silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program video ini diperlihatkan bagaimana cara seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Cara yang dilakukan adalah dengan melatih motorik halus anak secara bertahap. Diantara cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju.

Badru Zaman

Pada tayangan video tersebut saya tidak bisa  mengatakan kegiatan ini belum terlihat pembuka, isi, dan penutup, karena video ini tdak ditayangkan secara utuh, untuk penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah baik,  evaluasi sudah nampak dalam unjuk kerja anak.

Untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, saran saya sebaiknya diawali dengan pengenalan alat (pensil) seperti  jenis-jenis pensil, kegunaan pensil, bahaya pensil kalau tidak digunakan dengan benar dan lain sebagainya.

Contoh untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah baik  yang berkenaan dengan cara cara melatih motorik halus anak guna menguatkan jari-jari tangan saat memegang pensil dengan baik dan benar, semakin banyak melatih jari tangan akan semakin baik cara memegang pensilnya.

Drs. Muman Hendra Budiman, M.Pd.

Pada tayangan video tersebut belum terlihat jelas, kegiatan pembuka, isi, dan penutup. Penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah cukup terlihat namun untuk evaluasi belum terlihat. Untuk tingkat perkembangan anak didik belum begitu sesuai karena biasanya kegiatan pada pembelajaran tersebut dilakukan untuk kelompok A atau bila ada kelompok bermain (melatih motorik halus). Untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku, yaitu yang berkenaan dengan cara-cara melatih motorik halus anak guna menguatkan tangan saat memegang pensil dengan benar.

Tri Ekowati

Similar Posts

4,881 Comments

  1. Nama : Fitri Setianingsih
    NIM : 857613641

    Mohon izin menanggapi video yang berjudul “Mengatasi Anak yang Belum Bisa Memegang Pensil dengan Benar”. Berdasarkan video tersebut saya dapat menyimpulkan bahwa anak memiliki kemampuan untuk berkembang masing-masing.
    Setiap anak memiliki keunikan dan kelebihan masing-masing.
    Untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dapat dilakukan dengan merangsang motorik halus pada anak, sehingga dapat menghidupkan saraf motorik menjadi aktif.
    Dalam video tersebut hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dapat dilakukan melalui beberapa cara, seperti :
    1. Meremas spons untuk meningkatkan motorik halus, sehingga dapat memperkuat otot-otot pada jari anak.

  2. Nama : Erika Al Haura Barnafsa
    NIM : 859167713

    pada video yang berjudul
    “Mengatasi Anak yang Belum Bisa Memegang Pensil dengan Benar”

    pada awal video guru mencontohkannya di depan bagaimana mengerjakan tugas yang akan diberikan.
    namun ada seorang anak yang mengeluh tidak bisa membuat garis lengkung.
    solusi yang diberikan guru pada video tersebut adalah 1. Guru memberikan permainan berupa memindahkan air dengan spons. spons dicelupkan pada wadah a yang berisi air dan memindahkannya ke wadah b dengan cara meremasnya. permainan ini dapat melatih kelenturan jari tangan anak.
    2. melatih kemampuan anak memegang suatu objek dgn melatih anak membuka dan mengunci gembok hal ini dapat melatih kekuatan dan koordinasi tangan anak.
    3. membuka dan memasangkan mur.
    (sebelum anak diminta melakukannya guru mencontohkannya terlebih dahulu kemudian diminta melakukannya sendiri)
    4. melatih kelenturan jari-jari tangan anak dengan membuka dan memasang beragam kancing baju hal ini dapat melatih koordinasi otot dan jari tangan.

    refleksi pada video tersebut adalah anak-anak pada tahap pra menulis guru atau pendidik harus lebih banyak memberikan kegiatan-kegiatan yang dapat melatih koordinasi otot jari tangan dan melatih kelenturan jari-jari tangan anak. kegiatan tambahan yang dapat diberikan adalah seperti meremas kertas, menggunting, bermain plastisin dan lain sebagainya.

  3. Nama : Titimmatun Najah
    NIM : 877302489

    Menanggapi video pembelajaran “Mengatasi Anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar” menurut saya sudah bagus video ini memberikan contoh penanganan yang efektif untuk anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, melalui pendekatan berbasis latihan motorik halus seperti memindahkan air menggunakan spon dapat melu toh kekuatan tangan dan ketangkasan jari, membuka dan menutup kancing serta gembok juga dapat meningkatkan koordinasi mata dan tangan, memasang dan melepas mur baut juga dapat meningkatkan kekuatan otot tangan, kegiatan lain yang saya lakukan ke anak didik seperti membentuk playdough ini juga bisa membantu menguatkan otot tangan Mergo, atau bisa dengan membiarkan anak bereksperimen dengan berbagai cara menggambar seperti menggunakan crayon atau spidol agar mereka merasa lebih nyaman dan tidak lupa sebagai guru untuk selaly memberikan pujian ketika mereka mencoba, meskipun belum sempurna kesabaran dan dukungan akan membuat anak lebih percaya diri
    Terimakasih, semoga bermanfaat

  4. Nama : Titimmatun Najah
    NIM : 877302489

    Menanggapi video pembelajaran “Mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar”
    Menurut saya video ini sudah bagus memberikan contoh penanganan yang efektif untuk anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, melalui pendekatan berbasis latihan motorik halus seperti memindahkan air menggunakan spon dapat melatih kekuatan otot tangan dan ketangkasan jari, membuka dan menutup kancing serta gembok juga dapat meningkatkan koordinasi mata dan tangan, memasang dan melepas mur-baut juga dapat melatih kekuatan otot tangan.
    kegiatan lain yang saya lakukan pada anak didik seperti membentuk dengan playdough ini juga bisa membantu memperkuat otot tangan mereka atau dengan membiarkan anak bereksperimen dengan berbagai cara menggambar seperti menggunakan crayon atau spidol agar mereka merasa lebih nyamna dan tips yang paling penting kita sebagai pendidik atau guru jangan lupa untuk memberikan pujian ketika mereka berani mencoba meskipun belum sempurna karena dengan dukungan akan membuat anak lebih percaya diri

    Terimakasih, Semoga bermanfaat

  5. Nama : Tita Syah Fitra
    Nim : 859015386
    Tanggapan saya dari video yang telah saya lihat, tentang seorang anak yang tidak bisa memegang pensil dengan baik, akhirnya membuat kertas menjadi berlubang.
    video tersebut sangat menginspirasi saya, untuk menerapkan pada lembaga saya, karna masih ada anak yang belum bisa memegang pensil dengan baik, dengan memberikan latihan latihan menulis awal anak mulai mencoret-coret. Awalnya, mereka memegang pensil dengan seluruh tangan mereka. Mereka mulai dengan membuat goresan ke segala arah.

  6. Nama : Sukmawati Azis
    Nim : 858576467

    Dari video di atas menggambarkan pendekatan yang positif dan konstruktif dalam membantu anak yang kesulitan dalam menegang pensil dengan benar.

    Metode yang di gunakan, seperti memindahkan air menggunakan spon, membuka dan menutup gembok, serta memasang kancing baju sangat efektif. Aktifitas aktivitas ini tidak hanya meningkatkan ketrampilan motorik halus, tetapi juga dapat meningkatkan konsentrasi dan ketekunan anak, selain itu pendekatan ini pendekatan ini terasa menyenangkan dan interaktif saat belajar.

  7. Siti Jubaedah
    859508277

    Dari video yang saya lihat, seorang guru memberikan asesmen kepada anak murid untuk menulis dengan mengikuti bentuk garis. Ada anak murid yang belum bisa melakukan kegiatan itu dengan baik, dikarenakan anak tersebut belum bisa memegang pensil dengan benar. Kejadian seperti itu, guru sangat tanggap dalam menghadapai sitiasi tersebut. Oleh guru diberikan latihan kepada si anak yaitu dengan cara :
    1. Memindahkan cairan dari mangkok sati ke mangkok lain dengan menggunakan spons
    2. Memutar mur dan baut menggunakan alat peraga kayu yg dimodifikasi
    3. Memasang kancing-kancing baju
    Semua itu sangat perlu untuk perkembangan motorik halus pada anak, agar anak tersebut bisa mengkoordinasikan jari² tangannya untuk memegang pensil atau benda lainnya lebih baik.
    Demikian refleksi dari syaa atas video tersebut, terima kasih .

  8. Siti Jubaedah
    859508277

    Melihat tayangan video ini, bisa terlihat ada anak yang belum mampu memegang pensil dengan baik. Pendidik sangat tanggap dalam hal ini, beliau memberikan latihan-latihan yang bisa merangsang perkembangan motorik dari anak didiknya.
    Sangat menginspirasi sekali contoh latihan tersebut, ke depannya saya akan mencoba jika menemukan kasus yang sama. Terima kasih

  9. Berikut refleksi saya setelah melihat video tersebut,
    Video diatas terdapat seorang anak di dalam kelas yang mengalami kesulitan dalam memegang pensil (motorik halus), dan terdapat seorang guru yang memberikan solusi dengan melatih kelenturan jari anak seperti:
    1. Kegiatan memindahkan air ke mangkuk dengan spons
    2. Kegiatan membuka dan memasangkan mur (balok peraga)
    3. Kegiatan membuka dan memasang kancing baju
    3 Kegiatan tersebut bermanfaat sekali dalam merangsang &melatih kekuatan jari otot tangan. Terimakasih

  10. Nama : habibah diar rachmany
    Nim : 859506051
    Upbjj jakarta
    Ijinkan saya untuk merefleksi video diatas
    Dalam video seri pembelajaran pengembangan fisik motorik yang berjudul “mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar”, menurut saya sudah tepat
    Karena di video tersebut terdapat seorang anak yang diberikan latihan (menebalkan garis) oleh guru, kemudian alih-alih menulis, anak malah hampir merobek kertas (dengan alasan tidak bisa menulis), kemudian guru memberikan simulasi latihan menulis awal seperti
    1. Kegiatan memindahkan air ke mangkuk dengan spon yang bertujuan untuk melatih kelenturan jari
    2. Kegiatan membuka & mengencangkan mur yang bertujuan melatih anak dalam memegang objek
    3. Kegiatan membuka & memasangkan kancing pada baju yang bertujuan untuk melatih kelenturan &koordinasi otot & jari anak
    3 kegiatan tersebut merupakan cara yang sangat tepat dalam melatih & melenturkan otot tangan & jari anak.
    Terimakasih.

Leave a Reply