silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program video ini diperlihatkan bagaimana cara seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Cara yang dilakukan adalah dengan melatih motorik halus anak secara bertahap. Diantara cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju.

Badru Zaman

Pada tayangan video tersebut saya tidak bisa  mengatakan kegiatan ini belum terlihat pembuka, isi, dan penutup, karena video ini tdak ditayangkan secara utuh, untuk penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah baik,  evaluasi sudah nampak dalam unjuk kerja anak.

Untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, saran saya sebaiknya diawali dengan pengenalan alat (pensil) seperti  jenis-jenis pensil, kegunaan pensil, bahaya pensil kalau tidak digunakan dengan benar dan lain sebagainya.

Contoh untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah baik  yang berkenaan dengan cara cara melatih motorik halus anak guna menguatkan jari-jari tangan saat memegang pensil dengan baik dan benar, semakin banyak melatih jari tangan akan semakin baik cara memegang pensilnya.

Drs. Muman Hendra Budiman, M.Pd.

Pada tayangan video tersebut belum terlihat jelas, kegiatan pembuka, isi, dan penutup. Penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah cukup terlihat namun untuk evaluasi belum terlihat. Untuk tingkat perkembangan anak didik belum begitu sesuai karena biasanya kegiatan pada pembelajaran tersebut dilakukan untuk kelompok A atau bila ada kelompok bermain (melatih motorik halus). Untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku, yaitu yang berkenaan dengan cara-cara melatih motorik halus anak guna menguatkan tangan saat memegang pensil dengan benar.

Tri Ekowati

Similar Posts

6,754 Comments

  1. Nama : Nasywa Salsabila Sani
    Nim : 857268564
    Prodi : PGPAUD

    Video pembelajaran PAUD berjudul “Mengatasi Anak yang Belum Bisa Memegang Pensil dengan Benar” dari Guru Pintar Online UT menyoroti pentingnya pengembangan motorik halus anak sebagai dasar untuk kemampuan menulis. Video ini menampilkan berbagai aktivitas yang dirancang untuk melatih koordinasi tangan dan jari anak, seperti memindahkan air menggunakan spons, membuka dan menutup gembok, serta memasang dan melepas kancing baju.

    Tanggapan terhadap Video
    Kelebihan:

    Fokus pada Pengembangan Motorik Halus: Aktivitas yang ditampilkan relevan dan efektif dalam memperkuat otot-otot tangan anak, yang esensial untuk keterampilan menulis.

    Strategi Pembelajaran yang Sesuai: Penggunaan pendekatan, metode, dan media yang tepat mendukung proses pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna bagi anak usia dini.

    Kekurangan:

    Struktur Pembelajaran Kurang Jelas: Beberapa pakar mencatat bahwa video tidak menampilkan secara lengkap tahapan pembelajaran seperti pembukaan, inti, dan penutup, yang penting untuk memberikan konteks dan alur yang jelas dalam proses belajar.

    Evaluasi Kurang Terlihat: Meskipun ada unjuk kerja anak, evaluasi terhadap pencapaian belajar belum ditampilkan secara eksplisit, sehingga sulit menilai efektivitas kegiatan secara keseluruhan.

    Saran Perbaikan
    Pengenalan Alat Tulis: Sebelum memulai aktivitas motorik, penting untuk mengenalkan anak pada alat tulis seperti pensil, termasuk jenis, fungsi, dan cara penggunaannya yang aman.

    Struktur Pembelajaran yang Lengkap: Menampilkan tahapan pembelajaran secara lengkap akan membantu guru dan orang tua memahami proses dan tujuan dari setiap kegiatan.

    Evaluasi yang Jelas: Menambahkan bagian evaluasi akan memberikan gambaran tentang sejauh mana anak telah mencapai tujuan pembelajaran dan area mana yang perlu ditingkatkan.

    Secara keseluruhan, video ini memberikan contoh praktik yang baik dalam mengembangkan keterampilan motorik halus anak sebagai dasar untuk kemampuan menulis. Dengan beberapa perbaikan, materi ini dapat menjadi sumber belajar yang lebih efektif bagi pendidik dan orang tua dalam mendukung perkembangan anak usia dini.

  2. Nama : Vela Nuryanti
    NIM : 858197713
    Video diatas sangat membantu pendidik dalam mengatasi kesulitan pada murid, karena tidak semua murid memliki keahlian dan keterampilan yang sama. maka dari itu video ini memberikan cara pendidik untuk membantu murid dalam keterampilan motorik dalam setiap kegiatan belajr untuk membantu anak agar secara perlahan dapat memperbaiki keterampilan motoriknya. video ini juga mengajarkan untuk menciptakan lingkungan yang untuk membuat anak merasa percaya diri serta tidak hanya fokus terhadap hasil tulisannya saja tetapi lebih kepada proses tersebut.

  3. Nama: sunarti
    Nim: 857413547

    Video tersebut sangat bagus dan saya melihat pendekatan yang dilakukan guru sudah tepat dan efektif. Stimulus yang diberikan guru untuk mengembangkan kemampuan motorik halus anak dilakukan dengan penuh kesabaran serta menggunakan starategi yang kreatif dan menyenangkan, sehingga anak melakukan kegiatan dengan antusias tanpa paksaan. Setiap anak memilliki kemampuan perkembangan dengan waktu yang berbeda-beda, untuk itu sebagai seorang guru harus memiliki kompetensi dalam menentukan metode pembelajaran yang inovatif. Dengan guru memberikan stimulus yang tepat dalam video tersebut otot-otot jari tangan anak akan lebih kuat dan mampu memegang pensil dengan baik dan benar

  4. Nama : Shelda Rifita Wulandari
    NIM : 877797922

    Menurut saya, video diatas sangat bermanfaat bagi saya yang mengajar tk A dimana anak anak yang baru masuk tk A biasanya belum bisa menggunakan pensil dengan benar. Dengan melihat video diatas saya mendapatkan ilmu baru untuk diajarkan pada anak yang belum pandai memegang objek seperti pensil, dan juga mengetahui metode metode baru untuk melakukan kegiatan yang dapat melatih motorik anak.

  5. Nama: Nurhayati
    NIM : 860170667

    – Video tersebut dapat memberikan tips dan strategi yang efektif untuk membantu anak mengembangkan keterampilan motorik halus dan memegang pensil dengan benar.
    – Dengan memahami cara memegang pensil yang benar, anak dapat meningkatkan kemampuan menulis dan menggambar.
    – Orang tua dan pendidik dapat menggunakan video tersebut sebagai referensi untuk membantu anak mengatasi kesulitan dalam memegang pensil.

  6. Nama: Risma Astuti
    NIM: 877840375
    UT Bandung

    Pendekatan Perkembangan yang Sesuai: Video yang baik akan menunjukkan pemahaman tentang tahapan perkembangan motorik halus anak. Alih-alih memaksa anak untuk langsung memegang pensil dengan cara yang “benar,” video mungkin akan menyarankan kegiatan-kegiatan pra-menulis yang membantu memperkuat otot-otot tangan dan koordinasi jari. Contohnya adalah bermain dengan meremas spons, memasang kancing baju, menyusun balok kecil, atau mewarnai dengan jari.

    Variasi Aktivitas yang Menarik: Video yang efektif akan menyajikan berbagai aktivitas yang menarik dan menyenangkan bagi anak-anak. Pembelajaran di PAUD seharusnya tidak membosankan. Penggunaan lagu, cerita, atau permainan dalam mengenalkan cara memegang pensil atau melakukan latihan motorik halus akan sangat membantu meningkatkan keterlibatan anak.

    Penekanan pada Proses, Bukan Hanya Hasil: Video yang baik akan menekankan pentingnya proses belajar daripada hanya fokus pada hasil akhir (misalnya, anak harus langsung bisa memegang pensil dengan sempurna). Setiap anak berkembang dengan kecepatan yang berbeda, dan penting bagi guru untuk memberikan dukungan dan dorongan sepanjang proses tersebut.

    Penggunaan Alat Bantu yang Tepat: Video mungkin akan menunjukkan penggunaan alat bantu yang dapat memfasilitasi pegangan pensil yang benar, seperti pencil grip atau pensil segitiga yang dirancang khusus untuk anak-anak. Namun, video yang bijak juga akan menekankan bahwa penggunaan alat bantu ini bersifat sementara dan bertujuan untuk membantu anak merasakan pegangan yang benar sebelum mereka mampu melakukannya sendiri.

    Keterlibatan Guru yang Aktif: Video yang baik akan menyoroti peran aktif guru dalam membimbing dan memfasilitasi anak. Ini termasuk memberikan contoh yang benar, memberikan umpan balik yang positif dan spesifik, serta memodifikasi aktivitas sesuai dengan kebutuhan individu anak.

    Komunikasi dengan Orang Tua: Video yang komprehensif mungkin juga akan menyinggung pentingnya komunikasi dan kerjasama dengan orang tua. Memberikan informasi kepada orang tua tentang cara mendukung perkembangan motorik halus anak di rumah akan sangat membantu mempercepat kemajuan anak.

    Secara keseluruhan, tanggapan saya pada forum diskusi kemungkinan besar akan memberikan apresiasi terhadap pendekatan yang berpusat pada anak, menghargai tahapan perkembangan, menggunakan metode yang menyenangkan, dan menekankan pada proses belajar. Saya juga mungkin akan menambahkan beberapa tips atau pengalaman pribadi terkait mengatasi tantangan serupa di kelas.

  7. Nama: Risma Astuti
    NIM: 877840375
    UT Bandung

    Pendekatan Perkembangan yang Sesuai: Video yang baik akan menunjukkan pemahaman tentang tahapan perkembangan motorik halus anak. Alih-alih memaksa anak untuk langsung memegang pensil dengan cara yang “benar,” video mungkin akan menyarankan kegiatan-kegiatan pra-menulis yang membantu memperkuat otot-otot tangan dan koordinasi jari. Contohnya adalah bermain dengan plastisin, meremas spons, menyusun balok kecil, atau mewarnai dengan jari.

    Variasi Aktivitas yang Menarik: Video yang efektif akan menyajikan berbagai aktivitas yang menarik dan menyenangkan bagi anak-anak. Pembelajaran di PAUD seharusnya tidak membosankan. Penggunaan lagu, cerita, atau permainan dalam mengenalkan cara memegang pensil atau melakukan latihan motorik halus akan sangat membantu meningkatkan keterlibatan anak.

    Penekanan pada Proses, Bukan Hanya Hasil: Video yang baik akan menekankan pentingnya proses belajar daripada hanya fokus pada hasil akhir (misalnya, anak harus langsung bisa memegang pensil dengan sempurna). Setiap anak berkembang dengan kecepatan yang berbeda, dan penting bagi guru untuk memberikan dukungan dan dorongan sepanjang proses tersebut.

    Penggunaan Alat Bantu yang Tepat: Video mungkin akan menunjukkan penggunaan alat bantu yang dapat memfasilitasi pegangan pensil yang benar, seperti pencil grip atau pensil segitiga yang dirancang khusus untuk anak-anak. Namun, video yang bijak juga akan menekankan bahwa penggunaan alat bantu ini bersifat sementara dan bertujuan untuk membantu anak merasakan pegangan yang benar sebelum mereka mampu melakukannya sendiri.

    Keterlibatan Guru yang Aktif: Video yang baik akan menyoroti peran aktif guru dalam membimbing dan memfasilitasi anak. Ini termasuk memberikan contoh yang benar, memberikan umpan balik yang positif dan spesifik, serta memodifikasi aktivitas sesuai dengan kebutuhan individu anak.

    Komunikasi dengan Orang Tua: Video yang komprehensif mungkin juga akan menyinggung pentingnya komunikasi dan kerjasama dengan orang tua. Memberikan informasi kepada orang tua tentang cara mendukung perkembangan motorik halus anak di rumah akan sangat membantu mempercepat kemajuan anak.

    Secara keseluruhan, tanggapan saya pada forum diskusi kemungkinan besar akan memberikan apresiasi terhadap pendekatan yang berpusat pada anak, menghargai tahapan perkembangan, menggunakan metode yang menyenangkan, dan menekankan pada proses belajar. Saya juga mungkin akan menambahkan beberapa tips atau pengalaman pribadi terkait mengatasi tantangan serupa di kelas.

  8. Assalamualaikum Wr. Wb.
    Perkenalkan nama saya Tina, dengan NIM 858197594
    Izin menanggapi video diatas.
    Dalam video guru menunjukan cara melatih amotorik halus anak yang belum bisa memegang pensil dengan baik. Guru memberikan latihan sederhana kepada anak yang belum bisa memegang pensil. Ada beragam cara melatih anak yaitu latihan dengan bermain memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lain menggunakan spons, membuka dan menuntun gembok, dan membuka dan memasang kancing. Kegiatan ini membantu anak terlatih dalam peregangan jari tangan, melatih kelenturan koordinasi jari tangan, dan membantu memperkuat pegangan pada objek tertentu.
    Dari video saya mendapatkan pembelajaran yang berguna untuk saya terapkan disekolah, jika terjadi anak yang kesulitan saat memegang pensil. Video memberikan manfaat untuk kita terus belajar memahami kebutuhan anak sebelum mengajarkan menulis.
    Sekian dari saya, terimakasih.
    Wassalamualaikum Wr. Wb.

  9. Nama : Sukma Wardani
    NIM : 859050968

    Dari video diatas yang berjudul
    “ Mengatasi Anak Yang Belum Bisa Memegang Pensil Dengan Benar “ Terlihat seorang guru sedang menangani anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Dan terlihat juga guru memberikan latihan-latihan untuk melatih kelenturan jari anak dengan cara memindahkan spons dan meremasnya dari mangkok yang berisi air satu ke mangkok yang berisi air satunya lagi, membuka dan menutup kunci gembok, serta membuka dan memasangkan kancing baju. Dengan beberapa cara tersebut juga dapat melatih motorik halus anak.
    Dari video tersebut kita menjadi tahu bahwa tidak semua anak mengerti cara memegang pensil dengan benar memang seharusnya diberikan pelatihan-pelatihan kelenturan jari seperti video tersebut agar anak bisa membuat jari-jari tangannya menggenggam sesuatu benda seperti pensil dll.

  10. Nim:858474665
    Nama:Dau Hiriyana yuti
    Tanggapan saya tentang video tersebut sangat membantu saya untuk membuka wawasan bagaimana mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dan cara pendekatan dengan anak sehingga disaat kita menyampaikan pelajaran dapat diserap anak murid.
    Terimakasih…

Leave a Reply