayangan tersebut terlihat keaktifan siswa lebih meningkat dibandingkan video sebelumnya.
Saran dan masukan :
1. Sebaiknya pembejan dengan topik tersebut dilakukan di luar kelas dan memanfaatkan lingkungan sekitar.
2. Dalam video, meskipun guru sudah menggunakan media pembelajaran yang atraktif namun terkesan guru masih menjadi sumber informasi utama. Akan lebih bermakna jika siswa dikelompokkan dalam kelompok diskusi dengan tugas terarah sesuai LKPD. Dengan berdiskusi guru memberikan kebebasan kepada siswa bereksplorasi menemukan informasi baik secara langsung melalui pengamatan di lingungan, maupun mencari sumber rujukan memanfaatkan kemajuan IT.
(Nur Cholifatur Rojidah/NIM. 5013773191/Prodi Magister Pendidikan Dasar)
Nama : Oka Resty Wahyuni
NIM : 501133158
Program Studi : Magister Pendidikan Dasar
Berdasarkan video tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa begitu pentingnya penggunaan media dalam pembelajaran sehingga siswa dapat membangun pengetahuannya sendiri.Media pembelajaran dapat membuat pembelajaran lebih atraktif dan membuat siswa serius dalam mengikuti proses pembelajaran sehingga materi yang disampaikan akan dapat diiterima dengan baik oleh siswa.
Nama : Anda Habibah Siregar
NIM : 501202901
Proram Studi : Magister Pendidikan Dasar
Menurut saya beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pembelajaran terasebut adalah
1. Interaksi guru dengan siswa masih kuran, guru terihat lebih banyak duduk di kurdi guru. alangkah lebih baik guru melakukan interaksi dengan siswa dengan posisi berdiri
2. Media realita tersebut baik untuk membuat siswa lebih mengenal dengan nyata, namun alangkah lebih baik media realita tersebut dietakkan agak kedepan tengah kelas atau tiap anak dapat dibagi kelompok dan tiap kelompok masing-masing dapat lebih melihat media tersebut.