silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program video ini diperlihatkan bagaimana cara seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Cara yang dilakukan adalah dengan melatih motorik halus anak secara bertahap. Diantara cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju.

Badru Zaman

Pada tayangan video tersebut saya tidak bisa  mengatakan kegiatan ini belum terlihat pembuka, isi, dan penutup, karena video ini tdak ditayangkan secara utuh, untuk penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah baik,  evaluasi sudah nampak dalam unjuk kerja anak.

Untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, saran saya sebaiknya diawali dengan pengenalan alat (pensil) seperti  jenis-jenis pensil, kegunaan pensil, bahaya pensil kalau tidak digunakan dengan benar dan lain sebagainya.

Contoh untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah baik  yang berkenaan dengan cara cara melatih motorik halus anak guna menguatkan jari-jari tangan saat memegang pensil dengan baik dan benar, semakin banyak melatih jari tangan akan semakin baik cara memegang pensilnya.

Drs. Muman Hendra Budiman, M.Pd.

Pada tayangan video tersebut belum terlihat jelas, kegiatan pembuka, isi, dan penutup. Penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah cukup terlihat namun untuk evaluasi belum terlihat. Untuk tingkat perkembangan anak didik belum begitu sesuai karena biasanya kegiatan pada pembelajaran tersebut dilakukan untuk kelompok A atau bila ada kelompok bermain (melatih motorik halus). Untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku, yaitu yang berkenaan dengan cara-cara melatih motorik halus anak guna menguatkan tangan saat memegang pensil dengan benar.

Tri Ekowati

Similar Posts

4,915 Comments

  1. Nama : Mia Nisfia Noviani
    NIM : 857510887
    UPBJJ : Bandung

    Video di atas memperlihatkan bahwa pentingnya motorik halus anak untuk membantu mereka memegang pensil dengan benar.
    Pendekatan yang digunakan dalam video ini juga sangat efektif, karena bertahap dan terstruktur, aktivitas nya juga bervariasi dan dipilih langsung berhubungan dengan keterampilan yang diperlukan untuk memegang pensil dengan benar.
    Mungkin saran tambahannya, ada beberapa aktivitas lain yang dapat membantu melatih motorik halus anak seperti menggunakan plastisin atau tanah liat dan menggambar atau mewarnai.

  2. Munzidah
    NIM 859810137
    UPBJJ Surabaya

    Saya akan menanggapi video yang berjudul “Mengatasi Anak Yang Belum Bisa Memegang Pensil Dengan Benar”. Pada video tersebut tindakan atau perlakuan guru sudah tepat. Guru melatih motorik anak dengan berbagai cara dari mulai memeras busa, membuka dan menutup kunci serta membuka dan memasukkan mur. Kegiatan tersebut bertujuan untuk melatih otot-otot jari tangan agar lebih kuat dan menjadi lemas, tidak kaku dan pada akhirnya anak dapat memegang pensil dengan tepat dan benar.

  3. AZZIZATUL ARBILA
    Nim 859168249
    UPBJJ Mataram

    Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh,,, izinkan saya menanggapi vidio diatas.
    Dalam video yang berjudul “Mengatasi Anak Yang Belum Bisa Memegang Pensil Dengan Benar”, tindakan guru dalam melatih motorik halus anak sudah sangat tepat dan terarah. Guru menggunakan berbagai metode stimulasi yang dirancang untuk memperkuat otot-otot kecil pada tangan dan jari anak, seperti ekstrak busa, membuka dan menutup kunci, serta membuka dan memasang mur. Kegiatan-kegiatan ini tidak hanya bertujuan untuk melatih kekuatan dan ketahanan otot-otot jari, tetapi juga meningkatkan koordinasi antara otak dan tangan, yang sangat penting agar anak dapat memegang pensil dengan posisi yang benar. Latihan ini dilakukan secara bertahap agar anak tidak hanya terbiasa, tetapi juga memiliki kontrol yang lebih baik saat menulis, sehingga proses belajar menjadi lebih efektif.

  4. Nama : Arsa Nur Hikmah
    NIM : 857613777
    UPBJJ Purwokerto

    Video tersebut memberikan solusi dan juga pemahaman bagi saya sebagai guru baru di jenjang TK. Pada video disebutkan bahwa sebelum memulai kegiatan menulis, perlu dilakukan kegiatan melatih motorik halus anak, yaitu kelenturan jari anak dalam memegang objek tertentu, hal tersebut dapat dilakukan dengan berbagai kegiatan, seperti memindahkan air menggunakan spons, membuka gembok dengan kunci, membuka dan menutup botol.
    Video tersebut sangatlah bermanfaat untuk saya, karena menunjukan pentingnya kegiatan yang berpusat pada pertumbuhan anak.

  5. Nurul Muatif
    Nim 855767969
    UPBJJ Kelekar
    Tayangan video sangat menginspirasi saya untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Selama ini yang saya lakukan hanya mengajari anak memegang pensil yang benar, sambil memegangkan tangan anak. setelah menyaksikan tayangan ini saya akan melatih otot tangan anak melalui kegiatan-kegiatan seperti pada video melatih anak memegang pensil dengan benar sangat penting dilakukan agar anak kedepannya mampu menulis dengan benar.

  6. Nama : Ni Komang Restya Dewi
    Nim : 859034806

    Mohon ijin untuk menanggapi vidio di atas tentang bagaimana cara mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil, dalam vidio tersebut guru sudah sangat baik dan kreatif sekali dalam mengatasi anak didiknya yang belum bisa memegang pensil. Kegiatan yang diberikan guru tersebut sangatlah menarik sehingga dapat membuat anak lebih cepat mengatasi masalah dalam memegang pensil seperti : memindahkan air dari 1 mangkok ke mangkok lainnya menggunakan spons, membuka dan menutup gembok, membuka dan memasang kancing baju. Kegiatan-kegiatan tersebut tidak hanya meningkatkan keterampilan fisik tetapi juga melibatkan aspek kognitif seperti koordinasi, konsentrasi, dan pemecahan masalah. Solusi yang dapat diberikan oleh guru adalah memberikan latihan atau kegiatan-kegiatan sbb :
    – melatih kelenturan jari anak pada objek tertentu seperti pensil, atau memindahkan air dengan menggunakan spon air
    – melatih anka membuka dan menutup pada suatu objek seperti kunci gembok, atau latihan mengencangkan sekerup
    – melatih kelenturan jari tangan anak dengan latihan membuka dan memasang kancing baju.
    Sekian terimakasih.

  7. NAMA : NI KOMANG RESTYA DEWI
    NIM : 859034806

    Ijin menanggapi Video mengenai kemampuan Fisik Motorik yaitu “Mengatasi Anak yang Belum Bisa Memegang Pensil dengan Benar”. Setelah saya analisis, dalam video tersebut ada salah satu anak yang tidak bisa meniru garis lengkung dikarenakan belum bisa memegang pensil dengan benar. Setelah mengetahui hal tersebut, guru memberikan stimulus terhadap anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar melalui beberapa kegiatan diantaranya yaitu memindahkan air dari tempat satu ke tempat lainnya dengan menggunakan spons untuk melatih jarinya, latihan membuka dan memasangkan mur, membuka dan memasangkan kancing baju.
    Sekian terimakasih.

  8. Nurul Muatif 855767969 upbjj kelekar tayangan video sangat menginspirasi saya untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar selama ini yang saya lakukan hanya mengajar anak memegang pensil yang benar sambil memegangkan tangan anak setelah menyaksikan tayangan ini saya akan melatih otot tangan anak melalui kegiatan-kegiatan seperti pada video melatih anak memegang pensil dengan benar sangat penting dilakukan agar anak kedepannya mammenulislis dengan benar.

  9. Setelah menyaksikan video tersebut, saya merasa strategi yang digunakan oleh guru sangat efektif dalam membantu anak-anak yang kesulitan memegang/menggunakan pensil, dengan cara-cara tersebut anak dapat melatih motorik halusnya secara bertahap. Kegiatan tersebut dapat melatih motorik halus anak guna memperkuat otot jari-jari tangan saat memegang pensil, Video ini juga menekankan pentingnya kesabaran dan dukungan terhadap anak.

  10. Assalamualaikum wr wb
    Nama : Siti Rofiqoturrohmah
    NIM : 857764414
    UPBJJ : Semarang

    Ijin menannggapi video diatas :
    Dalam video tersebut sudah bagus dalam menangani anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, guru secara aktif melatih anak dalam memegang pensil yang benar dengan cara : mamindahkan air dengan menggunakan spon ke tempat lain, cara ini dapat melenturkan otot jari tangan anak, cara yang kedua dengan membuka dan memasangkan kancing baju, dengan cara ini dapat melatih kelenturan dan koordinasi otot tangan anak.
    Dalam video ini guru ikut aktif dalam menanggapi anak yang kurang bisa memegang pensil dengan benar agar Anak dapat memegang pensil tersebut dengan benar, agar dalam kegiatan mengikuti pembelajaran guru tidak kesulitan, anak harus dilatih Sedini mungkin. Salah satunya dengan melatih aspek fisik motorik anak yaitu memegang pensil dengan benar.

    Demikian tanggapan video dari saya..
    Mohon maaf jika masih ada kasalahan 🙏🏻
    Mohon koreksi dan bimbingannya 🙏🏻
    Terimakasih 🙏🏻
    Wassalamualaikum wr. wb.

Leave a Reply