silahkan klik iconΒ  Β  jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program video ini diperlihatkan bagaimana cara seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Cara yang dilakukan adalah dengan melatih motorik halus anak secara bertahap. Diantara cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju.

Badru Zaman

Pada tayangan video tersebut saya tidak bisaΒ  mengatakan kegiatan ini belum terlihat pembuka, isi, dan penutup, karena video ini tdak ditayangkan secara utuh, untuk penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah baik, Β evaluasi sudah nampak dalam unjuk kerja anak.

Untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, saran saya sebaiknya diawali dengan pengenalan alat (pensil) sepertiΒ  jenis-jenis pensil, kegunaan pensil, bahaya pensil kalau tidak digunakan dengan benar dan lain sebagainya.

Contoh untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah baik Β yang berkenaan dengan cara cara melatih motorik halus anak guna menguatkan jari-jari tangan saat memegang pensil dengan baik dan benar, semakin banyak melatih jari tangan akan semakin baik cara memegang pensilnya.

Drs. Muman Hendra Budiman, M.Pd.

Pada tayangan video tersebut belum terlihat jelas, kegiatan pembuka, isi, dan penutup. Penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah cukup terlihat namun untuk evaluasi belum terlihat. Untuk tingkat perkembangan anak didik belum begitu sesuai karena biasanya kegiatan pada pembelajaran tersebut dilakukan untuk kelompok A atau bila ada kelompok bermain (melatih motorik halus). Untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku, yaitu yang berkenaan dengan cara-cara melatih motorik halus anak guna menguatkan tangan saat memegang pensil dengan benar.

Tri Ekowati

Similar Posts

6,754 Comments

  1. nama: Najwa Anggita Dani
    NIM: 877960928
    video ini memberikan saran saran praktis dan mudah diterapkan bagi guru untuk membantu siswa mengembangkan keterampilan motorik halus yang penting untuk memegang pensil dengan benar. kegiatan kegiatan yang disarankan tampak menyenangkan dan dapat diintegrasikan ke dalam kegiatan belajar mengajar sehari hari.

  2. Nama yuni sartika
    Nim 856309889
    Menurut saya,,, vidio ini sangat bermanfaat untuk saya,, dan saya bisa mengembangkan nya di lembaga saya.. Supaya anak tertarik untuk belajar memegang pensil dan belajar dengan senang hati.

  3. Video diatas sangat membantu saya untuk memecahkan salah satu masalah yang biasanya dialami anak di dalam kelas yaitu anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Cara mengatasinya :
    a. Latihlah kelenturan jari anak dalam memegang objek tertentu seperti pensil dengan kegiatan bermain memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainnya dengan menggunakan spong, spong diremas atau diperas oleh anak tiap kali dipindahkan ke mangkok lain.
    b. Latih pula kemampuan anak dalam memegang suatu objek dengan Latihan membuka dan menutup kunci gembok atu Gerakan membuka dan mengencangkan skup agar kemampuan memegang objeknya semakin kuat dan terordinasi dengan baik.
    c. Latih kelenturan jari-jari tangan anak dengan membuka dan memasangkan beragam kancing baju. Cara ini akan melatih kelenturan dan koordinasi otot dan jari tangan anak.
    Nama : Rodiyah NIM : 860141698

  4. Video diatas sangat membantu saya untuk memecahkan salah satu masalah yang biasanya dialami anak di dalam kelas yaitu anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Cara mengatasinya :
    a. Latihlah kelenturan jari anak dalam memegang objek tertentu seperti pensil dengan kegiatan bermain memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainnya dengan menggunakan spong, spong diremas atau diperas oleh anak tiap kali dipindahkan ke mangkok lain.
    b. Latih pula kemampuan anak dalam memegang suatu objek dengan Latihan membuka dan menutup kunci gembok atu Gerakan membuka dan mengencangkan skup agar kemampuan memegang objeknya semakin kuat dan terordinasi dengan baik.
    c. Latih kelenturan jari-jari tangan anak dengan membuka dan memasangkan beragam kancing baju. Cara ini akan melatih kelenturan dan koordinasi otot dan jari tangan anak.

  5. Nama : Epin arianti
    Nim: 860150665

    Dari vidio anak yang belum bisa memegang pensil menurut saya sangat bermanfaat.saya setuju bahwa tidak semua anak bisa langsung memegang pensil dengan baik dan benar.perlu adanya latihan motorik halus seperti yang sudah diberi contoh.memindahkan air melalui spons,membuka kuci dan memasang kancing baju.
    walaupun saya belum melihat adanya kegiatan pembuka dan penutup dari vidio tersebut.demikian terimakasih.

  6. Nama. : Saidah
    NIM. : 858332505

    Assalamualaikum wr.wb

    Pada video ini diperlihatkan bagaimana cara seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Cara yang dilakukan adalah dengan melatih motorik halus anak secara bertahap. Diantara cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju.

    Berikanlah tujuan dan penjelasan dari sinopsis kita kata di atas
    Tentu, mari kita bedah sinopsis tersebut:
    Tujuan:
    Tujuan utama dari program video ini adalah untuk memberikan panduan praktis bagi guru (atau pengajar lainnya) dalam mengatasi kesulitan anak usia dini dalam memegang pensil dengan benar. Secara lebih spesifik, tujuannya adalah untuk:

    Menunjukkan metode alternatif dan bertahap untuk mengembangkan keterampilan motorik halus anak sebagai fondasi penting untuk memegang pensil.
    Menginspirasi guru untuk menggunakan pendekatan yang kreatif dan menyenangkan dalam melatih kemampuan pramenulis anak.
    Memberikan contoh konkret berupa aktivitas-aktivitas sederhana yang dapat diimplementasikan di dalam maupun di luar kelas.

    Penjelasan:
    Sinopsis ini menjelaskan bahwa program video tersebut berfokus pada solusi konkret untuk masalah umum yang dihadapi oleh anak-anak di awal masa sekolah, yaitu kesulitan dalam memegang pensil dengan tepat. Alih-alih langsung memaksa anak memegang pensil dengan benar, program ini mengedepankan pendekatan yang lebih mendasar dan bertahap.

    Pendekatan ini menekankan pentingnya melatih motorik halus anak terlebih dahulu. Motorik halus adalah kemampuan untuk mengontrol gerakan otot-otot kecil, terutama di tangan dan jari, yang sangat penting untuk tugas-tugas seperti menulis, menggambar, dan mengancingkan baju.

    Sinopsis ini juga memberikan contoh konkret dari latihan motorik halus yang disajikan dalam video, yaitu:
    Memindahkan air dengan spon: Aktivitas ini melatih kekuatan genggaman, koordinasi tangan-mata, dan kontrol gerakan saat memeras spon.
    Membuka dan menutup gembok kunci: Latihan ini mengembangkan koordinasi bilateral (menggunakan kedua tangan secara bersamaan), kekuatan jari, dan keterampilan memanipulasi objek kecil.
    Membuka dan memasangkan kancing baju: Aktivitas ini melatih ketangkasan jari, koordinasi tangan-mata, dan kemampuan memecahkan masalah sederhana.
    Dengan demikian, program video ini tidak langsung mengajarkan cara memegang pensil, tetapi memberikan langkah-langkah persiapan yang esensial melalui latihan motorik halus. Diharapkan, dengan motorik halus yang terlatih, anak akan lebih mudah dan alami dalam mengembangkan pegangan pensil yang benar.

    Trimksih πŸ™πŸ™

  7. Nama. : Saidah
    NIM. : 858332505
    Assalamualaikum wr.wb

    Pada video ini diperlihatkan bagaimana cara seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Cara yang dilakukan adalah dengan melatih motorik halus anak secara bertahap. Diantara cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju.

    Berikanlah tujuan dan penjelasan dari sinopsis kita kata di atas
    Tentu, mari kita bedah sinopsis tersebut:
    Tujuan:
    Tujuan utama dari program video ini adalah untuk memberikan panduan praktis bagi guru (atau pengajar lainnya) dalam mengatasi kesulitan anak usia dini dalam memegang pensil dengan benar. Secara lebih spesifik, tujuannya adalah untuk:

    Menunjukkan metode alternatif dan bertahap untuk mengembangkan keterampilan motorik halus anak sebagai fondasi penting untuk memegang pensil.
    Menginspirasi guru untuk menggunakan pendekatan yang kreatif dan menyenangkan dalam melatih kemampuan pramenulis anak.
    Memberikan contoh konkret berupa aktivitas-aktivitas sederhana yang dapat diimplementasikan di dalam maupun di luar kelas.

    Penjelasan:
    Sinopsis ini menjelaskan bahwa program video tersebut berfokus pada solusi konkret untuk masalah umum yang dihadapi oleh anak-anak di awal masa sekolah, yaitu kesulitan dalam memegang pensil dengan tepat. Alih-alih langsung memaksa anak memegang pensil dengan benar, program ini mengedepankan pendekatan yang lebih mendasar dan bertahap.

    Pendekatan ini menekankan pentingnya melatih motorik halus anak terlebih dahulu. Motorik halus adalah kemampuan untuk mengontrol gerakan otot-otot kecil, terutama di tangan dan jari, yang sangat penting untuk tugas-tugas seperti menulis, menggambar, dan mengancingkan baju.

    Sinopsis ini juga memberikan contoh konkret dari latihan motorik halus yang disajikan dalam video, yaitu:
    Memindahkan air dengan spon: Aktivitas ini melatih kekuatan genggaman, koordinasi tangan-mata, dan kontrol gerakan saat memeras spon.
    Membuka dan menutup gembok kunci: Latihan ini mengembangkan koordinasi bilateral (menggunakan kedua tangan secara bersamaan), kekuatan jari, dan keterampilan memanipulasi objek kecil.
    Membuka dan memasangkan kancing baju: Aktivitas ini melatih ketangkasan jari, koordinasi tangan-mata, dan kemampuan memecahkan masalah sederhana.
    Dengan demikian, program video ini tidak langsung mengajarkan cara memegang pensil, tetapi memberikan langkah-langkah persiapan yang esensial melalui latihan motorik halus. Diharapkan, dengan motorik halus yang terlatih, anak akan lebih mudah dan alami dalam mengembangkan pegangan pensil yang benar.

    Trimksih πŸ™πŸ™

  8. Menurut saya vidio tersebut sangat membantu bagi para guru atau pengajar dalam membantu anak memegang pensil dengan benar dengan memberikan anak latihan – latihan sederhana bisa melalui spons diremas, membuka dan mengunci kunci gembok agar koordinasi tangan anak berjalan dengan baik, latihan kelenturan jari anak dengan mengajarkan anak cara membuka dan mengancingkan baju. Hal ini biasa terjadi saat anak baru pertama kali masuk sekolah dengan mengikuti latihan tersebut anak dapat mengkoordinasi tangan dan jari dengan baik dan benar.

  9. Menurut saya, vidio diatas sangat membantu para guru atau calon pengajar untuk mengajarkan anak memegang pensil yang benar. Di dalam vidio ini dijelaskan bahwa jika terjadi anak belum bisa memegang pensil ataupun ketika anak menulis dan pensilnya patah, guru dapat membantu anak itu dengan memberikan latihan – latihan sederhana seperti meremas spons, latihan membuka dan menutup kunci gembok, membuka dan mengancingkan kancing baju. Hal ini, biasa terjadi pada saat anak baru masuk sekolah karena pada saat itu koordinasi tangan dan jari anak masih lemah sehingga latihan – latihan sederhama dapat membantu menguatkan koordinasi tangan dan jari anak.

  10. Nama : Nurul Huda
    NIM : 858330146

    Berdasarkan video tersebut guru melakukan pendekatan asesmen otentik pada anak yang mengalami kesulitan memegang pensil, melalui aktivitas bermakna yaitu meremas spons, membuka kunci gembok, dan memasang kancing. Hal ini menunjukkan bahwa guru melakukan pengamatan pada proses belajar anak dan memberi kegiatan sesuai kebutuhan anak. Video ini sangat membantu bagi kami sebagai pendidik untuk menghadapi permasalahan serupa.

Leave a Reply