silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program video ini diperlihatkan bagaimana cara seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Cara yang dilakukan adalah dengan melatih motorik halus anak secara bertahap. Diantara cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju.
Badru Zaman
Pada tayangan video tersebut saya tidak bisa mengatakan kegiatan ini belum terlihat pembuka, isi, dan penutup, karena video ini tdak ditayangkan secara utuh, untuk penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah baik, evaluasi sudah nampak dalam unjuk kerja anak.
Untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, saran saya sebaiknya diawali dengan pengenalan alat (pensil) seperti jenis-jenis pensil, kegunaan pensil, bahaya pensil kalau tidak digunakan dengan benar dan lain sebagainya.
Contoh untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah baik yang berkenaan dengan cara cara melatih motorik halus anak guna menguatkan jari-jari tangan saat memegang pensil dengan baik dan benar, semakin banyak melatih jari tangan akan semakin baik cara memegang pensilnya.
Drs. Muman Hendra Budiman, M.Pd.
Pada tayangan video tersebut belum terlihat jelas, kegiatan pembuka, isi, dan penutup. Penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah cukup terlihat namun untuk evaluasi belum terlihat. Untuk tingkat perkembangan anak didik belum begitu sesuai karena biasanya kegiatan pada pembelajaran tersebut dilakukan untuk kelompok A atau bila ada kelompok bermain (melatih motorik halus). Untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku, yaitu yang berkenaan dengan cara-cara melatih motorik halus anak guna menguatkan tangan saat memegang pensil dengan benar.
Tri Ekowati
Nama : LENITA EXSA WINAYANI
NIM : 857704759
Setelah saya memutar video dari GPO tentang “Anak belum bisa memegang pensil dengan benar”.
Anak didik rentang umur 3-6 tahun cenderung mengalami perkembangan kekuatan dan koordinasi tangan yang cukup cepat namun ada sebagian anak yang mengalami perkembangan yang belum sempurna . Jadi anak mampu membuat garis melengkung malahan kertasnya sobek dan pensilnya patah.
Solusi pada video pada kegiatan tersebut:
a. latihlah kelenturan jari anak dalam memegang objek tertentu, seperti pensil dengan kegiatan bermain memindahkan air dari wadah 1 ke wadah lainnya dengan spons, spons diremas/diperas oleh anak tiap kali dipindahkan ke mangkuk lain
b. Melatih kemampuan anak dalam memegang suatu objek dengan latihan membuka/menutup gembok agar kemampuan memegang objek semakin kuat dan terorganisasi dengan baik
c. Melatih kelenturan jari-jari tangan anak dengan membuka atau memasang kancing baju. Cara ini akan melatih kelenturan dan mengoordinasikan otot serta jari-jari tangan anak
Nama : Rahmatika
NIM : 856288517
Assalamualaikum…
Dalam video di tampilkan ada anak didik yang belum mampu memegang pensil dengan benar, hal ini di sampaikan pada guru. Sehingga pada lanjutan video guru memberikan beberapa tahap latihan motorik halus pada anak didik, diantaranya :
1. memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon
2. membuka dan menutup gembok kunci,
3. memasang dan melepakan mur dan baut
4. membuka dan memasangkan kancing baju.
Latihan latihan tersebut bertujuan agar anak mampu memegang objek dengan kuat dan terkordinasi dengan baik. Dalam video di perlihatkan guru mengajarkan tiap tahapan dengan langsung mempraktikkan setelah itu anak di minta untuk melakukannya. Bukan hanya dengan memerintahkannya saja pada anak. Menurut saya tindakan guru mempraktikkan langsung tahapan-tahapan untuk melatih motorik halus adalah tindakan yang tepat. karena dengan praktik langsung mka anak didik bisa mengamati dan mempraktikkan langsung apa yang sudah dia lihat.
Nama :Suwarsini
Nim. :857772174
Upbjj. :Semarang
Prodi. :S1 PGPAUD
Video di atas menceritakan tentang salah satu anak yang kesusahan dalam memegang pensil. Lalu guru menstimulasinya dengan cara pertama melatih kelenturan jari dengan cara memindahkan air dengan media spons, yang kedua melatih kekuatan tangan dengan cara membuka dan menutup gembok. Melatih kelenturan dan koordinasi otot dengan cara membuka dan memancingkan berbagai macam kancing.
Setelah saya amati dan saya telaah kejadian tersebut memang sering kali saya jumpai ketika di awal tahun ajaran baru. Banyak anak-anak yang perkembangan motorik harusnya belum terbentuk. Dan di dalam video tersebut sangat menginspirasi karena dijabarkan bagaimana cara-cara menstimulus perkembangan motorik anak. Video yang sangat relevan dan bisa dijadikan acuan untuk anak-anak Didik kami perhatikan menjumpai hal yang sama di dalam awal tahun ajaran baru.
NAMA : NURHAYATI
NIM : 856288216
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh,,, izinkan saya menanggapi vidio diatas.
Dalam video yang berjudul “Mengatasi Anak Yang Belum Bisa Memegang Pensil Dengan Benar”, tindakan guru dalam melatih motorik halus anak sudah sangat tepat dan terarah. Guru menggunakan berbagai metode stimulasi yang dirancang untuk memperkuat otot-otot kecil pada tangan dan jari anak, seperti ekstrak busa, membuka dan menutup kunci, serta membuka dan memasang mur. Kegiatan-kegiatan ini tidak hanya bertujuan untuk melatih kekuatan dan ketahanan otot-otot jari, tetapi juga meningkatkan koordinasi antara otak dan tangan, yang sangat penting agar anak dapat memegang pensil dengan posisi yang benar. Latihan ini dilakukan secara bertahap agar anak tidak hanya terbiasa, tetapi juga memiliki kontrol yang lebih baik saat menulis, sehingga proses belajar menjadi lebih efektif.
Dari video yang saya amati, tidak semua anak memiliki perkembangan yang sama. Ada yang sudah bisa menebalkan garis dengan baik dan ada yang belum bisa menebalkan garis, dan malah membuat kertas menjadi sobek.
Video ini sangat bermanfaat bagi saya dalam mengatasi anak yang belum mampu menggunakan pensil dengan baik. Dengan melakukan latihan latihan sederhana dan mendasar, seperti memindahkan air dengan memeras spons, memeras kertas, serta membuka tutup botol.
Nama : Puspita Mehdiary
NIM : 856635952
Dari video yang saya amati, tidak semua anak memiliki perkembangan yang sama. Ada yang sudah bisa menebalkan garis dengan baik dan ada yang belum bisa menebalkan garis, dan malah membuat kertas menjadi sobek.
Video ini sangat bermanfaat bagi saya dalam mengatasi anak yang belum mampu menggunakan pensil dengan baik. Dengan melakukan latihan latihan sederhana dan mendasar, seperti memindahkan air dengan memeras spons, memeras kertas, serta membuka tutup botol.
Nama : Ummul Khoiriyah
NIM : 856094376
Masya Allah Alhamdulillah video ini sangat bermanfaat. kita melihat bahwa permasalahan yang ditampilkan di video memang selalu terjadi di setiap sekolah. kenapa ini bisa terjadi? berdasarkan pengalaman beberapa tahun saya mengajar ini dikarenakan anak tidak dipersiapkan oleh orang tua untuk melatih motorik halusnya. banyak pelatihan yang bisa digunakan untuk melatih kekuatan jari, kelenturan jari itu tidak diketahui oleh orang tua jadi permainan tidak terfokus ke hal tersebut. Seperti contohnya gunting, Kebanyakan orang tua takut memberikan gunting kepada anaknya sehingga. anak tidak mampu memegang gunting yang padahal kemampuan menggunting adalah kemampuan pra calistung. maka sekolah sebagai pihak yang mendidik anak-anak di sekolah maka akan melatih anak dari kegiatan yang kecil atau awal. seperti yang ada di video yaitu Meremas spons, membuka tutup botol, buka dan menutup kancing. kami juga melakukan kegiatan yang lain untuk melatih motorik halus tersebut dengan cara bermain pasir, bermain plastisin, memegang jepitan, meremas dan melempar kertas dll .
NAMA : TRI SUGESTI
NIM : 877525907
Pada video di atas memperlihatkan kemampuan pra menulis pada anak yang diterapkan guru melalui beberapa kegiatan, diantaranya:
– memindahkan air dengan memeras spons
– membuka dan menutup dengan mengggunakan kunci
– memasang kancing
– membuka dan menutup skrup dengan cara memutarnya
kegiatan main ini tentunya tahap awal dalam meningkatkan kemampuan menulis anak, melatih kelenturan jari-jemarinya dan meningkatkan kemauan anak untuk menulis.
Nama : Selia
Nim : 858428453
UPBJJ : Samarinda
Video ini sangat bermanfaat bagi anak-anak yang masih belajar cara memegang pensil dengan benar. Proses penulisan dimulai dari kemampuan memegang pensil dengan cara yang tepat dan menggerakkan jari-jari secara efektif.
Ada beberapa latihan untuk membantu anak-anak dalam memegang pensil dengan benar. Salah satunya adalah memindahkan air dari satu mangkuk ke mangkuk lainnya menggunakan spon. Ini dapat melatih kekuatan dan koordinasi tangan mereka. Selain itu, membuka dan menutup gembok juga bisa menjadi latihan yang baik. Hal ini membantu anak memahami cara menggunakan jari-jarinya dengan lebih presisi.
Kegiatan lain yang dapat dilakukan adalah melepas dan memasang kancing baju. Ini juga dapat meningkatkan keterampilan motorik halus mereka.
Untuk tambahan latihan, Anda bisa mencoba menjepit benda kecil dengan ibu jari dan jari telunjuk. Latihan ini membantu anak mengembangkan keterampilan menggenggam dan kontrol jari. Menggunakan plastisin untuk membentuk berbagai benda juga sangat bermanfaat, karena anak dapat belajar mengontrol gerakan jari dengan lebih baik. Terakhir, menggunting kertas dapat meningkatkan keterampilan motorik mereka sekaligus memberi pengalaman yang menyenangkan.
Nama : Rani Prastyowati
NIM : 859417288
Jurusan : PGPAUD/ UT Makassar
Pendapat saya mengenai video diatas yang berjudul ” Mengatasi Anak yang Belum Bisa Memegang Pensil dengan Benar” yaitu, hal ini biasa terjadi pada anak yang dimana anak belum bisa untuk memegang pensil dengan benar. Ada beberapa cara untuk mengatasi hal tersebut yaitu :
1. Melatih kelenturan jari anak dengan memegang objek tertentu seperti, spon (dengan melakukan kegiatan bermain memindahkan air).
2. Melatih anak untuk memegang suatu objek dengan latihan membuka dan menutup kunci gembok agar kemampuan anak memegang objek semakin kuat.
3. Melatih kelenturan dan koordinasi otot dan jari tangan anak.