silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program video ini diperlihatkan bagaimana cara seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Cara yang dilakukan adalah dengan melatih motorik halus anak secara bertahap. Diantara cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju.
Badru Zaman
Pada tayangan video tersebut saya tidak bisa mengatakan kegiatan ini belum terlihat pembuka, isi, dan penutup, karena video ini tdak ditayangkan secara utuh, untuk penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah baik, evaluasi sudah nampak dalam unjuk kerja anak.
Untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, saran saya sebaiknya diawali dengan pengenalan alat (pensil) seperti jenis-jenis pensil, kegunaan pensil, bahaya pensil kalau tidak digunakan dengan benar dan lain sebagainya.
Contoh untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah baik yang berkenaan dengan cara cara melatih motorik halus anak guna menguatkan jari-jari tangan saat memegang pensil dengan baik dan benar, semakin banyak melatih jari tangan akan semakin baik cara memegang pensilnya.
Drs. Muman Hendra Budiman, M.Pd.
Pada tayangan video tersebut belum terlihat jelas, kegiatan pembuka, isi, dan penutup. Penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah cukup terlihat namun untuk evaluasi belum terlihat. Untuk tingkat perkembangan anak didik belum begitu sesuai karena biasanya kegiatan pada pembelajaran tersebut dilakukan untuk kelompok A atau bila ada kelompok bermain (melatih motorik halus). Untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku, yaitu yang berkenaan dengan cara-cara melatih motorik halus anak guna menguatkan tangan saat memegang pensil dengan benar.
Tri Ekowati
Dari pengamatan saya dengan melihat video tersebut, bahwa mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil memiliki teknik tersendiri yaitu dengan cara anak-anak menebalkan apa yang sudah disiapkan. Tetapi ada yang masih belum bisa memegang nya, yaitu dengan melatih motorik halus pada anak, dengan cara anak diberikan sposn untuk melatih telapak tangannya dengan cara meremas-remas spons tersebut dan beberapa cara lainnya. Hal itu dapat berlatih otot-otot pada telapak tangan serta melatih tangan agar memegang dengan baik dan bena dan kegiatan tersebut sedikit demi sedikit dapat mendorong otot telapak tangan anak agar lebih baik
Assalamualaikum Wr Wb
Nama : Lida Nurlidawati
Nim. : 859686348
Vidio pembelajaran tentang anak belum bisa memegang pensil dengan benar sangat menarik, karena siswa tidak langsung diajarkan untuk bisa menulis, melainkan siswa dilatih motorik halus dan kekuatan tangannya, seperti memeras spon, membuka dan memasang mur serta mengancingkan baju, hal tersebut sangat membantu siswa untuk kekuatan tangannya sehingga siswa diharapkan mampu dan kuat dan lentur ketika menulis.
Nama : Elenovia Rani
Nim : 859296963
Semstr. : 3
Pada vidio pembelajaran tersebut,anak anak kelihatan sangat senang dan antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut.gurunya sangat ramah dan menguasai kelas sehingga kelihatan suasana kelas sangat gembira. Pada vidio ini tersebut guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar.yang dilakukan guru untk melatih kelenturan tangan secara bertahap.
Kelemahannya :
Guru tidak mengajak anak anak untuk berdoa sebelum memulai kegiatan.
Langsung menyuruh anak memegang pensil untuk menulis.
Sebenarnya langkah awal anak harus menulisnya dalam bentuk coretan coretan yang TDK beraturan lama kelamaan motorik halusnya akan berkembang dengan baik.
Assalamualaikum, nama saya Zoharal izin menanggapi video dengan judul “ Mengatasi Anak Yang Belum Bisa Memegang Pesil Dengan Benar “. Dalam vidio diatas apa yang dilakukan guru dalam mengatasi permasalahan salah satu siswanya sangat tepat, dengan memberikan kegiatan yang dapat merangsang motorik halus anak serta melatih kelenturan jari-jarinya. Dengan kegiatan itu, dapat membantu memperkuat otot-otot jari tangan anak dalam kesiapan anak memegang pensil.
Nama : Santri Hayani
Nim : 855898177
UPBJJ : Banda Aceh
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Ijin menanggapi vidio tentang :
*MENGATASI ANAK YANG BELUM BISA MEMEGANG PENSIL DENGAN BENAR*
Disini ibu guru yang di vidio sangat bagus dan sangat jelas dalam penyampaian dalam materi pembelajaran, dalam pembelalajaran menebalkan garis putus-putus itu di TK sangat membantu anak dalam belajar awal dan gurunya sangat perhatian kepada anak-anaknya, ketika ada anak yang bilang tidak tahu dan bukunya sobek , gurunya langsung menghampiri anak dengan perhatian.
Anak didik yang renta usia 3-6 tahun cenderung mengalami perkembangan kekuatan dan koorninasi tangan yang cukup cepat, namun ada sebagian kecil anak mengalami perkembangan yang belum sempurna, dalam membuat hurup lengkungpun buku anak bisa sobek dan pensil patah, solusi mengatasinya :
1. Memindahkan air dengan spons, spons di remas-remas atau di peras setiap anak memindahkan air ke dalam mangkok lain.
2. Latih dengan suatu objek dengan latihan menutup dan membuka kunci gembok atau gerakan mengencangkan dan membuka skrup agak kemampuan membuka objeknya semakin kuat dan terkeordinasinya dengan baik.
3. Latih kelenturan tangan anak dengan cara membuka dan memasangkan beragam kancing baju, cara ini akan melatih kelunturan keordinasi otot dan kelenturan jari anak.
Cara ini sangat membantu saya dalam menerapkannya di Sekolah kami nanti, saya belajar banyak di vidio ini.. Terimakasih
Nama: NURCAYA
Nim : 859430681
Dari video diatas diawali dengan guru memberikan lembar kerja dimana lembar kerja tersebut tidak sesuai dengan konsep PAUD bersifat monoton. Dari video tersebut saya dapat mengetahui cara mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar dengan cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju.
assalamu’alaikum wr.wb, nama saya ina rosmalita,,mohon ijin untuk menanggapi video yg berjudul ” Mengatasi Anak Yang Belum Bisa Memegang Pensil Dengan benar”,,apa yang dilakukan guru tersebut sudah benar yaitu dengan memberikan bimbingan kepada anak, menggunakan alat bantu dan dengan melatih motorik halus anak, dengan kesabaran, konsistensi dan bimbingan yang tepat. anak yang belum memegang pensil dengan benar dapat belajar dan mengembangkan keterampilan menulisnya dengan baik.
Assalamualaikum
Nama: Liniyatul Ma’lufah
Nim: 858951894
UPBJJ UT Jember.
Judul video: mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar.
Isi video: Guru menyuruh anak utk menebalkan garis.
Dalam video diatas, guru sudah benar telah mengajarkan bagi anak yang belum mampu memegang pensil dengan benar, yaitu dengan meremas spon yang berisi air lalu di salin ke wadah lain. Sehingga merangsang motorik halus anak dan membantu kekuatan otot-otot jari anak. Ilmu ini menambah wawasan kepada kami sebagai pengajar.
Terima kasih.. sukses selalu..
Assalamu’alaikum wr.wb
Dengan menonton vidio diatas tersebut saja jadi tahu tentang cara “Mengatasi Anak yang Belum Bisa Memegang Pensil dengan Benar” dan bisa saya terapkan disekolah.
Terima kasih
Wassalamu alaikum wr.wb
Assalamualaikum wr.wb
Perkenalkan saya Ery Syafrina, izin memberikan pendapat dan menganggapi video tentang mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar.
Menurut saya dalam video tersebut sangat tepat karena penduduk menggunakan latihan bertahap untuk menguatkan latihan motorik halus anak terlebih dahulu sebelum memegang pensil. Hal ini sangat erat kaitannya dengan tahapan perkembangan anak yang harus dilakukan dari hal yang termudah dan stimulasi yang diberikan harus sesuai dengan usia anak, sehingga anak mampu menangkap dan menerima hal yang diberikan dengan baik.
Selain dengan memindahkan air dari mangkok ke mangkok lain menggunakan spons, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju. Menurut saya, kegiatan lain yang termasuk dalam kegiatan stimulus pra-menulis pada anak usia dini yaitu dengan menggunakan sendok untuk memindahkan bola, memegang penjepit baju untuk mengambil sebuah benda, dan melepaskan isolasi yang ditempel pada sebuah bola plastik.
Hal tersebut dilakukan untuk melatih fokus anak serta melenturkan jari anak melalui kegiatan pengembangan motorik halus anak yang menyenangkan untuk anak usia dini, sehingga anak tidak tertekan dalam melakukannya.
Sekian tanggapan dari saya, kurang lebihnya saya mohon maaf dan mohon bimbingannya kepada Ibu tutor
Terimakasih atas perhatiannya
Wassalamu’alaikum wr.wb