silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program video ini diperlihatkan bagaimana cara seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Cara yang dilakukan adalah dengan melatih motorik halus anak secara bertahap. Diantara cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju.
Badru Zaman
Pada tayangan video tersebut saya tidak bisa mengatakan kegiatan ini belum terlihat pembuka, isi, dan penutup, karena video ini tdak ditayangkan secara utuh, untuk penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah baik, evaluasi sudah nampak dalam unjuk kerja anak.
Untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, saran saya sebaiknya diawali dengan pengenalan alat (pensil) seperti jenis-jenis pensil, kegunaan pensil, bahaya pensil kalau tidak digunakan dengan benar dan lain sebagainya.
Contoh untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah baik yang berkenaan dengan cara cara melatih motorik halus anak guna menguatkan jari-jari tangan saat memegang pensil dengan baik dan benar, semakin banyak melatih jari tangan akan semakin baik cara memegang pensilnya.
Drs. Muman Hendra Budiman, M.Pd.
Pada tayangan video tersebut belum terlihat jelas, kegiatan pembuka, isi, dan penutup. Penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah cukup terlihat namun untuk evaluasi belum terlihat. Untuk tingkat perkembangan anak didik belum begitu sesuai karena biasanya kegiatan pada pembelajaran tersebut dilakukan untuk kelompok A atau bila ada kelompok bermain (melatih motorik halus). Untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku, yaitu yang berkenaan dengan cara-cara melatih motorik halus anak guna menguatkan tangan saat memegang pensil dengan benar.
Tri Ekowati
Tugas partisipasi 1
Nama : I Gusti Ayu Ratih Winarti
Nim : 859044846
Ijin menanggapi video terlampir. Pada video pembelajaran yang berjudul “Mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar” diperlihatkan beberapa solusi alternatif yang dapat menjadi jawaban bagi setiap guru ketika berhadapan dengan siswa yang memiliki masalah dengan motorik halusnya. Salah satu kendala yang sering dihadapi siswa yaitu bagaimana memegang pensil dengan benar. Oleh sebab itu stimulasi yang tepat sangatlah diperlukan untuk membentuk kelenturan jari jemari anak agar sensori tangan dapat berkembang dengan baik. Berikut beberapa kegiatan alternatif yang dapat memberikan latihan awal sebagai persiapan menulis berdasarkan video yang ditampilkan:
Melalui kegiatan memindahkan air dari satu wadah ke wadah yang lain dengan media sponge, dengan kegiatan ini maka kelenturan jari akan terlatih
Latihan membuka dan menutup kunci gembok agar kemampuan memegang objek semakin kuat dan terkoordinasi
Membuka dan memasangkan beragam kancing baju agar kelenturan otot dan jari tangan berkembang
Menurut saya cara yang disajikan sangatlah membantu dalam menyelesaikan masalah yang seringkali guru hadapi dalam kegiatan pembelajaran sehari hari. Dengan memberikan latihan awal sebagai stimulasi memegang pensil maka kelenturan otot dan jari tangan anak akan berkembang dan pada akhirnya anak yang memiliki kendala dalam menggunakan pensil akan terselesaikan.
Tugas partisipasi 1
Nama : I Gusti Ayu Ratih Winarti
Nim : 859044846
Pada video pembelajaran yang berjudul “Mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar” diperlihatkan beberapa solusi alternatif yang dapat menjadi jawaban bagi setiap guru ketika berhadapan dengan siswa yang memiliki masalah dengan motorik halusnya. Salah satu kendala yang sering dihadapi siswa yaitu bagaimana memegang pensil dengan benar. Oleh sebab itu stimulasi yang tepat sangatlah diperlukan untuk membentuk kelenturan jari jemari anak agar sensori tangan dapat berkembang dengan baik. Berikut beberapa kegiatan alternatif yang dapat memberikan latihan awal sebagai persiapan menulis berdasarkan video yang ditampilkan:
1. Melalui kegiatan memindahkan air dari satu wadah ke wadah yang lain dengan media sponge, dengan kegiatan ini maka kelenturan jari akan terlatih
2. Latihan membuka dan menutup kunci gembok agar kemampuan memegang objek semakin kuat dan terkoordinasi
3. Membuka dan memasangkan beragam kancing baju agar kelenturan otot dan jari tangan berkembang
Menurut saya cara yang disajikan sangatlah membantu dalam menyelesaikan masalah yang seringkali guru hadapi dalam kegiatan pembelajaran sehari hari. Dengan memberikan latihan awal sebagai stimulasi memegang pensil maka kelenturan otot dan jari tangan anak akan berkembang dan pada akhirnya anak yang memiliki kendala dalam menggunakan pensil akan terselesaikan.
video ini menekankan pentingnya melatih motorik halus secara bertahap, yang merupakan pendekatan yang sangat baik. Dengan membangun keterampilan dasar melalui aktivitas yang menyenangkan, anak-anak dapat mengembangkan kekuatan dan koordinasi tangan yang diperlukan untuk menulis.
Kegiatan seperti memindahkan air menggunakan spon, membuka dan menutup gembok, serta memasang dan membuka kancing baju adalah contoh yang sangat baik. Aktivitas ini tidak hanya melatih motorik halus, tetapi juga memberikan pengalaman praktis yang dapat meningkatkan keterlibatan dan minat anak.
Pendekatan ini juga mendukung pembelajaran berbasis pengalaman, di mana anak-anak belajar melalui praktik. Ini penting karena anak-anak cenderung lebih mudah memahami dan mengingat informasi ketika mereka terlibat langsung dalam aktivitas.
Selain itu, kegiatan yang bersifat praktis dapat membangun kepercayaan diri anak. Ketika mereka berhasil melakukan tugas-tugas tersebut, mereka akan merasa lebih percaya diri untuk mencoba memegang pensil dengan benar.
ijin menanggapi dari video yang telah saya tonton tentang seorang anak tidak bisa memegang pensil dengan baik dan akibatnya tidak dapat menulis dan malah membuat kertasnya menjadi berlubang, setiap anak memiliki perkembangan yang berbeda-beda walaupun memiliki usia yang sama, oleh sebab itu sebagai guru harus dapat menstimulasi anak untuk melatih otot-otot halusnya sehingga kuat dalam memegang pensil dan menulis. cara yang dilakukan didalam video tersebut sudah sangat tepat dan dapat mendorong anak untuk berkembang dalam motorik halusnya
Tugas Refleksi 1
Nama : Supriyanti
Nim : 856839531
Saya merefleksi vidio pembelajaran yang berjudul ” Mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar”.
Sebagian kecil anak mengalami perkembangan yang belum sempurna sehingga saat belajar menebalkan garis alih-alih bisa menulis lurus ,namun malah membuat kertas sobek.
Solusi yang bisa kita pilih , memberikan latihan awal sebagai persiapan menulis berdasarkan video yang ditampilkan:
1. Melalui kegiatan memindahkan air dari satu wadah ke wadah yang lain dengan media sponge, dengan kegiatan ini maka kelenturan jari akan terlatih.
2. Latihan membuka dan menutup kunci gembok agar kemampuan memegang objek semakin kuat dan terkoordinasi, serta mengencangkan sekrup.
3. Membuka dan memasangkan beragam kancing baju agar kelenturan otot ,koordinasi otot dan jari tangan anak.
menurut saya cara tersebut sangat efektif untuk mengatasi beberapa anak yang mengalami kesulitan saat belajar memegang pensil dengan benar.
Nama : Reni Etnawati
Nim : 857474157
Allhamdulilah setelah saya melihat video di atas saya menjadi tau bagaimana caranya menstimulasi anak yang belum dapat memegang pensil dengan benar, cara tersebut akan saya praktekan biasanya akan saya lakukan di masa awal tahun ajaran baru untuk mempersiapkan anak dalam mengikuti kegiatan npembelajaran. Video ini sangat membantu seklai selain durasinya yang singkat namun isinya sangat bermanfaat sekali. Terimakasih GPO. 🥰
Nama : Eva Puspasari
Nim : 857369547
Ijin menjawab setelah menanggapi vidio di atas bahwa setiap anak pada dasar nya kemampuannya berbeda , dan kita sebagai guru harus dapat menstimulasi agar kemampuan anak dapat berkembang , dengan cara seperti di vidio di atas .
Contohnya
1. anak belajar
Nama : Eva Puspasari
Nim :857369547
Ijin menjawab
setelah saya menyimak vidio di atas ,pada dasarnya kemampuan anak berbeda – beda untuk itusebagai guru kita harus dapat menstimulasi anak dengan baik,
seperti halnya pada motorik halus .
Contoh :
1. Ajarkan anak untuk cara memegang pensil
2. Dengan cara meremas kertas
3. Menulis gambar
4. Menggunting
5. Mengancingkan kancing baju .
karna kemampuan anak dalam menggunakan otot -otot kecilnya seperti otot pergelangan tanggan , pada vidio di atas guru mengajak anak menebalkan garis seperti garis lurus, garis lengkung , perlu di ketahui bahwa perkembangan motorik setiap anak tidak sama ,tetapi tergantung pada proses kematangan masing -masaing anak. karna perkembangan motorik sangat penting untuk menunjang atau membangun kecerdasan pada anak , meningkatkantingkat fokus terhadap suatu objek.
Nama : Rizki Aulia
NIM : 85827653
Jurusan : PG-PAUD
Izin memberikan tanggapan yaa,,
Saya sudah menonton video tentang ” Mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar ”
Video tersebut sangat menginspirasi saya untuk menerapkannya pada lembaga saya, karena ada anak yang masih belum bisa memegang pensil dengan benar. Dengan memberikan latihan-latihan menulis awal, melatih kelenturan jari anak dengan cara memindahkan air menggunakan spons, melatih kemampuan anak dalam memegang suatu objek, dengan latihan membuka dan menutup kunci gembok,gerakan membuka dan mengencangkan skup. Melatih kelenturan jari anak dengan membuka dan memasang beragam kancing baju. Dengan cara demikian akan melatih kelenturan dan kordinasi otot dan jari tangan anak.
Terimkasih, videonya sangat bermanfaat bagi saya sebagai seorang pendidik..
menurut saya vidio ini sangat bermanfaat untuk anak-anak yang belum sama sekali bagaimana mengenal atau memegang pensil dengan benar vidio ini juga anak di ajarkan dari awal cara memegang pensil secara perlahan dan di ajarkan menebali garis2 yang ada di buku jadi anak sangat mudah menirukan nya