silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program video ini diperlihatkan bagaimana cara seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Cara yang dilakukan adalah dengan melatih motorik halus anak secara bertahap. Diantara cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju.
Badru Zaman
Pada tayangan video tersebut saya tidak bisa mengatakan kegiatan ini belum terlihat pembuka, isi, dan penutup, karena video ini tdak ditayangkan secara utuh, untuk penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah baik, evaluasi sudah nampak dalam unjuk kerja anak.
Untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, saran saya sebaiknya diawali dengan pengenalan alat (pensil) seperti jenis-jenis pensil, kegunaan pensil, bahaya pensil kalau tidak digunakan dengan benar dan lain sebagainya.
Contoh untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah baik yang berkenaan dengan cara cara melatih motorik halus anak guna menguatkan jari-jari tangan saat memegang pensil dengan baik dan benar, semakin banyak melatih jari tangan akan semakin baik cara memegang pensilnya.
Drs. Muman Hendra Budiman, M.Pd.
Pada tayangan video tersebut belum terlihat jelas, kegiatan pembuka, isi, dan penutup. Penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah cukup terlihat namun untuk evaluasi belum terlihat. Untuk tingkat perkembangan anak didik belum begitu sesuai karena biasanya kegiatan pada pembelajaran tersebut dilakukan untuk kelompok A atau bila ada kelompok bermain (melatih motorik halus). Untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku, yaitu yang berkenaan dengan cara-cara melatih motorik halus anak guna menguatkan tangan saat memegang pensil dengan benar.
Tri Ekowati
Nama : JAURA ABU TALIB
NIM: 858576481
Dari vidio tersebut menggambarkan pendekatan yang sangat positif dalam membantu anak yang kesulitan memegang pensil dengan benar
Namun, penting juga untuk memastikan bahwa setiap anak mendapatkan dukungan yang sesuai dengan kebutuhan individu mereka.beberapa anak mungkin memerlukan lebih banyak waktu untuk variasi dalam metode latihan. Secara keseluruhan, video ini mencerminkan praktik pengajaran yang inovatif dan penuh empati.
Assalamualaikum
Nama: Riri Yatmi
Nim : 856264629
Refleksi saya terhadap video “mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar”
Setelah saya menonton video ini, saya milhat ada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar ,sehingga anak tidak bisa mengikuti garis lengkung yang di buat oleh guru,bahkan kertasnya jadi robek.
Tindakan yang dilakukan guru terhadap anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar ini sangat bagus dan menarik. Kegiatan yang dilakukan guru dapat melatih kelenturan otot-otot jari tangan anak ,sehingga tangan anak tidak kaku lagi dalam memegang pensil. Saya sangat tertarik dan termotivasi terhadap tindakan dan cara yang di berikan guru tersebut untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar.
Cara yang dilakukan yaitu:
1. Melatih otot jari tangan dengan cara memindahkan kan air dari satu mangkok ke mangkok yang lain dengan menggunakan spon .
2.membuka dan mengunci mur dan baut dengan memutarkan kearah kanan dan kiri.
3. Melatih kelenturan jari tangan anak dengan membuka dan memasang kancing baju..
Sekian dari saya terimakasih
Wassalam…
Nama : PUASPUTRI
Nim. :856101536
“Mengatasi anak yang belum bisa memegang pinsil dengan benar”
Dalam vidio di atas ada seorang anak yang belum bisa memegang pinsil,sehingga ibu guru melatih motorik halua pada anak tersebut,motorik halus yang di gunakan ibu guru dalam mengembangkan perkembangan anak yaitu berupa memindahkan air dari wadah satu ke wadah lainnya dengan memeras spons,membuka dan menutup kunci gembok,membuka dan menutup skrup balok,dan melatih anak memasang kancing baju.
Saat saya dihadapi dengan masalah ini saya melatih motorik halus pada anak dengan memilin pinsil di atas meja,lalu mengajarkan anak cara memegang pinsil dengan benar,apa bila anak mengulang kembali cara memegang pinsil dengan salah,saya mengajak anak membuat sebuah coretan di buku dan melatih anak dengan meremas sebuah kertas.
Dengan cara ini anak dapat melatih kekuatan otot tangan anak dalam memegang pinsil.
Strategi yang ibu guru berikan dapat saya tiru kembali ketika saya menghadapi anak yang belum bisa menulis.
Assalamualaikum wr.wb.
Saya, Dhea Fitriani NIM: 856619729 dari UPBJJ UT JAMBI, ingin memberikan tanggapan terhadap video pembelajaran “Mengatasi Anak Yang Belum Bisa Memegang Pensil Dengan Benar”.
Video pembelajaran tersebut menampilkan metode yang sangat efektif dalam mengajarkan anak cara memegang pensil dengan benar. Para pendidik menerapkan serangkaian aktivitas yang menyenangkan sekaligus fungsional dalam kehidupan sehari-hari anak. Pendekatan bertahap yang ditunjukkan memungkinkan anak mengembangkan keterampilan motorik halus secara alami tanpa paksaan.
Keunggulan metode ini terletak pada penggunaan benda-benda yang akrab dengan kehidupan anak, sehingga menciptakan pengalaman pembelajaran yang konkret dan bermakna. Untuk pengembangan lebih lanjut, saya menyarankan beberapa aktivitas tambahan seperti:
1. Meremas playdough
2. Menggunakan penjepit pakaian
3. Berlatih menggunting mengikuti pola
4. Melipat kertas sederhana
Menurut saya, sebelum mengajarkan cara memegang pensil dengan benar, pendidik sebaiknya:
1. Mengenalkan pengertian pensil
2. Menjelaskan fungsi pensil
3. Memperlihatkan cara penggunaan pensil yang tepat
4. Menjelaskan dampak penyalahgunaan pensil
Kesimpulannya, video tersebut telah mendemonstrasikan cara yang baik dalam melatih motorik halus anak untuk memperkuat jari-jari tangan saat memegang pensil. Semakin sering anak melatih jari tangannya, semakin baik kemampuannya dalam memegang pensil dengan benar.
Wassalamualaikum wr.wb.
Assalamualaikum wr.wb.
Nama : Dhea Fitriani
NIM : 856619729
Asal : UPBJJ UT JAMBI
Saya ingin memberikan tanggapan terhadap video pembelajaran “Mengatasi Anak Yang Belum Bisa Memegang Pensil Dengan Benar”.
Video pembelajaran tersebut menampilkan metode yang sangat efektif dalam mengajarkan anak cara memegang pensil dengan benar. Para pendidik menerapkan serangkaian aktivitas yang menyenangkan sekaligus fungsional dalam kehidupan sehari-hari anak. Pendekatan bertahap yang ditunjukkan memungkinkan anak mengembangkan keterampilan motorik halus secara alami tanpa paksaan.
Keunggulan metode ini terletak pada penggunaan benda-benda yang akrab dengan kehidupan anak, sehingga menciptakan pengalaman pembelajaran yang konkret dan bermakna. Untuk pengembangan lebih lanjut, saya menyarankan beberapa aktivitas tambahan seperti:
1. Meremas playdough
2. Menggunakan penjepit pakaian
3. Berlatih menggunting mengikuti pola
4. Melipat kertas sederhana
Menurut saya, sebelum mengajarkan cara memegang pensil dengan benar, pendidik sebaiknya:
1. Mengenalkan pengertian pensil
2. Menjelaskan fungsi pensil
3. Memperlihatkan cara penggunaan pensil yang tepat
4. Menjelaskan dampak penyalahgunaan pensil
Kesimpulannya, video tersebut telah mendemonstrasikan cara yang baik dalam melatih motorik halus anak untuk memperkuat jari-jari tangan saat memegang pensil. Semakin sering dan Konsisten anak melatih jari tangannya, semakin baik kemampuannya dalam memegang pensil dengan benar.
Wassalamualaikum wr.wb.
Assalamualaikum wr. WB
Nama Rahmiwati
Nim : 859401713
Izin menanggapi
Pada vidio telah di paparkan bagaimana pentingnya untuk mengajarkan serta menstimulasi perkembangan motorik halus anak sejak dini . Pada vidio di beri pemahaman cara menstimulasi agar anak dapat memegang pensil dengan benar. Dalam kegiatan yang di berikan ibu guru yaitu menebalkan huruf.
Ada banyak cara yang bisa di lakukan seperti bermain manik – manik, berkolase, mewarnai, menggunting dan menempel, mengancing baju, dll.
Terimakasih
Nama : Aenun Nikmah
Nim : 857765161
Tanggapan saya dari video yang telah saya lihat, tentang seorang anak yang tidak bisa memegang pensil dengan baik, membuat anak tertinggal pelajaran dengan teman teman nya, akhirnya membuat kertas menjadi berlubang.
video tersebut sangat menginspirasi saya, untuk menerapkan pada lembaga saya, karna masih ada anak yang belum bisa memegang pensil dengan baik, dengan memberikan latihan latihan menulis awal anak mulai mencoret-coret. Awalnya, mereka memegang pensil dengan seluruh tangan mereka. Mereka mulai dengan membuat goresan ke segala arah.
Lalu Bu guru mengajak anak-anak untuk berlatih motorik halus nya untuk meremas spons, membuka dan menutup gembok kunci juga membuka kancing baju. Terimakasih sangat menginspirasi sekali…
Assalamualaikum
Nama : Bernita Wijayanti
NIM : 857998454
izin menanggapi video diatas Kesulitan anak dalam memegang pensil dapat diatasi dengan latihan dan stimulasi yang tepat. Dengan memberikan kesempatan yang cukup untuk mengembangkan motorik halus, anak akan semakin percaya diri dalam melakukan aktivitas menulis, di dalam video diatas ibu guru juga sudah mengajarkan atau menstimulus anak dengan beberapa aktivitas seperti memeras, menggerakkan tangan dengan media alat pertukangan untuk merangsang motorik anak
Assalamualaikum wr.wb..
Nama : Wahyuni
Nim : 857516412
Izin menanggapi dari video tersebut ..
Perlu adanya bimbingan bagi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, dengan cara menstimulasikan motorik halus pada anak tersebut , selain menstimulasikan yang ada di video tersebut, anak bisa ketika memegang pensil direkatkan dengan karet, agar tangan anak tetap fokus , bisa juga dengan menstimulasikannya dengan menggunting , menempel , agar tangan anak tidak kaku .. terima kasih ..
Meli apriani
856628767
pada vidio di atas kita bisa melihat betapa pentingnya mengajar anak di usia dini.
mengajar anak cara memegang penis yang benar untuk menebalkan tulisan yang tidak terang seperti yang dijelaskan guru di vidio