silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program video ini diperlihatkan bagaimana cara seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Cara yang dilakukan adalah dengan melatih motorik halus anak secara bertahap. Diantara cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju.
Badru Zaman
Pada tayangan video tersebut saya tidak bisa mengatakan kegiatan ini belum terlihat pembuka, isi, dan penutup, karena video ini tdak ditayangkan secara utuh, untuk penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah baik, evaluasi sudah nampak dalam unjuk kerja anak.
Untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, saran saya sebaiknya diawali dengan pengenalan alat (pensil) seperti jenis-jenis pensil, kegunaan pensil, bahaya pensil kalau tidak digunakan dengan benar dan lain sebagainya.
Contoh untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah baik yang berkenaan dengan cara cara melatih motorik halus anak guna menguatkan jari-jari tangan saat memegang pensil dengan baik dan benar, semakin banyak melatih jari tangan akan semakin baik cara memegang pensilnya.
Drs. Muman Hendra Budiman, M.Pd.
Pada tayangan video tersebut belum terlihat jelas, kegiatan pembuka, isi, dan penutup. Penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah cukup terlihat namun untuk evaluasi belum terlihat. Untuk tingkat perkembangan anak didik belum begitu sesuai karena biasanya kegiatan pada pembelajaran tersebut dilakukan untuk kelompok A atau bila ada kelompok bermain (melatih motorik halus). Untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku, yaitu yang berkenaan dengan cara-cara melatih motorik halus anak guna menguatkan tangan saat memegang pensil dengan benar.
Tri Ekowati
Assalamunglaikum
Nama : Anjar Trisilawarni
Nim : 877685829
Anak-anak pada usia PAUD mungkin belum bisa memegang pensil dengan benar karena perkembangan motorik halus mereka belum optimal. Motorik halus ini penting untuk kemampuan memegang dan menggerakkan pensil dengan tepat. Selain itu, faktor lain seperti gangguan belajar atau kesulitan motorik juga dapat menjadi penyebab.
Penyebab :
1.Perkembangan Motorik Halus: Motorik halus adalah kemampuan menggunakan otot-otot kecil di tangan dan jari untuk melakukan gerakan yang presisi, seperti memegang pensil. Pada usia PAUD, anak-anak masih dalam proses mengembangkan keterampilan ini, dan belum semua anak mencapai tahap di mana mereka bisa memegang pensil dengan benar.
2.Gangguan Belajar (Disleksia/Disgrefia): Gangguan belajar seperti disleksia dan disgrafia dapat menyebabkan kesulitan dalam menulis, termasuk memegang pensil denga baik.
3.Kesulitan Motorik: Dpraksia adalah gangguan koordinasi motorik yang dapat menyebabkan kesulitan dalam gerakan tangan dan kaki, termasuk dalam memegang pensil.
4.Faktor Lingkungan: Faktor lingkungan seperti kurangnya stimulasi dan pendampingan dari orang tua juga dapat mempengaruhi perkembangan motorik halus dan kemampuan memegang pensil.
Solusi :
Stimulasi Motorik Halus :Ajari anak bermain dengan mainan yang melatih motorik halus seperti bermain dengan lego, membuat kolase, atau bermain dengan krayon.
Pendampingan Dan Pengawasan :Berikan pendampingan dan pengawasan saat anak mulai belajar memegang pensil, bantu mereka menemukan posisi yang nyaman dan Benar.
Adaptasi Memegang Pensil :Gunakan pensil yang sesuai dengan ukuran tangan anak dan tekstur yang nyaman untuk digenggam.
Konsultasi Ahli :Jika anak terus mengalami kesulitan memegang pensil meskipun telah dilakukan stimulasi, konsultasikan dengan psikolog anak atau tenaga ahli lainnya.
Nama : Isnawati
NIM : 858018246
Menurut saya video tersebut sangat bermanfaat dan dapat menambah wawasan bagi saya sebagai guru PAUD. Dalam video tersebut menunjukkan bahwa untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak, guru dapat mengajarkan stimulasi dengan berbagai kegiatan seperti :
1.Memindahkan air dan memeras spons yang telah direndam air.
2. Membuka dan menutup kunci gembok.
3. Membuka dan memasangkan kancing baju.
Kegiatan tersebut dapat melatih kelenturan jari-jari tangan anak sehingga otot dan jari-jari tangan anak dapat lentur dan kuat sehingga anak akan lebih mudah dalam memegang pensil dengan benar. Dengan latihan dan stimulasi yang berkelanjutan, anak akan mampu memegang pensil dan mengembangkan kemampuan menulis dengan baik.
Nama : Suaibatul Aslamiyah
NIM : 858329901
Izin menanggapi
Setelah menonton video “Mengatasi Anak yang Belum Bisa Memegang Pensil dengan Benar”, saya sangat mengapresiasi pendekatan yang ditunjukkan guru dalam mengidentifikasi dan menangani masalah motorik halus pada anak. Guru tidak langsung memaksa anak untuk memegang pensil dengan benar, tetapi memulai dengan kegiatan bermain yang menyenangkan seperti meronce, memindahkan benda kecil dengan pinset, dan menggambar dengan krayon besar.
Pendekatan ini mencerminkan penerapan asesmen otentik, di mana guru mengamati kemampuan anak secara langsung melalui aktivitas bermakna dalam konteks nyata. Ini jauh lebih efektif dibandingkan hanya menilai apakah anak bisa menulis atau tidak, karena fokusnya adalah pada proses perkembangan kemampuan, bukan hasil akhir semata.
Saya belajar bahwa penting bagi guru PAUD untuk peka terhadap kesiapan perkembangan anak dan mampu menyesuaikan strategi pembelajaran secara kreatif dan empatik.
Nama : Suaibatul Aslamiyah
NIM : 858329901
Izin menanggapi
Setelah menonton video “Mengatasi Anak yang Belum Bisa Memegang Pensil dengan Benar”, saya sangat mengapresiasi pendekatan yang ditunjukkan guru dalam mengidentifikasi dan menangani masalah motorik halus pada anak. Guru tidak langsung memaksa anak untuk memegang pensil dengan benar, tetapi memulai dengan kegiatan bermain yang menyenangkan seperti meronce, memindahkan benda kecil dengan pinset, dan menggambar dengan krayon besar.
Pendekatan ini mencerminkan penerapan asesmen otentik, di mana guru mengamati kemampuan anak secara langsung melalui aktivitas bermakna dalam konteks nyata. Ini jauh lebih efektif dibandingkan hanya menilai apakah anak bisa menulis atau tidak, karena fokusnya adalah pada proses perkembangan kemampuan, bukan hasil akhir semata.
Saya belajar bahwa penting bagi guru PAUD untuk peka terhadap kesiapan perkembangan anak dan mampu menyesuaikan strategi pembelajaran secara kreatif dan empatik.
Nama: Rini
NIM: 823583016
Video ini sangat bermanfaat, khususnya bagi para pendidik PAUD dan orang tua. Penjelasan mengenai pentingnya pelatihan motorik halus sebagai dasar keterampilan menulis sangat jelas dan mudah diikuti. Metode sederhana seperti memindahkan air dengan spons atau membuka kancing baju terbukti efektif dan menyenangkan bagi anak-anak. Semoga semakin banyak konten edukatif seperti ini untuk mendukung perkembangan anak usia dini.
Assalamu’alaikum..
Izin berpendapat
Seni pembelajaran PAUD
judul: mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil.
Menurut pendapat saya tentang vidio tersebut yaitu saya sebagai pendidik atau guru bisa tau tentang cara mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil, dengan cara latihan-latihan menulis awal. Melakukan kegiatan-kegiatan contoh: melatih kelenturan jari anak dalam memegang objek tertentu seperti pensil. Dengan kegiatan memindahkan air dari mangkok 1 ke mangko lainnya menggunakan spons, cara memegang objek, dan latihan kelenturan jari tangan.
Terimakasih 🙏
NAMA: NI KADEK RIKA MAHAYANI
NIM: 859052083
Video Guru Pintar Online ini sangat membantu! Tips-tips praktis yang diberikan mengenai cara mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar mudah dipahami dan bisa langsung diterapkan di rumah atau di sekolah.
Saya sangat mengapresiasi video ini. Penjelasan yang diberikan jelas dan disertai contoh visual yang memudahkan kita sebagai orang tua atau guru untuk membimbing anak dalam mengembangkan keterampilan motorik halusnya. Terima kasih Guru Pintar Online atas video yang informatif ini. Saya jadi lebih memahami pentingnya tahapan perkembangan motorik halus dan cara yang tepat untuk mendukung anak dalam belajar menulis. Video ini memberikan perspektif baru bagi saya tentang bagaimana cara mengajarkan anak memegang pensil dengan benar. Ternyata ada beberapa trik sederhana yang bisa dicoba agar anak merasa lebih nyaman dan tidak terpaksa. Konten seperti ini sangat dibutuhkan oleh para orang tua dan pendidik. Semoga Guru Pintar Online terus menghadirkan video-video edukatif lainnya yang bermanfaat bagi perkembangan anak-anak Indonesia.
Assalamu’alaikum..
Izin berpendapat
Seni pembelajaran PAUD
Judul: mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil
Menurut pendapat saya tentang vidio tersebut yaitu saya sebagai pendidik bisa tau tentang mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan cara latihan latihan menulis awal. Dengan cara memegang objek, latihan kelenturan jari tangan. Terimakasih 🙏
NI KADEK RIKA MAHAYANI
859052083
Video Guru Pintar Online ini sangat membantu! Tips-tips praktis yang diberikan mengenai cara mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar mudah dipahami dan bisa langsung diterapkan di rumah atau di sekolah. Saya sangat mengapresiasi video ini. Penjelasan yang diberikan jelas dan disertai contoh visual yang memudahkan kita sebagai orang tua atau guru untuk membimbing anak dalam mengembangkan keterampilan motorik halusnya. Terima kasih Guru Pintar Online atas video yang informatif ini. Saya jadi lebih memahami pentingnya tahapan perkembangan motorik halus dan cara yang tepat untuk mendukung anak dalam belajar menulis. Video ini memberikan perspektif baru bagi saya tentang bagaimana cara mengajarkan anak memegang pensil dengan benar. Ternyata ada beberapa trik sederhana yang bisa dicoba agar anak merasa lebih nyaman dan tidak terpaksa. Konten seperti ini sangat dibutuhkan oleh para orang tua dan pendidik. Semoga Guru Pintar Online terus menghadirkan video-video edukatif lainnya yang bermanfaat bagi perkembangan anak-anak Indonesia.”
Trifena Carolina Situmeang
NIM : 877640478
Izin memberikan tanggapan untuk video tersebut. Menurut saya penting bagi guru PAUD karena untuk melakukan observasi lebih dahulu tidak semua anak bisa diperlakukan sama jika anak ini kesulitan memegang pensil guru harus tentu dan kekurangan stimulasi motorik halus atau ada faktor lain seperti gangguan koordinasi barulah dirancang pendekatan individual dengan terapi bermain atau bimbingan personal.