silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program video ini diperlihatkan bagaimana cara seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Cara yang dilakukan adalah dengan melatih motorik halus anak secara bertahap. Diantara cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju.
Badru Zaman
Pada tayangan video tersebut saya tidak bisa mengatakan kegiatan ini belum terlihat pembuka, isi, dan penutup, karena video ini tdak ditayangkan secara utuh, untuk penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah baik, evaluasi sudah nampak dalam unjuk kerja anak.
Untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, saran saya sebaiknya diawali dengan pengenalan alat (pensil) seperti jenis-jenis pensil, kegunaan pensil, bahaya pensil kalau tidak digunakan dengan benar dan lain sebagainya.
Contoh untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah baik yang berkenaan dengan cara cara melatih motorik halus anak guna menguatkan jari-jari tangan saat memegang pensil dengan baik dan benar, semakin banyak melatih jari tangan akan semakin baik cara memegang pensilnya.
Drs. Muman Hendra Budiman, M.Pd.
Pada tayangan video tersebut belum terlihat jelas, kegiatan pembuka, isi, dan penutup. Penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah cukup terlihat namun untuk evaluasi belum terlihat. Untuk tingkat perkembangan anak didik belum begitu sesuai karena biasanya kegiatan pada pembelajaran tersebut dilakukan untuk kelompok A atau bila ada kelompok bermain (melatih motorik halus). Untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku, yaitu yang berkenaan dengan cara-cara melatih motorik halus anak guna menguatkan tangan saat memegang pensil dengan benar.
Tri Ekowati
PERKENALKAN
Nama : caila meilawati rambu rabbi
Nim : 859293904
Upbjj : Kupang
menurut saya pembelajaran pada video di atas sudah bagus dan strategi yang di gunakan juga sudah baik, dimana anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar itu harus di latih terlebih dahulu motorik halus atau kelenturan jari jarinya. Dan pada video di atas telah menunjukkan strategi untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, seperti :
1) memindahkan air menggunakan spons
2) membuka dan menutup kunci gembok
3) membuka dan memasang mur
Akan tetapi alangkah lebih baik video pembelajaran di atas di lengkapi dengan kegiatan pembiasaan, pembuka, inti, penutup.
perkenalakan
nama : Caila meilawati rambu rabbi
Nim : 859293904
menurut saya video pembelajaran di atas sudah bagus, bagaimana cara atau strategi seorang guru ketika ada anak didik yang tidak bisa memegang pensil dengan benar, sehingga video di atas dapat membantu saya ketika melakukan pembelajaran di kelas dan menggunakan strategi yang ada pada video di atas ketika ada anak didik yang tidak bisa memegang pensil dengan baik.
Nama : Endang Tri Wulan
NIM : 857629912
Video tersebut sangat bermanfaat karena memberikan panduan yang informatif dalam menangani anak usia dini yang belum mampu memegang pensil dengan benar. Pendekatan yang dilakukan juga sangat tepat yaitu dengan memperkuat keterampilan motorik halus terlebih dahulu melalui berbagai aktivitas bermain yang menyenangkan dan sesuai perkembangan anak.
Nama: Nurul Hikmatus Syita
NIM: 857778319
UPBJ: UT SEMARANG
Progdi: PGPAUD (PAUD4401.32)
Tutor: ERWINA AZIZAH HASIBUAN
Setelah meninjau video berjudul “Mengatasi Anak yang Belum Bisa Memegang Pensil dengan Benar”, berikut komentar saya:
Video ini menunjukkan pendekatan yang sangat baik dan sabar dari seorang guru dalam membantu anak mengembangkan keterampilan motorik halusnya. Guru tidak langsung memaksa anak memegang pensil, tetapi menggunakan berbagai kegiatan yang mendukung koordinasi tangan dan jari secara bertahap, seperti memindahkan air menggunakan spons, membuka-tutup kancing baju, serta menggunakan kunci dan gembok.
Pendekatan ini efektif karena:
Menekankan pada latihan motorik halus terlebih dahulu sebelum langsung ke aktivitas menulis.
Menggunakan aktivitas sehari-hari yang menyenangkan dan menantang untuk anak.
Memberikan suasana pembelajaran yang positif dan tidak membuat anak merasa tertekan.
Menurut saya sebagai guru TK, cara mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar perlu pendekatan yang sabar, menyenangkan, dan bertahap. Berikut ini beberapa cara yang efektif:
1. Latihan motoric halus terlebih dahulu: meremas plastisin, menjepit benda kecil dengan penjepit atau pinset, merone manik-manik
2. Menggunakan alat bantu grip pensil
3. Menggunakan pensil yang pendek dan tebal
4. Berikan latihan menggambar atau mencoret-coret
5. Gunakan permainan, lagu, atau pujian agar anak merasa senang dan semangat
6. Sebaiknya, peragakan dan damping anak secara langsung
Assalamualaikum
Nama : Wa Ada
Nim :859777369
Upbjj : kendari
Berdasarkan vidio di atas pembelajaran tersebut dapat menambah pengetahuan saya dalam menangani anak dalam mengalami kesulitan dalam memegang pensil dari vidio tersebut terdapat bagaimana cara mengatasi anak didik yang benar, yaitu saya sebagai pendidik melakukan kegiatan latihan memegang pensil sebagai berikut;
1. memindahkan air dengan menggunakan spon dari mangkok satu ke mangkok yang lain
2. membuka dan memasang sekrup
3. melatih anak untuk mengencangkan gembok
4. membuka dan memasang kancing baju.
Tujuan kegiatan ini untuk melatih kelenturan dan koordinasi otot-otot tangan dan jari tangan anak-anak. Itulah vidio yang saya lihat supaya anak-anak bisa memegang pensil dengan baik.
Nama : Yoga Ekarini
NIM : 857880184
UPBJJ UT Surakarta
Ijin menanggapi video diatas
Dari video tersebut,dapat dilihat bahwa kegiatan untuk melatih anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar sudah tepat, Meremas spon, membuka dan menutup gembok kunci, memasang dan melepas skrup, memasang dan membuka kancing baju adalah sebagian cara untuk melatih motoric halus anak. Dimana arah kegiatan tersebut adalah kemampuan dasar menulis. Dengan adanya kegiatan yang merangsang perkembangan motoric halus tersebut diharapkan semua anak bisa memegang pensil dengan benar. Tetapi rangkaian kegiatan dalam video tersebut kurang lengkap, belum ada kegiatan pembuka dan penutup.
Nama : Tiara Ayu Nur Fitriya
NIM : 877957034
UPBJJ SURABAYA
judul video “Mengatasi Anak yang Belum Bisa Memegang Pensil dengan Benar”
Berdasarkan video tersebut, untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, teknik yang dilakukan oleh guru untuk melatih motorik halus anak-anak tersebut sudah tepat, yaitu dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju. hal-hal tersebut dilakukan tentunya agar anak-anak terbiasa memegang sesuatu, dan begitu pun untuk memegang pensil nantinya. Saran untuk video selanjutnya, lebih ditingkatkan lagi kualitas resolusi video nya. namun walaupun begitu video ini tetap bermanfaat bagi saya untuk mempraktikkannya secara langsung.
Nama : Puspa Laraswati
Nim : 857653108
Setelah saya menonton vidio yang berjudul Mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar.
Dalam Video tersebut terdapat banyak cara yang bisa di lakukan untuk mengatasi anak-anak yang belum mengerti cara memegang pensil seperti cara pada vidio di atas ada beberapa cara yaitu seperti Memindahkan air dari wadah satu ke wadah lain dengan cara merendam dan meremas spon, Membuka dan menutup gembok kunci serta Membuka dan memasang kancing baju.dengan menggunakan teknik tersebut berguna untuk melatih jari anak-anak agar lentur saat memegang pensil dan dengan adanya vidio ini menambah wawasan saya dalam melatih anak memegang pensil. sehingga saya dapat mempraktekan nya pada anak-anak PAUD yang baru.
Nama : Siti Umihayah
NIM : 857621427
Prodi : PGPAUD S1
UPBJJ : Purwokerto
Setelah menonton video mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, saya jadi terinspirasi untuk mempraktekkan cara-cara yang dilakukan guru tersebut untuk diterapkan di lembaga saya, karena di lembaga saya masih ada beberapa anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar.
Biasanya yang kami lakukan sebelum menonton video tersebut adalah dengan meremas plastisin, merobek kertas, melatih anak membuat coretan-coretan di kertas dengan menggunakan pensil yang tebal agar kertas tidak sobek karena kalau pensil yang tidak tebal anak menekan pensil pada kertas terlalu keras karena cara memegangnya yang belum benar.
Solusi dari tayangan video tersebut sangat bermanfaat buat kami. Terima kasih.
Nama : Rini Andriani
NIM : 857523321
UPBJJ Baleendah Bandung
Video ini mengenai bagaimana cara seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Video ini sangat bermanfaat bagi saya sebagai guru PAUD. Di kelas saya memberikan latihan menulis tidak langsung memegang pensil namun diantaranya dengan cara menulis dengan jari di atas pasir atau tepung terigu, membentuk plastisin, memasukkan biji kacang hijau ke dalam botol, dsb.