Mengatasi Anak yang Belum Bisa Memegang Pensil dengan Benar

silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program video ini diperlihatkan bagaimana cara seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Cara yang dilakukan adalah dengan melatih motorik halus anak secara bertahap. Diantara cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju.

Badru Zaman

Pada tayangan video tersebut saya tidak bisa  mengatakan kegiatan ini belum terlihat pembuka, isi, dan penutup, karena video ini tdak ditayangkan secara utuh, untuk penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah baik,  evaluasi sudah nampak dalam unjuk kerja anak.

Untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, saran saya sebaiknya diawali dengan pengenalan alat (pensil) seperti  jenis-jenis pensil, kegunaan pensil, bahaya pensil kalau tidak digunakan dengan benar dan lain sebagainya.

Contoh untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah baik  yang berkenaan dengan cara cara melatih motorik halus anak guna menguatkan jari-jari tangan saat memegang pensil dengan baik dan benar, semakin banyak melatih jari tangan akan semakin baik cara memegang pensilnya.

Drs. Muman Hendra Budiman, M.Pd.

Pada tayangan video tersebut belum terlihat jelas, kegiatan pembuka, isi, dan penutup. Penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah cukup terlihat namun untuk evaluasi belum terlihat. Untuk tingkat perkembangan anak didik belum begitu sesuai karena biasanya kegiatan pada pembelajaran tersebut dilakukan untuk kelompok A atau bila ada kelompok bermain (melatih motorik halus). Untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku, yaitu yang berkenaan dengan cara-cara melatih motorik halus anak guna menguatkan tangan saat memegang pensil dengan benar.

Tri Ekowati

Similar Posts

  • Pengulangan “Repetition”

    silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar Sinopsis Perlu dipahami oleh para guru bahwa penanaman disiplin tidak dapat dicapai oleh anak secara cepat. Penanaman disiplin membutuhkan kesabaran, keteladanan dan konsistensi serta mekanisme “reward”. Dengan cara pengulangan, disiplin yang hendak diterapkan guru diantara para siswa TK perlu dilakukan. Dengan teladan dan cara pengulangan, siswa…

  • Anak tidak Mau Antri Saat Berbaris

    silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar Sinopsis Pada program ini diperlihatkan upaya guru dalamm mengatasi permasalahan anak yang tidak mau ikut antri dalam barisan. Upaya yang dilakukan guru tersebut adalah dengan memberikan pengertian dan pengarahan pada anak dengan sabar agar ia mau bergantian posisi dengan teman-temannya, mendekati anak yang tidak mau antri…

  • Tebak Pantomim

    silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar Sinopsis Ilustrasi dalam video ini menyajikan  gambaran salah satu cara mengembangkan motorik kasar dan bahasa anak TK melalui  kegiatan tebak pantomim, yang merupakan salah satu alternative kegiatan untuk mengembangkan kemampuan motorik anak, dalam menstimulasi kemampuan anak bergerak, kelenturan, keseimbangan dan perkembangan gerakan lainnya. Selain itu, kegiatan…

  • Pesan Berbisik

    silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini menggambarkan upaya seorang guru anak usia dini yang mencoba menerapkan permainan pesan berbisik guna mengembangkan keterampilan motorik anak. Dalam permainan pesan berbisik ini, anak-anak selalin dikembangkan kemampuan motoriknya melalui kegiatan berlari zig zag, juga melompat dan menirukan berbagai gerakan sesuai gambar pada kartu…

  • Sulit Mengenal Konsep Bilangan

    silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai…

  • Perlombaan “Competition”

    silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar Sinopsis Kepribadian latar belakang anak serta keluarganya dan hubungan anak dengan orang lain di rumah mempengaruhi kemampuan anak dalam menenyesuaikan diri dan mematuhi aturan di kelas. Strategi yang dapat digunakan guru dalam pembelajaran di TK adalah dengan mengadakan perlombaan agar siswa secara perlahan mengerti dan dapat…

6,043 Comments

  1. Nama : Arfiani Syam Lahu
    NIM : 859915353
    Video Mengatasi Anak yang Belum Bisa Memegang Pensil dengan Benar.

    Kegiatan yang dilakukan pada video tersebut merupakan kegiatan bermain yang menyenangkan dengan tujuan melatih sensor-motorik anak. Kegiatan tersebut sangat menarik minat anak karena anak sangat suka bermain dan sesuai karakteristik anak. Kegiatan tersebut dapat menguatkan otot jari dan tangan, koordinasi mata-tangan, sehingga anak siap memegang pensil dengan benar.

  2. Nama : NURWANA
    NIM : 826033961
    Menurut saya pada video ini membahas strategi guru dalam membantu anak yang kesulitan memegang pensil dengan benar. Guru tersebut melatih motorik halus anak secara bertahap melalui aktivitas seperti memindahkan air menggunakan spons, membuka dan menutup gembok kunci, serta memasang dan melepas kancing baju. Aktivitas-aktivitas ini dirancang untuk memperkuat otot-otot tangan dan jari anak, yang penting untuk keterampilan menulis yang baik. Video ini menunjukkan pendekatan yang efektif dalam membantu anak mengembangkan keterampilan motorik halus, yang merupakan dasar penting dalam kemampuan menulis. Namun, perlu diperhatikan aspek struktur pembelajaran dan evaluasi untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran tersebut.

  3. Assalamu’alaikum
    Nama : Mubasiroh
    Nim : 877309808
    Upbjj : Surabaya

    Vidio ini sangat bermanfaat sekali untuk kita praktekkan kepada anak yang masih belum bisa memegang pensil dengan benar karna pada rentan anak usia 3 – 6 tahun cenderung mengalami perkembangan kekuatan dan koordinasi tangan yang cepat namun ada sebagian kecil yang mengalami perkembangan yang belum sempurna.
    Agar kejadian tersebut tidak terulang seperti memegang pensil tapi malah putus pensilnya dan kertasnya robek saat dibuat untuk menulis.
    Adapun cara mengatasi dengan memberikan latihan – latihan awal dengan melakukan kegiatan berikut ini:
    1. Melatih kelenturan jari anak dalam memegang objek tertentu seperti pensil dengan bermain memindahkan spon air dari mangkok satu ke mangkok yang lain dengan menggunakan spon, spon diremas atau di peras oleh ank tiap kali air di pindahkan ke mangkok lain.
    2. Melatih kemampuan ank dalam memegang suatu objek dalam membuka dan menutup kunci gembok atau gerakan membuka atau mengencangkan sekrup agar kemampuan anak dalam objeknya semakin kuat dan terkoordinasi dengan baik.
    3. Melatih kelenturan jari-jari tangan anak dengan membuka dan memasangkan logam kancing baju.
    Dengan cara-cara ini akan bisa melatih kelenturan dan koordinasi otot dan jari tangan anak.

Leave a Reply

https://pkvgamesqqonline.com/
https://cheersport.at/doc/pkv-games/https://cheersport.at/doc/bandarqq/https://cheersport.at/doc/dominoqq/https://mtvsz.hu/sb/pkvgames/https://mtvsz.hu/sb/idn-poker/https://mtvsz.hu/sb/dominoqq/https://mtvsz.hu/sb/bandarqq/
https://mtvsz.hu/https://www.sistemasuni.edu.pe/
https://prajaiswara.jambiprov.go.id/https://lpm.stital.ac.id/https://pjm.mercubuana.ac.id/https://sipil.teknik.untan.ac.id/https://teknik.untan.ac.id/