silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program video ini diperlihatkan bagaimana cara seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Cara yang dilakukan adalah dengan melatih motorik halus anak secara bertahap. Diantara cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju.

Badru Zaman

Pada tayangan video tersebut saya tidak bisa  mengatakan kegiatan ini belum terlihat pembuka, isi, dan penutup, karena video ini tdak ditayangkan secara utuh, untuk penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah baik,  evaluasi sudah nampak dalam unjuk kerja anak.

Untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, saran saya sebaiknya diawali dengan pengenalan alat (pensil) seperti  jenis-jenis pensil, kegunaan pensil, bahaya pensil kalau tidak digunakan dengan benar dan lain sebagainya.

Contoh untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah baik  yang berkenaan dengan cara cara melatih motorik halus anak guna menguatkan jari-jari tangan saat memegang pensil dengan baik dan benar, semakin banyak melatih jari tangan akan semakin baik cara memegang pensilnya.

Drs. Muman Hendra Budiman, M.Pd.

Pada tayangan video tersebut belum terlihat jelas, kegiatan pembuka, isi, dan penutup. Penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah cukup terlihat namun untuk evaluasi belum terlihat. Untuk tingkat perkembangan anak didik belum begitu sesuai karena biasanya kegiatan pada pembelajaran tersebut dilakukan untuk kelompok A atau bila ada kelompok bermain (melatih motorik halus). Untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku, yaitu yang berkenaan dengan cara-cara melatih motorik halus anak guna menguatkan tangan saat memegang pensil dengan benar.

Tri Ekowati

Similar Posts

4,904 Comments

  1. Assalamu’alaikum ijin menanggapi video tersebut.
    Menurut pendapat saya diatas tentang video yang berjudul “Mengatasi Anak Yang Belum Bisa Memegang pensil dengan benar”.
    Dari video diatas dibuktikan bahwa perlakuan guru diatas dalam mengajar anak memegang pensil sangat perlu bagi kita sebagai pendidik mengajari anak yang sangat susah pegang pensil. Maka dari itu video diatas bisa di terapkan di sekolah Masing-masing jika terdapat kendala seperti diatas video.
    Terimakasih

  2. Mohon ijin untuk menanggapi video tersebut. Menurut saya apa yang sudah ibu guru lakukan juga sudah bagus dengan menggunakaan spon, membuka dan menutup mur serta berlatih dengan kancing baju semua bagus untuk melatih motorik halus dan koordinasi mata dengan tangan untuk anak. Tapi menurut saya bisa juga menggunakan manik-manik kecil dengan anak diminta untuk mengambil dengan cara menjemput, semua cara tersebut bisa untuk melatih kordinasi mata dan tangan serta motorik halus anak karna anak akan belajar cara memegang pensil dengan benar

  3. Nama : Stella Denna Muru’
    Nim : 858614345
    UPBJJ : UT TARAKAN

    Assalamu’alaikum ijin menanggapi video tersebut.
    Menurut pendapat saya diatas tentang video yang berjudul “Mengatasi Anak Yang Belum Bisa Memegang pensil dengan benar”.
    Dari video diatas dibuktikan bahwa perlakuan guru diatas dalam mengajar anak memegang pensil sangat perlu bagi kita sebagai pendidik mengajari anak yang sangat susah pegang pensil. Maka dari itu video diatas bisa di terapkan di sekolah Masing-masing jika terdapat kendala seperti diatas video.
    Terimakasih

  4. menurut saya pada vidio ini guru memberikan contoh untuk melatih motorik anak dengan berbagai cara contohnya membuka kunci dan memasukan mur atau baut ,kegiatan ini bertujuan untuk melatih otot-otot jari tangan anak agar lebih kuat tidak kaku ,dan akan membuat anak lebih kuat dalam memegang pensil secara sempurna

  5. Bismillah
    izin menanggapi video di atas tentang “Mengatasi Anak yang Belum Bisa Memegang Pensil dengan Benar”

    Tindakan dan perlakuan guru tersebut sudah baik dalam menghadapi anak yang belum bisa memegang pensilnya dengan benar, dan banyak kegiatan bagi anak yang belum bisa memegang pensil nya dengan benar, guru tersebut melakukan kegiatan berupa, bermain sambil belajar yang mengasah koordinasi, otot dan jari-jari tangan anak agar tidak kaku lagi saat memegang pensil nya

    sekian jawaban yang saya berikan
    wassalamualaikum wr.wb

  6. Nama : Laras Nur Aulia
    Nim : 859508958

    Mohon ijin untuk menanggapi video tersebut. Menurut saya apa yang sudah ibu guru lakukan juga sudah bagus dengan menggunakaan spon, membuka dan menutup mur serta berlatih dengan kancing baju semua bagus untuk melatih motorik halus dan koordinasi mata dengan tangan untuk anak. Tapi menurut saya bisa juga menggunakan manik-manik kecil dengan anak diminta untuk mengambil dengan cara menjemput, semua cara tersebut bisa untuk melatih kordinasi mata dan tangan serta motorik halus anak karna anak akan belajar cara memegang pensil dengan benar

  7. Assalamu’alaikum
    Egga winarsih
    NIM : 858308574

    Saya akan menanggapi vidio pembelajaran “mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil benar”
    dalam vidio diatas sangat membantu dalam cara pembelajaran dan asesmen awal anak pra menulis, sebelum anak tahap memegang pensil alangkah baiknya seperti di vidio anak anak dilatih otot otot jari tangannya dengan beberapa kegiatan motorik halus.
    vidio tersebut sangat menginspirasi
    terimakasih 🙏

  8. NAMA : SITI DEVI MUNASARI
    PRODI : PGPAUD
    UPJJ : BANJARMASIN
    MK : PEMANTAPAN KEMAMPUAN MENGAJAR

    Video ini sangat membantu saya mengatasi masalah yang sering saya hadapi saat mengisi kelas TK A terdapat beberapa anak yang susah untuk memegang pensil, saya juga bisa menerapkan seperti contoh dari video tersebut untuk menstimulsi sesnsori motorik anak.

    TERIMAKASIH…..

  9. setelah melihat video tersebut dapat saya ambil pelajaran bahwa, mengajarkan anak memegang pensil dengan benar adalah tidak memaksakan anak untuk langsung memegang pensilnya. tapi dengan melatih koordinasi tangan dengan berbagai kegiatan diantaranya: memindahkan air dengan meremas busa dan membuka gembok, mengencangkan dan membuka sekrup, membuka dan mengancingkan baju.

  10. Assalamualaikum wr.wb.
    menurut saya, video ini sangat bermanfaat bagi saya saat melakukan pembelajaran di dalam kelas yang dapat melatih anak memegang pensil dengan baik dan benar, dan juga banyak sekali banyak cara cara yang dapat dilakukan diantara cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju.

    sekian tanggapan dari saya, terima kasih

Leave a Reply