silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program video ini diperlihatkan bagaimana cara seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Cara yang dilakukan adalah dengan melatih motorik halus anak secara bertahap. Diantara cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju.

Badru Zaman

Pada tayangan video tersebut saya tidak bisa  mengatakan kegiatan ini belum terlihat pembuka, isi, dan penutup, karena video ini tdak ditayangkan secara utuh, untuk penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah baik,  evaluasi sudah nampak dalam unjuk kerja anak.

Untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, saran saya sebaiknya diawali dengan pengenalan alat (pensil) seperti  jenis-jenis pensil, kegunaan pensil, bahaya pensil kalau tidak digunakan dengan benar dan lain sebagainya.

Contoh untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah baik  yang berkenaan dengan cara cara melatih motorik halus anak guna menguatkan jari-jari tangan saat memegang pensil dengan baik dan benar, semakin banyak melatih jari tangan akan semakin baik cara memegang pensilnya.

Drs. Muman Hendra Budiman, M.Pd.

Pada tayangan video tersebut belum terlihat jelas, kegiatan pembuka, isi, dan penutup. Penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah cukup terlihat namun untuk evaluasi belum terlihat. Untuk tingkat perkembangan anak didik belum begitu sesuai karena biasanya kegiatan pada pembelajaran tersebut dilakukan untuk kelompok A atau bila ada kelompok bermain (melatih motorik halus). Untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku, yaitu yang berkenaan dengan cara-cara melatih motorik halus anak guna menguatkan tangan saat memegang pensil dengan benar.

Tri Ekowati

Similar Posts

4,880 Comments

  1. NAMA:ERMAYANI
    NIM:822736577
    UPBJJ:UT MATARAM
    setelah saya menonton video tersebut saya meliha tidak ada pembukaan dan penutup pembelajaran namunmungkin karna yang diangkat masalah mengatasi anak yang belum ampu memegang pensil dengan baik sehingga dalam video hanya memfokuskan bagaimana seorang guru menstimulus anak didiknya yang belum bisa memegang pensil dengan benar.pada awal masuk sekolah anak-anak tidak langsung diberikan pensil dan diajarkan cara memegang pensil dengan benar. tetapi kita menstimulus anak bagaimana mengembangkan motorik halus terlebih dahulu, agar otot dan jari jemari anak siap dalam memegang pensil.kegitan stimulus yang diberikan dalam video sudah sangat benar dan bagus hal ini terlihat dari metode pembelajaran yang diajarkan anak seperti mengajak anak meremas spon, membuka dan menutup gembok meremas, menggunting, memindahkan benda menggunakan pinset, meronce, dan lain sebagainya.

  2. Nama : Ayu Mega Mustika
    Nim : 857520032

    Dari video tersebut guru penting mengajarkan anak anak untuk di latih motorik halusnya sehingga membuat tangan anak terbiasa terlatih , berikut supaya anak terbiasa memegang pensil Latihan Keterampilan Motorik Halus: Ajak anak melakukan aktivitas yang melibatkan jari, seperti bermain dengan plastisin atau menyusun blok. Berikan Dukungan: Dorong anak untuk mencoba dan jangan memaksanya. Beri pujian saat dia berhasil.
    Konsultasi Profesional: Jika kesulitan berlanjut, pertimbangkan untuk berkonsultasi dengan terapis.

  3. Nama : Vega Vibriana
    Nim : 857612245

    Izin menanggapi “ Mengatasi Anak yang Belum Bisa Menegang Pensil dengan Benar “

    Dari vidio tersebut yang saya lihat memberikan contoh beberapa teknik melatih motorik halus dengan cara:
    – memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok yang lain menggunakan spons.
    – ⁠membuka tutup gembok
    – ⁠memasang kancing
    Tanggapan saya tentang vidio tersebut sangat bagus dan akan saya praktekan apabila menemukan siswa yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Dalam vidio tersebut terlihat bahwa setiap anak mempunyai perkembangan yang berbeda-beda. Dalam lembaga saya anak sudah bisa memegang pesil semua namun ada anak yang belum memegang pensil dengan sempurna. Melihat anak belum bisa memegang pensil dengan sempura saya sebagai guru melatih anak dengan banyak latihan motorik halus. Seperti meremas kertas, memindahkan barang dengan capitan, menggunting dan bermain plastisin. Setelah anak sudah bisa memegang pensil baru melatih anak dengan mencoret-coret kertas, membuat garis dan menebalkan garis maupun huruf.

    Terimakasih

  4. Nama : Vega Vibriana
    Nim : 857612245

    “ Mengatasi Anak yang Belum Bisa Menegang Pensil dengan Benar “

    Dari vidio tersebut yang saya lihat memberikan contoh beberapa teknik melatih motorik halus dengan cara:
    – memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok yang lain menggunakan spons.
    – ⁠membuka tutup gembok
    – ⁠memasang kancing
    Tanggapan saya tentang vidio tersebut sangat bagus dan akan saya praktekan apabila menemukan siswa yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Dalam vidio tersebut terlihat bahwa setiap anak mempunyai perkembangan yang berbeda-beda. Dalam lembaga saya anak sudah bisa memegang pesil semua namun ada anak yang belum memegang pensil dengan sempurna. Melihat anak belum bisa memegang pensil dengan sempura saya sebagai guru melatih anak dengan banyak latihan motorik halus. Seperti meremas kertas, memindahkan barang dengan capitan, menggunting dan bermain plastisin. Setelah anak sudah bisa memegang pensil baru melatih anak dengan mencoret-coret kertas, membuat garis dan menebalkan garis maupun huruf.

    Terimakasih

  5. Yanne Vebriana
    836391706

    Menanggapi video tersebut, bahwa setiap anak memiliki tumbuh kembang yang berbeda. Diantara beberapa anak yang sudah bisa memegang pensil, terdapat satu anak yang belum dapat memegang pensil dengan benar. Hal ini menjadi tugas guru untuk membimbing anak tersebut di sekolah melalui kegiatan – kegiatan yang dapat melatih motorik halusnya. Seperti yang sudah terlihat dalam video, guru memberikan kegiatan menebalkan garis titik – titik, memindahkan air dengan spons, mengancing baju, membuka menutup baut, dan membuka memasang gembok dengan kunci. Masih banyak kegiatan lain yang dapat di lakukan untuk melatih motorik halus anak dengan meremas, merobek, meronce, mewarnai, kolase dan lain sebagainya. Dengan sering berlatih maka diharapkan anak tersebut dapat memegang pensil dengan benar

  6. Dari pemaparan video,di paparkan bagaimana pentingnya untuk mengajarkan serta menstimulasi perkembangan motorik halus dan motorik kasar pada anak sejak dini . Pada video di beri pemahaman cara menstimulasi agar anak dapat memegang pensil dengan benar. Dalam kegiatan yang di berikan ibu guru yaitu menebalkan angka dan huruf.
    Ada banyak cara yang bisa di lakukan seperti bermain plastisin,tanah liat, meronce, mewarnai, menggunting dan menempel,dan lain nya.

  7. Nama Ni Putu Putri Andriyani
    Nim 859019573

    Jika seorang anak mengalami kesulitan dalam memegang pensil dengan baik, ada beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab serta solusi yang dapat membantu. Berikut adalah analisis dan saran yang dapat diambil:
    Penyebab Kesulitan Memegang Pensil
    1. Keterampilan Motorik Halus:
    Keterampilan motorik halus yang belum berkembang bisa membuat anak kesulitan memegang pensil.
    2. Koordinasi Mata dan Tangan:
    Kesulitan dalam koordinasi antara mata dan tangan dapat mempengaruhi cara anak menulis.
    3. Kekuatan Otot:
    Otot tangan dan jari yang belum cukup kuat dapat menyulitkan anak dalam mengontrol pensil.
    4. Faktor Psikologis:
    Rasa percaya diri yang rendah atau kecemasan juga bisa mempengaruhi kemampuan anak dalam menulis.
    5. Preferensi Tangan:
    Beberapa anak mungkin belum menentukan tangan mana yang lebih dominan, sehingga mempengaruhi cara mereka memegang alat tulis.
    Solusi dan Intervensi
    1. Latihan Motorik Halus:
    Ajak anak melakukan aktivitas yang melibatkan keterampilan motorik halus, seperti meronce, menggambar, atau permainan plastisin.
    2. Penggunaan Alat Tulis yang Tepat:
    Cobalah berbagai jenis pensil atau alat tulis yang lebih tebal atau memiliki pegangan khusus untuk anak.
    3. Kegiatan Menggambar:
    Berikan waktu bagi anak untuk menggambar dan mewarnai, yang dapat membantu meningkatkan kepercayaan diri dan keterampilan memegang pensil.
    4. Pelatihan Koordinasi:
    Latihan yang melibatkan koordinasi tangan dan mata, seperti menangkap bola atau bermain puzzle.
    5. Dukungan Emosional:
    Berikan pujian dan dorongan agar anak merasa lebih percaya diri dalam kemampuan menulisnya.
    6. Konsultasi dengan Ahli:
    Jika kesulitan berlanjut, pertimbangkan untuk berkonsultasi dengan terapis okupasi atau profesional yang berpengalaman dalam perkembangan anak.
    Kesulitan memegang pensil adalah masalah umum yang dapat diatasi dengan latihan dan dukungan yang tepat. Melalui pendekatan yang penuh kesabaran dan intervensi yang sesuai, anak dapat meningkatkan keterampilan motorik halusnya dan merasa lebih nyaman saat menulis.

  8. Assalamu’alaikum warahmatullahi wa barokatu
    Nama : Nurul Haniah
    NIM: 856837086

    Setip tahunnya saya pasti mengalami masalah seperti video diatas, pasti ada beberapa anak yang belum bisa memegang pensil dengan baik, maka pada masa MPLS kami melakukan kegiatan – kegiatan seperti didalam vidio kegiatan yang melatih motorik halus pada tangan.

  9. Nama:GEMALA RABIAH
    NIM:858107177
    Dari vidio yg saya lihat dan amati,baha tidak semua anak sudah bisa memegang pensil dengan baik,apalagi diawal masuk sekolah pasti ada diantara anak2 didik yg motorik halusnya belum berkembang secara sempurna seperti memegang pensil dengan cara digengam,atau belum bisa menggerakkan pensil dengan baik,disini peran guru sangat diperlukan oleh murid yg mengalami kesulitan memegang pensil guru harus bisa memberikan semangat kepada murid bahwa dia pasti bisa melakukannya dan menumbuhkan rasa percaya diri kepada anak tersebut,manfaat dari vidio tersebut saya bisa belajar bagaimana cara mengatasi kesulitan anak saat memegang pensil dengan benar dan memotivasi saya agar bisa lebih sabar dan selalu memberikan semangat kepada anak didik apabila menemukan seperti kasus dalam vidio tersebut,

  10. Nama:Aini Nur Hasanah
    Nim :857617663
    Video diatas merupakan salah satu cara mengatasi tentang cara anak tidak bisa memegang pensil dengan benar, sudah sepantasnya kita sebagai tenaga pendidik memperhatikan anak bagaimana anak itu bisa megang pensil dengan benar, dalam video diatas sangat membantu kita bagaimana cara megang pensil dengan benar dengan cara memindahkan air dengan spon, meremas kertas, membuka tutup gembok,hal itu untuk melatih kelenturan tangan anak atau dengan cara mengancing baju

Leave a Reply