silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program video ini diperlihatkan bagaimana cara seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Cara yang dilakukan adalah dengan melatih motorik halus anak secara bertahap. Diantara cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju.
Badru Zaman
Pada tayangan video tersebut saya tidak bisa mengatakan kegiatan ini belum terlihat pembuka, isi, dan penutup, karena video ini tdak ditayangkan secara utuh, untuk penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah baik, evaluasi sudah nampak dalam unjuk kerja anak.
Untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, saran saya sebaiknya diawali dengan pengenalan alat (pensil) seperti jenis-jenis pensil, kegunaan pensil, bahaya pensil kalau tidak digunakan dengan benar dan lain sebagainya.
Contoh untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah baik yang berkenaan dengan cara cara melatih motorik halus anak guna menguatkan jari-jari tangan saat memegang pensil dengan baik dan benar, semakin banyak melatih jari tangan akan semakin baik cara memegang pensilnya.
Drs. Muman Hendra Budiman, M.Pd.
Pada tayangan video tersebut belum terlihat jelas, kegiatan pembuka, isi, dan penutup. Penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah cukup terlihat namun untuk evaluasi belum terlihat. Untuk tingkat perkembangan anak didik belum begitu sesuai karena biasanya kegiatan pada pembelajaran tersebut dilakukan untuk kelompok A atau bila ada kelompok bermain (melatih motorik halus). Untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku, yaitu yang berkenaan dengan cara-cara melatih motorik halus anak guna menguatkan tangan saat memegang pensil dengan benar.
Tri Ekowati
Nama: Kusuma Wardani
Nim: 822959425
Dalam video tersebut kita di tampilkan tentang bagaimana cara seorang guru dalam mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Guru tersebut terlihat sangat sabar dan telaten dalam mengatasi masalah yang terjadi kepada anak didiknya. Contoh beberapa kegiatan yang di lakukan guru dalam video tersebut untuk melatih fisik motorik pada anak yang nantinya dapat kita terapkan di sekolah masing-masing ketika menemukan masalah yang serupa antara lain:
1. Kegiatan memindahkan air menggunakan sponds dari wadah satu ke wadah yang lainnya dengan cara meremas sponds setelah di celupkan ke dalam wadah satu yang berisi air, kemudian air yang tertampung di sponds tersebutlah yang akan di remas di dalam wadah dua guna untuk mengisi wadah dua tersebut. Kegiatan seperti ini dapat melatih kelenturan anak dalam memegang sesuatu, seperti : pensil.
2. Kegiatan membuka dan menutup gembok, skrup dan lain sebagainya. Hal ini dapat melatih anak untuk memegang suatu objek dengan erat tanpa takut objek tersebut akan bergeser kesana kemari.
3. Kegiatan membuka dan memasangkan beragam kancing baju. Kegiatan ini dapat melatih kelenturan-kelenturan otot-otot jari pada anak.
Nama : Norlinda Sari
Nim : 858455088
Anak melatih motorik halus anak dapat membantu melatihnya menguatkan jari jari anak saat megang pensil,anak d arahkan untuk menjepit pensil d dekat bagian runcing menggunakan ibu jari dan telunjuk.
Nama : Norlinda Sari
Nim : 858455088
Anak dapat melatih melatih motorik halus anak dan dapat membantu melatihnya menguatkan jari jari tangan saat menggunakan pensil,dan anak d arahkan untuk menjepit pensil d dekat bagian runcing menggunakan ibu jari dan telunjuk lalu putar ke arah belakang.
Nama : Y.Y Maruli Silalahi
NIM : 856248402
UPBJJ : Padang
izin menanggapi Video yang berjudul : Mengatasi Anak yang Belum Bisa Memegang Pensil dengan Benar.
dengan memperhatikan kelemahan dan kelebihan anak, seorang guru dapat menyesuaikan pendekatan mereka untuk memenuhi kebutuhan individu anak, bahwa semua anak wajib mendapatkan dukungan yang mereka butuhkan untuk berkembang.
berikut adalah beberapa cara efektif untuk mencapai tujuan tersebut :
1. latihan menggunakan alat tulis
2. aktifitas memeras dan meremas
3. permainan menyusun dan memasukkan
4. menggunting kertas
5. aktifitas mewarnai dan menggambar
6. latihan menjepit
7. permainan puzzle dan lego
8. latihan menulis di pasir atau tepung
dalam konsisten dan variasi dalam kegiatan ini, anak anak lebih siap dan percaya diri dalam memegang pensil dengan benar.
Video ini memberikan gambaran yang baik tentang pentingnya melatih motorik halus pada anak sebagai langkah awal untuk membantu mereka memegang pensil dengan benar. Guru telah menunjukkan kreativitas dalam memilih aktivitas yang relevan dengan kebutuhan anak. Kegiatan seperti memindahkan air dengan spons, membuka dan menutup gembok, serta memasang kancing baju, merupakan cara yang efektif untuk memperkuat otot-otot tangan dan koordinasi anak.
Namun, ada beberapa aspek yang dapat ditingkatkan:
1.Pendekatan yang Lebih Interaktif,Guru dapat melibatkan anak secara verbal dengan memberikan instruksi sederhana atau memberikan kesempatan kepada anak untuk berpendapat tentang aktivitas yang dilakukan.
2.Evaluasi Hasil Kegiatan,Setelah setiap aktivitas, guru bisa memberikan umpan balik atau mendorong anak untuk merefleksikan apa yang telah mereka pelajari.
3.Diversifikasi Aktivitas,Menambah lebih banyak variasi kegiatan yang mendukung motorik halus, seperti bermain plastisin atau meronce, dapat membuat pembelajaran lebih menarik dan menyeluruh.
Nama : Dewi anggraini
NIM: 858539208
UPBJJ: Kota Semarang
Dari video diatas terlihat guru sedang memberikan kegiatan menebalkan titik/ membuat garis. Yang mana ada salah satu anak belum bisa mengerjakan ,dari video tersebut terlihat guru sedang memberikan pembelajaran untuk melatih kekuatan otot tangan anak. Adapun cara yang digunakan anak perlu dilatih menguatkan motorik halus pada anak.
Adapun cara melatih kelenturan jari anak melalui kegiatan berikut ini:
1. Meremas spon : memindahkan air dari tempat satu ke tempa yang lain dengan menggunakan spons, melatih kekuatan otot hati yngan
2. Membuka dan menutup kunci gembok,tujuannya untuk menguatkan jari anak serta melatih konsentrasi anak
3. Membuka dan memasangkan Skrub/ mur baut.
4. Membuka dan memasangkan kancing baju, tujuannya melatih kelenturan dan koordinasi otot dan jari anak.
Nama : Kresensia Hiyan NIM : 837257695 UPBJJ : Samarinda izin menyampaikan Video yang berjudul : Mengatasi Anak yang Belum Bisa Memegang Pensil dengan Benar. dengan memperhatikan kelemahan dan kelebihan anak, seorang guru dapat menyesuaikan pendekatan mereka untuk memenuhi kebutuhan individu anak, bahwa semua anak wajib mendapatkan dukungan yang mereka butuhkan untuk berkembang. Berikut adalah beberapa cara efektif untuk mencapai tujuan tersebut : 1. latihan menggunakan alat tulis 2. aktivitas mengacak dan meremas 3. permainan menyusun dan memasukkan 4. menggunting kertas 5. aktivitas mewarnai dan menggambar 6. latihan menjepit 7. permainan puzzle dan lego 8. latihan menulis di pasir atau tepung dalam konsistensi dan variasi dalam kegiatan ini, anak lebih siap dan percaya diri dalam memegang pensil dengan benar.
Nama : Kresensia Hiyan
NIM : 837257695
UPBJJ : Samarinda
Izin menyampaikan Video yang berjudul : Mengatasi Anak yang Belum Bisa Memegang Pensil dengan Benar. dengan memperhatikan kelemahan dan kelebihan anak, seorang guru dapat menyesuaikan pendekatan mereka untuk memenuhi kebutuhan individu anak, bahwa semua anak wajib mendapatkan dukungan yang mereka butuhkan untuk berkembang. Berikut adalah beberapa cara efektif untuk mencapai tujuan tersebut : 1. latihan menggunakan alat tulis 2. aktivitas mengacak dan meremas 3. permainan menyusun dan memasukkan 4. menggunting kertas 5. aktivitas mewarnai dan menggambar 6. latihan menjepit 7. permainan puzzle dan lego 8. latihan menulis di pasir atau tepung dalam konsistensi dan variasi dalam kegiatan ini, anak lebih siap dan percaya diri dalam memegang pensil dengan benar.
Nama : Latifah
NIM : 858156123
Opbjj : Palangka Raya
POKJAR : Muara Teweh
3 kukurangan dan kelebihan guru dalam vidio tersebut yaitu :
Kekurangan :
1. Kurangnya penjelasan mengenai metode latihan yang digunakan,
2. Kurangnya variasi latihan motorik halus yang ditunjukkan, dan
3. Kurangnya interaksi langsung antara guru dan anak dalam video tersebut.
Kelebihan :
1. Kemampuan guru dalam memberikan contoh latihan yang jelas dan mudah dipahami,
2. Kemampuannya dalam memotivasi anak untuk terus berlatih, dan
3. Kemampuannya dalam menciptakan suasana belajar yang menyenangkan bagi anak.
3 kukurangan dan kelebihan guru dalam vidio tersebut yaitu :
Kekurangan :
1. Kurangnya penjelasan mengenai metode latihan yang digunakan,
2. Kurangnya variasi latihan motorik halus yang ditunjukkan, dan
3. Kurangnya interaksi langsung antara guru dan anak dalam video tersebut.
Kelebihan :
1. Kemampuan guru dalam memberikan contoh latihan yang jelas dan mudah dipahami,
2. Kemampuannya dalam memotivasi anak untuk terus berlatih, dan
3. Kemampuannya dalam menciptakan suasana belajar yang menyenangkan bagi anak.