silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program video ini diperlihatkan bagaimana cara seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Cara yang dilakukan adalah dengan melatih motorik halus anak secara bertahap. Diantara cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju.

Badru Zaman

Pada tayangan video tersebut saya tidak bisa  mengatakan kegiatan ini belum terlihat pembuka, isi, dan penutup, karena video ini tdak ditayangkan secara utuh, untuk penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah baik,  evaluasi sudah nampak dalam unjuk kerja anak.

Untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, saran saya sebaiknya diawali dengan pengenalan alat (pensil) seperti  jenis-jenis pensil, kegunaan pensil, bahaya pensil kalau tidak digunakan dengan benar dan lain sebagainya.

Contoh untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah baik  yang berkenaan dengan cara cara melatih motorik halus anak guna menguatkan jari-jari tangan saat memegang pensil dengan baik dan benar, semakin banyak melatih jari tangan akan semakin baik cara memegang pensilnya.

Drs. Muman Hendra Budiman, M.Pd.

Pada tayangan video tersebut belum terlihat jelas, kegiatan pembuka, isi, dan penutup. Penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah cukup terlihat namun untuk evaluasi belum terlihat. Untuk tingkat perkembangan anak didik belum begitu sesuai karena biasanya kegiatan pada pembelajaran tersebut dilakukan untuk kelompok A atau bila ada kelompok bermain (melatih motorik halus). Untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku, yaitu yang berkenaan dengan cara-cara melatih motorik halus anak guna menguatkan tangan saat memegang pensil dengan benar.

Tri Ekowati

Similar Posts

6,754 Comments

  1. Assalamualaikum Wr.wb
    Saya Rena Fathonah Nim 877834371 UPBJJ Bandung
    Video ini sangat bermanfaat terutama bagi para pendidik PAUD dan orang tua yang ingin membantu anak belajar memegang pensil dengan benar, karena memegang pensil adalah keterampilan dasar yang penting untuk perkembangan motorik halus anak dan keberhasilan akademik mereka

  2. Nama : Mami Utari
    NIM : 877799467

    Dari video diatas diperolah solusi untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Yaitu dengan cara :
    1. Bermain memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainnya dengan menggunakan spon diremas atau diperas oleh anak setiap kali air dipindahkan ke mangkok lainnya.
    2. Melatih membuka dan menutup kunci gembok atau gerakan membuka dan mengencangkan sekrup agar kemampuan memegang suatu objek anak semakin kuat dan terkoordinasi dengan baik.
    3. Melatih anak dengan cara membuka dan memasangkan beragam kancing baju.
    Selain cara – cara tersebut diatas masih banyak cara yang bisa digunakan untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, salah 1 nya dengan cara bermain sensori motorik meremas – remas dan menggenggam beras.
    Demikian tanggapan saya, terima kasih 🙏🏻

  3. Nama : Melati Suci Widhi Astuti
    Nim : 877694921

    *Video tentang mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar sangat informatif dan membantu. Berikut beberapa poin yang dapat diambil dari video tersebut:

    – Pentingnya Mengajarkan Cara Memegang Pensil yang Benar : Mengajarkan anak cara memegang pensil yang benar sejak dini dapat membantu meningkatkan keterampilan motorik halus dan kemampuan menulis mereka.
    – Teknik Mengajarkan Cara Memegang Pensil : Video tersebut menunjukkan teknik-teknik yang efektif untuk mengajarkan anak cara memegang pensil, seperti menggunakan jari-jari yang tepat dan memberikan latihan yang konsisten.
    – Mengatasi Kesulitan Anak Video tersebut membahas tentang cara mengatasi kesulitan anak dalam memegang pensil, seperti menggunakan alat bantu atau memberikan motivasi.

    *Video tentang mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar dapat memberikan manfaat bagi :

    – Orang tua dapat mempelajari teknik-teknik yang efektif untuk mengajarkan anak cara memegang pensil yang benar.
    – Guru dapat menggunakan video tersebut sebagai referensi untuk meningkatkan keterampilan mengajar mereka.
    – Anak : Anak dapat memperoleh manfaat dari latihan dan teknik yang diajarkan dalam video tersebut untuk meningkatkan keterampilan motorik halus dan kemampuan menulis mereka.
    Dengan menonton video tersebut, Saya dapat memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang berguna untuk membantu anak mengatasi kesulitan dalam memegang pensil.

  4. Assalamu’alaikum
    Nama nurul aulia
    Nim : 858135936

    Izin menanggapi diskusi
    Kita bisa memulai dari motorik halus anak, mulai dari anak bisa menunjuk, menganggat jempol, membuat tanda metal.
    Jika otot jari tangan sudah kuat, anak akan lebih mudah untuk memegang pensil.kasus seperti ini akan lebih mudah jika dilakukan bersama sama, antara orang tua dan guru.
    Dirumah anak bisa di ajarkan cara membuka dan menutup botol minum, membuka toples mainan. Sedangkan di sekolah anak bisa di ajarkan dengan memberi pensil, lalu membiarkan anak mencoret coret. Jika dengan coretan tidak beraturan anak sudah kuat, makan akan lebih mudah guru mengatur anak untuk memenangkan pensil.

  5. Nama: Mayawi Zakaria
    Nim: 858593109

    Video ini sangat informatif dan bermanfaat, terutama bagi orang tua dan pendidik PAUD. Penjelasan mengenai tahapan perkembangan motorik halus anak dan cara-cara melatih genggaman pensil yang tepat disampaikan dengan jelas.

    Saya sangat mengapresiasi pendekatan yang digunakan dalam video ini, yang menekankan pentingnya kesabaran dan stimulasi yang konsisten dalam melatih anak. Setiap anak memiliki kecepatan perkembangan yang berbeda, sehingga metode yang fleksibel seperti bermain sambil belajar, latihan meremas spon, serta latihan membuka kancing sangat membantu memperkuat otot jari anak sebelum bisa memegang pensil dengan benar. Video ini memberi inspirasi dan motivasi untuk terus mendukung perkembangan motorik anak secara positif.

  6. Video ini memberikan wawasan yang sangat berguna bagi kami sebagai calon pendidik PAUD. Pendekatan yang digunakan guru dalam melatih motorik halus anak secara bertahap sangat efektif. Melalui kegiatan seperti memindahkan air menggunakan spons, membuka dan menutup gembok kunci, serta memasang dan melepas kancing baju, anak-anak dapat mengembangkan keterampilan motorik halus yang penting sebelum memegang pensil dengan benar.

    Saya juga sepakat dengan saran dari pakar pendidikan yang menyarankan agar sebelum memulai kegiatan menulis, guru mengenalkan terlebih dahulu jenis-jenis pensil dan cara penggunaannya. Hal ini dapat membantu anak memahami alat yang akan digunakan dan mengurangi rasa takut atau canggung saat pertama kali memegang pensil.

    Namun, saya juga ingin menambahkan bahwa penting bagi guru untuk memberikan contoh yang jelas dan demonstrasi langsung saat mengajarkan cara memegang pensil yang benar. Penggunaan media yang lebih besar dan jelas, seperti papan tulis dengan garis putus-putus, dapat membantu anak-anak melihat dan mengikuti dengan lebih mudah. Selain itu, memulai dengan kegiatan yang lebih sederhana dan familiar bagi anak, seperti bermain plastisin atau meremas kertas, dapat membantu mereka merasa lebih nyaman dan siap untuk belajar menulis.

    Secara keseluruhan, video ini memberikan contoh yang baik tentang bagaimana guru dapat membantu anak-anak mengembangkan keterampilan motorik halus mereka dengan cara yang menyenangkan dan efektif. Pendekatan yang sabar dan penuh perhatian terhadap kebutuhan individu anak sangat penting dalam proses pembelajaran di PAUD.

  7. Nama : ALIMA
    NIM : 860098288

    Video ini memberikan wawasan yang sangat berguna bagi kami sebagai calon pendidik PAUD. Pendekatan yang digunakan guru dalam melatih motorik halus anak secara bertahap sangat efektif. Melalui kegiatan seperti memindahkan air menggunakan spons, membuka dan menutup gembok kunci, serta memasang dan melepas kancing baju, anak-anak dapat mengembangkan keterampilan motorik halus yang penting sebelum memegang pensil dengan benar.

    Saya juga sepakat dengan saran dari pakar pendidikan yang menyarankan agar sebelum memulai kegiatan menulis, guru mengenalkan terlebih dahulu jenis-jenis pensil dan cara penggunaannya. Hal ini dapat membantu anak memahami alat yang akan digunakan dan mengurangi rasa takut atau canggung saat pertama kali memegang pensil.

    Namun, saya juga ingin menambahkan bahwa penting bagi guru untuk memberikan contoh yang jelas dan demonstrasi langsung saat mengajarkan cara memegang pensil yang benar. Penggunaan media yang lebih besar dan jelas, seperti papan tulis dengan garis putus-putus, dapat membantu anak-anak melihat dan mengikuti dengan lebih mudah. Selain itu, memulai dengan kegiatan yang lebih sederhana dan familiar bagi anak, seperti bermain plastisin atau meremas kertas, dapat membantu mereka merasa lebih nyaman dan siap untuk belajar menulis.

    Secara keseluruhan, video ini memberikan contoh yang baik tentang bagaimana guru dapat membantu anak-anak mengembangkan keterampilan motorik halus mereka dengan cara yang menyenangkan dan efektif. Pendekatan yang sabar dan penuh perhatian terhadap kebutuhan individu anak sangat penting dalam proses pembelajaran di PAUD.

  8. Menurut saya dalam video tersebut sangat membantu saya dalam kegiatan pembelajaran sehari hari.. dikarenakan memang banyak sekali dari murid saya yang belum bisa memegang pensil dengan benar,
    Terimakasih sudah memberikan ilmu yang bermanfaat 🙏

  9. Beranda
    Tentang GPO
    Kontak
    Profil
    Keluar
    X
    Home / Seri Pembelajaran PAUD / Mengatasi Anak yang Belum Bisa Memegang Pensil dengan Benar
    Seri Pembelajaran PAUD
    Mengatasi Anak yang Belum Bisa Memegang Pensil dengan Benar

    silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar

    Sinopsis
    Pada program video ini diperlihatkan bagaimana cara seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Cara yang dilakukan adalah dengan melatih motorik halus anak secara bertahap. Diantara cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju.

    Badru Zaman

    Pakar Dosen
    Pada tayangan video tersebut saya tidak bisa mengatakan kegiatan ini belum terlihat pembuka, isi, dan penutup, karena video ini tdak ditayangkan secara utuh, untuk penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah baik, evaluasi sudah tampak dalam unjuk kerja anak.

    Untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, saran saya sebaiknya diawali dengan pengenalan alat (pensil) seperti jenis-jenis pensil, kegunaan pensil, bahaya pensil jika tidak digunakan dengan benar dan lain-lain.

    Contoh untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah baik yang berkenaan dengan cara melatih motorik halus anak guna menguatkan jari-jari tangan saat memegang pensil dengan baik dan benar, semakin banyak melatih jari tangan akan semakin baik cara memegang pensilnya.

    Sumber referensi
    Dr. Muman Hendra Budiman, M.Pd.

  10. Nama : ERLY FAHMIYATI
    Nim: 858326519

    Seri Pembelajaran PAUD / Mengatasi Anak yang Belum Bisa Memegang Pensil dengan Benar
    Seri Pembelajaran PAUD
    Mengatasi Anak yang Belum Bisa Memegang Pensil dengan Benar

    silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar

    Sinopsis
    Pada program video ini diperlihatkan bagaimana cara seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Cara yang dilakukan adalah dengan melatih motorik halus anak secara bertahap. Diantara cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju.

    Badru Zaman

    Pakar Dosen
    Pada tayangan video tersebut saya tidak bisa mengatakan kegiatan ini belum terlihat pembuka, isi, dan penutup, karena video ini tdak ditayangkan secara utuh, untuk penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah baik, evaluasi sudah tampak dalam unjuk kerja anak.

    Untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, saran saya sebaiknya diawali dengan pengenalan alat (pensil) seperti jenis-jenis pensil, kegunaan pensil, bahaya pensil jika tidak digunakan dengan benar dan lain-lain.

    Contoh untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah baik yang berkenaan dengan cara melatih motorik halus anak guna menguatkan jari-jari tangan saat memegang pensil dengan baik dan benar, semakin banyak melatih jari tangan akan semakin baik cara memegang pensilnya.

    Sumber referensi
    Dr. Muman Hendra Budiman, M.Pd.

Leave a Reply