silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program video ini diperlihatkan bagaimana cara seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Cara yang dilakukan adalah dengan melatih motorik halus anak secara bertahap. Diantara cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju.
Badru Zaman
Pada tayangan video tersebut saya tidak bisa mengatakan kegiatan ini belum terlihat pembuka, isi, dan penutup, karena video ini tdak ditayangkan secara utuh, untuk penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah baik, evaluasi sudah nampak dalam unjuk kerja anak.
Untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, saran saya sebaiknya diawali dengan pengenalan alat (pensil) seperti jenis-jenis pensil, kegunaan pensil, bahaya pensil kalau tidak digunakan dengan benar dan lain sebagainya.
Contoh untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah baik yang berkenaan dengan cara cara melatih motorik halus anak guna menguatkan jari-jari tangan saat memegang pensil dengan baik dan benar, semakin banyak melatih jari tangan akan semakin baik cara memegang pensilnya.
Drs. Muman Hendra Budiman, M.Pd.
Pada tayangan video tersebut belum terlihat jelas, kegiatan pembuka, isi, dan penutup. Penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah cukup terlihat namun untuk evaluasi belum terlihat. Untuk tingkat perkembangan anak didik belum begitu sesuai karena biasanya kegiatan pada pembelajaran tersebut dilakukan untuk kelompok A atau bila ada kelompok bermain (melatih motorik halus). Untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku, yaitu yang berkenaan dengan cara-cara melatih motorik halus anak guna menguatkan tangan saat memegang pensil dengan benar.
Tri Ekowati
Menurut saya sangat bagus sekali videonya dan sangat menginspirasi dalam perbaikan pembelajaran untuk meningkatkan motorik halus anak yang belum mampu memegang alat tulis dengan benar serta melatih kekuatan otot jari-jari tangan ,,,
Ada beberapa cara untuk membantu anak agar dapat melatih motorik halus anak :
1. Diajarkan cara yang benar memegang alat tulis , jika anak belum mampu menggoreskan ke kertas , guru bisa membantu menuntunnya pelan-pelan, lalu setelah dituntun ,, anak disuruh mencoba dengan memegang sendiri dan dimotivasi.
2. Bisa melatihnya dengan mengecap dengan pelepah pisang , stempel dan banyak bahan yang bisa dibuat untuk stimulasi motorik halus anak.
Perkembangan anak berbeda jadi kita perlu perhatikan dan mencoba satu per satu ,,,
Terimakasih,,,
Nama :EKA SRI PUJI LESTARI
Pokjar : MUKOMUKO
Dari video yang ditampilkan pada seri pembelajaran PAUD untuk mengatasi anak yang masih kesulitan dalam memegang pensil sudah tepat cara cara yang digunakan oleh guru untuk menangani atau menstimulasi yaitu dengan melakukan kegiatan kegiatan yang merangsang motorik halus atau jari jari tangan anak. Namun seharusnya kegiatan tersebut dilakukan sebelum memberikan kegiatan memegang pensil. Sehingga anak akan lebih memiliki kesiapan diri atau motorik halus anak sudah siap untuk melakukan kegiatan kegiatan yang lebih rumit.
Beberapa kelemahan dari kegiatan belajar yang dilakukan guru yaitu
1. Guru belum melakukan kegiatan pra menulis sebelum memberikan kegiatan yang menggunakan pensil.
2. Guru sudah memberikan LKA dengan garis yang bermacam macam sehingga membuat anak merasa kesulitan.
Selain kelamahan tersebut guru juga memiliki kelebihan dalam kegiatan pembelajarannya yaitu
1. Guru sudah memberikan stimulasi yang baik dengan memberikan berbagai kegiatan pra menulis yang melatih motorik halus anak.
2. Guru sudah melakukan pendampingan yang baik terhadap anak yang mengalami kesulitan.
Setelah melihat video diatas , bagaimana cara mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil di lakukan dengan stimulus yang sangat baik dan membantu para guru untuk mempraktekkan di sekolah nya masing-masing. Menurut saya pemberian stimulus itu sangat baik seperti yg ada di video yaitu, memindahkan air menggunakan spons, membuka dan mengunci gembok cara ini sangat bermanfaat untuk anak yang belum bisa memegang pensil agar mereka bisa menebalkan garis dank kegiatan lainnya.
Setelah melihat video di atas yang berjudul cara mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil, sangat menarik dan menginspirasi para guru untuk mempraktekkan kegiatan tersebut di sekolah mereka. Cara ini juga sangat bagus untuk perkembangan anak melatih anak agar anak dapat menebalkan garis dan kegiatan lainnya.
Di dalam video tersebut guru memberi stimulus dengan cara memindahkan air menggunakan spons dan di peras, juga mengajarkan anak cara membuka dan mengunci gembok.
Semoga dengan video ini dapat memberikan pengetahuan guru untuk memberikan stimulus yang tepat kepada anak yang belum bisa memegang pensil
NAMA : JUMILIA KESNA
NIM : 856275391
Assalamualaikum wr wb. Izinkzn saya berkomentar tentang Vidio “mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar”.
Menurut pendapat saya dalam masalah pada anak tersebut seringkali kita jumpai pada anak usia dini. Berdasarkan sinopsis diatas tersebut awalnya guru mengajarkan anak cara menebalkan garis lengkung dari bawah naik keatas turun lagi naik keatas dan seterusnya. Dapat kita ketahui bahwa beberapa anak mengalami perkembangan belum sempurna terutama tata cara memegang pensil dengan benar. Solusi yang dijelaskan pada vidio tersebut sangat bagus yaitu Cara yang dilakukan adalah dengan melatih motorik halus anak secara bertahap. Diantara cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka, membuka dan mengencangkan skrup dan memasangkan kancing baju. Selain solusi tersebut perlu saya tambahkan cara melatih motorik halus anak agar bisa memegang pensil dengan benar yaitu bermain plastisin, meremas kertas, merobek kertas, melipat kertas, bermain tanah liat, bermain puzzle, menggelindingkan, melempar dan menangkap bola, menuangkan pasir menggunakan gelas kedalam baskom, memindahkan benda dengan penjepit, menggunting dan menempel.
Sekian dan Terimakasih. Wasaalammualaikum wr wb
Nama : Rifqoh Maula Al Azami
NIM : 877684834
Analisis dari video yang berjudul “Mengatasi Anak yang Belum Bisa Memegang Pensil dengan Benar” berdasarkan video solusi dari mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar yaitu dengan memindahkan air dgn spons dari mangkok satu ke mangkok kedua, membuka dan menutup kunci gembok, memasang kancing baju.
refleksi lainnya untuk mengatasi tersebut adalah bermain plastisin, meremas kertas, bermain tanah liat, bermain dengan gunting hal itu dapat melatih fokus dan melatih motorik halus anak.
Nama : Trianita Shahrianti
NIM : 859516385
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Video tersebut adalah tentang anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, hal ini sering sekali dijumpai oleh anak-anak di sekolah, hal itu dikarenakan kurangnya stimulasi motorik halus sejak dini, pembelajaran yang diberikan oleh guru sudah cukup baik dalam memberikan stimulasi kepada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, dengan memberikan stimulasi motorik halus seperti memasang kancing, membuka dan menutup kunci gembok, membuat pola garis. Namun stimulasi ini dapat dikembangkan lebih seperti dengan kegiatan meremas, mencoret, bermain plastisin, bermain tanah liat.
Nama : Diva Pramu Iswari
NIM : 857968641
Menurut saya video yg berjudul “mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar” masalah tersebut banyak kita jumpai pada anak anak berdasarkan video tersebut dengan cara memindahkan air dengan spons, membuka dan menutup kunci gembok, memasang kancing baju. Cara lain bisa dengan bermain plastisin, meremas kertas, bermain memindahkan pom pom kecil dengan jepitan agar dapat melatih motorik halus anak
Video ini sangat menginspirasi guru mauapun orang tua untuk dapat memberikan stimulasi pengembangan motorik halus kepada anak dalam kasus ini adalah anak kesulitan memegang pensil. Ternyata dari permainan sederhana dan sangat disenangi anak bisa melatih motorik halus mereka, seperti meremas spons yang di celupkan ke air, memutar mur dan baut, membuka gembok mengguakan kunci dan masih banyak kegiatan lain yang bisa kita lakukan dengan benda-benda disekitar kita, misal meremas beras yang diberi air, meremas kertas bekas dibuat bubur kertas, main pasir dan lain sebagainya. Video ini membuka wawasan ami dan menginspirasi kami untuk menemukan lebih banyak lagi kegiatan yang dapat mengoptialkan kemampuan dasar fisik anak usia dini.Terimakasih
Nama Dyah puspitoningrat
NIM 857853621
Video ini sangat meginspirasi guru ataupun orang tua untuk mengembangkan kemampuan kemampuan dasar fisik anak usia dini agar berkembang optimal, dalam kasus di video ini adalah anak kesulitan memegang pensil dengan baik. Guru memberikan stimulasi melalui kegiatan meremas spons yang diberi air, membuka gembok menggunakan kunci dan memutar mur baut. Ternyata dari hal-hal sederhana yang ada di sekitar kita sangat membantu untuk mengembangkan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan yang menyenangkan.Selain kegiatan di atas masih banyak kegiatan yang bisa kita aplikasikan di rumah atau di sekolah seperti kegiatan mencuci beras, membuat kue donat, membuat bubur kertas dan lain sebagainya