silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program video ini diperlihatkan bagaimana cara seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Cara yang dilakukan adalah dengan melatih motorik halus anak secara bertahap. Diantara cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju.

Badru Zaman

Pada tayangan video tersebut saya tidak bisa  mengatakan kegiatan ini belum terlihat pembuka, isi, dan penutup, karena video ini tdak ditayangkan secara utuh, untuk penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah baik,  evaluasi sudah nampak dalam unjuk kerja anak.

Untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, saran saya sebaiknya diawali dengan pengenalan alat (pensil) seperti  jenis-jenis pensil, kegunaan pensil, bahaya pensil kalau tidak digunakan dengan benar dan lain sebagainya.

Contoh untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah baik  yang berkenaan dengan cara cara melatih motorik halus anak guna menguatkan jari-jari tangan saat memegang pensil dengan baik dan benar, semakin banyak melatih jari tangan akan semakin baik cara memegang pensilnya.

Drs. Muman Hendra Budiman, M.Pd.

Pada tayangan video tersebut belum terlihat jelas, kegiatan pembuka, isi, dan penutup. Penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah cukup terlihat namun untuk evaluasi belum terlihat. Untuk tingkat perkembangan anak didik belum begitu sesuai karena biasanya kegiatan pada pembelajaran tersebut dilakukan untuk kelompok A atau bila ada kelompok bermain (melatih motorik halus). Untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku, yaitu yang berkenaan dengan cara-cara melatih motorik halus anak guna menguatkan tangan saat memegang pensil dengan benar.

Tri Ekowati

Similar Posts

6,754 Comments

  1. Nama : Annisa’us sholikah
    Nim : 859685962

    Refleksi:
    Dari vidio ini terdapat beberapa pendekatan yang bisa dilakukan dengan sangat efektif dan bermanfaat bagi perkembangannya untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Stimulasi motorik halus sangat berperan penting dalam proses ini yang harus dilakukan dengan konsisten dan sabar, kegiatannya bisa melalui berbagai aktivitas yang menyenangkan dan sesuai dengan perkembangan anak.

    Guru memberikan kegiatan seperti memindahkan air dengan spons, membuka dan menutup gembok, dan meremas kertas juga sangat membantu untuk melatih kelenturan dan koordinasi jari tangan anak, sehingga kemampuan memegang pensil nya dapat meningkat secara bertahap, Pendekatan-pendekatan ini dapat meningkatakan kepercayaan diri anak dalam belajar menulis.

    Dengan metode tersebut, seorang anak yang awalnya kesulitan dapat berkembang dengan kemampuan memegang pensilnya dengan baik, hal inilah yang merupakan pondasi paling penting untuk keterampilan menulis selanjutnya.

  2. Maudi Fertina Nandani Nim : 859022177
    Menurut saya upaya yanh di lakukan oleh pendidik dalam vidio tersebut untuk mengatasi anak yang sulit memegang pensil sangat luar biasa. Saya juga sudah menerapkan upaya tersebut di lembaga saya. Upaya tersebut merupakan hal yang efektif dan sangat membantu untuk menstimulasi anak dalam memegang pensil. Selain yang terdapat didalam vidio tersebut, upaya yang dapat di lakukan yaitu dengan mengajak anak-anak bermain plastisin, bermain playdogh, bermain menyusun lego, kegiatan mencocok, meremas kertas dsb. Kegiatan – kegiatan tersebut tentunya menarik dan dapat menstimulasi motorik halus anak sehingga memudahkannya untuk memegang pensil.

  3. Nama : Annisa’us sholikah
    Nim. : 859685962
    Refleksi:
    Dari vidio ini terdapat beberapa pendekatan yang bisa dilakukan dengan sangat efektif dan bermanfaat bagi perkembangannya untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Stimulasi motorik halus sangat berperan penting dalam proses ini yang harus dilakukan dengan konsisten dan sabar, kegiatannya bisa melalui berbagai aktivitas yang menyenangkan dan sesuai dengan perkembangan anak.

    Guru memberikan kegiatan seperti memindahkan air dengan spons, membuka dan menutup gembok, dan meremas kertas juga sangat membantu untuk melatih kelenturan dan koordinasi jari tangan anak, sehingga kemampuan memegang pensil nya dapat meningkat secara bertahap, Pendekatan-pendekatan ini dapat meningkatakan kepercayaan diri anak dalam belajar menulis.

    Dengan metode tersebut, seorang anak yang awalnya kesulitan dapat berkembang dengan kemampuan memegang pensilnya dengan baik, hal inilah yang merupakan pondasi paling penting untuk keterampilan menulis selanjutnya.

  4. Nama : Devi Natalia
    Nim : 858138315

    Menurut saya video ibu guru diatas merupakan video yang seharusnya tidak dilakukan anak usia 3 – 4 tahun. Anak usia 3 – 4 tahun seharusnya dilatih dengan kegiatan yang menfokuskan pada motorik halus terlebih dahulu. Dimana anak – anak di stimulasi terlebih dahulu sebelum memegang pensil. anak – anak diberikan kegiatan – kegiatan yang dapat menstimulasi motorik halus anak terleih dahulu. seperti yang ditampilkan di dalam video yaitu kegiatan meremas remas spon yang berisi air, membuka dan menutup tutup botol, membuka dan menutup berbagai kancing serta masih banyak kegiatan lainnya yang dapat dilakukan untuk melatih motorik halus anak usia 3 – 4 tahun. Dengan begini koordinasi jari anak akan terlatih dan anak siap untuk memegang pensil.

    Demikian penjelasan saya pada video diatas.
    Terima kasih

  5. Nama: Annisa’us sholikah (859685962)

    Refleksi dari vidio ini terdapat beberapa pendekatan yang bisa dilakukan dengan sangat efektif dan bermanfaat bagi perkembangannya untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Stimulasi motorik halus sangat berperan penting dalam proses ini yang harus dilakukan dengan konsisten dan sabar, kegiatannya bisa melalui berbagai aktivitas yang menyenangkan dan sesuai dengan perkembangan anak.
    Guru memberikan kegiatan seperti memindahkan air dengan spons, membuka dan menutup gembok, dan meremas kertas juga sangat membantu untuk melatih kelenturan dan koordinasi jari tangan anak, sehingga kemampuan memegang pensil nya dapat meningkat secara bertahap, Pendekatan-pendekatan ini dapat meningkatakan kepercayaan diri anak dalam belajar menulis.
    Dengan metode tersebut, seorang anak yang awalnya kesulitan dapat berkembang dengan kemampuan memegang pensilnya dengan baik, hal inilah yang merupakan pondasi paling penting untuk keterampilan menulis selanjutnya.

  6. Nama: NETTY VERAWATI
    NIM: 859786716
    Sebelum meminata anak unutuk belajar menulis lebih baik kita melatih dulu motorik halus anak dan kekuatan serta kelenturan jari tangan anak agar di kemudian
    hari anak dapat belajar menulis dengan baik karena tangan anak sudah tidak kaku lai

  7. Nama : Ni Putu Sriasih
    NIM : 859043339
    Menurut saya Video tersebut sangat berguna bagi guru karena guru menjadi paham bahwa sebelum mengajarkan anak menulis guru harus melatih motorik halus anak terlebih dahulu seperti menguatkan jari – jari anak dengan cara membuka dan mengunci gembok, memasang dan membuka kancing baju ini bertujuan untuk memberikan kekuatan pada tangan anak dalam memegang pensil saat belajar menulis. Dan dalam video tersebut juga di jelaskan langkah – langkahnya dengan jelas dan mudah di ikuti oleh anak. Anak – anak pasti akan senang belajar dengan cara yang menyenangkan.

  8. Nama : Liandra Febrina Rahayu
    NIM : 859670575
    ( pengembangan fisik motorik PAUD )
    1. anak belum bisa memegang pensil dengan benar
    Menurut pendapat saya terhadap video tersebut yaitu sangat bermanfaat dimana kita seorang pendidik yang baru saja terjun atau baru dalam mengajar diberi ilmu tentang bagaimana sih ketika anak belum bisa memegang pensil dan kuncinya yaitu anak harus dibiasakan stimulasi motorik halus seperti pada video contoh yang pertama memindahkan air dengan spons kemudian membuka dan menutup gembok kunci ada pun membuka dan memasang kancing baju juga sangat membantu anak dalam kelenturan dan koordinasi hari tangan anak sehingga anak terbiasa memegang pensil dimana kita sebagai guru atau pendidik harus mempunyai sifat yang Cerdas secara intelegensi dan emosi mengajar anak yang duduk di kelas PAUD sangat berbeda dengan mengajar anak yang duduk di kelas SD, SMP bahkan SMA karena Dalam penerapannya, seorang guru PAUD tidak hanya harus bermodalkan kecerdasan intelektual saja, tetapi guru PAUD juga harus memiliki kecerdasan emosi dimana Kecerdasan intelektual adalah kecerdasan yang berhubungan dengan kecerdasan seseorang dalam menguasai materi. Sedangkan kecerdasan emosi adalah kecerdasan seseorang dalam mengelola dan menguasai emosi yang dimilikinya jadi pendidik harus mempunyai sifat sabar terhadap anak anak selanjutnya Mampu Memahami Kepribadian dan Karakter Siswa
    Dikarenakan guru harus memiliki kecerdasan emosi yang baik, maka guru harus peka dalam memahami kepribadian dan karakter siswa. Untuk memiliki kemampuan tersebut guru harus dekat dengan siswa atau anak anak nyaa pada intinya didalam video yaitu mengembangkan aspek motorik halus sangatlah penting dalam proses anak yang belum bisa memegang pensil jadi harus dilakukan dengan konsisten agar membuahi hasil yang memuaskan anak dan pendidik harus bekerja sama dalam hal ini untuk mendukung anak dalam kesusahan memegang pensil kekurangan pada video tersebut yaitu di mana videonya seperti buram atau kurang cahaya sehingga pandangan kurang enak dilihat namun dari itu ada pula manfaat nya semoga kedepannya video nya lebih hd lebih jernih lagii dan lebih menarik agar penonton lebih antusias dalam menonton video tersebut

  9. Nama: Rozaliana Rahmani
    NIM: 878167073

    Dari video tersebut menurut saya tindakan guru sudah tepat karena tidak memaksakan anak terus terusan untuk memegang pensil melainkan mengajak anak melakukam aktifitas lain yang cukup menyenangkan untuk melatih kelenturan dan kekuatan jemari anak.

  10. Nama : Cindy Nur Ramndhani
    NIM : 858876155

    Dari video diatas, Kita sebagai pendidik sangat penting memperhatikan tumbuh kembang anak didik, seperti melatih perkembangan motorik halusnya. Dengan berbagai upaya, agar anak terbiasa memegang objek. Melatih dan memberikan semangat kepada mereka.
    Pastinya, adanya kendala perkembangan dan tenaga pendidik mencari solusi. Video di atas sangat membantu dan bermanfaat sekali bagi para pendidik untuk mendapat solusi terhadap masalah yang kerap terjadi.

    Sekian terimakasih.

Leave a Reply