silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program video ini diperlihatkan bagaimana cara seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Cara yang dilakukan adalah dengan melatih motorik halus anak secara bertahap. Diantara cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju.

Badru Zaman

Pada tayangan video tersebut saya tidak bisa  mengatakan kegiatan ini belum terlihat pembuka, isi, dan penutup, karena video ini tdak ditayangkan secara utuh, untuk penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah baik,  evaluasi sudah nampak dalam unjuk kerja anak.

Untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, saran saya sebaiknya diawali dengan pengenalan alat (pensil) seperti  jenis-jenis pensil, kegunaan pensil, bahaya pensil kalau tidak digunakan dengan benar dan lain sebagainya.

Contoh untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah baik  yang berkenaan dengan cara cara melatih motorik halus anak guna menguatkan jari-jari tangan saat memegang pensil dengan baik dan benar, semakin banyak melatih jari tangan akan semakin baik cara memegang pensilnya.

Drs. Muman Hendra Budiman, M.Pd.

Pada tayangan video tersebut belum terlihat jelas, kegiatan pembuka, isi, dan penutup. Penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah cukup terlihat namun untuk evaluasi belum terlihat. Untuk tingkat perkembangan anak didik belum begitu sesuai karena biasanya kegiatan pada pembelajaran tersebut dilakukan untuk kelompok A atau bila ada kelompok bermain (melatih motorik halus). Untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku, yaitu yang berkenaan dengan cara-cara melatih motorik halus anak guna menguatkan tangan saat memegang pensil dengan benar.

Tri Ekowati

Similar Posts

4,784 Comments

  1. NAMA : DITA ANGGRAINI
    NIM : 858181009

    Berdasarkan video diatas, disimpulkan bahwa solusi untuk menangani anak yang masih kesulitan dalam memegang pensil adalah dengan memberi stimulus kegiatan fisik motorik halus yang dapat memberi penguatan pada otot otot jari anak. maka, jika saya mengalami permasalahan anak yang demikian, kegiatan stimulus yang bisa saya berikan ke anak adalah bermain memasukkan beras kedalam botol, membuat bentuk huruf diatas pasir, memilin playdough, merobek kertas.

  2. Dalam video tersebut terlihat seorang guru memberikan stimulus memegang pensil kepada anak. Pemberian stimulus oleh guru sangat efektif dengan cara meremas spon, merobek kertas, memakai kunci dan gembok serta memasang kancing baju.
    kegiatan tersebut dapat melatih kemampuan motorik halus anak dalam menggunakan jari jemari yang nantinya akan berdampak pada anak yang sedang belajar menulis.

  3. Alifa Rudia N- 858758531 – UPBJJ UT Surabaya
    Dalam video tersebut, guru mengajarkan cara mengatasi masalah anak yang tidak bisa memegang pensil dengan benar dan benar. Dia juga mengajarkan motrik halus anak dan meminta anak menebalkan garis. Namun, kertas yang diberikan guru robek karena salah satu anak tidak bisa menebalkan garis. Ada juga cara mengatasi masalah tersebut dalam video.

  4. Judul video ” Mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar”

    Didalam video ini guru menjelaskan dan meminta kepada anak untuk melakukan kegiatan menebalkan garis sesuai pola namun, ada salah satu anak didik yang perkembangannya belum sempurna yaitu pada saat menebalkan garis LkA yang diberikan oleh guru robek dan pensilnyapun juga patah.
    Strategi untuk mengatasi masalah tersebut tindakan yang harus dapat dilakukan oleh guru yaitu dengan cara melatih motorik halus ada melalui kegiatan seperti memindahkan air dengan spon dari mangkok satu kemangkok lainnya secara berulang-ulang, membuka dan menutup gembok serta memasangkan kanci baju. Dengan kegiatan tersebut dapat melatih kelenturan jari2 tangan dan juga untuk melatih koordinasi otot jari tangan anak.

  5. kegiatan melatih motorik halus anak dalam mengatasi masalah caranya memegang pensil yang benar sudah sesuai. Guru dengan sabar dan telaten membimbing anak dalam tiap tahap. Dalam tahap evaluasi belum tampak.

  6. nama:nasriana
    NIM: 858427358
    Mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar
    Dari vidio tersebut cara menstimulasi motorik halus anak agar bisa memegang pensil dengan baik dan benar sudah sangat tepat seperti melakukan kegiatan dengan memindahkan air menggunakan spon, mengancing baju, memasukkan skrup, membuka dan menutup kunci gembok. Namun masih banyak cara lain untuk dapat menstimulasi motorik halus agar bisa memegang pensil dengan baik dan benar seperti meronce, mengayam, bermain plastisin, merobek kertas dan sebagainya
    saran saya sebaiknya sebelum guru melakukan kegiatan menebalkan huruf terlebih dahulu guru menjelaskan dengan pengenalan alat pensil seperti jenisny, kegunaannya, maanfaatnya dan sebagainya.

  7. Nama : Desmi Hayati
    Nim : 856817077

    menurut saya dari video ini sangat bermanfaat bagi saya dan guru-guru yang lainnya untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, cara yang diterapkan oleh guru adalah dengan cara melatih motorik anak dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lain menggunakan spon agar motorik halus anak berkembang dengan semestinya, tidak hanya itu guru melatih anak membukak gembok agar kemampuan anak memegang suatu objek dengan kuat dan benar.

  8. video pembelajaran ini sangat berguna bagi saya beserta rekan-rekan guru yang lainnya untuk menstimulasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, cara yang diterapkan oleh guru adalah dengan cara melatih motorik anak dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lain menggunakan spoon agar motorik halus anak berkembang dengan semestinya, tidak hanya itu guru melatih anak memasang kancing baju agar kemampuan anak memegang suatu objek dengan kuat dan benar.

  9. Dalam vidio tersebut guru berupaya agar dapat mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan baik dan benar dengan cara melatih motorik anak

  10. Nama : Emy Suwarningsih
    NIM : 857988073

    Setelah melihat video tersebut saya dapat menemukan solusi apabila ada anak yang kesulitan di sekolah kami.
    Guru dapat menstimulasi bagaimana cara mengatasi anak yang masih kesulitan memegang pensil

Leave a Reply