silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program video ini diperlihatkan bagaimana cara seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Cara yang dilakukan adalah dengan melatih motorik halus anak secara bertahap. Diantara cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju.
Badru Zaman
Pada tayangan video tersebut saya tidak bisa mengatakan kegiatan ini belum terlihat pembuka, isi, dan penutup, karena video ini tdak ditayangkan secara utuh, untuk penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah baik, evaluasi sudah nampak dalam unjuk kerja anak.
Untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, saran saya sebaiknya diawali dengan pengenalan alat (pensil) seperti jenis-jenis pensil, kegunaan pensil, bahaya pensil kalau tidak digunakan dengan benar dan lain sebagainya.
Contoh untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah baik yang berkenaan dengan cara cara melatih motorik halus anak guna menguatkan jari-jari tangan saat memegang pensil dengan baik dan benar, semakin banyak melatih jari tangan akan semakin baik cara memegang pensilnya.
Drs. Muman Hendra Budiman, M.Pd.
Pada tayangan video tersebut belum terlihat jelas, kegiatan pembuka, isi, dan penutup. Penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah cukup terlihat namun untuk evaluasi belum terlihat. Untuk tingkat perkembangan anak didik belum begitu sesuai karena biasanya kegiatan pada pembelajaran tersebut dilakukan untuk kelompok A atau bila ada kelompok bermain (melatih motorik halus). Untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku, yaitu yang berkenaan dengan cara-cara melatih motorik halus anak guna menguatkan tangan saat memegang pensil dengan benar.
Tri Ekowati
Nama : Arfiani Syam Lahu
NIM : 859915353
Video Mengatasi Anak yang Belum Bisa Memegang Pensil dengan Benar.
Kegiatan yang dilakukan pada video tersebut merupakan kegiatan bermain yang menyenangkan dengan tujuan melatih sensor-motorik anak. Kegiatan tersebut sangat menarik minat anak karena anak sangat suka bermain dan sesuai karakteristik anak. Kegiatan tersebut dapat menguatkan otot jari dan tangan, koordinasi mata-tangan, sehingga anak siap memegang pensil dengan benar.
Nama : NURWANA
NIM : 826033961
Menurut saya pada video ini membahas strategi guru dalam membantu anak yang kesulitan memegang pensil dengan benar. Guru tersebut melatih motorik halus anak secara bertahap melalui aktivitas seperti memindahkan air menggunakan spons, membuka dan menutup gembok kunci, serta memasang dan melepas kancing baju. Aktivitas-aktivitas ini dirancang untuk memperkuat otot-otot tangan dan jari anak, yang penting untuk keterampilan menulis yang baik. Video ini menunjukkan pendekatan yang efektif dalam membantu anak mengembangkan keterampilan motorik halus, yang merupakan dasar penting dalam kemampuan menulis. Namun, perlu diperhatikan aspek struktur pembelajaran dan evaluasi untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran tersebut.
Assalamu’alaikum
Nama : Mubasiroh
Nim : 877309808
Upbjj : Surabaya
Vidio ini sangat bermanfaat sekali untuk kita praktekkan kepada anak yang masih belum bisa memegang pensil dengan benar karna pada rentan anak usia 3 – 6 tahun cenderung mengalami perkembangan kekuatan dan koordinasi tangan yang cepat namun ada sebagian kecil yang mengalami perkembangan yang belum sempurna.
Agar kejadian tersebut tidak terulang seperti memegang pensil tapi malah putus pensilnya dan kertasnya robek saat dibuat untuk menulis.
Adapun cara mengatasi dengan memberikan latihan – latihan awal dengan melakukan kegiatan berikut ini:
1. Melatih kelenturan jari anak dalam memegang objek tertentu seperti pensil dengan bermain memindahkan spon air dari mangkok satu ke mangkok yang lain dengan menggunakan spon, spon diremas atau di peras oleh ank tiap kali air di pindahkan ke mangkok lain.
2. Melatih kemampuan ank dalam memegang suatu objek dalam membuka dan menutup kunci gembok atau gerakan membuka atau mengencangkan sekrup agar kemampuan anak dalam objeknya semakin kuat dan terkoordinasi dengan baik.
3. Melatih kelenturan jari-jari tangan anak dengan membuka dan memasangkan logam kancing baju.
Dengan cara-cara ini akan bisa melatih kelenturan dan koordinasi otot dan jari tangan anak.
Assalamu’alaikum…
Nama : sisca widinati
Nim : 877832307
Izin menanggapi video dengan judul mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar
Ada beberapa cara yang bisa dilakukan dengan memberikan latihan-latihan atau tugas- tugas di antaranya:
1. Melatih kelenturan tangan yaitu memindahkan air dari mangkok 1 ke mangkok 2 denganenggunakan spon dengan cara d remas
2 melatih membuka dan mengunci kunci gembok
3. Melatih membuka dan menutup mur dengan memutar
4. Melatih membuka dan menutup kancing baju
Metode seperti ini bisa d terapkan di sekolah- sekolah apabila ad anak yang belum mamu memegang pensil dengan benar. Demikian tanggapan saya terhadap video di atas mudah-mudahan dapat bermanfaat… Terimakasih
Nama: Nur wafiq azizah
Nim : 859816152
Menaggapi video tentang mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar.
Menurut tanggapan saya setelah menonton video tersebut , guru memberikan strategi dalam membantu anak yang kesulitan memegang pensil dengan benar.
guru membuat kegiatan yang melatih motorik halus anak secara bertahap melalui kegiatan , mmembuka gembok kunci, memindahkan air menggunakan spons ,serta memasang dan melepas kancing baju .
dari video di atas guru menunjukkan sikap pendekatan terhadap anak didik dengan cara yang efektif untuk membantu anak mengembangkan keterampilan menulis pada anak. Serta guru harus dapat mengevaluasi proses pembelajaran yang di berikan sehingga dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran tersebut.
NAMA: NUR WAFIQ AZIZAH
NIM: 859816152
Menurut tanggapan saya video tentang mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar.
Menurut pendapat saya setelah menonton video di atas, Guru telah memberikan strategi dalam membantu anak didik yang kesulitan memegang pensil dengan benar.Guru membuat kegiatan yang melatih motorik halus anak secara bertahap melalui kegiatan, membuka gembok, memindahkan air menggunakan spons serta memasang dan melepas kancing baju.
Dari video di atas guru menunjukkan cara pendekatan yang baik dan efektif dalam membantu anak mengembangkan keterampilan menulis . metode di atas merupakan pendekatan belajar dengan pengalam langsung. Serta guru harus dapat mengevaluasi pembelajarn yang di berikan agar dapat lebih meningkatkan kualitas proses pembelajaran tersebut.
Nama : Heriana, S.Pd
NIM : 859436525
Video ini menampilkan pendekatan yang sangat tepat dan edukatif dalam menangani permasalahan motorik halus pada anak, khususnya terkait kemampuan memegang pensil dengan benar. Guru dalam video menggunakan metode pembelajaran yang bersifat sensorik dan manipulatif, yang sangat efektif untuk usia dini. Kegiatan seperti memindahkan air dengan spons, membuka kancing baju, serta menggunakan gembok dan kunci adalah contoh kegiatan Montessori yang terbukti dapat meningkatkan koordinasi tangan dan jari anak secara bertahap.
Pendekatan bertahap yang dilakukan menunjukkan pemahaman guru terhadap pentingnya kesiapan fisik anak sebelum menulis. Daripada memaksa anak langsung memegang pensil, guru membekali anak dengan keterampilan dasar terlebih dahulu, yang merupakan fondasi penting dalam perkembangan menulis.
Heriana
859436525
Video ini menampilkan pendekatan yang sangat tepat dan edukatif dalam menangani permasalahan motorik halus pada anak, khususnya terkait kemampuan memegang pensil dengan benar. Guru dalam video menggunakan metode pembelajaran yang bersifat sensorik dan manipulatif, yang sangat efektif untuk usia dini. Kegiatan seperti memindahkan air dengan spons, membuka kancing baju, serta menggunakan gembok dan kunci adalah contoh kegiatan Montessori yang terbukti dapat meningkatkan koordinasi tangan dan jari anak secara bertahap.
Pendekatan bertahap yang dilakukan menunjukkan pemahaman guru terhadap pentingnya kesiapan fisik anak sebelum menulis. Daripada memaksa anak langsung memegang pensil, guru membekali anak dengan keterampilan dasar terlebih dahulu, yang merupakan fondasi penting dalam perkembangan menulis.
Bismillah…
Ijin menjawab
Nama : Imas Maryani
UPBJJ : Bandung
Pada video diatas tentang cara mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil seperti memindahkan air ke mangkuk dengan meremas spon,
membuka tutup kunci gembok, dan memasangkan kancing baju , membuka tutup skrup itu sangat baik untuk menstimulasi perkembangan kemampuan motorik halusnya serta melatih koordinasi tangan dan mata, untuk melatih konsentras terutama anak usia 3 -6 tahun. Kemampuan anak diusia itu kelenturan jari,ototnya masih kaku sehingga untuk menstimulasinya itu harus betul-betul di disstimulasi dengan benar dan sesuai fase perkembangannya. Kemampuan motorik halus anak usia dini terutama usia 3-6 tahun itu sangat penting untuk perkembangan anak, terutama dalam aktivitas sehari-hari seperti makan, menulis, dan berpakaian.
Bismillah …
Ijin menjawab…
Nama : Imas Maryani
UPBJJ : Bandung
Menganalisi video tentang mengatasi masalah anak yang masih kesulitan memegang pensil dengan benar
Pada penayangan video diatas untuk melatih kemampuan motorik halus yaitu dengan cara memindahkan air dari mangkuk satu ke mangkuk yang lain dengan cara meremas spon , membuka tutup kunci gembok, memasang kancing baju, membuka mengunci skrup merupakan salah satu yang sangat membantu utntuk melatih kemampuan motorik halusnya terutama anak usia 3-6 tahun. Pada usia itu motorik halus nya masih kaku untuk mengikuti kemampuan motorik halusnya terutama dalam menulis anak masih susah . Dengan keterampilan dalam video itu sangat membantu sekali anak selain melatih motorik halusnya juga melatih pengorganisasian otot-otot kecil seperti jemari-jemari tangan dan kecermatan dan koordinasi tangan dan mata. Untuk itu stimulasi kemampuan keterampilan motorik halusnya itu harus betul-betul diperhatikan untuk perkembangan fisik motoriknya.
Sekian dan Terima kasih