silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program video ini diperlihatkan bagaimana cara seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Cara yang dilakukan adalah dengan melatih motorik halus anak secara bertahap. Diantara cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju.

Badru Zaman

Pada tayangan video tersebut saya tidak bisa  mengatakan kegiatan ini belum terlihat pembuka, isi, dan penutup, karena video ini tdak ditayangkan secara utuh, untuk penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah baik,  evaluasi sudah nampak dalam unjuk kerja anak.

Untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, saran saya sebaiknya diawali dengan pengenalan alat (pensil) seperti  jenis-jenis pensil, kegunaan pensil, bahaya pensil kalau tidak digunakan dengan benar dan lain sebagainya.

Contoh untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah baik  yang berkenaan dengan cara cara melatih motorik halus anak guna menguatkan jari-jari tangan saat memegang pensil dengan baik dan benar, semakin banyak melatih jari tangan akan semakin baik cara memegang pensilnya.

Drs. Muman Hendra Budiman, M.Pd.

Pada tayangan video tersebut belum terlihat jelas, kegiatan pembuka, isi, dan penutup. Penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah cukup terlihat namun untuk evaluasi belum terlihat. Untuk tingkat perkembangan anak didik belum begitu sesuai karena biasanya kegiatan pada pembelajaran tersebut dilakukan untuk kelompok A atau bila ada kelompok bermain (melatih motorik halus). Untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku, yaitu yang berkenaan dengan cara-cara melatih motorik halus anak guna menguatkan tangan saat memegang pensil dengan benar.

Tri Ekowati

Similar Posts

4,617 Comments

  1. Assalamu’alaikum wr,wb.
    Izin memperkenalkan diri nama Saya Zelin Ayu P dengan NIM 857517897.
    Setelah saya menonton video seri pembelajaran fisik motorik dengan judul ”Mengatasi anak yang belum mampu memegang pensil dengan benar.” Menurut pendapat saya video tersebut sangat bermanfaat dan menjadi referensi bagi setiap guru anak usia dini yang memiliki kesulitan dalam mengatasi anak yang masih belum mampu memegang pensil dengan benar atau bisa dikatakan perkembangan motorik halusnya belum sempurna karena setiap anak memiliki proses perkembangan fisik motorik yang berbeda.
    Dalam video tersebut solusi yang bisa dilakukan untuk mengatasi anak yang masih belum bisa memegang pensil dengan baik adalah sebagai berikut.
    1. Memindahkan air ke mangkuk menggunakan spons dengan cara diperas, supaya melatih kelenturan jari anak dalam memegang objek tertentu.
    2. Membuka/menutup gembok agar kemampuan memegang objek semakin kuat dan terorganisasi dengan baik.
    3. Memasang kancing baju yang bertujuan untuk melatih kelenturan dan koordinasi otot serta jari-jari tangan anak.
    Selain itu, ada beberapa aktivitas atau kegiatan yang bisa dilakukan untuk memberikan stimulasi kepada anak untuk perkembangan motorik halusnya diantaranya :
    1. Bermain plastisin dengan membuat bentuk sesuai dengan kreativitas anak.
    2. Membuat bola kusut secara memutar dengan pensil. Kegiatan ini bisa dilakukan untuk anak usia pra menulis agar membantu kekuatan dan kelenturan otot dan jari-jari tangannya dalam memegang sebuah objek.
    3. Menebalkan garis, huruf atau angka.
    4. Menjepit pom-pom atau objek lain.
    5. Mewarnai gambar
    6. Membuka dan menutup resleting baju/ celana.
    Terimakasih 🙏🏼😊

  2. Nama : resa pebri mulia
    Nim: 856284297
    Izin menanggapi videonya ya buk.
    Didalam video terlihat anak cendrung mengalami perkembangan kekuatan dan koordinasi tangan yang cukup namun ada sebagian anak yang mengalami perkembangan yang belum sempurna. Didalam video tersebut guru lebih memfokuskan pada perkembangan motorik halus nya, menekankan pentingnya keterampilan motorik halus sebagai dasar untuk aktivitas, siguru mencontohkan dengan permainan meremas spons dan juga dengan pendekatan bertahap yang dilakukan oleh guru untuk melatih kelenturan jari jari tangan.

  3. Nama : Yusnina
    Nim : 858319853
    terimaksih kepada Gpo ut atas vedio pembelajan tentang ”anak yang sulit memegang pensil” dengan adanya vedio pembelajaran ini saya dapat ilmu baru bagaimana cara melatih motorik halus anak agar motorik halus nya berkembang,sehingga tidak kaku dalam memegang pensil.selain latihan menarik garis,meremas spon,dan mengancing baju ternyata membuka gembok kunci juga melatih motorik halus anak.

  4. Nama : Roiyan Fadilla
    NIM : 855894012

    Setelah saya melihat video tersebut, saya dapat menyimpulkan bahwa dengan melatih motorik anak dengan memberikan praktek menggunakan beberapa media tersebut anak dapat melatih kelenturan jari-jari tangannya serta dapat melatih konsentrasinya juga.

  5. Nama : Roiyan Fadilla
    NIM : 855894012

    Setelah saya melihat keseluruhan video tersebut, saya dapat menyimpulkan bahwa dengan melatih motorik anak dengan memberikan praktek menggunakan media tersebut anak dapat melatih kelenturan jari-jari tangannya serta dapat melatih konsentrasinya juga.

  6. Nama : Roiyan Fadilla
    NIM : 855894012

    Setelah saya melihat video tersebut, saya dapat menyimpulkan bahwa dengan melatih motorik anak dengan memberikan praktek menggunakan media tersebut anak dapat melatih kelenturan jari-jari tangannya serta dapat melatih konsentrasinya juga.
    Semoga video ini dapat menjadi referensi dalam pembelajaran di kelas saya.

  7. Setelah melihat Video tersebut diatas apa yang dilakukan guru tersebut sudah sangatlah tepat dalam memberikan stimulusi bagi anak yang belum bisa memegang pensil. kebetulan saya sendiri mengalami hal yang sama. terlebih saya bekerja di lembaga inklusi dimana sebagian besar dari mereka masih banyak mengalami keterlambatan termasuk pada aspek morotik halus terlebih kegiatan menulis. sebagai guru saya sudah melakukan beberapa cara yang ada di dalam video tersebut untuk anak didik saya, saya juga mencari banyak referensi kegiatan lain untuk menstimulasi mereka , agar mereka lebih semangat dengan ragam kegiatan dan media yang digunakan sehingga nantinya mereka siap untuk melakukan kegiatan menulis. latihan – latihan tersebut alangkah baiknya tidak hanya dilakukan di sekolah melainkan berkelanjutan untuk juga di lakukan di rumah. selain mampu menstimulus anak untuk dapat menulis, kegiatan- kegiatan dalam video juga mampu membantu anak dalam aspek perkembangan yang lain misalnya saja kemandirian. karena anak dapat belajar konsep buka tutup botol dari bermain lepas pasang mur dan baut, belajar mencuci piring plastik dari kegiatan meremas spon dll. karena dari pengalaman pribadi saya , kegiatan harian anak (activity daily living) dapat mempengaruhi sebagian dari aspek perkembangan mereka. mohon maaf apabila ada salah dan kurangnya dalam berkomentar. Terimakasih

  8. Nama : mawaddatul hasanah
    Nim : 855770784
    Setelah melihat Video tersebut diatas apa yang dilakukan guru tersebut sudah sangatlah tepat dalam memberikan stumulus bagi anak yang belum bisa memegang pensil. kebetulan saya sendiri mengalami hal yang sama. terlebih saya bekerja di lembaga inklusi dimana sebagian besar dari mereka masih banyak mengalami keterlambatan termasuk pada aspek morotik halus terlebih kegiatan menulis. sebagai guru saya sudah melakukan beberapa cara yang ada di dalam video tersebut untuk anak didik saya, saya juga mencari banyak referensi kegiatan lain untuk menstimulasi mereka , agar mereka lebih semangat dengan ragam kegiatan dan media yang digunakan sehingga nantinya mereka siap untuk melakukan kegiatan menulis. latihan – latihan tersebut alangkah baiknya tidak hanya dilakukan di sekolah melainkan berkelanjutan untuk juga di lakukan di rumah. selain mampu menstimulus anak untuk dapat menulis, kegiatan- kegiatan dalam video juga mampu membantu anak dalam aspek perkembangan yang lain misalnya saja kemandirian. karena anak dapat belajar konsep buka tutup botol dari bermain lepas pasang mur dan baut, belajar mencuci piring plastik dari kegiatan meremas spon dll. karena dari pengalaman pribadi saya , kegiatan harian anak (activity daily living) dapat mempengaruhi sebagian dari aspek perkembangan mereka. mohon maaf apabila ada salah dan kurangnya dalam berkomentar. Terimakasih

  9. Nama : mawaddatul hasanah
    Nim : 855770784
    Pokjar : kelekar
    Setelah melihat Video tersebut diatas apa yang dilakukan guru tersebut sudah sangatlah tepat dalam memberikan stumulus bagi anak yang belum bisa memegang pensil. kebetulan saya sendiri mengalami hal yang sama. terlebih saya bekerja di lembaga inklusi dimana sebagian besar dari mereka masih banyak mengalami keterlambatan termasuk pada aspek morotik halus terlebih kegiatan menulis. sebagai guru saya sudah melakukan beberapa cara yang ada di dalam video tersebut untuk anak didik saya, saya juga mencari banyak referensi kegiatan lain untuk menstimulasi mereka , agar mereka lebih semangat dengan ragam kegiatan dan media yang digunakan sehingga nantinya mereka siap untuk melakukan kegiatan menulis. latihan – latihan tersebut alangkah baiknya tidak hanya dilakukan di sekolah melainkan berkelanjutan untuk juga di lakukan di rumah. selain mampu menstimulus anak untuk dapat menulis, kegiatan- kegiatan dalam video juga mampu membantu anak dalam aspek perkembangan yang lain misalnya saja kemandirian. karena anak dapat belajar konsep buka tutup botol dari bermain lepas pasang mur dan baut, belajar mencuci piring plastik dari kegiatan meremas spon dll. karena dari pengalaman pribadi saya , kegiatan harian anak (activity daily living) dapat mempengaruhi sebagian dari aspek perkembangan mereka. mohon maaf apabila ada salah dan kurangnya dalam berkomentar. Terimakasih

  10. Assalammualaikum,, wr,,wb
    selamat siang, salam sejahtera untuk kita semua, perkenalkan nama saya Widy Dhara Addhawiyah dengan NIM 857324361 UPBJJ Bogor
    setelah saya melihat video tersebut menurut pandangan saya mengajarkan anak memegang pensil dengan benar memang membutuhkan waktu dan kesabaran, terutama untuk anak usia dini yang masih mengembangkan keterampilan motorik halus. Solusi untuk mengatasi kondisi tersebut :
    1. Latihan Secara Bertahap
    Mulailah dari waktu yang singkat dan tingkatan secara bertahap agar anak tidak cepat lelah atau frustrasi. Menciptakan suasana yang santai dan beri pujian agar mereka semakin bersemangat. Contohnya memegang objek dengan kegiatan memindahkan air dari mangkok ke mangkok lain dengan menggunakan spoon, spoon tersebut di remas atau di peras anak lalu di pindahkan ke mangkok yang lain.
    2. Latihan Motorik Halus
    Perkuat otot-otot tangan dan jari dengan aktivitas motorik halus seperti merobek kertas, meremas plastisin atau tanah liat, menjepit benda kecil, atau memutar penutup botol. Kegiatan ini melatih kekuatan otot jari yang dibutuhkan untuk memegang pensil dengan stabil. Atau bisa juga dengan memegang suatu objek dengan latihan membuka dan menutup kunci gembok atau gerakan membuka dan mengencangkan sekrup agar kemampuaan memegang objek nya semakin kuat dan terkoordinasi dengan baik. Guru memberikan contoh lebih awal lalu anak mencobanya.
    3. Melatih Kelenturan
    Melatih kelenturan jari-jari anak dengan membuka dan memasangkan beragam kancing baju, cara ini agar melatih kelenturan dan terkoordinasi otot dan jari tangannya, anak pun mencoba nya dengan mengancingkan baju tersebut.

    Baik mungkin cukup sekian kurang lebihnya mohon maaf wassalammualaikum,,wr,,wb selamat siang

Leave a Reply