silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program video ini diperlihatkan bagaimana cara seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Cara yang dilakukan adalah dengan melatih motorik halus anak secara bertahap. Diantara cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju.
Badru Zaman
Pada tayangan video tersebut saya tidak bisa mengatakan kegiatan ini belum terlihat pembuka, isi, dan penutup, karena video ini tdak ditayangkan secara utuh, untuk penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah baik, evaluasi sudah nampak dalam unjuk kerja anak.
Untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, saran saya sebaiknya diawali dengan pengenalan alat (pensil) seperti jenis-jenis pensil, kegunaan pensil, bahaya pensil kalau tidak digunakan dengan benar dan lain sebagainya.
Contoh untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah baik yang berkenaan dengan cara cara melatih motorik halus anak guna menguatkan jari-jari tangan saat memegang pensil dengan baik dan benar, semakin banyak melatih jari tangan akan semakin baik cara memegang pensilnya.
Drs. Muman Hendra Budiman, M.Pd.
Pada tayangan video tersebut belum terlihat jelas, kegiatan pembuka, isi, dan penutup. Penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah cukup terlihat namun untuk evaluasi belum terlihat. Untuk tingkat perkembangan anak didik belum begitu sesuai karena biasanya kegiatan pada pembelajaran tersebut dilakukan untuk kelompok A atau bila ada kelompok bermain (melatih motorik halus). Untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku, yaitu yang berkenaan dengan cara-cara melatih motorik halus anak guna menguatkan tangan saat memegang pensil dengan benar.
Tri Ekowati
Nama : Siti Aisyah(858530953)
video ini memberikan gambaran yang baik tentang cara mengatasi kesulitan memegang pensil pada anak melalui pendekatan pelatihan motorik halus yang bertahap, sistematis, dan menyenangkan. Video ini menjadi sumber inspirasi dan panduan yang berharga bagi para pendidik dan orang tua dalam membantu anak-anak mengembangkan keterampilan motorik halus untuk keberhasilan mereka dalam belajar menulis dan berbagai aspek kehidupan lainnya. Penekanan pada pemahaman akar masalah dan penggunaan aktivitas yang relevan menjadikan pendekatan ini sangat efektif dan berpusat pada kebutuhan anak.
tips-tips untuk menumbuhkan kepercayaan diri dan kreativitasnya.
• pendidik menanyakan kepada anak apabila masih ada yang ragu tentang tugas yang diberikan
• memberikan saran untuk membuat karya sesuai dengan idenya walaupun berbeda tema pembelajaran
• memberikan motivasi kepada anak
• Guru mengggali ide anak agar bisa mengembangkan kretivitasnya kreativitasnya
Yang terpenting, guru memberikan motivasi bahwa anak pasti bisa melakukannya walaupun hasil tidak sesuai, guru harus mengapresiasi hasil karya anak.
Selamat sore, mohon ijin menangapi video tentang mengatasi anak yang masih belum bisa memegang pensil dengan benar. Dari video tersebut sebagai seorang guru kita harus memberi kesempatan bagi anak untuk melatih motorik halus secara bertahap dan memberi dorongan serta motivasi anak seperti memberikan latihan pada anak untuk memegang objek yang digunakan latihan membuka kunci dan juga dapat memperkenalkan kegiatan yang baru untuk melatih kelenturan tangan anak dengan kegiatan sebanyak mungkin dan secara bertahap sehingga dapat mengembangkan kemampuan motorik halus anak. Terimakasih
Vidio ini sangat bermanfaat dan memberi edukasi kepada saya dalam menghadapi dan menangani anak yang mengalami hal serupa, yakni anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar lewat tekni atau cara penanganan yang di sampaikan melalui vidio tersebut, berupa meremas spons dengan memindahkan air ke mangkuk lainnya, memegang suatu objek dengan latihan membuka dan mengunci gembok atau gerakan membuka dan mengencangkan sekrup, memasangkan beragam Kancing baju. Melalui tekni dan cara penanganan tersebut dapat melatih motorik halus anak (kelenturan jari-jari tangan anak )dalam memegang pensil.
Nama: mei intan maharani
NIM 877314737
Dalam video ini memberi sebuah gambaran yang baik tentang bagaimana caranya mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Dengan melalui pelatihan motorik halus yang bertahap dan tidak membuat anak mudah bosan. Juga dengan melihat video ini dapat menjadi sebuah pembelajaran bagi seorang guru pemula seperti saya yang masih harus terus belajar tentang bagaimana cara mengajar anak, supaya anak cepat paham akan pembelajaran yang diberikan. Video ini juga dapat menjadi sumber inspirasi dan panduan yang berharga bagi para pendidik dan orang tua dalam membantu anak-anak mengembangkan keterampilan motorik halus untuk keberhasilan mereka dalam belajar menulis kuga dalam berbagai aspek. Penekanan yang ada pada pemahaman akar masalah dan penggunaan aktivitas yang relevan menjadikan pendekatan ini sangat efektif dan berpusat pada kebutuhan anak. dan juga dapat memberi ide kepada guru untuk memberi pembelajaran yang menyenangkan agar anak tidak merasa bahwa belajar itu adalah sesuatu yang membosankan dan tidak menyenangkan.
Nama : Jessica Atya D.C 858789457
menanggapi video tersebut, menurut saya kasus yang terjadi yaitu kendala anak saat memegang pensil, pada kasus ini sering terjadi pada saat awal tahun pendidikan dimulai dimana gerak motorik anak belum sepenuhnya baik maka dari itu sebagai seorang guru memberikan kegiatan yang menarik bagi anak dalam perkembangan motorik halusnya salah satunya memegang pensil, selain kegiatan yang sudah dicontohkan pada video tersebut saya dapat menambahkan kegiatan yang lebih inovatif dan mengikuti perkembangan jaman yaitu dengan membuat playdough dari bahan yang aman, clouddough, dll dimana kegiatan tersebut dapat merangsang gerak motorik anak dan melatih anak dalam menggenggam sesuatu
Nama : Jubed Jubaedah
NIM. :877635064
Izin menanggapi video tersebut.
Menurut saya strategi guru tersebut sangat efektif dalam membantu anak mengembangkan motorik halus dan memegang pensil dengan benar, karena aktivitas seperti memindahkan air dengan spon, membuka dan menutup gembok kunci, dan membuka serta memasangkan kancing baju dapat membantu meningkatkan kemampuan motorik halus anak. Dan dengan melakukan latihan secara bertahap, anak dapat meningkatkan kemampuan motorik halusnya secara progresif.
Menggunakan berbagai aktivitas dapat membantu anak mengembangkan kemampuan motorik halus yang berbeda-beda. Dengan strategi yang tepat dan latihan yang konsisten, anak dapat mengembangkan motorik halus dan memegang pensil dengan benar.
nama : Laila purnama sari
izin menanggapividio diatas
dari vidio tersebut saya mendapatkan banyak ilmu yang mungkin lupa untuk saya terapkan pada anak didik saya. karna ada beberapa anak anak didik saya yang sudah menginjak umur 5 tahun tapi untuk memegang pensil masih salah dan apabila dibenarkan tidak bisa bertahan lama.
dengan adanya vidio diatas mungkin bisa saya terapkan dalam mengatasi permasalahan yang sama. kekuatan otot-otot jari memang menjadi fondasi yang penting untuk anak-anak mengembangkan motoriknya terutama motorik halus.
pada vidio diatas guru dengan tanggap mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh anak. dengan tahapan -tahapan yang tepat dalam meningkatkan motorik halus anak mampu mengikuti kegiatan pembelajaran tanpa takut tertinggal oleh teman-temannya. dengan kegiatan seperti tersebut diatas menambah kreatifitas guru dalam mengajar dan menjadi inovasi untuk pembelajaran yang menyenangkan.
NAMA : MAULIYA FINATA
NIM : 878186819
dari vidio di atas sangat bermanfaat bagi saya untuk bisa cara menghadapi anak yang kesulitan saat memegang pensil karena apa di kelompok bermain sedikit banyak anak masih berlati memegang di antaranya memegang pensil dan membantu anak mengembangkan motorik halusnya untuk keberhasilan mereka dalam.belajar menulis
Video ini berfokus pada cara mengatasi anak PAUD yang masih belum bisa untuk memegang pensil dengan benar. ini menunjukkan bahwa sangat berbuhungan dengan motorik halus anak. dan motorik halus anak dalah suatu kemampuan untuk dapat mengontrol gerakan otot kecil, terutama di tangan dan jari. dan motorik ini juga sangat berpengaruh pada kegiatan sehari hari anak seperti, makan saat memegang sendok, dan menulis.
nama : juliana ratna ningsih
nim : 856857665
pada vidio diatas memberikan gambaran yang sangat baik dalam menangani atau mengatasi suatu kesulitan yang dihadapi oleh seorang anak yaitu susah dalam memegang pensil. didalam vidio tersebut seorang guru melatih dan membantu melalui pelatihan motorik halus yang bertahap serta tidak membuat anak mudah bosan. ini merupakan vidio yang sangat bagus dan sangat membantu saya sebagai guru pemula dalam menangani masalah pada anak, dari vidio ini saya dapat mempelajari bagaimana memilih pembelajaran yang mudah dimengerti dan tidak membosankan bagi anak.