silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program video ini diperlihatkan bagaimana cara seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Cara yang dilakukan adalah dengan melatih motorik halus anak secara bertahap. Diantara cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju.
Badru Zaman
Pada tayangan video tersebut saya tidak bisa mengatakan kegiatan ini belum terlihat pembuka, isi, dan penutup, karena video ini tdak ditayangkan secara utuh, untuk penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah baik, evaluasi sudah nampak dalam unjuk kerja anak.
Untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, saran saya sebaiknya diawali dengan pengenalan alat (pensil) seperti jenis-jenis pensil, kegunaan pensil, bahaya pensil kalau tidak digunakan dengan benar dan lain sebagainya.
Contoh untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah baik yang berkenaan dengan cara cara melatih motorik halus anak guna menguatkan jari-jari tangan saat memegang pensil dengan baik dan benar, semakin banyak melatih jari tangan akan semakin baik cara memegang pensilnya.
Drs. Muman Hendra Budiman, M.Pd.
Pada tayangan video tersebut belum terlihat jelas, kegiatan pembuka, isi, dan penutup. Penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah cukup terlihat namun untuk evaluasi belum terlihat. Untuk tingkat perkembangan anak didik belum begitu sesuai karena biasanya kegiatan pada pembelajaran tersebut dilakukan untuk kelompok A atau bila ada kelompok bermain (melatih motorik halus). Untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku, yaitu yang berkenaan dengan cara-cara melatih motorik halus anak guna menguatkan tangan saat memegang pensil dengan benar.
Tri Ekowati
Izin memberikan komentar
Video tersebut sangat bermanfaat bagi guru atau calon guru, karena dengan video tentang “cara mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar” saya jadi mengetahui cara-cara yang dapat dilakukan kepada anak apabila anak belum bisa memegang pensil dengan benar.
Setelah menonton video tersebut, saya akan mempraktekkan apa yang ada di dalam video tersebut kepada anak didik saya belum bisa memegang pensil dengan benar.
Terimakasih.
Nama : Visda Mareta Dwi Anugrah
NIM : 858996722
Tanggapan saya setelah melihat video tersebut adalah dalam video tersebut memperlihatkan pendekatan yang sangat tepat dan edukatif dalam mengatasi permasalahan anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Guru tidak memaksa anak langsung menulis, melainkan fokus terlebih dahulu pada pelatihan motorik halus, yang menjadi dasar keterampilan menulis. Kegiatan seperti memindahkan air dengan spons, membuka gembok, dan memasang kancing merupakan stimulasi sensorimotor yang menyenangkan dan sesuai dengan tahap perkembangan anak usia dini. Pendekatan ini menunjukkan bahwa guru memahami pentingnya proses perkembangan fisik sebagai fondasi keterampilan akademik. Ini juga mencerminkan prinsip pembelajaran PAUD yang menekankan belajar melalui bermain dan pengalaman konkret.
Tri Sulistiorini 856107838
Ulasan yang diberikan pada video “Anak belum bisa memegang pensil dengan benar ” sangat mengedukatif. Di dalam pembelajaran PAUD , ada sebagian anak didik rentan usia 3 – 6 tahun mengalami perkembangan yang berbeda dari temen temannya salah satunya adalah motorik halus dan koordinasi tangan dan mata mereka sehingga anak mengalami kesulitan dalam proses pembelajaran sehari hari. Penjelasan tentang bagaimana cara mengatasi permasalahan ini sangat bermanfaat bagi kita pendidik dimana kita bisa mengaplikasikan teknik teknik yang ditunjukkan di video misalnya melatih kelenturan Jari tangan anak dalam memegang pensil melalui kegiatan bermain memindahkan air dengan cara memeras spon yang dicelupkan ke dalam air, membuka dan menutup kunci gembok, membuka dan memasangkan kancing baju. Upaya upaya yang dilakukan guru akan membantu kelenturan dan koordinasi motor dan Jari tangan anak sehingga akan memudahkan anak untuk memegang pensil dan berlatih menulis.
Nama : Visda Mareta Dwi Anugrah
Nim : 858996722
Tanggapan:
Dalam video ini memperlihatkan pendekatan yang sangat tepat dan edukatif dalam mengatasi permasalahan anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Guru tidak memaksa anak langsung menulis, melainkan fokus terlebih dahulu pada pelatihan motorik halus, yang menjadi dasar keterampilan menulis. Kegiatan seperti memindahkan air dengan spons, membuka gembok, dan memasang kancing merupakan stimulasi sensorimotor yang menyenangkan dan sesuai dengan tahap perkembangan anak usia dini. Pendekatan ini menunjukkan bahwa guru memahami pentingnya proses perkembangan fisik sebagai fondasi keterampilan akademik. Ini juga mencerminkan prinsip pembelajaran PAUD yang menekankan belajar melalui bermain dan pengalaman konkret.
Nama : Visda Mareta Dwi Anugrah
NIM : 858996722
Tanggapan :
Tanggapan:
dalam video ini memperlihatkan pendekatan yang sangat tepat dan edukatif dalam mengatasi permasalahan anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Guru tidak memaksa anak langsung menulis, melainkan fokus terlebih dahulu pada pelatihan motorik halus, yang menjadi dasar keterampilan menulis. Kegiatan seperti memindahkan air dengan spons, membuka gembok, dan memasang kancing merupakan stimulasi sensorimotor yang menyenangkan dan sesuai dengan tahap perkembangan anak usia dini. Pendekatan ini menunjukkan bahwa guru memahami pentingnya proses perkembangan fisik sebagai fondasi keterampilan akademik. Ini juga mencerminkan prinsip pembelajaran PAUD yang menekankan belajar melalui bermain dan pengalaman konkret.
Video tersebut bermanfaat bagi guru dengan bagaimana mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Didalam video tersebut ada solusi dan upaya-upaya yang dapat dilakukan oleh guru terhadap anak yang memiliki kesulitan dalam memegang pensil yang benar. Cara yang dilakukan adalah dengan melatih motorik halus pada anak dengan cara bertahap untuk mengembangkan dan melatih otot-otot jari pada anak. serta memberikan latihan-latihan menulis awal pada anak.
Nama : Ida Ayu Kompiang Ratnawati
Nim : 859049773
Berdasarkan vidio diatas, saya sangat setuju dengan melatih fisik motorik halus anak dengan cara tersebut sangat membantu anak untuk dapat memegang pensil dengan benar..selain itu juga agar tulisan menjadi rapi.
Terimakasih karena vidio diatas sangat menginspirasi saya untuk melakukan hal tersebut.
Berdasarkan video tersebut pendidik melalukan pendekatan otentik pada anak-anak yang mengalami kesulitan untuk memegang pensil .Adapun solusi yang diberikan seperti meremas spon, membuka dan menutup kunci gembok dan memasang kunci baju dengan benar.hal ini menunjukkan bahwa pendidik atau guru melakukan pengamatan pada proses belajar anak dan dapat melenturkan jari-jari anak dalam memegang objek.Dalam video tersebut juga guru tidak hanya berfokus pada motorik halus anak tetapi juga melatih dalam koordinasi mata,tangan dan konsentrasi pada anak.dengan kesabaran dan latihan konsentrasi,anak dapat belajar memegang pensil dengan benar dan meningkatkan keterampilan motorik halus mereka.
Menurut saya video ini sangat bermanfaat bagi para pendidik dalam memahami cara membantu anak-anak mengatasi kesulitan memegang pensil. Guru memberikan pendekatan yang khusus terhadap anak yang mengalami kesulitan. Pendekatan yang digunakan menekankan pentingnya latihan motorik halus melalui kegiatan yang menyenangkan dan interaktif. Dalam video tersebut, guru tidak hanya memberikan instruksi secara verbal, tetapi juga melibatkan anak dalam aktivitas yang menyenangkan seperti, meremas spons, membuka dan menutup kunci, dan memasangkan kancing, dimana kegiatan ini dapat berfungsi untuk meningkatkan kelenturan dan koordinasi otot jari pada anak.
Nama : Kartini bunga
Nim : 859443126
Video diatas tersebut sangat informatif dan memberikan pendekatan praktis yang bermanfaat bagi guru PAUD maupun orang tua dalam membantu anak mengembangkan keterampilan motorik halus yang diperlukan untuk memegang pensil dengan tepat. Dalam video, dijelaskan beberapa strategi stimulasi yang efektif, seperti kegiatan bermain memindahkan air dengan spons, membuka dan menutup kunci gembok, serta meremas kertas dan playdoh. Kegiatan-kegiatan ini dirancang untuk melatih kelenturan, kekuatan, dan koordinasi otot jari anak secara bertahap, yang merupakan fondasi penting sebelum anak dapat memegang pensil dengan benar dan nyaman Selain itu, video juga menekankan pentingnya kesabaran guru dalam membimbing anak yang mengalami kesulitan, serta memberikan contoh konkret bagaimana guru dapat menemani dan memotivasi anak selama proses belajar. Pendekatan yang ramah dan penuh perhatian ini sangat sesuai dengan prinsip pembelajaran PAUD yang mengutamakan stimulasi yang menyenangkan dan tidak memaksa Namun, video diatas juga mengingatkan bahwa penggunaan alat bantu seperti pencil grip atau pensil dengan berat tertentu dapat menjadi alternatif tambahan untuk membantu anak yang kesulitan memegang pensil. Hal ini menunjukkan bahwa guru perlu fleksibel dan kreatif dalam mencari solusi sesuai kebutuhan anak