silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program video ini diperlihatkan bagaimana cara seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Cara yang dilakukan adalah dengan melatih motorik halus anak secara bertahap. Diantara cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju.

Badru Zaman

Pada tayangan video tersebut saya tidak bisa  mengatakan kegiatan ini belum terlihat pembuka, isi, dan penutup, karena video ini tdak ditayangkan secara utuh, untuk penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah baik,  evaluasi sudah nampak dalam unjuk kerja anak.

Untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, saran saya sebaiknya diawali dengan pengenalan alat (pensil) seperti  jenis-jenis pensil, kegunaan pensil, bahaya pensil kalau tidak digunakan dengan benar dan lain sebagainya.

Contoh untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah baik  yang berkenaan dengan cara cara melatih motorik halus anak guna menguatkan jari-jari tangan saat memegang pensil dengan baik dan benar, semakin banyak melatih jari tangan akan semakin baik cara memegang pensilnya.

Drs. Muman Hendra Budiman, M.Pd.

Pada tayangan video tersebut belum terlihat jelas, kegiatan pembuka, isi, dan penutup. Penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah cukup terlihat namun untuk evaluasi belum terlihat. Untuk tingkat perkembangan anak didik belum begitu sesuai karena biasanya kegiatan pada pembelajaran tersebut dilakukan untuk kelompok A atau bila ada kelompok bermain (melatih motorik halus). Untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku, yaitu yang berkenaan dengan cara-cara melatih motorik halus anak guna menguatkan tangan saat memegang pensil dengan benar.

Tri Ekowati

Similar Posts

6,754 Comments

  1. Nama: Safrina Indah Aulia
    NIM: 859679675
    UPBJJ: Surabaya

    Setelah saya melihat video tersebut ada berbagai banyak cara yg bisa dilakukan untuk melatih anak yang belum bisa memegang pensil, diantaranya memindahkan air dengan menggunakan spons, memasukkan kancing baju, membuka dan memasukkan baut. kegiatan itu semua sudah bagus untuk bisa melatih motorik halus pada anak agar anak nantinya diharapkan bisa memegang pensil dengan benar saat menulis, tapi biasanya di lembaga saya ketika ajaran baru semua murid kelompok A saya berikan kegiatan seperti meremas kertas, merobek kertas menjadi kecil kecil lalu saya ajak bermain plastisin. Dengan adanya video tersebut saya bisa menambah pengetahuan dan menambah masukan untuk saya agar nantinya bisa saya gunakan dan saya praktekkan di lembaga saya.

  2. Nama: Safrina Indah Aulia
    NIM: 859679675
    UPBJJ: Surabaya

    Dengan saya melihat video tersebut saya jadi mengerti banyak sekali cara yg dilakukan untuk mengatasi anak yang sulit dalam memegang pensil, memang perlu sekali adanya kegiatan tersebut sejak awal karena nantinya akan berdampak bagi anak ketika tidak dilatih sejak dini. Di dalam video tersebut memperlihatkan beberapa kegiatan untuk melatih anak ketika kesulitan dalam memegang pensil di antaranya memindahkan air menggunakan spons, membuka dan menutup baut, memasukkan kancing baju. Dengan adanya video tersebut bisa saya praktekkan di lembaga saya dan menambah ide kegiatan baru karena saya biasanya melatih anak didik baru kelompok A dengan meremas kertas, merobek kertas menjadi kecil kecil dan bermain plastisin.

  3. Nama: Novita Sari
    Nim:858431365

    Setelah menonton video berjudul “Mengatasi Anak yang Belum Bisa Memegang Pensil dengan Benar”, saya ingin mengemukakan beberapa pendapat saya. Video ini menampilkan pendekatan yang sangat baik dan penuh kesabaran dari seorang guru dalam membantu anak-anak mengembangkan keterampilan motorik halus mereka. Alih-alih langsung memaksa anak untuk memegang pensil, guru tersebut menggunakan berbagai aktivitas yang mendukung koordinasi tangan dan jari secara bertahap, seperti memindahkan air menggunakan spons, membuka dan menutup kancing baju, serta bermain dengan kunci dan gembok.

    Pendekatan ini terbukti efektif karena beberapa alasan:
    1. Fokus pada latihan motorik halus terlebih dahulu, sebelum langsung masuk ke aktivitas menulis.
    2. Menggunakan aktivitas sehari-hari yang menyenangkan dan menantang untuk anak.
    3. Menciptakan suasana belajar yang positif tanpa memberikan tekanan kepada anak.

    Sebagai seorang guru TK, saya percaya bahwa untuk membantu anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, pendekatan yang sabar, menyenangkan, dan bertahap sangatlah penting. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan secara efektif:
    1. Melakukan latihan motorik halus lebih dahulu, seperti meremas plastisin, menjepit benda kecil dengan penjepit atau pinset, serta meronce manik-manik.
    2. Menggunakan alat bantu grip pensil.
    3. Memilih pensil yang pendek dan tebal untuk memudahkan pegangan.
    4. Memberikan latihan menggambar atau mencoret-coret.
    5. Mengintegrasikan permainan, lagu, atau pujian agar anak merasa senang dan bersemangat.
    6. Sebaiknya, lakukan demonstrasi dan dampingi anak secara langsung saat berlatih.

    Dengan cara-cara ini, diharapkan anak-anak dapat belajar dengan lebih baik dan merasa nyaman dalam mengembangkan keterampilan mereka.

  4. Nama: Novita Sari
    Nim : 858431365

    Setelah menonton video berjudul “Mengatasi Anak yang Belum Bisa Memegang Pensil dengan Benar”, saya ingin mengemukakan beberapa pendapat saya. Video ini menampilkan pendekatan yang sangat baik dan penuh kesabaran dari seorang guru dalam membantu anak-anak mengembangkan keterampilan motorik halus mereka. Alih-alih langsung memaksa anak untuk memegang pensil, guru tersebut menggunakan berbagai aktivitas yang mendukung koordinasi tangan dan jari secara bertahap, seperti memindahkan air menggunakan spons, membuka dan menutup kancing baju, serta bermain dengan kunci dan gembok.

    Pendekatan ini terbukti efektif karena beberapa alasan:
    1. Fokus pada latihan motorik halus terlebih dahulu, sebelum langsung masuk ke aktivitas menulis.
    2. Menggunakan aktivitas sehari-hari yang menyenangkan dan menantang untuk anak.
    3. Menciptakan suasana belajar yang positif tanpa memberikan tekanan kepada anak.

    Sebagai seorang guru TK, saya percaya bahwa untuk membantu anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, pendekatan yang sabar, menyenangkan, dan bertahap sangatlah penting. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan secara efektif:
    1. Melakukan latihan motorik halus lebih dahulu, seperti meremas plastisin, menjepit benda kecil dengan penjepit atau pinset, serta meronce manik-manik.
    2. Menggunakan alat bantu grip pensil.
    3. Memilih pensil yang pendek dan tebal untuk memudahkan pegangan.
    4. Memberikan latihan menggambar atau mencoret-coret.
    5. Mengintegrasikan permainan, lagu, atau pujian agar anak merasa senang dan bersemangat.
    6. Sebaiknya, lakukan demonstrasi dan dampingi anak secara langsung saat berlatih.

    Dengan cara-cara ini, diharapkan anak-anak dapat belajar dengan lebih baik dan merasa nyaman dalam mengembangkan keterampilan mereka.

  5. Nama : PINI
    Nim : 856339416
    Tutor : Dwi Kurniati Putri, S.Si, M.Si
    Judul video analisis : Seri Pengembangan Fisik-Motorik PAUD ( mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar)

    1. Bagaimana reaksi anak terhadap proses pengembangan pembelajaran yang diperlukan ?
    reaksi anak saat guru memberikan pembelajaran menebalkan garis dan bentuk sangat antusias untuk mengerjakan tugas. namun ada anak laki-laki yang belum bisa memegang pensil dengan benar saat membuat garis/menebalkan garis malah sobek, maka guru pun memberikan latihan kepada anak sebelum memegang pensil untuk melatih kelenturan jari tangan.
    2. Hal unik apa yang ditemui dalam pengembangan atau pembelajaran di video tersebut?
    hal unik yang ditemui dalam pengembangan atau pembelajaran di video adalah saat ada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, untuk mengatasi hal itu guru memberikan latihan kepada anak dengan menggunakan spons, membuka tutup gembok, membuka dan memasangkan skrup, serta memasangkan kancing baju. hal ini untuk menumbuhkan semangat bagi anak dalam belajar menulis dan memegang pensil dengan benar.
    3. Hal apa yang perlu ditingkakan untuk meningkatkan kualitas pengembanngan pembajaran yang ada di video?
    hal yang perlu ditingkatkan, menurut saya dalam pembelajaran ini sangatlah efektif untuk ditiru, namun guru bisa menambahkan dengan kegiatan bermain plastisin atau playdough, memindahkan benda kecil dengan capit, serta guru juga bisa mengajak anak melakukan kegiatan senam jari secara berulang untk melatih kelentuan jari-jari tangan.

  6. Nama : PINI
    Nim : 856339416
    Tutor : Dwi Kurniati Putri, S.Si, M.Si
    Judul video analisis : Seri Pengembangan Fisik-Motorik PAUD ( mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar)

    1. Bagaimana reaksi anak terhadap proses pengembangan pembelajaran yang diperlukan ?
    Reaksi anak saat guru memberikan pembelajaran menebalkan garis dan bentuk sangat antusias untuk mengerjakan tugas. namun ada anak laki-laki yang belum bisa memegang pensil dengan benar saat membuat garis/menebalkan garis malah sobek, maka guru pun memberikan latihan kepada anak sebelum memegang pensil untuk melatih kelenturan jari tangan.
    2. Hal unik apa yang ditemui dalam pengembangan atau pembelajaran di video tersebut?
    Hal unik yang ditemui dalam pengembangan atau pembelajaran di video adalah saat ada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, untuk mengatasi hal itu guru memberikan latihan kepada anak dengan menggunakan spons, membuka tutup gembok, membuka dan memasangkan skrup, serta memasangkan kancing baju. hal ini untuk menumbuhkan semangat bagi anak dalam belajar menulis dan memegang pensil dengan benar.
    3. Hal apa yang perlu ditingkakan untuk meningkatkan kualitas pengembanngan pembajaran yang ada di video?
    Hal yang perlu ditingkatkan, menurut saya dalam pembelajaran ini sangatlah efektif untuk ditiru, namun guru bisa menambahkan dengan kegiatan bermain plastisin atau playdough, memindahkan benda kecil dengan capit, serta guru juga bisa mengajak anak melakukan kegiatan senam jari secara berulang untk melatih kelentuan jari-jari tangan.

  7. Nama : Irja Selgus
    NIM : 859437652

    Saya sangat mengapresiasi video yang disajikan. Video ini sangat kreatif dan memberikan contoh yang baik dalam mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Anak tidak langsung dipaksakan memegang pensil namun seorang guru dengan sabar mengembangkan motorik halus sang anak dengan beberapa kegiatan yang melibatkan tangan dan jari anak secara bertahap. Dimana kegiatan tersebut dapat membantu untuk meningkatkan koordinasi jari dan tangan anak, melenturkan jari-jari anak, dan meningkatkan kemampuan anak dalam memegang sebuah objek. Kegiatan ini sangat menginspirasi dan dapat diterapkan untuk anak-anak PAUD yang masih kesulitan dalam memegang pensil.

  8. Nama : Napita ayu arista
    NIM : 856339351
    Prodi : PGPAUD

    Setelah saya menonton video ini yang berjudul ” Mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar ”
    video ini menunjukkan pendekatan yang sangat baik dan sabar dari seorang guru dalam membantu anak mengembangkan keterampilan motorik halus. guru tidak lansung memaksa anak memegang pensil tetapi menggunakan berbagai kegiatan yang mendukung koordinasi tangan dan jari secara bertahap seperti meremas spons serta menggunakan kunci dan gembok. pendekatan ini sangat efektif karena: menekankan pada latihan motorik halus anak terlebih dahulu sebelum lansung memulai aktivitas menulis, serta menggunakan aktivitas sehari-hari yang menyenangkan dan menantang bagi anak.
    1. Dari proses pengembangan yang dilakukan dalam video tersebut terlihat salah satu seorang anak sangat antusias dan sangat senang ketika neakukan kegiatan menebalkan garis putus-putus
    2. Hal unik yang ada di dalam video tersebut ialah pengembangan atau pembelajaran ada satu orang anak yang mengatakan ke gurunya didalam kelas bahwa anak belum bisa membuat garis lurus dan ada seorang anak yang mau mengerjakan tugas dari gurunya menggunakan tangan kiri
    3. yang perlu ditingkatkan dalam video tersebut.menurut saya sebagai guru cara mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar perlu pendekatan yang sabar dan menyenangkan dalam proses pembelajaran secara bertahap

  9. Nama : Martha Vesicaria Wirajaya
    NIM : 857856824
    UPBJJ : Surakarta

    Setelah saya melihat video mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan cara yang benar memerlukan pendekatan yang sabar dan mendukung. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat diambil:

    1. Pendekatan Fisik:
    – Latihan Fisik: Berikan latihan sederhana untuk menguatkan otot tangan dan jari. Misalnya, bermain dengan balon atau menggunakan alat bantu seperti penggaris untuk melatih koordinasi.
    – Pegangan Alternatif: menggunakan alat bantu seperti penjepit pensil atau pegangan khusus yang dapat membantu anak belajar memegang pensil dengan benar.

    2. Teknik Pegangan:
    – Pegangan yang Benar: Ajarkan teknik pegangan yang benar. Umumnya, jari telunjuk dan jari tengah digunakan untuk memegang pensil, dengan jari telunjuk berada di bagian bawah pensil dan jari tengah di sisi.
    – Latihan Menulis: Mulailah dengan latihan menulis di kertas besar atau papan tulis sebelum beralih ke buku catatan kecil.

    3. Aktivitas Kreatif:
    – Gambar dan Menggambar: Dorong anak untuk menggambar atau melukis menggunakan pensil. Ini bisa menjadi cara yang menyenangkan untuk mempraktikkan penggunaan pensil.
    – Puzzle dan Kerajinan Tangan: Gunakan puzzle atau proyek kerajinan tangan yang melibatkan penggunaan pensil untuk membantu mengembangkan keterampilan motorik halus.

    4. Dukungan Emosional:
    – Dorongan Positif: Berikan dorongan dan pujian ketika anak mencapai kemajuan, bahkan jika kecil. Ini akan membantu meningkatkan kepercayaan diri mereka.
    – Pembiasaan: Lakukan latihan secara rutin sehingga anak menjadi terbiasa dengan penggunaan pensil.

    5. Penggunaan Teknologi:
    – Aplikasi Edukatif: Manfaatkan aplikasi pendidikan yang dirancang untuk membantu anak-anak mengembangkan keterampilan motorik, seperti aplikasi yang meminta mereka menulis atau menggambar di layar tablet.

    6. Konsultasi Profesional:
    – Terapi Kecil: Jika anak masih kesulitan setelah mencoba berbagai metode, pertimbangkan untuk berkonsultasi dengan terapis kecil atau psikolog anak untuk mendapatkan saran tambahan.

    Dengan pendekatan yang tepat dan kesabaran, anak akan belajar cara memegang pensil dengan baik dan mulai menikmati kegiatan menulis dan menggambar.

  10. Dari vidio diatas kita dapat melihat guru yang sabar dalam mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar dan membuat kertas menjadi robek.
    cara yang dilakukan guru agar anak bisa memegang pensi dengan benar adalah dengan melatih motorik halus anak secara bertahap melalui bermain yaitu memberikan latihan kelenturan jari dengan memindahkan air dari mangkok satu kemangkok lainnya dengan spon,mebuka dan mengunci gembo,lalu membuka dan memasang kancing baju.

Leave a Reply