silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program video ini diperlihatkan bagaimana cara seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Cara yang dilakukan adalah dengan melatih motorik halus anak secara bertahap. Diantara cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju.

Badru Zaman

Pada tayangan video tersebut saya tidak bisa  mengatakan kegiatan ini belum terlihat pembuka, isi, dan penutup, karena video ini tdak ditayangkan secara utuh, untuk penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah baik,  evaluasi sudah nampak dalam unjuk kerja anak.

Untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, saran saya sebaiknya diawali dengan pengenalan alat (pensil) seperti  jenis-jenis pensil, kegunaan pensil, bahaya pensil kalau tidak digunakan dengan benar dan lain sebagainya.

Contoh untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah baik  yang berkenaan dengan cara cara melatih motorik halus anak guna menguatkan jari-jari tangan saat memegang pensil dengan baik dan benar, semakin banyak melatih jari tangan akan semakin baik cara memegang pensilnya.

Drs. Muman Hendra Budiman, M.Pd.

Pada tayangan video tersebut belum terlihat jelas, kegiatan pembuka, isi, dan penutup. Penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah cukup terlihat namun untuk evaluasi belum terlihat. Untuk tingkat perkembangan anak didik belum begitu sesuai karena biasanya kegiatan pada pembelajaran tersebut dilakukan untuk kelompok A atau bila ada kelompok bermain (melatih motorik halus). Untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku, yaitu yang berkenaan dengan cara-cara melatih motorik halus anak guna menguatkan tangan saat memegang pensil dengan benar.

Tri Ekowati

Similar Posts

6,746 Comments

  1. asssalamualaikum wr wb
    perkenalkan saya Rahmawati dengan NIM 856282706, izin untuk memberitan tanggapa saya terkait video diatas

    Tanggapan saya terkait video dengan topik bagaimana cara seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar sangat positif. Pendekatan yang dilakukan dengan melatih motorik halus anak secara bertahap adalah strategi yang efektif. Kegiatan-kegiatan ini dapat meningkatkan koordinasi tangan dan mata, serta memperkuat otot-otot kecil di tangan yang diperlukan untuk memegang pensil dengan benar. Selain itu, pendekatan ini juga memberikan kesempatan bagi anak untuk belajar melalui pengalaman langsung, yang sangat penting dalam perkembangan anak usia dini. Dengan cara ini, anak tidak hanya belajar keterampilan teknis, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri mereka saat melakukan aktivitas yang lebih kompleks di kemudian hari. Secara keseluruhan, metode ini mencerminkan prinsip pembelajaran yang berpusat pada anak, di mana anak diberikan kesempatan untuk belajar sesuai dengan kemampuan dan kecepatan mereka sendiri.

    sekian tanggapan dari saya terimakasih

  2. Nama : ketut kembariasih
    Nim : 859037786
    Mohon ijin menannggapi video di atas tentang tahap awal atau dasar dalam melatih anak untuk memegang pensil lalu menulis dengan cara melatih motorik halus anak. Berbagaimacam ide cara di video di atas sudah sangat baik dan sangat membantu. Seperti yang saya lakukan di lembaga saya yaitu salah satunya dengan cara meronce berbagai manik-manik dan benda lainnya, meremas dan merobek kertas, melipat kertas, dan juga dengan melakukan senam jari. Seperti video di atas, anak-anak kadang berkata “tidak bisa bu guru, tangannya sakit bu guru, capek bu guru dan lainnya”.jadi ide-ide dari video di atas sangat dapat membantu untuk di implementasikan.tentunya harus selalu dengan kesabaran dan kepekaan guru.Terimakasih.

  3. Saya Vina Wahyuni mau memberi tanggapan tentang video tersebut
    Hal yang dilakukan oleh guru di dalam video tersebut sudah tepat karena beliau melatih motorik anak yg susah memegang pensil dengan cara lain terlebih dahulu yang mana nantinya tujuannya agara motorik anak tersebut lebih terlatih lagi dan dapat memegang pensil dengan benar

  4. Nama: V. Ajeng Wulan Kristanti
    NIM : 855798236
    Semester : 4 PGPAUD

    Setelah melihat video di atas, saya memiliki tanggapan sebagai berikut:
    1. Dalam video yang merupakan kegiatan inti tersebut, terlihat bahwa anak baru diajarkan untuk menebalkan garis putus-putus namun anak sudah diminta untuk menulis namanya pada lembar kerja. Hal itu tentu akan sulit untuk dilakukan secara mandiri oleh anak didik. Apalagi ada anak yang belum mampu untuk memegang pensil dengan benar.

    2. Dalam video tersebut tampak bahwa guru hanya fokus pada anak yang belum mampu memegang pensil tersebut. Jika di dalam kelas hanya ada satu orang guru, hal itu tentu akan sulit untuk dilakukan karena guru juga harus memperhatikan murid-murid yang lainnya.

    3. Kegiatan yang dilakukan untuk melatih motorik halus agar anak tersebut mampu untuk memegang pensil sudah sangat baik yaitu dengan meremas spons, membuka dan mengyunci gembok, juga membuka dan memasangkan mur, memasukkan kancing baju. Kegiatan-kegiatan tersebut mampu melatih otot-otot jari tangan agar lebih kuat dan lentur sehingga anak bisa menjadi lebih mudah dalam belajar.

    Sekian tanggapan dari saya terkait video di atas. Terima kasih.

  5. Assalamualaikum
    Izin menanggapi
    Nama : MARYATI ANWAR

    Dari sebuah video yg saya liat yang berjudul mengatasi anak belum bisa memegang pensil menurut pendapat saya selaku saya sebagai seorang guru yg patut di contoh bagi anak anak pendidik saya , sayapun harus melakukan sesuatu secara kreatif dalam melakukan suatu hal dalm bentuk memberikan sebuah kenyamanan bagi anak anak anak saya dalam hal melakukan memegang pensil tersebut dengan cara bersabar dalam melakukan dan membimbing x dengan cara memegang tangan anak tersebut lalu melakukannya dengan cara corak corek di buku tulis tersebut agar anak tersebut dia bisa memegang pensil sengan sendiri nya dan dia bisa melakukannya dengan cara sederhana Seperti hal nya dalam melakukan sesuatu yaitu seperti memindahkan keliring yang ada di delam gelas di pindahkan ke dalam gelas yang lainnya dengan cara menggunakan atau melakukan sesuatu secara hat hati agar keliring tersebut tidak jatuh

    Terima kasih

  6. Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh
    Nama : Siti Ulfahtul Khoeriyah
    Nim : 859905542
    Pada vidio pembelajaran tersebut mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar
    1. Melatih kelenturan jari anak dalam memegang objek tertentu, dengan menggunakan support di remas.
    2. Melatih memegang suatu objek dengan membuka kunci gembok dan mengencangkan scrub.
    3. Melatih kelenturan jari – jari tangan anak membuka dan memasangkan kancing baju melatih kelenturan jari otot anak.

  7. perkenalkan saya siti rahayu, nim 857774755.
    setelah menonton video tersebut saya mulai memahami bagaimana cara melatih motorik halus anak. saya jadi lebih mengerti apa yang harus saya lakukan jika ada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. terima kasih

  8. Nama: Rita Nurhidaya
    Nim: 859400901
    Assalamulaikum, Wr.Wb
    Izin menanggapi video tersebut
    Video tersebut menunjukkan permasalahan yang terjadi pada anak yaitu anak tidak dapat memegang pensil dengan benar. Solusi yang dilakukan oleh guru tersebut sudah tepat yaitu mengajak anak untuk melakukan beberapa kegiatan seperti:
    a. Memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon. Aktivitas ini membantu anak untuk melatih kekuatan tangan untuk dapat memegang pensil dengan benar.
    b. Memasang sekrup, membuka, dan menutup gembok kunci. Kegiatan ini membantu anak untuk melatih kekuatannya dalam memegang suatu objek atau benda.
    c. Membuka dan memasangkan kancing baju. Kegiatan ini dapat melatih kelenturan dan koordinasi jari tangan anak.
    Selain kegiatan diatas, berikut ini beberapa kegiatan yang dapat digunakan untuk melatih kemampuan motorik anak agar anak dapat memegang pensil dengan benar:
    a. Kegiatan Merobek Kertas: Ajak anak untuk merobek kertas menjadi bentuk-bentuk tertentu. Ini melatih otot jari sebelum anak mulai menulis.
    b. Permainan Memindahkan Benda Kecil: Gunakan sendok untuk memindahkan biji-bijian atau bola kecil dari satu tempat ke tempat lain. Ini dapat melatih koordinasi tangan dan jari.
    c. Bermain dengan Playdough: Menguleni dan membentuk playdough membantu memperkuat otot jari dan meningkatkan keterampilan motorik halus.
    d. Latihan Menggenggam: Gunakan benda-benda kecil seperti bola tenis atau bola karet. Ajak anak menggenggam dan melepaskannya untuk melatih kekuatan otot jari.

  9. Nama: Rita Nurhidaya
    Nim: 859400901
    Berikut pendapat saya tentang video tersebut.
    Video tersebut menunjukkan permasalahan yang terjadi pada anak yaitu anak tidak dapat memegang pensil dengan benar. Solusi yang dilakukan oleh guru tersebut sudah tepat yaitu mengajak anak untuk melakukan beberapa kegiatan seperti:
    a. Memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon. Aktivitas ini membantu anak untuk melatih kekuatan tangan untuk dapat memegang pensil dengan benar.
    b. Memasang sekrup, membuka, dan menutup gembok kunci. Kegiatan ini membantu anak untuk melatih kekuatannya dalam memegang suatu objek atau benda.
    c. Membuka dan memasangkan kancing baju. Kegiatan ini dapat melatih kelenturan dan koordinasi jari tangan anak.
    Selain kegiatan diatas, berikut ini beberapa kegiatan yang dapat digunakan untuk melatih kemampuan motorik anak agar anak dapat memegang pensil dengan benar:
    a. Kegiatan Merobek Kertas: Ajak anak untuk merobek kertas menjadi bentuk-bentuk tertentu. Ini melatih otot jari sebelum anak mulai menulis.
    b. Permainan Memindahkan Benda Kecil: Gunakan sendok untuk memindahkan biji-bijian atau bola kecil dari satu tempat ke tempat lain. Ini dapat melatih koordinasi tangan dan jari.
    c. Bermain dengan Playdough: Menguleni dan membentuk playdough membantu memperkuat otot jari dan meningkatkan keterampilan motorik halus.
    d. Latihan Menggenggam: Gunakan benda-benda kecil seperti bola tenis atau bola karet. Ajak anak menggenggam dan melepaskannya untuk melatih kekuatan otot jari.

  10. Nama: Rita Nurhidaya
    Nim: 859400901
    Berikut tanggapan saya pada video pembelajaran tersebut.
    Video tersebut menunjukkan permasalahan yang terjadi pada anak yaitu anak tidak dapat memegang pensil dengan benar. Solusi yang dilakukan oleh guru tersebut sudah tepat yaitu mengajak anak untuk melakukan beberapa kegiatan seperti:
    a. Memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon. Aktivitas ini membantu anak untuk melatih kekuatan tangan untuk dapat memegang pensil dengan benar.
    b. Memasang sekrup, membuka, dan menutup gembok kunci. Kegiatan ini membantu anak untuk melatih kekuatannya dalam memegang suatu objek atau benda.
    c. Membuka dan memasangkan kancing baju. Kegiatan ini dapat melatih kelenturan dan koordinasi jari tangan anak.
    Selain kegiatan diatas, berikut ini beberapa kegiatan yang dapat digunakan untuk melatih kemampuan motorik anak agar anak dapat memegang pensil dengan benar:
    a. Kegiatan Merobek Kertas: Ajak anak untuk merobek kertas menjadi bentuk-bentuk tertentu. Ini melatih otot jari sebelum anak mulai menulis.
    b. Permainan Memindahkan Benda Kecil: Gunakan sendok untuk memindahkan biji-bijian atau bola kecil dari satu tempat ke tempat lain. Ini dapat melatih koordinasi tangan dan jari.
    c. Bermain dengan Playdough: Menguleni dan membentuk playdough membantu memperkuat otot jari dan meningkatkan keterampilan motorik halus.
    d. Latihan Menggenggam: Gunakan benda-benda kecil seperti bola tenis atau bola karet. Ajak anak menggenggam dan melepaskannya untuk melatih kekuatan otot jari.

Leave a Reply