silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program video ini diperlihatkan bagaimana cara seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Cara yang dilakukan adalah dengan melatih motorik halus anak secara bertahap. Diantara cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju.

Badru Zaman

Pada tayangan video tersebut saya tidak bisa  mengatakan kegiatan ini belum terlihat pembuka, isi, dan penutup, karena video ini tdak ditayangkan secara utuh, untuk penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah baik,  evaluasi sudah nampak dalam unjuk kerja anak.

Untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, saran saya sebaiknya diawali dengan pengenalan alat (pensil) seperti  jenis-jenis pensil, kegunaan pensil, bahaya pensil kalau tidak digunakan dengan benar dan lain sebagainya.

Contoh untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah baik  yang berkenaan dengan cara cara melatih motorik halus anak guna menguatkan jari-jari tangan saat memegang pensil dengan baik dan benar, semakin banyak melatih jari tangan akan semakin baik cara memegang pensilnya.

Drs. Muman Hendra Budiman, M.Pd.

Pada tayangan video tersebut belum terlihat jelas, kegiatan pembuka, isi, dan penutup. Penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah cukup terlihat namun untuk evaluasi belum terlihat. Untuk tingkat perkembangan anak didik belum begitu sesuai karena biasanya kegiatan pada pembelajaran tersebut dilakukan untuk kelompok A atau bila ada kelompok bermain (melatih motorik halus). Untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku, yaitu yang berkenaan dengan cara-cara melatih motorik halus anak guna menguatkan tangan saat memegang pensil dengan benar.

Tri Ekowati

Similar Posts

4,900 Comments

  1. NAMA: Elisa Nurul Azizah
    NIM 857771348

    dari vidio yang saya liat dan saya cermati guru memperlihatkan cara mengatasi anak yang belom bisa memegang pensil dengan cara memindahkan air dari mangkok satu dengan mangkok yg lain dengan spon . dengan cara itu guru sudah melatih motorik halusnya . meremas spon melatih kelenturan jari -jari anak dan mealtih agar tidak kaku. cara itu sangat membantu dalam melatih kelenturan tangan anak yang masih susah pegang pensil.
    kekurangan menurut saya jika menggunakan air anak justru lebih fokus untuk main permainan air saja

  2. Nama: Nursaidah
    Nim:859509817
    UPBJJ: jakarta
    Dalam video tersebut diatas dalam mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar.maka Bu guru dapat menstimulasi gerak otot tangan anak dengan cara ,memindahkan air dengan memeras spon,membuka dan memasangkan kancing pada baju dan membuka kunci gembok.dengan stimulasi tersebut otot jari atau tangan tersebut bisa kuat agar dapat memegang pensil.

  3. NAMA : DEWI PURWANTI
    NIM : 858459021

    Menurut saya, sebelum belajar menulis atau memegang pensil, alangkah baiknya kita melakukan cara untuk melatih motorik halus anak secara bertahap terlebih dahulu. seperti yang ada divideo atau yang dijelaskan divideo bisa dengan cara memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainnya menggunakan spons karena kegiatan tersebut bisa melenturkan otot tangan anak yang kaku, kemudian juga lakukan latihan ke anak menggunakan gembok membuka dan menutup gembok kunci agar kekuatan memegangnya terkoordinasi dengan baik. dan yang terakhir membuka dan memasangkan kancing baju latihan ini bisa melenturkan koordinasi otot dan jari tangan anak.

    Terima Kasih.

  4. Nama : WINDA
    NIM : 856628402

    Izin memberikan refleksi pada vidio ini , menurut saya vidio ini sangat memberikan inspirasi buat saya dengan menggunakan strategi yang dilakukan dalam video kepada anak-anak disekolah dengan cara yang digunakan dalam vidio tersebut. Dan cara menjelaskan sangat dimengerti, jelas dan mempraktekkan secara langsung. Dan kegiatan dalam vidio tersebut dapat melatih motorik anak, jari-jari anak supaya mudah dalam memegang pensil.

  5. Nama: Sumiyati
    Nim: 858615393
    Izin menanggapi video tersebut diatas yaitu mengenai anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, dalam video tersebut ketika anak tidak bisa meneyelesaikan tugas yang diberikan oleh gurunya, anak tersebut langsung memberitahukan kepada guru bahwa ia tidak bisa mengerjakan tugas yang telah diberikan oleh guru. sehingga guru dapat langsung mengetahui jika ada anak yang belum bisa mengerjakan tugas yang diberikan. Guru dalam mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar sudah baik,yaitu dengan memberikan stimulasi awal untuk menguatkan otot tangan pada anak yaitu dengan cara memindahkan air dengan spon,membuka dan memasang kancing baju dan juga memasang dan membuka mur. Namun selain hal tersebut ada lagi hal yang perlu dilakukan oleh guru yaitu mencoba menyuruh anak memegang pensil dengan benar. Demikian tanggapan dari saya,,,mohon maaf atas kekurangan

  6. Nama : Fathul Janah
    Nim : 858285896
    UPBJJ : Banjarmasin
    Pokjar : Kotabaru
    provensi : Kalimantan selatan

    dalam video tersebut memaparkan video tentang anak yang belum bisa memegang pensil secara baik dan benar, yang mana cara anak memegang pensil tersebut biasanya belum stabil dan terkadang membuat tekanan yang sangat kuat dan membuat kertas menjadi sobek, hal ini biasanya banyak di temui pada anak kelompok A di awal-awal pembelajaran bulan pertama anak paud. dalam video tersebut juga memberikan solusi cara menangani anak yang masih belum mampu memegang pensil dengan benar melalui beberapa permainan stimulus yaitu : memindahkan air dari mangkuk kemangkuk lain menggunakan spon, membuka dan menutup gembok, membuka dan mengunci sekrup,memasang dan membuka kancing.

  7. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    NAMA: WINDA
    NIM: 856628402

    Izin menjawab pertanyaan refleksi ini.Menurut saya setelah menonton video yang berjudul mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar diatas, dalam video yang ditampilkan sudah cukup menfokuskan stimulasi dan pelatihan motorik halus yang mengarah ke pra menulis, namun dalam kegiatan lain guru bisa memberi sedikit peregangan otot agar anak bisa terbiasa memegang pensil dengan tidak kaku dengan cara seperti contoh membuka dan memasangkan kancing baju untuk melatih kontrol jari dan keterampilan manual.
    Terimakasih

  8. Nama: Siti Arismawati
    NIM : 858757508
    Kejadian pada video tersebut sering kali saya jumpai pada awal ajaran baru. Terdapat beberapa anak yang belum bisa memegang pensil dengan baik. Namun dengan memberikan dukungan dan kesabaran kepada anak menjadikan anak semangat untuk belajar. Selain itu menstimulasi motorik halus sebelum memegang pensil anak juga diperlukan. Contoh yang dilakukan dalam video sangatlah bagus untuk menstimulasi motorik halus anak. Dengan melakukan kegiatan yang menyenangkan akan membuat anak lebih semangat dan mau terus belajar tanpa adanya paksaan.Banyak cara yang bisa dilakakan untuk membantu anak agar mudah memegang pensil dengan baik.

  9. Assalamualaikum wr. wb.

    Nama : Dian Nova Puspita Sari, NIM : 860139233,Progdi : PGPAUD

    Analisa saya terhadap video dengan judul “Mengatasi Anak yang Belum Bisa Memegang Pensil dengan Benar” sebagai berikut:

    Perkembangan dan koordinasi anak secara normal cukup cepat, akan tetapi ada pula yang kurang dalam perkembangannya sehingga dibutuhkan pelatihan menulis awal, yaitu dengan melatih kelenturan jari serta koordinasi otot dan jari tangan.

    Berikut contoh latihannya:
    1. Memindahkan air dari satu wadah ke wadah lainnya dengan cara meremas spon
    2. Membuka dan menutup kunci atau skrup

Leave a Reply