silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program video ini diperlihatkan bagaimana cara seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Cara yang dilakukan adalah dengan melatih motorik halus anak secara bertahap. Diantara cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju.
Badru Zaman
Pada tayangan video tersebut saya tidak bisa mengatakan kegiatan ini belum terlihat pembuka, isi, dan penutup, karena video ini tdak ditayangkan secara utuh, untuk penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah baik, evaluasi sudah nampak dalam unjuk kerja anak.
Untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, saran saya sebaiknya diawali dengan pengenalan alat (pensil) seperti jenis-jenis pensil, kegunaan pensil, bahaya pensil kalau tidak digunakan dengan benar dan lain sebagainya.
Contoh untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah baik yang berkenaan dengan cara cara melatih motorik halus anak guna menguatkan jari-jari tangan saat memegang pensil dengan baik dan benar, semakin banyak melatih jari tangan akan semakin baik cara memegang pensilnya.
Drs. Muman Hendra Budiman, M.Pd.
Pada tayangan video tersebut belum terlihat jelas, kegiatan pembuka, isi, dan penutup. Penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah cukup terlihat namun untuk evaluasi belum terlihat. Untuk tingkat perkembangan anak didik belum begitu sesuai karena biasanya kegiatan pada pembelajaran tersebut dilakukan untuk kelompok A atau bila ada kelompok bermain (melatih motorik halus). Untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku, yaitu yang berkenaan dengan cara-cara melatih motorik halus anak guna menguatkan tangan saat memegang pensil dengan benar.
Tri Ekowati
Nama : Iis Maria Ulfa
Nim : 877317013
“Menurut saya Materi ini menjelaskan pendekatan yang digunakan oleh guru untuk membantu anak yang kesulitan memegang pensil dengan benar, yang merupakan bagian dari keterampilan motorik halus.
• Latihan Motorik Halus: Kegiatan seperti memindahkan air dengan spons, membuka dan menutup gembok, serta memasang kancing dapat meningkatkan koordinasi tangan dan jari anak. Aktivitas ini membantu anak mengontrol gerakan halus yang penting untuk menulis.
• Pendekatan Bertahap: Anak diajarkan melalui serangkaian kegiatan sederhana sebelum belajar menulis. Metode ini membantu membangun kepercayaan diri dan keterampilan secara bertahap.
• Keterlibatan Anak: Kegiatan yang praktis dan menyenangkan dapat meningkatkan minat anak dalam belajar, mendorong mereka untuk berpartisipasi aktif.
• Pentingnya Keterampilan Motorik Halus: Keterampilan ini penting tidak hanya untuk menulis, tetapi juga untuk aktivitas sehari-hari seperti mengancing baju dan menggunakan alat makan. Oleh karena itu, pengembangan keterampilan ini harus menjadi fokus dalam pendidikan anak usia dini.
Secara keseluruhan, pendekatan yang terstruktur dan menyenangkan sangat penting untuk membantu anak mengatasi kesulitan motorik halus, mendukung perkembangan akademis dan keterampilan hidup mereka.
Nama : Az zahrah
Nim : 859407674
Pokjar.: Maros
Prodi : PGPAUD AKPMM
ubjj. : UT Makassar
Berikut adalah analisis dari video “Anak yang belum Bisa Pegang Pensil dengan Benar”:
Ringkasan:
• Video ini membahas tentang cara mengatasi anak usia yang belum bisa memegang pensil dengan benar.
• Anak-anak diajarkan cara menebalkan garis di papan tulis.
• Beberapa anak mengalami kesulitan dalam membuat garis lengkung, bahkan ada yang sampai merobek kertas atau mematahkan pensil.
• Video ini memberikan solusi dengan memberikan latihan-latihan menulis awal, seperti seperti
a. Melatih kelenturan jari dengan bermain memindahkan air menggunakan spons.
b. Melatih kemampuan memegang objek dengan membuka dan menutup kunci gembok atau mengencangkan sekrup.
c. Melatih kelenturan jari dengan membuka dan memasangkan kancing baju.
Kelebihan:
• Video ini memberikan penjelasan yang jelas dan mudah dipahami tentang cara membantu anak-anak yang kesulitan memegang pensil.
• Video ini juga memberikan contoh-contoh latihan yang dapat dilakukan untuk membantu anak-anak mengembangkan keterampilan motorik halus mereka.
• Video ini sangat bermanfaat bagi orang tua dan guru yang ingin membantu anak-anak mereka belajar menulis.
Kekurangan:
• Video ini tidak membahas secara detail tentang penyebab anak-anak kesulitan memegang pensil.
• Video ini tidak memberikan panduan tentang cara mengevaluasi apakah anak-anak sudah siap untuk mulai belajar menulis.
• Video ini tidak membahas tentang cara membantu anak-anak yang mengalami kesulitan belajar menulis karena masalah medis.
Kesimpulan:
Video ini merupakan sumber daya yang baik bagi orang tua dan guru yang ingin membantu anak-anak mereka belajar menulis. Video ini memberikan penjelasan yang jelas dan mudah dipahami tentang cara membantu anak-anak yang kesulitan memegang pensil.
Terimahkasih🙏🏻
kamis,17 april 2025
tanggapan saya,video itu menjelaskan tentang pembelajaran untuk melatih motorik halusnya dengan menarik garis putus putus..sedang kan ada salah satu anak dengan kendala belum bisa memegang pensil juga harus melalui pelatihan motorik kasarnya dulu dengan berlatih melatih memindah air dengan spon,membuka tutup kancing baju dan mur/baut.
Nama: Siti Sahawia Liliweri
Sekolah: RA Al-Abrar Bareng
NIM: 859298516
Program ini menunjukkan praktik pembelajaran yang tepat dan efektif dalam membantu anak usia dini mengembangkan motorik halus:
a. Menggunakan kegiatan konkret dan menyenangkan
b. Memberikan stimulasi yang bertahap dan terarah
c. Membangun dasar keterampilan penting untuk kegiatan menulis
Nama: Ayu Indriani Br Pasaribu
Nim :855865724
Menurut saya video ini sangat bagus dan berguna, dan saya sangat mendapatkan ilmu baru tentang AUD yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Kedepan nya saya akan mencoba hal-hal yang mengenai motorik anak seperti memindah air dengan spon, dll. Agar tidak menoton dengan pembelajaran menebalkan titik saja seperti yang saya lakukan dinsekolah. Video ini juga dapat menjadi sebuah pembelajaran bagi seorang guru terutama guru yang baru mengajar yang masih harus terus belajar tentang bagaimana cara mengajar anak, dan memahami bagaimana karakteristik anak serta kelemahan anak sehingga anak tidak kesulitan dalam belajar.Video ini juga dapat menjadi sumber inspirasi dan panduan yang berharga bagi para pendidik dan orang tua dalam membantu anak-anak mengembangkan keterampilan motorik halus untuk keberhasilan mereka dalam belajar menulis juga dalam berbagai aspek lain nya.
Sekian dan terimkasih
Video ‘Mengatasi Anak yang Belum Bisa Memegang Pensil dengan Benar’ bisa dijadikan acuan bagi para guru khususnya dengan kondisi tidak semua anak di kelas sudah bisa memegang pensil dengan benar. Karena tidak semua anak memiliki kondisi dan kesiapan yang sama untuk menerima pelajaran di kelas. Guru harus peka terhadap kondisi masing-masing anak di kelas, tidak bisa memukul rata kemampuan semua anak di kelas. Dengan berbekal kepekaan tersebut, guru jadi tahu treatment yang tepat untuk anak yang perkembangannya tidak sama dengan teman-teman sekelasnya. Video ini memberikan contoh-contoh kegiatan sederhana namun menyenangkan untuk melatih motorik halus anak, terutama kelenturan, kekuatan dan koordinasi tangan mereka sebagai modal untuk persiapan menulis/memegang pensil dengan benar.
Nama : Artiana Yuseda
NIM : 825975403
Dalam materi ini disampaikan bagaimana cara guru dalam mengatasi anak yang tidak dapat menggunakan pensil melaldui berbagai latihan-latihan yang dapat melatih kelenturan tangan anak terhadap suatu objek seperti pensil.
latihan yang digunakan antara lain :
1. latihan dengan cara memindahkan air menggunakan spon dari wadah satu ke wadah yang lain.
2. latihan dengan cara membuka dan menutup kunci gembok atau membuka dan menutup skrup
3. latihan dengan cara membuka dan menutup kancing baju hal ini dapat mempertegas koordinasi otot dan kelenturan jari jemari anak.
dapat disimpulkan bahwa guru melatih motorik halus anak2 secara bertahap.
terima kasih
Nama: Siska Anggriani
Nim: 877600317
Video Tersebut Menurut saya pendekatkan yang di gunakan guru sangat baik dalam memberikan perhatian khusus pada anak yang merasa dirinya kesulitan dalam memegang pensil dengan memberikan kegiatan yang dapat memgembangkan motorik halus anak serta kreativitas anak.
NAMA : INTAN BELANI
NIM : 858188477
Video ini sangat bermanfaat karena memberikan penjelasan yang jelas dan solusi praktis untuk membantu anak yang belum bisa menulis. Saya setuju bahwa setiap anak memiliki perkembangan yang berbeda, sehingga penting bagi orang tua dan guru untuk sabar dan tidak memaksakan. Teknik seperti melatih motorik halus, bermain sambil belajar, dan memberi motivasi positif sangat membantu. Materi dalam video ini membuka wawasan saya bahwa proses belajar menulis bukan hanya soal alat tulis, tapi juga kesiapan fisik dan emosional anak.
Dalam vidio tersebut terlihat bagaimana seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar,adapun cara yang dilakukan guru tersebut,yaitu dengan melatih motorik halus anak secara bertahap. Adapun caranya yaitu dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok yang lainnya dengan menggunakan spon,membuka dan menutup gembok kunci,membuka dan memasangkan kancing baju. Dari kegiatan tersebut bisa melatih motorik halus anak