silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program video ini diperlihatkan bagaimana cara seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Cara yang dilakukan adalah dengan melatih motorik halus anak secara bertahap. Diantara cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju.

Badru Zaman

Pada tayangan video tersebut saya tidak bisa  mengatakan kegiatan ini belum terlihat pembuka, isi, dan penutup, karena video ini tdak ditayangkan secara utuh, untuk penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah baik,  evaluasi sudah nampak dalam unjuk kerja anak.

Untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, saran saya sebaiknya diawali dengan pengenalan alat (pensil) seperti  jenis-jenis pensil, kegunaan pensil, bahaya pensil kalau tidak digunakan dengan benar dan lain sebagainya.

Contoh untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah baik  yang berkenaan dengan cara cara melatih motorik halus anak guna menguatkan jari-jari tangan saat memegang pensil dengan baik dan benar, semakin banyak melatih jari tangan akan semakin baik cara memegang pensilnya.

Drs. Muman Hendra Budiman, M.Pd.

Pada tayangan video tersebut belum terlihat jelas, kegiatan pembuka, isi, dan penutup. Penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah cukup terlihat namun untuk evaluasi belum terlihat. Untuk tingkat perkembangan anak didik belum begitu sesuai karena biasanya kegiatan pada pembelajaran tersebut dilakukan untuk kelompok A atau bila ada kelompok bermain (melatih motorik halus). Untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku, yaitu yang berkenaan dengan cara-cara melatih motorik halus anak guna menguatkan tangan saat memegang pensil dengan benar.

Tri Ekowati

Similar Posts

6,754 Comments

  1. Nama: Pebrismelia Ginting
    Nim : 860199239
    Dari video pembelajaran yang telah saya lihat tadi saya semakin paham bagaimana cara menstimulasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. adapun cara yang saya lihat dalam Video tersebut adalah
    – memindahkan air dengan mengunakan spoon
    – belajar membuka dan mengunci gembok
    – membuka tutup skrup
    hal ini dilakukan untuk melatih motorik halus dan juga kemampuan anak dalam memegang objek secara benar, dan juga melatih kekuatan tangan anak. video ini tentu sangat berguna bagi saya yang sedang mengajar di TK. dimana ini akan bisa saya terapkan kepada anak didik saya di sekolah.

  2. Nama : Nini Nurdamai Gea
    Nim : 859899908

    Baik terimakasih, Menurut saya dalam video ini sangat memberi pembelajaran yang sangat bagus dan bermanfaat bagi saya sebagai seorang guru. Jadi melalui video ini saya dapat pelajaran/pengetahuan baru mengenai cara menangani anak yang kesulitan dalam perkembangan motorik halus terutama dalam masalah memegang pensil dengan benar. Jadi dengan mengikuti cara-cara dalam video tersebut dapat kita menerapkan disekolah kita sebagai salah satu contoh untuk menstimulasi motorik halus dan dapat berkembang untuk anak

  3. Nama : Susanti Purba
    Nim : 856098216

    Menurut pendapat saya videonya sangat bagus dan dapat menambah wawasan terhadap saya sebagai guru PAUD dalam mengembangkan perkembangan motorik halus pada anak usia dini maupun praktek mengajarkan anak usia dini pada tahap awal menulis atau memegang pensil. Terimakasih🙏

  4. Nama : Susanti Purba
    Nim : 856098216
    Menurut saya video tersebut sangat bagus dan dapat menambah wawasan bagi saya sebagai guru pendidikan anak usia dini, dalam mengajarkan anak usia dini pada tahap awal menulis. Terimakasih🙏.

  5. Menurut saya video tersebut sangatlah bagus dan dapat menambah wawasan bagi saya guru anak usia dini dalam mengajarkan anak usia dini tahap awal menulis.

  6. Nama : Susanti Purba
    Nim : 856098216
    Prodi : pg PAUD
    Menurut saya video tersebut sangatlah bagus dan dapat menambah wawasan bagi saya guru anak usia dini dalam mengajarkan anak usia dini pada tahap awal menulis.

  7. Pada forum ini saya akan menanggapi video tentang mengatasi anak yang belum dapat memegang pensil dengan benar,
    untuk pendahuluan guru menjelaskan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan, yaitu menebalkan garis.
    Guru juga menerangkan bagaimana cara melakukan kegiatan tersebut, guru memberikan lembar kerja yang sama kepada setiap siswa.
    Saat kegiatan berlangsung ada salah satu anak yang kurang begitu dapat memegang gagang pensil dengan benar, hingga merobek lembar kertas kerja tersebut.
    Guru mulai memeberikan stimulasi motorik halus kepada anak tersebut, dengan berbagai cara anatara lain:
    1. Memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok yang lain menggunakan spons, anak memindahkan air dengan cara meremas spons yang sudah dicelupkan pada mangkok yang berisi air, kegiatan ini dapat menstimulasi otot jari anak agar dapat memegang pensil dengan benar.
    2. Memasang dan melepas mur baut, juga dapat merangsang otot jari tangan agar terbiasa fokus dan melatih koordinasi tangan.
    3. memasang dan melepas kancing baju, juga sangat berpengaruh pada proses stimulasi otot jari agar dapat berkoodinasi antara tangan dan mata.
    kegiatan menstimulasi motorik halus masih banyak lagi, seperti memindahkan biji bijian atau memisahkan warna biji bijian, kegiatan meronce manik manik, bermain penjepit pakaian, bemain playdough dan masih banyak lainya.

    Video diatas sangat bermanfaat sekali untuk saya sebagai pemula menjadi seorang pendidik anak usia dini, saya akan mengembangkan cara bagaimana proses pembelajaran anak usia dini menjadi pembelajaran yang menarik dan menyenangkan, agar semua tujuan pembelajaran anak usia dini dapat tercapai.

  8. Nama: Siti Nurfatimah Z
    NIM 859405022

    Yang saya amati dari video di atas adalah yang pertama guru memberikan tugas motorik halus kepada anak yaitu menebalkan garis yang kemudian guru memberikan contoh cara mengerjakan tugas tersebut setelah memberikan contoh guru memberikan tugas tersebut kepada anak peserta didik tetapi perkembangan setiap anak itu berbeda-beda ada anak yang motorik halusnya sudah bagus perkembangannya tetapi ada juga anak yang lambat perkembangannya. Anak yang perkembangannya lambat maka guru akan memberikan stimulus tambahan kepada anak seperti:
    1. memindahkan air dari wadah satu ke wadah lainnya dengan menggunakan media spon yang cara pengerjaannya anak meremas spon tersebut untuk memindahkan airnya
    2. Guru memberikan kegiatan membuka gembok dengan kuncinya agar anak bisa menstimulus motorik halusnya
    3. Guru memberikan kegiatan memasukkan kancing baju agar tangan anak

  9. Nama : Friska Haryani
    Nim : 858483159

    Cara Mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar
    Dari video tersebut cara menstimulasi motorik halus anak agar bisa memegang pensil dengan baik dan benar sudah sangat tepat seperti melakukan kegiatan dengan memindahkan air menggunakan spon, mengancing baju, memasukkan skrup, membuka dan menutup kunci gembok.
    Dan banyak cara lain juga untuk melatih motorik halus seperti
    Menggunakan sendok dan garpu dengan baik.
    Menggunting mengikuti garis.
    Menyusun sesuatu dengan balok kubus yang lebih kecil, seperti Lego.
    Mampu mengoles mentega atau memotong makanan lunak dengan pisau meja kecil (di bawah pengawasan).

  10. Video ini berfokus pada mengatasi anak PAUD yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Ini menunjukkan bahwa video ini berhubungan dengan pengembangan motorik halus pada anak.

    Motorik halus adalah kemampuan untuk mengontrol gerakan otot kecil, terutama di tangan dan jari. Kemampuan ini penting untuk berbagai aktivitas sehari-hari seperti makan, berpakaian, menulis, menggambar, dan menggunakan peralatan.

    Walaupun video tidak secara spesifik membahas aspek motorik halus, topiknya yaitu mengatasi kesulitan memegang pensil menunjukkan bahwa video ini relevan dengan pengembangan motorik halus anak.

Leave a Reply