silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program video ini diperlihatkan bagaimana cara seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Cara yang dilakukan adalah dengan melatih motorik halus anak secara bertahap. Diantara cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju.

Badru Zaman

Pada tayangan video tersebut saya tidak bisa  mengatakan kegiatan ini belum terlihat pembuka, isi, dan penutup, karena video ini tdak ditayangkan secara utuh, untuk penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah baik,  evaluasi sudah nampak dalam unjuk kerja anak.

Untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, saran saya sebaiknya diawali dengan pengenalan alat (pensil) seperti  jenis-jenis pensil, kegunaan pensil, bahaya pensil kalau tidak digunakan dengan benar dan lain sebagainya.

Contoh untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah baik  yang berkenaan dengan cara cara melatih motorik halus anak guna menguatkan jari-jari tangan saat memegang pensil dengan baik dan benar, semakin banyak melatih jari tangan akan semakin baik cara memegang pensilnya.

Drs. Muman Hendra Budiman, M.Pd.

Pada tayangan video tersebut belum terlihat jelas, kegiatan pembuka, isi, dan penutup. Penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah cukup terlihat namun untuk evaluasi belum terlihat. Untuk tingkat perkembangan anak didik belum begitu sesuai karena biasanya kegiatan pada pembelajaran tersebut dilakukan untuk kelompok A atau bila ada kelompok bermain (melatih motorik halus). Untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku, yaitu yang berkenaan dengan cara-cara melatih motorik halus anak guna menguatkan tangan saat memegang pensil dengan benar.

Tri Ekowati

Similar Posts

6,754 Comments

  1. Nama harisa
    Nim 859425318

    “Saya menghargai penekanan pada kesabaran dan latihan. Ini adalah hal yang penting untuk diingat ketika bekerja dengan anak-anak yang mungkin membutuhkan lebih banyak waktu untuk menguasai keterampilan motorik halus.”

  2. Nama : Arin Dian Tania Putri
    NIM : 858921845
    Menurut saya video tersebut sangat bermanfaat dan juga memberikan inspirasi karena dapat mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar dengan cara yang menarik dan bisa dicontoh untuk diterapkan di sekolah saya.

  3. Nama : Zakiah
    Nim : 858289775

    menurut saya dari vedio tersebut sangat bagus karena guru memberi ajaran tentang motorik halus seperti saya lihat di vedio tersebut meremas dengan spon,menguji kesabaran anak seperti membuka atau menutup kunci gembok,dan cara memasangkan baut mur yg benar.
    kesimpulan :
    tiga aktivitas tersebut saling melengkapi dalam mengembangkan keterampilan motorik halus aktivitas perkembangan anak yang dapat dilakukan melalui permainan yang menyenangkan dan membantu anak tidak merasa tertekan dan paksaan dan juga saya sangat menghargai upaya yang telah dilakukan oleh Guru Pintar Online dalam menyediakan sumber daya pembelajaran yang berkualitas. Platform ini memungkinkan pendidik untuk meningkatkan proses belajar anak-anak didik kita.

    Terimakasih

  4. Nama : Zakiah
    Nim : 858289775

    menurut saya dari vedio tersebut sangat bagus karena guru memberi ajaran tentang motorik halus seperti saya lihat di vedio tersebut meremas dengan spon,menguji kesabaran anak seperti membuka atau menutup kunci gembok,dan cara memasangkan baut mur yg benar. kesimpulan : tiga aktivitas tersebut saling melengkapi dalam mengembangkan keterampilan motorik halus aktivitas perkembangan anak yang dapat dilakukan melalui permainan yang menyenangkan dan membantu anak tidak merasa tertekan dan paksaan dan juga saya sangat menghargai upaya yang telah dilakukan oleh Guru Pintar Online dalam menyediakan sumber daya pembelajaran yang berkualitas. Platform ini memungkinkan pendidik untuk meningkatkan proses belajar anak-anak didik kita. Terimakasih

  5. Nama: Trifonia Lanioka
    Nim : 859301123
    Setelah melihat video tentang anak kesulitan memegang pensil dengan benar seorang guru PAUD sangat sabar dan rama dalam memberikan pembelajaran kepada anak didiknya sangat sabar dan talenta dalam menghadapi yang sulit anak didiknya yang kesulitan dalam memegang pensil, berbagai cara untuk melatih jari-jari tangan untuk bisa belajar mengkoordinasikan tangannya dengan benda-benda yang ada disekitarnya, kegiatan ini dapat melatih perkembangan fisik motorik anak dalam perkembangannya, video sangat bermanfaat bagi saya untuk lebih sabar dan talentanya dalam memberikan pembelajaran dan lebih memperhatikan anak yang sedang mengalami kesulitan dalam belajarnya.

  6. Nama: Kornelia Telim Bria
    Nim :858007275

    Tanggapan saya terhadap vidio mengenai anak usia 4 tahun yang tidak membedakan huruf b,d,dan p sangat penting.ada beberapa cara untuk mengatasinya.
    1. Gunakan kartu huruf dengan gambar yang membantu anak megasosiasiakn bentuk huruf dengan objek.
    2.warnai huruf dengan warna yang berbeda untuk membantu anak membedakannya.misalnya buat huruf b dengan warna biru,dan “d” berwarna merah,”p” berwarna hijau.
    Dengan pendekatan yang menyenangkan dan konsisten anak-anak dapat Belajar membedakan huruf-huruf dengan baik.

  7. Nama : Ummi Khoiriyah
    NIM : 857721841

    Menurut saya apa yang dilakukan guru dalam tayangan video tersebut sudah sangat tepat. Apabila ada anak yang masih kesulitan memegang pensil dengan benar, kita sebagai pendidik harus mengatasi masalah tersebut sesegera mungkin agar tidak menimbulkan masalah di kemudian hari. Cara yang digunakan oleh guru tersebut untuk melatih kemampuan motoric halus anak adalah melalui kegiatan memindahkan air dari satu wadah ke wadah yang lain menggunakan spons, kegiatan membuka dan menutup kunci gembok, membuka dan mengencangkan skrup, serta membuka dan memasang kancing baju. Dengan kegiatan tersebut kemampuan motoric halus anak dapat dilatih secara bertahap untuk memaksimalkan kemampuan mereka dalam mengkoordinasikan kedua tangan serta melatih kelenturan otot tangan serta jari yang berguna untuk kemampuan menulis awal anak.

  8. Nama: Julia Tambunan
    Nim: 878265541

    Video tentang”Mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar” sudah menunjukkan kegiatan-kegiatan yang dapat melatih motorik halus anak untuk meningkatkan kekuatan tangan anak dalam kesiapan menulis. Kegiatan-kegiatan tersebut dapat dilakukan menjadi kegiatan yang menyenangkan untuk anak yaitu dapat dilakukan dalam bentuk permainan kelompok yang dapat meningkatkan kerjasama antar teman dalam satu kelompok.
    Terima kasih.

  9. Nama : Gevi Suci Fitria Wulandari
    NIM : 858711463
    UPBJJ : UT SURABAYA

    Saya sangat setuju bahwa video tersebut memberikan contoh nyata bagaimana seorang guru dapat membantu anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar melalui pelatihan motorik halus secara bertahap.
    Kegiatan-kegiatan sederhana seperti memindahkan air dengan spons, membuka dan menutup gembok kunci, serta membuka dan memasang kancing baju sangat efektif dalam memperkuat otot-otot tangan anak. Selain itu, kegiatan tersebut juga mengajarkan anak kemandirian dan koordinasi tangan-mata yang menjadi dasar penting dalam kesiapan menulis.
    Menurut saya, penggunaan aktivitas konkret seperti ini membuat pembelajaran menjadi lebih bermakna dan menyenangkan untuk anak-anak. Terima kasih telah berbagi sinopsis yang sangat bermanfaat.

Leave a Reply