silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program video ini diperlihatkan bagaimana cara seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Cara yang dilakukan adalah dengan melatih motorik halus anak secara bertahap. Diantara cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju.
Badru Zaman
Pada tayangan video tersebut saya tidak bisa mengatakan kegiatan ini belum terlihat pembuka, isi, dan penutup, karena video ini tdak ditayangkan secara utuh, untuk penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah baik, evaluasi sudah nampak dalam unjuk kerja anak.
Untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, saran saya sebaiknya diawali dengan pengenalan alat (pensil) seperti jenis-jenis pensil, kegunaan pensil, bahaya pensil kalau tidak digunakan dengan benar dan lain sebagainya.
Contoh untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah baik yang berkenaan dengan cara cara melatih motorik halus anak guna menguatkan jari-jari tangan saat memegang pensil dengan baik dan benar, semakin banyak melatih jari tangan akan semakin baik cara memegang pensilnya.
Drs. Muman Hendra Budiman, M.Pd.
Pada tayangan video tersebut belum terlihat jelas, kegiatan pembuka, isi, dan penutup. Penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah cukup terlihat namun untuk evaluasi belum terlihat. Untuk tingkat perkembangan anak didik belum begitu sesuai karena biasanya kegiatan pada pembelajaran tersebut dilakukan untuk kelompok A atau bila ada kelompok bermain (melatih motorik halus). Untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku, yaitu yang berkenaan dengan cara-cara melatih motorik halus anak guna menguatkan tangan saat memegang pensil dengan benar.
Tri Ekowati
Nama: Dyah Ayu Milanda
Nim: 858198231
Menurut saya dari video tersebut menambah wawasan para pendidik cara mengatasi anak yg belum bisa untuk memegang pensil sehingga kita dapat melakukan cara tersebut agar anak mudah memegang pensil.
Nama: Dyah Ayu Milanda
Nim: 858198231
Menurut saya video tersebut sangat bermanfaat untuk para pendidik saat mengatasi anak yg belum bisa menggunakan pensil dengan benar, sehingga anak tersebut dapat menggunakan pensil dengan benar
Videonya sangat bermanfaat bagi saya karena jadi mendapatkan gambaran mengapa anak tersebut kesulitan dalam memegang pensil dan saya juga mendapatkan solusi bagaimana cara memberikan latihan-latihan agar anak dapat memegang pensil dengan benar. Selain itu dengan adanya video ini mungkin dapat membantu para orang tua siswa agar lebih memahami bahwa latihan-latihan seperti di video bukanlah permainan semata atau kurang penting, melainkan ada manfaatnya. Video ini juga menarik untuk ditonton dengan durasi yang tidak panjang, video ini tidak bosan dan jenuh untuk ditonton. Saran saya untuk video ini yaitu diberikan teks ketika penjelasan memberikan solusinya.
pada vidio diatas menjelaskan study kasus tentang permasalahan pada anak yang masih belum bisa memegang pensil dengan benar. banyak sekali manfaat yang saya peroleh setelah menonton vidio tersebut. disana dijelaskan bagaimana caranya memeberikan latihan – latihan kepada anak yang masih belum bisa memegang pensil dengan baik, seperti memberikan latihan – latihan menulis awal melalui kegiatan berikut ini:
1. latih kelenturan jari anak dalam memagang objek tertentu seperti dengan bermain plastisin, atau dengan melakukan kegiatan memindahkan air dari satu wadah ke wadah yang lain menggunakan spons
2. latih fokus anak melalui kemampuana memegang suatu objek seperti dengan mengencangkan dan mengendurkan skrup makinan yang terbuat dari kayu, membuka dan mengunci gembok
3. latih kelenturan jari anak melalui kegiatan memasang berbagai macam jenis kancing baju
melalui kegiatan – kegiatan tersebut diatas dapat meningkatakan kemampuan motorik halus anak sehingga memperkuat otot – otot jari anak
Nama : Anandita Damayanti
NIM : 877659278
Menurut pendapat saya dari video tersebut sangat setuju dengan solusinya dan sangat bermanfaat. karena setiap tahun ajaran baru pasti akan mengalami hal seperti ini, pasti ada beberapa anak yang belum bisa dalam memegang pensil. Dengan beberapa solusi yang ditampilkan seperti, meremas spons, membuka dan menutup kunci gembok, membuka dan memasang mur, dan yang terakhir adalah memasang kancing. Oleh karena itu, cara tersebut dapat melenturkan jari-jari anak dalam memegang objek. Solusi tersebut juga sangat mudah untuk diterapkan langsung di sekolah ataupun di rumah. Selain itu dalam video tidak hanya berfokus pada motorik halus tetapi juga melatih dalam koordinasi mata, tangan dan konsentrasi pada anak.
Saran saya adalah mungkin dapat diberikan penjelasan dengan teks dan lebih dijelaskan juga kapan waktu yang tepat untuk bisa memberikan pembelajaran tersebut kepada anak.
Nama: Yunita putri
Nim: 855764917
Video di atas sangat bermanfaat sekali karena hal seperti ini sering terjadi pada awal tahun ajaran baru,dimana anak baru masuk ke TK dan masih berada pada masa pra menulis.Anak belum bisa memegang pensil dengan baik karena belum terlatih motorik pada jari-jari tangannya.Maka dari itu sebagai guru kita di harapkan dapat membantu anak untuk mengembangkan kemampuan ini melalui kegiatan yang menyenangkan.Diantara kegiatan yang bis Akita lakukan untuk mengembangkan otot jari-jari anak mengajak anak untuk bermain memindahkan air dengan spon dengan cara meremasnya.mengajak anak untuk melakukan kegiatan membuka Dan memasang baut pada balok.Dwngan demikian maka otot jari anak akan terlatih dan bisa berkembang dengan baik.
Menurut. Pendapat saya tentang vidio atas anak harus.
1. Perkuat otot tangan dan jari:
Ajak anak bermain dengan plastisin atau lilin mainan. Kegiatan meremas, menggulung, dan membentuk akan melatih otot-otot kecil di tangan dan jari yang penting untuk memegang pensil.
2. Latih koordinasi mata dan tangan:
Ajak anak bermain menyusun balok atau puzzle sederhana.
3 . Latihan menggunakan alat pemegang pensil
Nama : Aisyah Luthfi Mayzelsa
Nim : 857268826
Mengatasi Anak yang Belum Bisa Memegang Pensil dengan Benar
Setelah saya melihat video tersebut, memang disetiap ajaran baru, ada anak yang belum bisa mandiri, beberapa anak atau sebagian anak juga ada yang belum bisa memegang pensil dengan benar karena belum terbiasa melatih otot-otot jari dan tangannya saat dirumah, saya sebagai seorang guru dapat mengambil pembelajaran yang efektif supaya otot otot tangan anak dapat lebih terlatih seperti, meremas spons, memasang kancing dan membuka tutup baut
Assalamualaikum
Nama : Nur Zaki yatusy Syafa Azzahra
Nim: 857269004
Judulnya mengatasi ank yang belum bisa memegang pensil dengan benar
Memang byk ank usia dini yang tida bisa / blm paham cara memegang pensil dengan benar , dengan adanya vidio sangat bermanfaat bagi saya karena gambaran mengapa anak tersebut kesulitan dalam memegang pensil dan saya mendapatkan solusi Bagaimana cara memberikan latihan-latihan agar anak dapat memegang pensil, dengan beberapa solusi yang ditampilkan seperti, meremas spons, membuka dan menutup kunci gembok, dan memasang kancing. Mengajak anak untuk melakukan kegiatan membuka dan memasang baut pada balok dengan demikian maka otot jari anak akan terlatih dan bisa berkembang dengan baik, supanya ank bisa melatih otot tangan ya untuk memegang pensil,
Bisa juga di rmh ya sering di latih untuk memegang pensil , biar nantinya terbiasanya otot otot tangan nya.
Menurut vidio di atas anak harus melakukan
1. Perkuat otot tangan dan jari:
Ajak anak bermain dengan plastisin atau lilin mainan. Kegiatan meremas, menggulung, dan membentuk akan melatih otot-otot kecil di tangan dan jari yang penting untuk memegang pensil.
2. Latih koordinasi mata dan tangan:
Ajak anak bermain menyusun balok atau puzzle sederhana.
3. Gunanakan alat untuk membantu memegang pensil